18 March 2016

Tips Praktis Meningkatkan Followers Youtube dan Instagram

Postingan kali ini merupakan lanjutan postingan sebelumnya, yaitu Belajar Membuat Video Kreatif Bersama Blogger Perempuan. Di sana, saya menuliskan keinganan saya untuk bisa menjadi salah satu peserta Event: Ngobrol Cantik with OPPO dengan tema Youtube and Instagram Strategies to Grow Your Audience. Alhamdulillah, berkat postingan tersebut, saya terpilih jadi salah satu peserta. Yay! Seneng banget.

Gol saya setelah ikut event ini, pulang-pulang harus bisa bikin konten blog kreatif dengan memanfaatkan media foto dan video. Apalagi pembicaranya, Linda Kayhz dan Lulu Elhasbu, adalah dua praktisi yang sudah sukses di masing-masing media, Youtube dan Instagram. Ilmu dari mereka pasti guna betul buat pemula macam saya.

event, blogger-perempuan, networking
Suasana #NobCanOPPO sebelum acara dimulai

Walau acaranya agak molor, jujur saya enggak keberatan cipika-cipiki, selfie sana-sini, sama member lainnya. Waktu luang itu pun kami pergunakan untuk keliling tempat berlangsungnya acara, 2 Madison Home Decor and Art. Setiap sudut ruangannya sangat foto-able. Baiknya, staf membebaskan pengunjung mengambil gambar apapun di manapun. Kebayang, kan? Ada tempat lucu + bebas foto + gerombolan cewek = Jeprat-jepret tanpa lelah tau-tau Nobita udah masuk SMP. :)))

Sebenarnya, ini kali kedua saya mengikuti Event Ngobrol Cantik. Acara sebelumnya pernah saya ikuti tiga bulan lalu di Loop Station Mahakam, dengan tema Road To Professional Blogger - Insights from Advertiser & Social Influencer. Acaranya enggak cuma seru dan penuh ilmu, tetapi sangat menginspirasi. Karena event itu, saya sebisa mungkin selalu ingin berpartisipasi di setiap acara yang Blogger Perempuan adakan. Dear Mimin Blogger Perempuan, next event saya dimasukin lagi, ya! Hahaha.


lidakayhz, vlogger, blogger-perempuan


Pembicara pertama kita adalah Linda Kayhz, seorang Beauty Vlogger, Youtubers, dan Influencer yang sudah gape di dunia kosmetik dan kecantikan. Awalnya, Mbak Linda seneng bikin tutorial makeup dan hijab di akun twitter, lalu beralih ke Instagram yang belakangan booming. Berkat banyak permintaan followers untuk membuat tutorial panjang, Mbak Linda memutuskan membuat video Youtube pertamanya pada tahun 2012. Sejauh ini, sudah ada tiga puluhan video yang di-upload rutin setiap minggu di channel-nya. Berkat konsistensinya itu, Channel lindakayhz.video memiliki lebih dari 40 ribu subscribers. Wow!

Dari hasil tanya jawab dengan moderator, berikut kesimpulan yang saya dapat bagaimana seorang Linda Kayhz menjadi Beauty Vlogger terkenal dan memiliki banyak subscribers youtube:


1. Consistency
Sebenarnya, youtube sama seperti blog, tanpa komitmen update tulisan rutin, jangan harap bisa dapat pembaca loyal apalagi subscriber beribu-ribu. Dengan konsisten upload video rutin seminggu sekali, subscribers lindakayhz.video yang sudah 40 ribuan itu terus bertambah sampai sekarang. Setelah video barunya published, Mbak Linda enggak pernah lupa untuk share ke semua akun media sosial.

2. Learn and Explore
Jangan bosen belajar dari sesama Vlogger ataupun otodidak. Salah satu cara yang biasa dipakai oleh Mbak Linda untuk menarik banyak penonton dan subscribers adalah membuat video gimik dan timeless. Video gimik contohnya seperti tutorial makeup mirip Angelina Jolie dan artis lain yang sedang booming. Video timeless contohnya seperti tutorial makeup kondangan dan makeup sehari-hari. Kedua tema itu pasti banyak di-searching orang.

3. Unique
Walau senang belajar dari Vlogger lain, seorang Vlogger harus menemukan keunikannya sendiri. Bisa jadi produk / tutorial yang akan dibuat sama dengan Vlogger lainnya, tapi keunikan seperti bentuk video, konten, joke, dan hal apapun yang kamu banget, akan membuat penonton terus setia click and play your channel.

4. Engagement with Audience
Merasa dekat dengan pembaca itu penting, minimal balaslah komentar yang masuk. Kadang-kadang, ketika Mbak Linda kehabisan ide dan konsep, permintaan video dari penonton bisa dijadikan bahan tutorial. Kalau sudah punya konsep untuk upload video, setiap seminggu sekali misalnya, kasih tau juga ke penonton dan ke akun media sosial. Hal-hal seperti itu terbukti akan meningkatkan engagement penonton yang tidak sabar mau lihat video kita terus.

5. Behave
POIN KELIMA YANG SEMUA ORANG WAJIB PAHAMI. BEHAVE, PLEASE!
Nah, jangan tiru capslock jebol di atas ya kalau marah-marah. Kemarahan di media digital bekasnya enggak hilang. Jadi, kalau ada haters yang nyinyir, diemin aja! Stay cool. Mbak Linda tidak pernah menjawab komentar para haters, karena menurutnya akan buang waktu. Daripada nyautin haters, mending nonton channel NikkieTutorial kesukaannya. Hahaha. Elegan, ya? Aslinya Mbak Linda ini memang imut dan elegan banget. Irit omong tapi banyak senyum.

Behave juga bukan cuma ke penonton tapi kepada calon client yang (siapa tahu) tertarik dengan channel kita lalu berminat menawarkan kerjasama. Tapi ada aturannya, Mbak Linda selalu mencoba produknya terlebih dahulu sebelum diperkenalkan kepada penonton. Kalau menurutnya bagus, akan di-upload, tapi kalau menurutnya produk tersebut tidak bagus, Mbak Linda rela mengembalikan semua produk dan fee yang sudah dibayarkan daripada harus memberikan opini yang tidak jujur.

6. Support Others
Poin terakhir adalah jangan pelit ilmu. Bantu sesama Vlogger yang mau belajar, efek jangka panjangnya akan membuat nama kita semakin dikenal orang. Sering-sering bikin video kolaborasi juga akan menambah fan base, lho.

Gimana sih cara Linda Kayhz membuat video? Sebelum lanjut ke bahasan itu, nonton dulu salah satu video tutorial  lindakayhz.video ini, yuk!


Banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk mengedit video, seperti adobe premium (aplikasi berbayar), final cut pro, iMovie (aplikasi di Macbook), dan yang pernah saya coba, Wondershare Filmora. Pilih saja sesuai kebutuhan dan kenyamamanan. Berhubung peserta event tidak diajarkan bikin tutorial video secara teknis, Mbak Linda menyarankan kami semua untuk sering belajar dari banyak sumber, Youtube salah satunya.

Waktu yang bagus untuk shooting adalah pukul 9-10 pagi. Hindari mengupload video dengan durasi yang begitu panjang karena akan membuat penonton bosan. Batasi maksimal 4 menit saja.

Mengedit video memang membutuhkan kesabaran. Mbak Linda sendiri bahkan bisa menghabiskan waktu sampai 3 hari untuk mengedit video sampai hasilnya benar-benar matang.

Saya akui juga, mengedit video itu menang bagian tersulit, namun menyenangkan karena di sanalah letak tantangannya. Saya sudah buat 1 tutorial video, lho. Bisa dilihat di sidebar paling bawah blog ini Masih banyak kekurangan di sana-sini, namun sudah bisa upload video pertama itu rasanya luar biasa. Malu-maluin, tapi... yaudahlah besok belajar lagi. :p

Kesimpulan dari wawancara Moderator cantik kita, Nadila Fitria, dengan Linda Kayhz:

  • Upload video rutin, konsisten dan mau belajar.
  • Ikuti terus isu kekinian yang paling menarik minat namun buat juga konten yang timeless.
  • Be kind and honest.
  • BEHAVE, INGET, BEHAVE!


Eh, mau ke mana? Yakin enggak mau simak ilmu meningkatkan followers Instagram dari Selebgram kita satu ini?

blogger-perempuan, ngobrol-cantik


Lulu Elhasbu, Selebgram ber-followers ratusan ribu sekaligus model, fashion blogger dan owner label yang cantiknya cetar banget ini jadi pembicara kedua kami.

Menurut Mbak Lulu, fashionalbe setiap hari melelahkan, maka pilihlah outfit yang paling membuatmu nyaman. Sejujurnya, Mbak Lulu sendiri tidak ingat bagaimana mulanya dia bisa menjadi selebgram. Foto-foto instagramnya dimulai dari editan sederhana dan agak alay. Sekarang, semua foto Instagramnya berkonsep dan niat. Maksudnya, difoto dengan kamera bagus dan dipikirkan editannya sebelum di-upload.

Konsep foto Instagram ala Lulu Elhasbu yang bisa kita tiru:


1. One Tone
Untuk mempercantik Feed Instagram, Mbak Lulu membuat konsep satu warna: biru. Jadi sebelum di-upload, setiap foto diedit dengan warna yang mendekati biru. Ternyata warna baju ketika difoto memberikan pengaruh besar, usahakan warna baju-baju yang kita kenakan saat foto nanti tidak begitu kontras dengan warna yang sudah kita tetapkan.

2. Sharing is Everything
Upload sesuatu yang umum dan bermanfaat. Foto saat traveling, referensi tempat makan, produk kesukaan dan lainnya yang bisa dibagi, akan meningkatkan engagement kita kepada followers.

3. Story Telling
Bikin caption jangan alay dan kebanyakan hastag. Lebih baik bikin caption yang bercerita. Jika datang ke suata tempat / event, jangan lupa disebutkan dengan lengkap.

4. Consistency
Sama seperti tips membuat video ala Linda Kayhz di atas, konsistensi itu wajib. Minimal, ada 1-3 foto yang di-upload Mbak Lulu setiap hari.

5. Variation
Walau Mbak Lulu seorang Model dan fashion Blogger, foto instagramnya tidak melulu OOTD, lho. Informasi yang dia bagikan ketika traveling, justru lebih banyak antusiasnya. Jadi sering-sering divariasikan aja Feed Instagramnya.

6. Tools
Nah, ini yang paling tricky, foto bagus memang dihasilkan dari kamera dan aplikasi yang menunjang. Mbak Lulu sendiri punya beberapa kamera yang selalu dibawa dan digunakan untuk foto instagram. Jangan kecewa kalau belum punya kamera, Handphone juga bisa menghasilkan foto dengan kualitas bagus, edit aja pakai aplikasi seperti VSCO Cam dan Snapsheed.

Ketika selebgram sudah punya banyak followers, komentar spam dari akun-akun jualan pasti banyak datang. Kadang kalau rajin, Mbak Lulu akan hapus satu per satu, tapi kalau sudah kebanyakanakan dibiarkan begitu saja. Hahaha. Baiknya Mbak Lulu ini,

ootd, tutorial
Peragaan OOTD ala Lulu Elhasb

Model itu gaya OOTD-nya asyik diliat, ternyata ada triknya, lho.

Jika kamu berhijab dan sedang memakai celana, usahakan pose dengan kaki menyilang. Jika sedang menggunakan rok, kaki bisa dibuka agak lebar. Mainkan bahu dan posisi kepala. Stay Cool! Karena foto OOTD itu biasanya enggak pakai senyum. Lebih jelasnya lihat video di bawah ini, ya. :)

video


Semoga ilmu dari dua pembicara cantik kami bisa jadi referensi yang berguna. Sampai ketemu di event Blogger Perempuan selanjutnya. Salam! :)

blogger-perempuan
Member Blogger Perempuan Networking Selfie dulu. Cheers!

33 comments:

  1. Gw ampe sekarang mau belajar bikin video ngak sempet2 mulu alias males tp ini tuntutan wajib. Kayak nya harus segerA terlaksana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat, Om Cum!
      Kamera kan udah kece tuh, sok atu dibikin. :D

      Delete
  2. Tips diatas bisa di terapkan untuk blogger pemula seperti aku kah kak aprie? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa untuk siapa saja yang mau belajar. Aku juga masih pemula. :p

      Delete
  3. Sekarang semua sudah pelan-pelan beralih ke vlog. Memang bagus sih untuk nemuin pangsa pembaca baru yang lebih seneng dimanjain matanya sama video bergerak hehehe.

    Aku masih kendalan di software dan juga komputer yang ram nya kecil nih. Padahal udah banyak stok video. Sejak ikut talkshow di Grand Zuri selalu ambil video.

    Semoga terealisasi yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kendala laptop yang paling utama sih. Ini di rumah juga untung ada laptop adek yang lumayan mumpuni. Pakai PC aja Li kalau masih ada. :D

      Delete
  4. Halo Aprie, follow back aku yaa, aku dari Sociolla blogger grup :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kamu, sudah kufolbek. Thanks :)

      Delete
  5. sekarang trend-nya video yah Mbak Aprie :)
    blogger dituntut untuk bisa membuat video juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus- enggak harus sih mbak.
      Ada yang kuat di konten tulisan, foto, atau video aja. Kalau saya emang minat mau belajar video. :D

      Delete
  6. Oo trnyataa ada triknya yaa xD. Makasii sharenya Mba Aprie :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Triknya banyak, dan buat saya ini agak njelimet. X))

      Delete
  7. nice post nih.. jadi gitu ya rahasianya ciwik-ciwik. hehe

    GOOD :)

    salam kenal ya aprie,, aku blogger dari Malang ^^

    ReplyDelete
  8. Thanks atas sharingnya mba aprie :D

    ReplyDelete
  9. TFS mbaaaa... saya suka... saya suka... tulisannya lengkappp

    ReplyDelete
  10. Kalo menambah followers di instagram mungkin masih bisa dipahami, kalo untuk youtube sih saya belum terlalu paham :')

    ReplyDelete
  11. Bener deh bikin video itu pe er bagian editing. Kalau nggak fokus hasilnya jelek. Kalau fokus butuh waktu yg lumayan juga. Btw nice share aplicable bgt😆

    ReplyDelete
  12. Bener deh bikin video itu pe er bagian editing. Kalau nggak fokus hasilnya jelek. Kalau fokus butuh waktu yg lumayan juga. Btw nice share aplicable bgt😆

    ReplyDelete
  13. Penasaran deh sm bikin video ini.. klo bikin video dari hp aja jg bs kan? Ngeditnya pake apa y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mbak. Saya pernah dikasih saran untuk edit video dengan HP pakai aplikasi KineMaster dan FilmoraGo.

      Delete
  14. Saya juga sedang belajar membuat video. Editing memang memakan waktu dan ketekunan wal ketelitian.
    Mau nyoba juga ach membuat video berisi tips atau tutorial.
    Follower di Youtube dan Isntagram masih sedikit. Prlu kerja keras lagi.
    Terima kasih tipsnya yang sangat bermanfaat
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam hangat Pakdhe. Semangat ya! Saya juga masih belajar nih. Perlu kerja keras biar gape ngeditnya. :D

      Delete
  15. Aku masih belum bisa kalau bikin vlog panjang2. Masih sebatas beberapa detik pakai smartphone biar ga perlu edit edit lagi. Heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp.. dikit-dikit kan jadi panjang. :p

      Delete
  16. tambah ilmu saya, tapi belum pernah mencoba untuk membuat video nich

    ReplyDelete
  17. Konsisten itu susah bener, Apriii. Heuheu.
    Aku kalau OOTD kenapa senyum melulu dengan gaya yang sama. Mesti banyak belajar nih.
    Maksih banget sharing tips ilmunya :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kayak model catwalk itu kali ya, minim senyum biar yang lihat fokus ke bajunya. Hahaha. Kalau gayanya dari awal senyum mah lanjutkan aja, Va!

      Delete
  18. Deuh aku kalo gak senyum itu gak pede banget, dan gak cocok juga dengan gaya stay cool. Hahahaha XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Problemmu sama kayak Teh Eva tuh. Kalau aku mah emamg jarang OOTD. Malu. XD

      Delete
  19. Weh poto dengan memainkan posisi kepala dan bahu itu gimana ya, malah miring2 ga elok diliat klo kaku aku nih hihihi
    Tfs mbak, nomer 1 konsistensi masih kurang syekali nih huaa

    ReplyDelete
  20. Konsisten itu kadang yg lelah. Gw mau nya postimg tiap hari tp ternyata ada hari galau yg mgak posting hahaha.

    Unik ini kadang rancuh tp bener banget mesti punya sesuatu yg beda

    ReplyDelete
  21. bener banget mba.
    terimakasih sharingnnya, ada beberapa pesan yang nyentil buat saya apalagi sekarang saya lagi jenuh buat nulis.

    ReplyDelete
  22. Konsep One Tone di atas menarik juga untuk diimplementasikan, btw thanks for the info

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkenan membaca dan berkomentar di postingan blog saya ini. Salam. :)