APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

Indonesia

Review Serum Scarlett Whitening di Kulit Sensitif & Berjerawat

Walau segitunya suka sama produk-produk kecantikan, aku jarang banget kepo sama skincare viral, loh... soalnya pemilik kulit sensitif dan mudah jerawatan mesti tahu diri―nggak bisa sering gonta-ganti skincare. Ketemu basic skincare yang pas aja makan waktu lamaaaaa banget, makanya aku nggak bisa terburu-buru ketika memutuskan untuk coba rangkaian skincare baru.

Meskipun begitu aku kadang masih suka trial-error skincare, kok... biasanya saat aku trial skincare baru akan makan waktu minimal 1 bulan, dan baru berani coba skincare lainnya di bulan berikutnya. Itulah mengapa aku jarang banget review skincare dengan jenis yang sama pada satu bulan berdekatan di blog ini.

Nah, bulan November kemarin basic serum-ku kebetulan habis. Aku kepikiran mau coba serum lain karena... jujur, walaupun cocok ya bosen juga pakai serum yang itu-itu terus 😁 jadilah aku coba serum baru yang lagi viral dari Scarlett Whitening ini.

serum-scarlett

Dari segi kualitas aku sudah nggak ragu ya sama produk-produknya Scarlett. Produk body care yang lebih awal mereka keluarkan jadi favorit banyak orang, juga jadi favoritku. Aku sudah coba dan bikin reviewnya di sini, nih 👉 Review Scarlett Whitening Body Scrub, Shower Scrub, dan Body Lotion

Scarlett Whitening langsung mengeluarkan dua buah serum, yaitu:
  • Scarlett Acne Serum kemasan warna ungu yang ditujukan untuk kulit berminyak dan berjerawat
  • Scarlett Brightly Ever After Serum kemasan warna pink yang bermanfaat untuk mencerahkan & memudarkan noda hitam

Masing-masing varian berisi 15 ml dengan harga Rp 75,000. Harganya masih sama dengan produk-produk body care-nya. Kayaknya emang branding Scarlett ada di harga, ya? Top of mind kita tiap lihat/dengar produk Scarlett pasti jadi ingat "Tujuh Puluh Lima Ribu" 😁

Menurutku harga serum dibawah seratus ribu sudah cukup terjangkau, ya. Memang sih ukurannya lebih sedikit dibanding serum kebanyakan, tapi pas aja gitu volumnya untuk coba-coba (kalau nggak cocok jadi nggak terlalau sedih karena harganya nggak mahal-mahal amat & isinya juga nggak banyak-banyak amat)

Kemesannya sederhana tapi rapi banget. Ada segel plastik luar, lalu box karton, dan serumnya di dalam botol kaca mungil. Setiap kemasan memuat banyak informasi produk. Di bawah botolnya pun masih tertulis cap BN dan tanggal expired, perhatikan juga yah!

Biarpun ada tanggal expired, serum ini bisa digunakan selama 6 bulan saja setelah botolnya dibuka. Eh tapi untuk pemakaian 2x sehari mah sebulan juga sudah habis, ya? 😁

Hati-hati! Jangan kepincut sama harga murah tapi produknya nggak original, ya. Pastikan setiap kemasan produk-produk Scarlett ada stiker original, No.BPOM yang tepat, dan tanggal expired seperti gambar di bawah ini.

scarlett-serum

Untuk lebih yakinnya, aku nggak pernah beli produk Scarlett selain di official shop mereka. Klik aja link yang ada di akun Instagram @scarlett_whitening biar lebih akurat, OK 👌

Awalnya aku nggak menaruh harapan yang terlampau tinggi sama hasil dari serum ini, tapi ternyata cocok... bangga banget sama produk lokal yang semakin bagus dan mengikuti perkembangan dunia. Aku review satu per satu produknya, ya! Kalian juga bisa lihat perbedaan kulitku sebelum dan sesudah pakai serum ini di foto paling bawah.

SCARLETT ACNE SERUM

15 ml | IDR 75,000
acne-serum

Scarlett Acne Serum langsung aku coba di hari pertama aku menerima produknya di rumah. Segitu excitednya emang...

Menurut klaim produknya, serum ini memiliki kandungan: Tea Tree Leaf Water, Salicylic Acid, Jeju Centella Asiatica, Liquorice Extract dan Vitamin C. Dengan manfaat:
  • Membantu menyembuhkan jerawat meradang, jerawat batu, kulit kemerahan dan iritasi. 
  • Membantu meregenerasi dan menjaga kulit yang sensitive tanpa menimbulkan iritasi.
  • Membantu menenangkan kulit, menghaluskan dan juga membantu memudarkan bekas jerawat atau luka.
  • Membantu mencerahkan kulit secara aman karena menggunakan Liquorice Extract dan Vitamin C yang juga berfungsi sebagai anti oxidant + anti pollution.
  • Membantu mengontrol kadar minyak berlebih di kulit.

Mari kita lihat Full Ingredients dan analisa Skincarisma.com di bawah ini:
Aqua, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Water, Annona Cherimola Fruit, Isopentyldiol, Centella Asiatica Extract, PEG-8, Phenoxyethanol, Salicylic Acid, Ascorbyl Glucoside, Aminomethyl Propanol, Hydroxyethylcellulose, 1,3-Butylene Glycol, Pentane - 1,2-Diol, Di Na EDTA, Ethylhexylglycerin, Isostearamidopropyl Ethyldimonium Ethosulfate, Sodium Hydroxide, Sodium Citrate, 1.2 Hexanediol, Tamarindus Indica Seed Gum, Biosaccharide Gum-1, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Propylene Glycol, Citric Acid, 2-Amini-1 -Butanol, Glycyrrhiza Uralensis(Licorice) Root Extract, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Carthamus Tinctorius (Safflower) Seed Oil. NA 18200104454
acne-serum

Ingredients-nya gentle dan aman sekali. Semua Scarlett Serum tidak mengandung: Alkohol, Parfume, Paraben, Sulfate, dan cruelty free (tidak diujicoba pada hewan). Awalnya aku agak khawatir karena ada kandungan olive oil, takut komedoan kalau nggak cocok, alhamdulillah aman di kulitku sih, nggak ada reaksi negatif sama sekali.

Tekstunya cair banget, mirip air air cucian beras, bening-bening butek gitu 😂 karena nggak mengandung parfum jadi jangan harap aromanya enak ya, but I don't mind tho~ justru seneng.

scarlett-serum
Tekstur Scarlett Acne Serum yang sangat cair

Karena teksturnya cair runny banget jadi aku tetesinnya ke kulit sedikit-sedikit, kalau sekaligus jadi lari ke bawah semua, Sist! Pelan-pelan aja ya, keringnya di kulit nggak yang cepet banget kok, jadi nggak perlu juga ditetesin sampai kulit jadi becek gitu...

Sensasinya di kulit pun nggak aneh-aneh deh, nggak ada rasa dingin, cekit-cekit, dan gerah/panas. Kayak olesin air aja lah gitu, nothing special 😁

Penting sebelum pakai serum, kulit harus lembab dulu sama toner yah! Kalau tonernya sudah mengering, baru oleskan serum, lalu ditutup pakai pelembab. Perfect!

Saat pakai serum ini, aku nggak pernah layer/campur dengan serum lain, bahkan Scarlett Brightly Ever After Serum aku pakai 2 minggu setelahnya di hari yang berbeda. Biar nggak berantem aja gitu, dan akupun memang fokus hilangin jerawat dulu, baru deh sekarang mikirin hilangin bekas jerawatnya.


SCARLETT BRIGHTLY EVER AFTER SERUM

15 ml | IDR 75,000
serum-pencerah

Jerawat sudah mulai musnah dan jerawat baru nggak lagi tumbuh, baru deh aku mulai berani pakai serum ini. Serum yang fokusnya untuk mencerahkan & meratakan warna kulit memang bagusnya digunakan ketika kulit tidak lagi terinfeksi jerawat / komedo aktif.

Klaim dari Scarlett Brightly Ever After Serum mengandung Phyto Whitening, Glutathione, Vitamin C, Niacinamide dan Lavender Water yang bermanfaat untuk:
  • Membantu mencerahkan kulit dan memudarkan noda di wajah seperti hiperpigmentasi, bekas jerawat, flek dan bekas luka.
  • Membantu mengontrol kadar minyak berlebih di kulit, membantu mengeceilkan pori-pori, mengimprovisasi warna kulit, menghaluskan kerutan dan juga garis di kulit.
  • Membantu menutrisi dan melembabkan kulit.
  • Membantu membuat kulit menjadi lebih relax dan calm.
  • Bekerja sebagai antioxidant dan juga sebagai anti pollution.

Yuk, intip kandungan lengkapnya...
Aqua, Nicotinamide (Niacinamide), 1,3 Butylene Glycol, Lavandula Angustifolia (Lavender) Water, Ascorbyl Glucoside, Arisaema Amurense Extract, 2-Phenoxyethanol, Hydroxyethylcellulose, GLUTATHIONE, Aminomethyl Propanol, Ethyl Macadamiate, Decyl Glucoside, Pentane - 1,2 - diol, Di Na EDTA, Ethylhexylglycerin, Tamarindus Indica Seed Gum, Biosaccharide Gum - 1, 1,2-Hexanediol, 2-Amini-1 -Butanol, Tocopherol, Malic Acid, C.I 16255. NA 18201901367
serum-pencerah
Kandungan aktifnya memang nggak sebanyak Si Acne Serum tapi fokus untuk mencerahkan dan nggak ada embel-embel lain, palingan ada klaim anti-aging karena mengandung Vit.E.

Perbedaan yang paling mencolok dari kedua serum ini selain warna kemasan adalah teksturnya, Scarlett Brightly Ever After Serum punya tekstur yang lebih kental. Jadi ketika dioleskan ke kulit cairan serumnya nggak lari-lari banget. Mudah dioleskan karena teksturnya agak licin, ada  sedikit sensasi dingin di kulit dan aromanya tidak sepekat Si Acne Serum.

serum-scarlett
Tekstur Scarlett Brightly Ever After Serum yang lebih kental

Saat pakai serum ini aku juga belum berani me-layer dengan serum lain yah, takut ada kandungan yang bersebrangan dan sekalian mau lihat hasilnya dulu di kulitku. Untungnya nggak ada reaksi negatif ya. Lempeng aja tuh di kulit. aku merasa cocok untuk kulit berminyak karena beberapa waktu setelah mengoleskan serum ini rasanya kulit jadi agak matte―bikin nggak terlalu minyakan gitu.

Memang sih aku pakai serum ini waktunya tidak sepanjang Si Acne Serum, jadi hasilnya belum kelihatan yang cerah banget. Overall aku cukup puas sama kinerja kedua serum ini, benar-benar berkerja baik di kulitku yang mudah jerawatan. Kulit jadi tenang... nggak lagi tumbuh jerawat-jerawat komedo yang gatel itu. I'm quite satisfied loh 😭 (ceritanya terharu).


HASIL PEMAKAIAN SCARLETT SERUM SETELAH 1 BULAN:

Bisa dilihat dari progress foto ini ya. Aku foto di IG Story jadi kelihatan tanggal-tanggal pas aku ambil gambarnya.

Memang sih aku pakai serum yang pink tidak selama serum acne yang ungu, jadi hasilnya belum kelihatan yang cerah banget. Overall aku cukup puas sama kinerja kedua serum ini, benar-benar berkerja baik di kulitku yang sensitif dan mudah jerawatan. Kulit jadi tenang... nggak lagi tumbuh jerawat-jerawat komedo yang gatel itu. I'm quite satisfied loh 😭 (ceritanya terharu).

scarlett-whitening

Aku penasaran deh, ada nggak sih temen-temen yang sudah mencoba kedua serum ini dan nggak cocok? Cerita dong! Siapa tahu aku bisa kasih masukan juga :)

Oiya, semua produk Scarlett biasanya aku beli di sini: Shopee Scarlett Whitening Official Shop

Comments

  1. progressnya keliatan banget sih ini pri,, dia kerjanya ngilangin bekas jerawat atau sekalian nyembuhin pri ? aku habis jerawatan parah ini butuh treatment yang tepat biar bekas2nya cepet ilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerja serumnya lebih ke menenangkan kulit yang jerawatan, jadi minim iritasi gitu, bekas jerawat jadi nggak mentereng banget. Aku dibantu sama serum Alpha Arbutin Mi, biar bekasnya cepat hilang. Hehehe....

      Delete
  2. Mau nanya, mba nya make toner apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai Toner Bioderma Sensibio, Hale, dan SNP Cicaronic. Ganti-ganti sesuai kebutuhan :)

      Delete
  3. Mau tanya ka,aku beli scarlet brightly ever after serum dan kulit aku sedang dikit berjerawat apakah boleh memakai scarlet brightly ever after serum

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih berjerawat sebaiknya pakai yang acne serum dulu sampai hilang semua jerawatnya ya :)

      Delete
  4. Lumayan efektif ya di kulitmu Pri, terlihat nyata, kan gak semua juga cocok ya serum yg acne.. karena kan ini buat kulit berjerawat ya. jadi ini sebagai 1 rangkaian ya, pertama pakai acne serum dulu, habis itu pakai brightly ever after serum ya. Efektif buat ngilangin bekas jerawat ya. jadi pengen coba yg brightly itu.. PIH aku banyak deh ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sebenernya nggak 1 rangkaian sih Mba Oline, bisa dipakai terpisah. Aku pakai yang acne setiap hari, yang brightening nggak serutin yang acne pakainya hehehe.

      Delete
  5. KA kalo muka kaya beruntus gitu cocok ga pake yang acne?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok/nggak-nya di kulit wajahmu, aku kurang paham sayang. Dicoba aja biar tau hasilnya :)

      Delete
  6. Kak kalau jerawatan , komedoan , sama berminyak pake yang mana kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai yang acne dulu sampai jerawatnya sembuh / sampai udah nggaknada jerawat aktif lagi ya.

      Delete
  7. Mau nanya dong ka ?.misalnya skrng mah kondisi muka make cream sepaket trs mau make serum scarlet yg acne ya apakah bisa? Apa harus berhenti dlu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepaketnya produk dokter / skincare drugstore. Kalau produk dokter lebih baik konsultasi dulu ya ke dokternya, tapi misal produk drugstore coba aja dikombinasi beberapa hari. Kalau cocok alhamdulillah; kalau nggak cocok berarti ada ingredients yang berseberangan kak...

      Delete
  8. Hai Ka Aprie, sedikit cerita aja ya. Aku baru dua bulan terakhir ini ngerasain jerawat yang bandel banget. Ninggalin bekas juga. Terus bingung ngatasinnya gimana. Aku mau coba serum Scarlett ini sih rencananya. Menurut Ka Aprie gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isokehhh kok trial dulu, tapi jangan berharap hasilnya kelihatan cepat ya. Menurutku acne serum scarlett ini light banget, jadi hasilnya lumayan makan waktu. Di aku kelihatan setelah sebulan pemakaian. Bulan kedua dan ketiga baru wow gitu. Aku pun tetap pakai skincare lain (double cleansing, toner, serum niacin, pelembab, dan SPF saat siang) dan obat totol jerawat. Jadi booster jerawat better juga hehehe.

      Semoga cepat hilang ya jerawatnya!

      Delete
  9. Kak kalo muka kita udah gaada jerawat trs mau make yg brightly ever after serum itu makenya kayak biasa ya kak setiap malam sehabis make toner?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul! Karena serumnya ringan menurutku dipakai pagi dan malam pun masih nggak masalah :)
      Kalau dipakai malam aja (siangnya nggak / siangnya serum lain) juga nggak masalah.

      Delete
  10. Kak, kalo bopeng gitu bisa ilang nggak ya pake serum ini??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu aku nggak ada bopeng yang bisa hilang pakai skincare

      Delete
  11. Kak mau tanya Kalo misalnya bekas jerawat kyak merah gtu bisa ilang ga? Soalnya aku ada bekas jerawat malah tumbuh lagi jerawat kak pri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bekas jerawat jadi tumbuh jerawat lagi, itu tandanya sebum/bakal calon jerawatnya belum habis di bawah kulitnya itu Kakaaa... jadi better tetap kasih treatment untuk jerawat.

      Delete
  12. Kak, aku punya masalah bruntusan. Jerawat yg agak besar tp gak banyak. Nah,sebelum pake serum acne. Aku pake cetaphile gentle skin cleanser. Bruntusan dan jerawat aku mendingan. Nah, selang 2 minggu sejak pemakaian cetaphil. Aku mulai coba serum scarlett. nah, skrng, bruntusan aku dan temen temennya balik lagi. Tp pas pake scrlett gaada tanda tanda klo produk ini gk cocok diaku. Gak perih, atau jd gmn. Biasa aja.

    Apakah penyebabnya dr pemakaian ya? Aku sering pake setiap mau tidur, jd bs keitung tiap hr. Pdhl temenku blg serum gblh dipake sering.

    Boleh sarannya kak? Jd skrng aku fokus pake cetaphil aja huhuhuhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya memang nggak cocok, mungkin ada kandungan yang bikin kulitnya elergi/iritasi/breakout? Serum scarlett memang light/ringan banget yah, di aku pun kayak pakai air aja rasanya jadi memang nggak ada efek cekit2nya, dan bisa dipakai rutin karena aku pakai ini tiap pagi dan malam :D

      Tapi memang nggak ada skincare yang cocok untuk semua orang, jadi kayaknya belum jodoh aja sama kulitmu :(

      Delete
  13. Mau minta saran dong kak, muka aku berminyak kemudian ada bekas jerawatnya banyak dan ini juga lagi ada jerawatnya kak, kemarin aku beli serum yang warna pink itu kak setelah 3 kali aku pakai muka aku jerawatnya kok makin banyak ya dimuka aku dan muka aku ngerasa kering bahkan ada yang mau mengelupas gitu kak, itu efek karena baru pertama kali pakai atau aku ga cocok kak atau juga serum yang aku pakai seharusnya aku pakai pas uda ga berjerawat lagi kak? Tapi emang muka aku ga kusam kali seperti biasanya kak, mohon arahannya ya kakak kakak terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhhh.. kalau efeknya sampai mengelupas sudah dipastikan nggak cocok. Karena biasanya kulit mengelupas gitu karena sensitif (aku takut sotoy) jadi better konsul Spk / berhenti pakai serum brightening sampai jerawatnya bener2 sembuh ya. Moga cepat membaik!

      Delete
  14. Mau tanya kaaak selama kakak coba serum itu creamnya apakah dari scarlett juga atau beda ya kak? Terimakasih kaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cream itu maksudnya pelembab ya? Pelembabku ganti2 sih, kadang pakai Innissfree Cherry Blossom kadang pakai HALE juga. :)

      Delete
  15. Hallo kak apri,mau tanya dong aku tu kulitnya gak berjerawat tp cenderung berminyak gitu kira-kira pake yg mana ya kak yg pink atau ungu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung golnya apa. Kalau mau ngontrol minyak aja pakai yang ungu (acne) ngaruh di aku. Yang pink (Brightening) di aku nggak terlalu ngontrol minyak tapi ada lembabnya sedikit dan kasih efek mencerahkan.

      Delete
  16. Assalamualaikum kak, mau tanya dong kan aku baru aja cobak serum scrlet yg ungu soalnya wajahku jerawat tapi pas tak pkek pagi hari kok sedikit berminya ya, apa itu efek pertama kali nyoba ya kak?
    Ohya kadang sebelum aku pake serum itu aku pake face tonic viva yg grentea, ngaruh tidak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai yang ungu (acne) malah agak bikin kulit matte loh, minyaknya jadi lebih terkontrol. Tapi di tiap orang reaksinya bisa jadi nggak sama. Kalau kamu curiga sama si tonic viva, coba dulu aja si tonic viva yang di stop dulu.

      Delete
  17. Kalo make serum nya tapi ga make toner boleh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja~ nggak ada yang larang kok :D
      Kalau merasa udah butuh / kurang lembab kulitnya, baru deh pakai toner dulu sebelumnya lebih baik.

      Delete
  18. Kak bolehkah pagi pakai serum acne dan siang pakai yg brigtly ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Kok, dibolak balik juga boleh. Aku pun begitu yang acne lebih banyak dipakai pagi soalnya ada efek kontrol minyaknya di kulitku.

      Delete
  19. kak, kalo pagi pake yang acne, terus malem pake yg brightly boleh gak ya kak? soalnya bha sama niacinmide kan?

    ReplyDelete
  20. Ka ..aku pakai scarllet smua jerawat kluar sthl 1 bulan ini.lanjut g yaa..aku baca2 katanya lagi purging.bener g s ya ja ..huhu jadi sedih ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya nggak ada istilah purging, yang ada emang kita nggak cocok sama ingredients-nya aja. Aku tipe yang kalau nggak cocok dari awal pasti langsung stop hehehe...

      Tapi kamu agak unik ya soalnya keluar jerawatnya setelah 1 bulan pemakaian (nggak dari awal). Saranku coba cek produk lain yang lagi kamu pakai juga aja, kalau udah yakin penyebabnya memang si scarlett acne serum ini, ya gpp di stop/ganti produk lain.

      Delete
  21. Kak kalo lagi pake cream dokter trs mau coba pake serum scrlett gimana ya menurut kaka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung ditanya ke dokternya dulu aja Kak..

      Delete
  22. Ka..muka saya sensitif,berminyak,warna kulit tidak merata dan bruntusan,,klo boleh tau pakai nya yang acne apa brightning ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama masih ada jerawatnya, lebih baik pakai acne serum dulu. Kalau cocok (kayak di kulit aku gini) jerawatnya hilang total baru deh aku berani pakai yang brightening serumnya rutin.

      Delete
  23. ka aku mau tanya dong, tipe kulit aku berminyak dan sedikit sensitif, aku dulu sempet breakout karna waktu masih jerawatan aku pakai produk wardah yg white secret jadi breakout parah semuka trus lanjut konsul ke wardah dan akhirnya membaik tapi cukup ninggalin bekas yg banyak mau pake yg brightly tapi kadang masi muncul jerawat mau pake yg acne tapi bingung jugaa 😭😭

    ReplyDelete
  24. Ka mau tanya tolong di jawab. Aku kulitnya ga berjerawat tapi suka kering kadang juga berminyak kombinasi gitu cocoknya pake apa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sayang, pertanyaan kayak gitu tuh banyak banget. Aku bukannya nggak mau jawab tapi nggak punya kapasitas untuk menjawab karena aku nggak tau skincare yang cocok buat semua orang tuh apa? :(

      Coba analisa kulitnya dulu yah, kalau kulitnya nggak jerawatan dan punya jenis oily kombinasi gitu, mungkin butuh skincare yang bisa menghidrasi kulit dulu? di Scarlett untuk acne serumnya agak bikin kulit matte, kalau kamu mau coba yang brightening (yang nggak terlalu matte dan bisa mencerahkan) monggo aja~

      Delete
  25. Kak yg acne kan untuk wajah berjerawat, klo udh mendingan apa harus pindah ke brighly atau boleh tetep pakai yg acne?

    ReplyDelete
  26. Serius sih ini enakin banget serum dan rangkaian acne nya. Aku baru make seminggu tapi beneran nenangin jerawat ku banget dan bekasnya gak terlalu mentereng lg. Cocok juga buat di kulit aku yg super duper kering, ngelembabinnya dapet bgt. Udah abis banyak nyobain smua produk sejauh ini aku ngerasa cocok pake scarlett acne.

    ReplyDelete
  27. Hai kak pengen coba serum scarlet yang brighly tapi takut nggak cocok
    Kalau buat kulit yang berminyak dan kusam cocok pakai yang varian apa kak? Soalnya muka aku gak berjerawat cuman berminyak sama kusam aja

    Nah semisal nih pakai serum scarlet setelah pakai serum scarlet pakai cream merek lain gitu boleh gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak berjerawat sama sekali coba yang Scarlett Brightly Ever After Serum aja Kak... boleh banget dong di-mix sama serum lain asal cocok.

      Delete
  28. Ka scarlet acne bisa di pakai cowok ngga buat muka sensitif berminyak dan berjerawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa donggg~ skincare kan no gender :)

      Delete
  29. KA aku baru pertama kali nyoba scarlet dan aku pilih yang acne. Jerawat aku cmn ada 1 atau 2 lah ya. Nah untuk 1 Minggu pemakaian jerawat di pipi aku hilang lah dikit cmn muncul di dahi sama dagu trus kulit aku juga kering gitu sampe ada kulit ngelupas cmn dikit harus lanjut atau gimnaa?

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar dari unknown, spam, pornografi, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup, akan saya hapus. Salam! :)