07 December 2015

Menjadi Cantik dan Profesional Bersama Blogger Perempuan

Blogger, Perempuan, Aprijanti.com


Cantik di sini bukan hanya soal Rupa dan Penampilan, melainkan juga Skill dan Attitude.


Begitulah kesimpulan besar yang saya dapatkan setelah mengikuti event Ngobrol Cantik bersama Blogger Perempuan Network bertema: Road To Professional Blogger - Insights from Advertiser & Social Influencer, 28 November lalu di Loop Station Jalan Mahakam.

***
Semenjak saya memutuskan untuk menjadi Blogger bahagiayang dapat menulis perihal apa saja seputar ide, hobi maupun tipssaya ingin terus bisa bersenang-senang dengan tulisan dan ngeblog. Saya ingin belajar bagaimana bisa menjadi blogger konsisten dan menghasilkan namun tetap menikmati proses menulis. Tapi, tanpa bantuan komunitas dan network, saya pikir akan sulit mewujudkan keinginan-keinginan saya itu. Saya berupaya mencari komunitas-komunitas baru yang sevisi dan sepertinya cocok dengan saya, lalu saya menemukan Blogger Perempuan secara kebetulan. Ketika mengulik websitenya bloggerperempuan.com lebih dalam, saya senang sekali dengan tampilan dan program-progamnya. Ibarat wanita, Blogger perempuan adalah wanita elegan yang rapi, cantik, manis, selalu optimis dan punya visi ke depan. Saat itu juga saya putuskan, saya ingin jadi bagian Blogger Perempuan. Dan tidak lama setelah saya bergabung, undangan event Ngobrol Cantik hadir. Tanpa pikir panjang saya langsung daftar, dan untungnya masih dapat seat.

Mari langsung menuju ke dalam rangkaian acara Ngobrol Cantik Blogger Perempuan, disingkat dengan hastag #NgobCanBP (sssttt... ada hadiah livetweet-nya, Handphone Lumia untuk 1 pemenang beruntung)


#NgobCanBP dibuka oleh sambutan Mbak Shintaries, selaku Founder Blogger Perempuan, menjelaskan apa sih Blogger Perempuan? Blogger Perempuan bukanlah komunitas sepeti yang sering disangkakan banyak orang, melainkan network / jaringan yang mewadahi konten blogger-blogger perempuan Indonesia. Mbak Shintaries juga memperkenalkan enam wanita lainnya dibalik Blogger Perempuan Network. Wow! Ternyata jaringan ini memang dikelola oleh wanita-wanita ahli dibidangnya. Pantas, baru saja dilahirkan tapi antusiasme anggota sudah begitu tinggi.

Lalu diperkenalkanlah ketiga pembicara #NgobCanBP, yaitu:
1. Mas Toro, blogger ngehitz Cumilebay.com
2. Mbak Nunik Rahmawati, perwakilan dari Provetic, sebuah konsultan strategis berbasis data media sosial penghubungkan brand dan influencer.
3. Joko Soemitro, senior SEO Tokopedia

***
Jujur, sebelum ada event ini, saya tidak pernah tahu blog www.cumilebay.com. Saya penasaran lantas langsung kepo. Pertama kali berkunjung ke sana, mata saya siwer melihat postingan acak-kadut penuh warna dan #hastag #lebay. "Ini blog atau pasar malam? Kok, isinya ramai betul." kata saya dalam hati sambil membaca postingan pertama, kedua, lalu ketiga (lah, kok betah?). Saya sangsi ada yang tidak terhibur baca postingan Cumilebay.com. Apalagi pose-pose aduhai dengan kancut warna-warninya, kadang juga naked tapi disensor. Hahaha. Sungguh blogger berani yang senang cari sensasi. Justru gaya nyeleneh dan nekatnya menjadi ciri khas dan branding kuat blog Cumilebay.com. Walau banyak haters, Mas Toro, begitu si empunya blog disapa, tetap menanggapinya dengan bijak dan kocak.

Cumilebay, Blogger
Mas Toro, Cumilebay.com | sumber gambar twitter @BPerempuan
Blogger Profesional di mata Mas Cumilebay adalah blogger yang mempunyai ciri khas dan karakter kuat, sehingga gampang tersegmentasi oleh pasar. Mas toro bercerita, "pernah saya diberi tawaran membuat postingan iklan oleh sebuah brand. Saya sudah pede tulisan saya bakal diterima karena serius dan bagus. Ternyata setelah di-review tulisan saya ditolak, dan disuruh revisi. Mereka ingin tulisan saya tetap original seperti biasanya walau sebuah campaign."

Kalau diperhatikan, setiap komentar di ke blog Cumilebay.com tidak pernah luput dibalas satu persatu. Mas Toro juga rajin sharing link blog ke socmed dan blog walking. Menurutnya, Cumilebay,com tidak akan membuat postingan blog baru sebelum postingan terakhirnya dilihat oleh 2000 pengunjung. Gigih, ya? Mas Toro ini bangga lo menjadi seorang blogger. Kalau ke mana-mana selalu memperkenalkan diri sebagai Cumilebay, bukan nama aslinya.

Provetic, Blogger
Mbak Nunki, Provetic | sumber gambar twitter @BPerempuan

Lain lagi menurut Mbak Nunik, pembicara kedua kita dari Provetic, menurutnya blogger profesional itu harus memiliki poin-poin berikut:
1. Bermental tebal
Mbak Nunik menyayangkan sekali jika ada seorang blogger latahhanya menulis ketika tren dan ikut-ikutan. Walaupun banyak kendala untuk menulis dan membuat postingan, blogger profesional tidak akan surut untuk terus mengupdate tulisannya.
2. Menulis dengan hati
Menulislah dengan jujur dan apa adanya. Tulisan yang dibuat dengan kecintaan penulisnya pasti akan sampai kepada pembaca.
3. Networking
Mbak Nunik mengajak rekan-rekan blogger untuk keluar dan mengeksplorasi hal-hal baru. Bersosialisasi bersama komunitas / network juga hal penting yang akan menambah banyak ilmu buat seorang blogger. Yep! I'm trying it. :)
4. Update tulisan secara rutin dan continue
Tidak perlu menulis blog setiap hari, sekali seminggu asalkan rutin dan bermanfaat sudah sangat baik.
5. Mudah dihubungi
Kendala dengan blogger yang sering dihadapi oleh Mbak Nunik adalah masalah komunikasi. Sering kali blogger abai dengan email mereka. Padahal tawaran pekerjaan banyaknya datang melalui email, bukan sapaan melalui media sosial.
6. Akun Media Sosial adalah Branding
Sebagian blogger yang tidak memedulikan nama di akun media sosialnya juga disayangkan oleh Mbak Nunik. Misal: blognya sudah bagus menggunakan domain nama sendiri / nama brand-nya, tetapi akun media sosialnya malah menggunakan nama "Bundanya Si Budi", "Ayahnya si Ani", dsb, dsb. Bikin bingung.
7. Ini dia poin penting terakhir! Attitude
Menurut saya, berada di industri manapun kita, attitude atau tingkah laku sangatlah penting. Mau setenar apapun kita, kalau tingkah laku minus banyak orang bakalan kapok, begitu juga dengan blogger. Mbak Nunik sangat menyayangkan ada blogger yang menghilang ketika diperlukan report di belakang, tidak nongol batang hidungnya ketika disuruh datang, dan doyan sekali nyinyir keluhan di media sosial. Biasanya, blogger-blogger yang attitudenya seperti itu tidak akan diajak kerja sama lagi.

Kesimpulan dari Mbak Nunik, Blogger dan Influencer tidak harus seorang seleb sosmed, karena semua ada segmentasinya. Perlu dijaga dari seorang blogger adalah konsistensi dan attitude tadi. Page Rank Alexa yang ramping juga bukan harga mati. Serta BANGGA menjadi seorang BLOGGER itu penting. Kalimat terkahir ini juga dibenarkan oleh Cumilebay.

Blogger, Tokopedia
Mas Joko, Tokopedia | sumber gambar twitter @BPerempuan

Lanjut ke pembicara terakhir kita, Mas Joko Soemitro, menjelaskan salah satu upaya Tokopedia untuk meningkatkan brand mereka adalah bergabung dengan banyak komunitas dan network blog seperti Blogger Perempuan. Menurut Mas Joko, setiap campaign yang ditulis oleh seorang blogger menghasilkan paling sedikit 10 transaksi di Tokopedia.com. So, blogger hari gini sudah jadi referensi baik untuk industri e-commerce.

Tokopedia sendiri menyukai tulisan blogger bergaya story telling, mengalir, dan dekat dengan pembaca. Untuk campaign di blog, Tokopedia menghindari promosi bergaya hard selling. Mas Joko juga tidak lupa membagi tips ngeblog, siapa tahu kedepannya bisa dilirik Tokopedia untuk diajak kerjasama, Simak! :)
1. Memiliki identitas, salah satunya dengan memiliki DOMAIN blog sendiri.
2. Rajin melakukan engagement dengan pembaca, sehinggu blognya hidup dan ramai.
3. Belajar SEO untuk meningkatkan Traffic Blog.

Nah, itulah rangkuman dari ketiga pembicara #NgobCanBP kali ini. Semoga bermanfaat untuk teman-teman blogger. Acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang tidak kalah seru dan aktif. Gimana enggak aktif, wong setiap penanya dapat voucher Tokopedia senilai 100 ribu. Belum lagi hadiah kejutan dari Mbak Nunik, serta dua buah door prize dari panitia, dan... hadiah utama livetweet: 1 buah Handphone Lumia. Saya enggak menang, dong! Cuma kebagian irinya. Hihihi. Sore itu #NgobCanBP menjadi trending topic No.2 di twitter. Luar biasa padahal pesertanya tidak sampai ratusan, hanya sekitar 30 orang.

Workshop, Blogger
Suasana tanya jawab, Games seru, dan pemenang Door Prize Handphone Lumia

Kemudian setelah acara berakhir, perwakilan dari LOOP Station memberikan sedikit informasi mengenai tempat kece berlangsungnya event kami ini. Ada yang menebak LOOP Station ini adalah tempat main PS, ada juga yang mengira Basecampnya anak-anak gaul Blok M. Ternyata... Markas bergaya artsy ini adalah grapari Telkomsel. LOOP Station melayani setiap service nomor Telkomsel Anda mulai dari migrasi ke kartu Halo sampai pembuatan Tcash. Serunya, LOOP Station ini dapat digunakan GRATIS untuk acara, seminar atau mini workshop. Tinggal kontak saja dan bikin jadwal. Tertarik? Lihat dulu jeroannya LOOP Station Jalan Makaham. Letaknya persis di samping Blok M Plaza, di depan Hanamasa.

LOOP, Station, Mahakam, Blok M
Lapangannya lagi dipakai photo session, nih!

LOOP, Station, Mahakam, Blok M
Ada Cafe-nya juga

LOOP, Station, Mahakam, Blog M
Bisa bikin Tcash dan sambungan Inetnya kenceng pula

LOOP, Station, Mahakam, Blok M
Di paling pojok ada yang antri main PS. :D




Sekian dari saya. Sampai ketemu di Ngobrol Cantik selanjutnya. Salam! #NgobCanBP
Blogger, Seminar, Network
sumber gambar twitter @BPerempuan

50 comments:

  1. Yeeeiy. Seru ya acara seperti ini. Katanya mau ada Ngobrol Cantik lagi tuh Bulan Januari. Ikut yuuk ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, seru bingit! Semoga bisa ikutan dan seat-nya banyak. Kesian juga temen2 baru yang pengen ikut tapi enggak kebagian kursi. :))

      Delete
  2. waahhh, acaranya pasti seru banget yah mbak :)
    ketemu dan ngobrol langsung sama teman-teman yang selama ini hanya dikenal lewat tulisan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, Mbak :)
      Karna saya juga masih baru, jadi dapat banyak ilmu.

      Delete
  3. bang cumi, blogger laki-laki ada kagak nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pesertanya semua perempuan. :)

      Delete
    2. kalo forum kayak blogger perempuan ada gak buat cowok, atau cowok boleh ikutan, eh

      Delete
    3. Kebetulan saya belum nemu nih network asyik sejenis yang multi gender. Nanti kalau ada tak info, yaa..

      Delete
    4. warung blogger ane rasa cuma bagus di sharing, blogger energy remaja kebanyakan, ane tunggu infonya mbak

      Delete
    5. Mungkin bisa cek ke sini mas :D http://bloggerlaki.com/

      Delete
  4. nice artikel mbak, sharinf tips didalamnya bermanfaat

    ReplyDelete
  5. semoga bisa ikut deh bulan depan (kebagian seat)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. semoga Mbak bisa kopdar bareng member BP lainnya.

      Delete
  6. Ini niyh event yang kemarin sampe bujuk-bujuk suami biar diijinin dateng tapi tetap aja nggak dibolehin.
    Hasil reportasenya keren Pri, izin save ya :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih, sandrine. Ayo dong next kita ikutan sekalian kopdar! :))

      Delete
  7. Hai Aprie, terima kasih reviewnya yaa ^_^ Mudah-mudahan BP bisa mengakomodasi lebih banyak peserta untuk event berikutnya yaa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin! Makasih Mbak Alma BP, semoga next event saya kebagian seat lagi. :D

      Delete
  8. SERUUUUU dan mengasyikkan yaaaah :)

    ReplyDelete
  9. hahaha kak cumi blogger cantik juga yaaa .... *untung lagi ga disini dia hahaha*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantik Si Om, sebelum tampil pakai BB cream dulu. :))

      Delete
  10. Reportasenya menarik banget, Mba Aprie. Thanks for sharing. Yuk, kita berkembang bareng di Blogger Perempuan Network yaaa!
    Salam,
    Alaika Abdullah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Mbak Alaika! Terima kasih apresiasinya.. yo ayo ayo, aku ngintilin BP. :D

      Delete
    2. Ilmunya banyak banget...seneng bisa hadir and thanks atas sharing ulangnya mbak.. bermanfaat banget

      Delete
  11. tulisanya cukup lengkap dan bagus haha.
    izin baca2 yg lain dulu hehe

    ReplyDelete
  12. Berasa ikut acaranya.
    Dapat ilmu, dapat silatuhrahmi.
    Sempurna.
    Nice report, dear!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Makasih ya Bu Rosa :)

      Delete
  13. tulisanya bagus mbak , salam kenal kunjung balik ya :)

    ReplyDelete
  14. Tfs. Tulisannya bermanfaat banget, sehingga saya yang di daerah dan gak bisa ikutan acara2 begini, masih bisa dapet poin penting nya.
    Salam hangat dari kota tape.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mbak, salam dari Jakarta. :)

      Delete
  15. Tulisan kamu enak dibaca jadi betah klo mbaca tulisanmu. Semangaaat kaka biar bisa seperti mereka yg udah lebih maju di depan. Betewe itu foto yg di lapangan kamu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Kang Baha bisa ajah.
      Bukan dong, itu model lagi photo session. Aku yang njepret mereka. :))

      Delete
  16. Seruu!! pengen bgt bisa ikutan acara2 seperti ini.. coba streaming ya... hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh nih next #NgobCanBP dibuat streaming. Semoga ada sponsor mau bantu. Hehe. :D

      Delete
  17. Serruuu...
    Tempatnya anak muda banget yah. Infonya juga keren dan manfaat buat para blogger

    ReplyDelete
  18. Wah senang semakin banyaknya blogger perempuan.... eh atau barang kali sudah pernah ada yang meneliti belum ya banyakan mana blogger perempuan dengan blogger lelaki...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut penerawangan saya sih kayaknya banyakan Blogger Perempuan,Pakdhe. Hehehe. *mbelain*

      Delete
  19. Asyik yaw,,, ketemu dengan temen - temen secara langsung yang selama ini hanya melalui tulisan saja,,,, kapan yak bisa ketemu mereka,,, Mantab banget

    ReplyDelete
  20. Mba, itu foto cover postingan ini mba Aprijanti yang bikin ya? Keren bingits.. Mau donk di ajarin hehehe.. Btw aku follow GFC nya ya, ditunggu follow back nya ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Covernya diambil dari header Socmed BP atas izin adminnya, tinggal nambahin judul doang. Hahaha.

      Aku sudah follow Blognya Mbak Asti dari kemarin loh. :D

      Delete
  21. Keren ulasannya, Tantehhh
    Semoga kita bisa ketemu di ngobrol BP yahh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik.. hayuk next #NgobCanBP kita barengan dateng. :D

      Delete
  22. Di daerahku ada loop station juga tapi perasaan ga segedi gini deh XD
    Wih, aku masih kalah nih sama sakit kalau soal konsistensi ngeblog :'(
    Semoga tahun depan bisa jadi lebih baik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... semoga lekas sembuh sakitnya. Ngeblog yang sekarang juga udah lumayan eksis kok. :)

      Delete
  23. salam kenal mbak,saya ari pulau kecil,bangka belitung namanya

    ReplyDelete
  24. tulisannya bagus-bagus mbak, saya sampai baca berulang kali artikel lainnya :D

    ReplyDelete
  25. salam kenal mba :D tulisannya menarik

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkenan membaca dan berkomentar di postingan blog saya ini. Salam. :)