APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

Indonesia

Review Serum Scarlett Whitening di Kulit Sensitif & Berjerawat

Walau segitunya suka sama produk-produk kecantikan, aku jarang banget kepo sama skincare viral, loh... soalnya pemilik kulit sensitif dan mudah jerawatan mesti tahu diri―nggak bisa sering gonta-ganti skincare. Ketemu basic skincare yang pas aja makan waktu lamaaaaa banget, makanya aku nggak bisa terburu-buru ketika memutuskan untuk coba rangkaian skincare baru.

Meskipun begitu aku kadang masih suka trial-error skincare, kok... biasanya saat aku trial skincare baru akan makan waktu minimal 1 bulan, dan baru berani coba skincare lainnya di bulan berikutnya. Itulah mengapa aku jarang banget review skincare dengan jenis yang sama pada satu bulan berdekatan di blog ini.

Nah, bulan November kemarin basic serum-ku kebetulan habis. Aku kepikiran mau coba serum lain karena... jujur, walaupun cocok ya bosen juga pakai serum yang itu-itu terus 😁 jadilah aku coba serum baru yang lagi viral dari Scarlett Whitening ini.

serum-scarlett

Dari segi kualitas aku sudah nggak ragu ya sama produk-produknya Scarlett. Produk body care yang lebih awal mereka keluarkan jadi favorit banyak orang, juga jadi favoritku. Aku sudah coba dan bikin reviewnya di sini, nih 👉 Review Scarlett Whitening Body Scrub, Shower Scrub, dan Body Lotion

Scarlett Whitening langsung mengeluarkan dua buah serum, yaitu:
  • Scarlett Acne Serum kemasan warna ungu yang ditujukan untuk kulit berminyak dan berjerawat
  • Scarlett Brightly Ever After Serum kemasan warna pink yang bermanfaat untuk mencerahkan & memudarkan noda hitam

Masing-masing varian berisi 15 ml dengan harga Rp 75,000. Harganya masih sama dengan produk-produk body care-nya. Kayaknya emang branding Scarlett ada di harga, ya? Top of mind kita tiap lihat/dengar produk Scarlett pasti jadi ingat "Tujuh Puluh Lima Ribu" 😁

Menurutku harga serum dibawah seratus ribu sudah cukup terjangkau, ya. Memang sih ukurannya lebih sedikit dibanding serum kebanyakan, tapi pas aja gitu volumnya untuk coba-coba (kalau nggak cocok jadi nggak terlalau sedih karena harganya nggak mahal-mahal amat & isinya juga nggak banyak-banyak amat)

Kemesannya sederhana tapi rapi banget. Ada segel plastik luar, lalu box karton, dan serumnya di dalam botol kaca mungil. Setiap kemasan memuat banyak informasi produk. Di bawah botolnya pun masih tertulis cap BN dan tanggal expired, perhatikan juga yah!

Biarpun ada tanggal expired, serum ini bisa digunakan selama 6 bulan saja setelah botolnya dibuka. Eh tapi untuk pemakaian 2x sehari mah sebulan juga sudah habis, ya? 😁

Hati-hati! Jangan kepincut sama harga murah tapi produknya nggak original, ya. Pastikan setiap kemasan produk-produk Scarlett ada stiker original, No.BPOM yang tepat, dan tanggal expired seperti gambar di bawah ini.

scarlett-serum

Untuk lebih yakinnya, aku nggak pernah beli produk Scarlett selain di official shop mereka. Klik aja link yang ada di akun Instagram @scarlett_whitening biar lebih akurat, OK 👌

Awalnya aku nggak menaruh harapan yang terlampau tinggi sama hasil dari serum ini, tapi ternyata cocok... bangga banget sama produk lokal yang semakin bagus dan mengikuti perkembangan dunia. Aku review satu per satu produknya, ya! Kalian juga bisa lihat perbedaan kulitku sebelum dan sesudah pakai serum ini di foto paling bawah.

SCARLETT ACNE SERUM

15 ml | IDR 75,000
acne-serum

Scarlett Acne Serum langsung aku coba di hari pertama aku menerima produknya di rumah. Segitu excitednya emang...

Menurut klaim produknya, serum ini memiliki kandungan: Tea Tree Leaf Water, Salicylic Acid, Jeju Centella Asiatica, Liquorice Extract dan Vitamin C. Dengan manfaat:
  • Membantu menyembuhkan jerawat meradang, jerawat batu, kulit kemerahan dan iritasi. 
  • Membantu meregenerasi dan menjaga kulit yang sensitive tanpa menimbulkan iritasi.
  • Membantu menenangkan kulit, menghaluskan dan juga membantu memudarkan bekas jerawat atau luka.
  • Membantu mencerahkan kulit secara aman karena menggunakan Liquorice Extract dan Vitamin C yang juga berfungsi sebagai anti oxidant + anti pollution.
  • Membantu mengontrol kadar minyak berlebih di kulit.

Mari kita lihat Full Ingredients dan analisa Skincarisma.com di bawah ini:
Aqua, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Water, Annona Cherimola Fruit, Isopentyldiol, Centella Asiatica Extract, PEG-8, Phenoxyethanol, Salicylic Acid, Ascorbyl Glucoside, Aminomethyl Propanol, Hydroxyethylcellulose, 1,3-Butylene Glycol, Pentane - 1,2-Diol, Di Na EDTA, Ethylhexylglycerin, Isostearamidopropyl Ethyldimonium Ethosulfate, Sodium Hydroxide, Sodium Citrate, 1.2 Hexanediol, Tamarindus Indica Seed Gum, Biosaccharide Gum-1, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Propylene Glycol, Citric Acid, 2-Amini-1 -Butanol, Glycyrrhiza Uralensis(Licorice) Root Extract, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Carthamus Tinctorius (Safflower) Seed Oil. NA 18200104454
acne-serum

Ingredients-nya gentle dan aman sekali. Semua Scarlett Serum tidak mengandung: Alkohol, Parfume, Paraben, Sulfate, dan cruelty free (tidak diujicoba pada hewan). Awalnya aku agak khawatir karena ada kandungan olive oil, takut komedoan kalau nggak cocok, alhamdulillah aman di kulitku sih, nggak ada reaksi negatif sama sekali.

Tekstunya cair banget, mirip air air cucian beras, bening-bening butek gitu 😂 karena nggak mengandung parfum jadi jangan harap aromanya enak ya, but I don't mind tho~ justru seneng.

scarlett-serum
Tekstur Scarlett Acne Serum yang sangat cair

Karena teksturnya cair runny banget jadi aku tetesinnya ke kulit sedikit-sedikit, kalau sekaligus jadi lari ke bawah semua, Sist! Pelan-pelan aja ya, keringnya di kulit nggak yang cepet banget kok, jadi nggak perlu juga ditetesin sampai kulit jadi becek gitu...

Sensasinya di kulit pun nggak aneh-aneh deh, nggak ada rasa dingin, cekit-cekit, dan gerah/panas. Kayak olesin air aja lah gitu, nothing special 😁

Penting sebelum pakai serum, kulit harus lembab dulu sama toner yah! Kalau tonernya sudah mengering, baru oleskan serum, lalu ditutup pakai pelembab. Perfect!

Saat pakai serum ini, aku nggak pernah layer/campur dengan serum lain, bahkan Scarlett Brightly Ever After Serum aku pakai 2 minggu setelahnya di hari yang berbeda. Biar nggak berantem aja gitu, dan akupun memang fokus hilangin jerawat dulu, baru deh sekarang mikirin hilangin bekas jerawatnya.


SCARLETT BRIGHTLY EVER AFTER SERUM

15 ml | IDR 75,000
serum-pencerah

Jerawat sudah mulai musnah dan jerawat baru nggak lagi tumbuh, baru deh aku mulai berani pakai serum ini. Serum yang fokusnya untuk mencerahkan & meratakan warna kulit memang bagusnya digunakan ketika kulit tidak lagi terinfeksi jerawat / komedo aktif.

Klaim dari Scarlett Brightly Ever After Serum mengandung Phyto Whitening, Glutathione, Vitamin C, Niacinamide dan Lavender Water yang bermanfaat untuk:
  • Membantu mencerahkan kulit dan memudarkan noda di wajah seperti hiperpigmentasi, bekas jerawat, flek dan bekas luka.
  • Membantu mengontrol kadar minyak berlebih di kulit, membantu mengeceilkan pori-pori, mengimprovisasi warna kulit, menghaluskan kerutan dan juga garis di kulit.
  • Membantu menutrisi dan melembabkan kulit.
  • Membantu membuat kulit menjadi lebih relax dan calm.
  • Bekerja sebagai antioxidant dan juga sebagai anti pollution.

Yuk, intip kandungan lengkapnya...
Aqua, Nicotinamide (Niacinamide), 1,3 Butylene Glycol, Lavandula Angustifolia (Lavender) Water, Ascorbyl Glucoside, Arisaema Amurense Extract, 2-Phenoxyethanol, Hydroxyethylcellulose, GLUTATHIONE, Aminomethyl Propanol, Ethyl Macadamiate, Decyl Glucoside, Pentane - 1,2 - diol, Di Na EDTA, Ethylhexylglycerin, Tamarindus Indica Seed Gum, Biosaccharide Gum - 1, 1,2-Hexanediol, 2-Amini-1 -Butanol, Tocopherol, Malic Acid, C.I 16255. NA 18201901367
serum-pencerah
Kandungan aktifnya memang nggak sebanyak Si Acne Serum tapi fokus untuk mencerahkan dan nggak ada embel-embel lain, palingan ada klaim anti-aging karena mengandung Vit.E.

Perbedaan yang paling mencolok dari kedua serum ini selain warna kemasan adalah teksturnya, Scarlett Brightly Ever After Serum punya tekstur yang lebih kental. Jadi ketika dioleskan ke kulit cairan serumnya nggak lari-lari banget. Mudah dioleskan karena teksturnya agak licin, ada  sedikit sensasi dingin di kulit dan aromanya tidak sepekat Si Acne Serum.

serum-scarlett
Tekstur Scarlett Brightly Ever After Serum yang lebih kental

Saat pakai serum ini aku juga belum berani me-layer dengan serum lain yah, takut ada kandungan yang bersebrangan dan sekalian mau lihat hasilnya dulu di kulitku. Untungnya nggak ada reaksi negatif ya. Lempeng aja tuh di kulit. aku merasa cocok untuk kulit berminyak karena beberapa waktu setelah mengoleskan serum ini rasanya kulit jadi agak matte―bikin nggak terlalu minyakan gitu.

Memang sih aku pakai serum ini waktunya tidak sepanjang Si Acne Serum, jadi hasilnya belum kelihatan yang cerah banget. Overall aku cukup puas sama kinerja kedua serum ini, benar-benar berkerja baik di kulitku yang mudah jerawatan. Kulit jadi tenang... nggak lagi tumbuh jerawat-jerawat komedo yang gatel itu. I'm quite satisfied loh 😭 (ceritanya terharu).


HASIL PEMAKAIAN SCARLETT SERUM SETELAH 1 BULAN:

Bisa dilihat dari progress foto ini ya. Aku foto di IG Story jadi kelihatan tanggal-tanggal pas aku ambil gambarnya.

Memang sih aku pakai serum yang pink tidak selama serum acne yang ungu, jadi hasilnya belum kelihatan yang cerah banget. Overall aku cukup puas sama kinerja kedua serum ini, benar-benar berkerja baik di kulitku yang sensitif dan mudah jerawatan. Kulit jadi tenang... nggak lagi tumbuh jerawat-jerawat komedo yang gatel itu. I'm quite satisfied loh 😭 (ceritanya terharu).

scarlett-whitening

Aku penasaran deh, ada nggak sih temen-temen yang sudah mencoba kedua serum ini dan nggak cocok? Cerita dong! Siapa tahu aku bisa kasih masukan juga :)

Comments

  1. progressnya keliatan banget sih ini pri,, dia kerjanya ngilangin bekas jerawat atau sekalian nyembuhin pri ? aku habis jerawatan parah ini butuh treatment yang tepat biar bekas2nya cepet ilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerja serumnya lebih ke menenangkan kulit yang jerawatan, jadi minim iritasi gitu, bekas jerawat jadi nggak mentereng banget. Aku dibantu sama serum Alpha Arbutin Mi, biar bekasnya cepat hilang. Hehehe....

      Delete
  2. Mau nanya, mba nya make toner apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai Toner Bioderma Sensibio, Hale, dan SNP Cicaronic. Ganti-ganti sesuai kebutuhan :)

      Delete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar dari unknown, spam, pornografi, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup, akan saya hapus. Salam! :)

back to top