APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

5 Tips Memilih Skin Care yang Aman untuk Anak Remaja

Setiap orang, apapun itu jenis kelaminnya, pasti pernah mengalami perubahan kondisi kulit wajah. Bisa jadi yang tadinya mulus-mulus aja berubah jadi sensitif dan gampang jerawatan. Aku juga mengalami perubahan kulit wajah itu kok di usia 20an. Waduhhh~ jangan ditanya mindernya ya? Jerawatan semuka nggak hilang bertahun-tahun! Meski banyak juga temanku yang mengalaminya sejak remaja.

Di kebanyakan orang, usia remaja adalah awal mula terjadinya perubahan kondisi kulit wajah. Biasanya ditandai oleh produksi kelenjar minyak yang tambah banyak, komedo di sekitar hidung, sampai jerawat yang sulit sekali hilangnya.

Ada untungnya jika perubahan kondisi kulit berlangsung sejak remaja karena kita jadi aware lebih cepat. Jangan kayak aku gini ya, di usia 20an baru paham kalau pakai skincare itu penting dan harus dimulai sejak dini.

Meskipun kita sudah paham penggunaan skincare harus dimulai sejak dini, tapi kita harus ingat kalau kulit usia remaja tidak sama dengan kulit orang dewasa. Produk-produk skincare yang digunakan remaja seharusnya tidak serumit usia dewasa. Jadi jangan sampai overused atau salah memilih skincare juga ya!


Nih, untuk dedek-dedek gemes yang suka baca blog aku, ada beberapa tips memilih skincare untuk remaja yang akan aku jabarkan di bawah ini. Disimak yaaaa~

skincare-remaja

1. Kenali Jenis Kulit

Sebelum memilih produk kecantikan yang beredar di pasaran, sebaiknya kita paham dan kenal sama kulit kita sendiri dulu. Produk yang sesuai dengan jenis kulit dapat membantu hasil perawatan menjadi lebih maksimal. Ada empat jenis kulit yang biasa dimiliki, yaitu: kulit normal, kering, berminyak, dan kombinasi.
  • Untuk kulit normal, tekstur kulit terlihat lembut dan halus serta tidak muncul bintik merah di permukaannya.
  • Lalu kulit berminyak biasanya memiliki pori-pori yang cenderung terlihat besar dan mengkilap.
  • Kulit kering sebenarnya cukup sulit dibedakan dengan kulit normal. Perbedaan yang bisa dirasakan yaitu, kulit kering jika disentuh maka akan cenderung terasa kasar. Selain itu kulit kering juga lebih sensitif, makanya sering kali terasa gatal hingga mudah mengelupas.
  • Sedangkan kulit kombinasi adalah perpaduan antara kering dan berminyak. Misalnya, pada area T-zone cenderung berminyak, namun area lainnya relatif kering, atau sebaliknya.
Nah kalau sudah kenal jenis kulit kalian sendiri, jangan sampai salah beli skincare ya! Nanti bukannya mengatasi masalah kulit malah jadi memperparah. Misalnya ternyata kulit kalian selama ini kering dan dehidrasi, eh skincare yang dibeli malah untuk kulit berminyak. Kan nggak cocok ­čśó

2. Perhatikan Alergi Kulit yang Dimiliki

Tips memilih skincare yang aman untuk remaja berikutnya yaitu perhatikan apakah kalian mempunyai riwayat alergi atau tidak. Untuk menguji suatu produk, cobalah tester yang disediakan oleh toko skincare, lalu gosokkan merata di punggung tangan atau dibelakang telinga untuk melihat reaksinya.

Cara tersebut dilakukan untuk menguji apakah produk aman atau dapat menyebabkan kulit menjadi alergi? Jika tidak ditemukan reaksi apa pun, dan produk dirasa cocok pada kulit. Maka produk skincare itu bisa digunakan sebagai perawatan rutin kamu.

Kalau nggak bisa coba tester-nya di toko, kalian juga bisa beli produk sharing / produk ukuran travel size yang sekarang banyak di jual online. Biasanya harganya sangat murah jadi kalau produknya nggak cocok, nggak rugi-rugi banget kan? 

3. Memiliki Label Alami Tidak Langsung Menjamin

Produk skincare yang memiliki label alami tidak langsung berarti lebih baik dan menjamin keamanannya. Istilah alami/organik yang dicantumkan di label produk terkadang hanya bentuk trik marketing. Bahkan beberapa hanya mengacu untuk satu dua bahan saja (yang alami). Maka dari itu penting untuk mengecek keaslian produk melalui website resmi BPOM ya! Intinya jangan males cari tau dan jangan cepat kemakan iklan.

4. Perhatikan Komposisi

Tips selanjutnya, jika produk tersebut sudah lulus BPOM, perhatikan urutan setiap bahan pada daftar komposisi/ingredients. Kalau komposisinya terlalu banyak, kalian bisa langsung menggaris bawahi 5 bahan pertama pada daftar ingredients. Karena ingredients pada produk kosmetik ditulis berdasarkan urutan konsentrasi tinggi terlebih dahulu baru diikuti konsentrasi yang lebih rendah.

Jadi kelima bahan pertama yang ditulis pada list ingredients memberi sumbangsih kurang lebih 80% untuk keseluruhan bahan produk. Jika kalian menemukan ketidakcocokan dengan produknya, coba deh perhatikan 5 ingredients pertama dulu. Setelah yakin kalau salah satu dari kelima ingredients itu yang menyebabkan alergi, baru beralih ke produk skincare lainnya untuk dicoba.

5. Konsultasi dengan Dokter Spesialis

Untuk kondisi kulit yang lebih parah, misalnya kondisi yang lazim dialami oleh masalah kulit remaja yaitu seperti timbul jerawat besar yang disertai nanah, sebaiknya konsultasi ke dokter kulit yang sudah punya gelar SpKK ya!

Aku ngerti banget rasa mindernya karena jerawat yang parah bisa mengganggu penampilan sekaligus memberi efek psikologis untuk para remaja. Itu makanya kalau ada yang punya kondisi tersebut, aku nggak berani kasih saran macam-macam, karena lebih baik Dokter Spesialis langsung yang kasih saran. Dokter spesialis kulit pasti akan memberi tips memilih skincare yang aman buat kamu.

Itu tadi kelima tips yang bisa aku kasih untuk para remaja yang sedang struggle memilih produk skincare. Ingat ya, penggunaan produk skin care yang tepat dapat membantu merawat kulit agar lebih bersih dan sehat! Jadi jangan bosan kenal sama kulit sendiri dan mencari tahu tentang produk yang tepat.

Kalau ditanya, "di mana tempat aku biasa beli produk kosmetik?" Sudah pasti di offline / online store terpercaya. Kalau beli sekaligus banyak, biasanya aku ke website beautyhaul.com biar ongkirnya sekali aja.

Aku udah sering beli produk makeup dan skincare di beautyhaul.com yang merupakan online beauty terpercaya di Indonesia, menyediakan berbagai macam produk kosmetik dan perawatan kulit. Produknya sudah pasti original, packaging-nya aman, dan sampainya cepat.

Kalian biasanya langganan beli skincare di mana nih kalau leh tauuu?

Comments