APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

Review Scarlett Whitening, Beneran Bisa Bikin Putih?

Kurang lebih tiga minggu aku sudah menggunakan rangkaian produk Scarlett Whitening, dan kesimpulannya....

Ya, kali Sist langsung kesimpulan... nggak mau baca review aku dulu apa, nih? 😁

scarlett whitening

Aku nggak berharap khasiat macam-macam dari produk perawatan yang sangat hype di kalangan artis ini. Berhubung ownernya, Felicya Angelista, adalah artis, jadi ya wajar aja kalau di-review sama banyak artis. Teman-teman Blogger yang bikin brand sendiri pun pasti di-support oleh teman Blogger lainnya, kok. :)

So, yang jadi konsenku adalah, apa benar produk ini bermanfaat seperti klaimnya?

Aku mau disclaimer dulu, ya. Manfaat produknya bisa jadi tidak sama pada setiap orang. Manfaat yang aku rasakan bisa jadi beda ketika kamu yang menggunakan. Apalagi ada selera pribadi yang jadi alasan utama untuk kamu beli produk tersebut. Misalnya aja nih, aku bakalan repurchase Scarlett Whitening Body Lotion karena teksturnya sulit aku temui di brand lain. Dan alasan lainnya yang segera aku jabarin di review di bawah ini.

Dari yang aku lihat di Official Store Shopee, produk Scarlett Whitening yang dijual ada berbagai jenis: Body Scrub, Shower Scrub, Body Lotion, Facial Wash, Shampoo & Conditioner. Aku kebetulan cuma punya produk perawatan badannya aja, nih. Jadi 3 produk yang akan aku review adalah Body Scrub, Shower Scrub, dan Body Lotion.


1. SCARLETT WHITENING BODY SCRUB ROMANSA

Ada 2 varian yang bisa teman-teman pilih, yaitu: Romansa dengan wangi feminin lembut dan Pomegrante dengan keharuman yang manis dan segar. Aku pakai varian Romansa.

scarlett whitening

KLAIM:
Scarlett Whitening Body Scrub dibuat khusus dengan kandungan Glutathione (Mother of Antioxidant), Vitamin E dan buliran scrub halus yang bagus untuk meregenerasi, melembabkan serta mencerahkan kulit tubuh secara lebih maksimal.

KEMASAN:
Kemasannya berbentuk tube yang umum dimiliki oleh produk Body Scrub. Ada segel plastik bertulliskan SCARLETT, jadi produknya aman tidak tumpah-tumpah walaupun tutup kemasannya sudah kencang dan safe. Segel plastik tersebut menurutku juga bisa jadi menandakan keaslian produknya, dan tanda stiker hologram dengan simbol huruf S bertuliskan kata "original" di dalamnya. So, be aware, ya! 😏
scarlett whitening
Scarlett Whitening Body Scrub dilengkapi segel plastik dan stiker original

Selebihnya aku nggak terlalu merasa spesial dengan kemasannya yang agak bulky berisi 350 gram produk. Kalau mau dibawa-bawa, aku pasti akan pindahkan produknya ke wadah lain yang lebih kecil dan travel friendly.

INGREDIENTS:
Acrylic Polimer, Triisopropanol Amin, Glycerin, Mineral Oil, Cetyl Alcohol, Cetearyl Alcohol, Propylene Glycol, Glycol Distearate Dmdmhydantoin, Fragrance, Scrub, Glutathione, Water. BPOM: NA18190705488

Analisa Ingredients by SkinCarisma:


Dari analisa di atas bisa kita simpulkan kalau produk ini aman banget, titik-titik kritisnya hanya bersifat moderate dan kandungan fragrance untuk produk perawatan tubuh tidak terlalu mengganggu buat aku.

Hanya saja, aku konsen pada kandungan scrub, di produk skincare & bodycare apapun. Aku sudah nggak lagi menggunakan produk yang terbuat dari scrub plastik microbeads / polyethylene (dan sejenisnya) karena tidak larut oleh alam, jadi berpotensi menjadi endapan polusi di dalam tanah dan laut.

Nah, kandungan scrub dari Scarlett Whitening Body scrub ini tidak tertulis secara detail, hanya "scrub" saja. Jadi aku wonder ini berasal dari biji-bijian alami atau dari plastik microbeads?

TEKSTUR:
Tekstur produknya secara keseluruhan kalau aku gambarkan itu seperti body lotion berwarna putih susu yang lembut banget lalu diberi scrub super halus. Scrub-nya nggak kasar dan nggak mengiritasi. Wanginya? Hummmm~ cocok sih kalau orang-orang bilang ini wangi surga. Hahahaa.. baru body scrub-nya aja udah sewangi ini! Kebayang kan kalau kita pakai semua rangkaian produknya dengan intensitas wangi yang sama? Jadi kayak ratu bebb... semerbak banget ini badan 😁

CARA PAKAI:
Tekstur produknya yang padat namun lembab jadi mudah dioleskan ke kulit, tidak kesat walaupun mudah kering. Aku terbiasa pakai produk ini dengan dua cara, tergantung mood aja.
  • Cara 1: Sebelum mandi, aku oleskan ke kulit leher-tangan-kaki, lalu aku biarkan kering, dan dibilas saat mandi sambil digosok lembut.
  • Cara 2: Saat mandi (tapi kondisi kulit masih kering belum dibasuh air), aku oleskan ke seluruh permukaan tubuh sambil digosok lembut dengan gerakan memutar. Jika seluruh permukaan kulit sudah ter-cover scrub, aku bilas dengan air dan lanjut menggunakan Scarlett Whitening Shower Scrub.
Cara kedua memakan waktu lebih lama tetapi hasilnya lebih maksimal, makanya aku cuma melakukan ritual scrub sekali seminggu aja karena pegel, Sist! :p
scarlett whitening

HASILNYA SETELAH PEMAKAIAN:
Ritual scrub kalau dilakukan rutin pasti bikin warna kulit kita bisa jadi lebih cerah. Tapi... jangan setiap hari juga, ya! Dan jangan dipakai di kulit wajah. Maksimal seminggu 3x kita boleh scrubbing tubuh.

Aku merasa kulit jadi super halus bahkan sejak penggunaan pertama kali. Aku nggak sadar jadi sering elus kulit sendiri, terasa beda banget halusnya 😚


2. SCARLETT WHITENING SHOWER SCRUB POMEGRANTE

Ritual selanjutnya adalah mandi pakai sabun! Scarlett Whitening Shower Scrub bisa dipakai terpisah layakya sabun mandi biasa. Terdiri dari 3 varian, yaitu: Pomegrante dengan harum yang manis dan fresh, Mango dengan wangi segar yang seperti citrus, dan Cucumber dengan wangi yang tenang persis seperti air ketimun.

Favorit aku yang varian Pomegrante dan Cucumber, cuma di sini aku lebih detail bahas yang varian Pomegrante, ya :)


scarlett whitening

KLAIM:
Dibuat khusus untuk kamu yang ingin mencerahkan kulit tubuh. Mengandung Glutathione (vitamin pencerah kulit paling cepat di dunia) dan butiran Vitamin E, juga terdapat butiran scrub yang mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di kulit tubuhmu.

INGREDIENTS:
Sodium Lauryl Sulfate, Sodium Lauryl Sulfate, Fatty Alcohol Sulfate, Coconut Diethanolamine, Coco Amido Propyl Betaine, Lauryl Betaine, Ethyl Diamin Tetra Acetic Acid, Glycol Distearat, Steareth-20 Methacrylate Copolymer, Dmdm Hydantoin, Glycerin, Fragrance, Beads A2 milicapsule, Glutathione, Water. BPOM: NA18180701928

Analisa Ingredients by SkinCarisma:

Dari analisa SkinCarisma, persentasi kenyaman dan manfaat kulitnya sedikit lebih kecil dibanding produk Body Scrub. Itu karena di dunia kesehatan, bahan SLS sering kali reaktif di kulit super sensitif, tapi relatif aman di kulit normal karena sabun yang dijual drugstore pun kebanyakan mengandung SLS.

Untuk kulit badan, aku nggak pernah ada masalah sama kandungan SLS, masih nyaman aja dipakai, nggak memicu iritasi dan reaksi negatif lainnya.

KEMASAN:
Kemasan Scarlett Whitening Shower Scrub bisa dibilang unik karena bentul botolnya kayak botol minuman, apalagi warna sabunnya eye catching banget, warna-warna pastel yang segar dilihat mata.

Kemasannya cukup bulky menampung 300ml produk, namun tetap nyaman kalau dibawa travel atau dipindahkan ke wadah lain. 

Tutup kemasannya seragam berwarna putih dengan model flip-flop yang kuat. Ada emboss tulisan SCARLETT di bawah leher botolnya, teman-teman harus perhatiin ini, ya! Karena selain ada stiker originalnya, tulisan emboss di body kemasan juga sebagai penanda kalau produknya asli.

scarlett whitening

TEKSTUR:
Tekstur sabunnya berbentuk gel bening berwarna pastel sesuai varian. Ada kandungan butiran yang berwarna biru & merah jadi menambah cantik bentuk sabunnya.

scarlett whitening

Butirannya lebih besar daripada butiran produk Body Scrub namun jumlahnya lebih sedikit. Butiran ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, tapi aku pribadi nggak terlalu merasakan manfaat scrubbing-nya karena setiap mandi pakai sabun, aku selalu menggunakan shower puff (yang bisa dibilang agak lebih kasar dibanding butiran si Shower Scrub ini).

Aku rasa teman-teman yang tidak terbiasa pakai shower puff pasti kebantu kulitnya jadi lebih bersih karena ada bulir-bulir scrub unyu~ yang klaimnya dapat mengangkat sel kulit mati ini. 

Busa yang dihasilkan Scarlett Whitening Shower Scrub cukup banyak tapi nggak lebay. Wanginya enak tapi nggak terlalu nge-stain ke kulit. Kesan yang aku dapat seperti sabun wangi pada umumnya.

HASILNYA SETELAH PEMAKAIAN:
Aku pakai sabun ini rutin setiap mandi dan suka sama kondisi kulit setelahnya. Bukan jenis sabun yang langsung kesat setelah digunakan tapi juga bukan sabun yang memberikan kesan lembab lengket gitu, ada di tengah-tengah deh! Nggak kesat tapi juga lembut yang tidak lengket di kulit.


3. SCARLETT WHITENING BODY LOTION CHARMING

Nah, ini dia produk terakhir dan paling fenomenal dari Scarlett Witening, yaitu Fragrance Brightening Body Lotion. Why so fenomenal? Karena harum varian Charming mirip Parfume Baccarat Rouge 540 yang harganya bisa sampai 6 jutaan itu! 😁

Nggak cuma varian Charming aja yang harumnya surga, Sist! Varian Romansa (harumnya sama persis kayak Body Scrub varian Romansa, wangi feminin nan lembut gitu) dan Fantasia juga nggak kalah wangi. Sayangnya aku belum pernah coba varian Fantasia jadi nggak bisa menjabarkan wanginya kayak gimana.

scarlett whitening

KLAIM:
Fragrance Brightening Body Lotion yang dapat mencerahkan kulit tubuh dengan cepat (dapat dilihat perbedaannya hanya dalam pemakaian pertama) mengandung glutathione dan vitamin E yang sangat bagus untuk mencerahkan kulit tubuh.

INGREDIENTS:
Acrylic polimer, Cetearyl Alcohol, Triisopropanol Amin, Propana-1-2-diol, Propane-1,2,3-triol, Dmdm Hydantoin, Fragrance, Beads A2-millicapsule, Glutathione, Water. BPOM: NA18190123882.

Analisa Ingredients by SkinCarisma:

Scarlett Whitening Body Lotion minim ingredients dan aman. Sama dengan produk shower scrub-nya, kandungan yang perlu diperhatikan hanya alkohol dan fragrance saja yang mungkin bisa memicu kulit super sensitif. Untuk kulit badanku yg nggak sesensitif kulit wajah sih nggak ada masalah pakai lotion apapun asal sudah BPOM dan aman kayak Scarlett ini.

KEMASAN:
Kemasan botol plastiknya sama seperti produk Shower scrub, hanya saja tutup kemasannya berbeda. Didisain model pumping yang safety karena ada lock-unlock system-nya, sudah gitu ada penyangganya pula biar produknya tidak mudah keluar kalau kita tidak sengaja belum lock tutupnya.
scarlett whitening
Sama seperti kemasan Shower Scrub-nya, ada Emboss tulisan SCARLETT di leher body kemasannya, serta stiker original dan keterangan lainnya seperti: stiker cara pakai, nomor BPOM, dan tanggal kedaluwarsa.
scarlett whitening

TEKSTUR:
Tekstur watery base-nya terasa sekali di kulit ketika dioleskan. Langsung meresap, tidak lengket dan tidak terasa licin, bahkan cenderung kesat. Tidak seperti body lotion kebanyakan yang cenderung licin.

Teksturnya poin plus banget buat aku! Karena aku nggak suka pakai body lotion yang sangat lembab dan bikin kulit terasa gerah gitu. Kehadiran Scarlett Whitening ini membawa angin segar, aku jadi lebih rajin pakai body lotion setiap habis mandi 😁

Bukan berarti tekstur body lotion yang seperti ini nggak ada haters-nya, loh! Kebanyakan yang komplain adalah orang-orang berkulit kering. Menurut mereka lotion seperti ini bukan menambah kelembabab kulit, justru malah bikin kering. Padahal mah ada cara pakai yang benernya biar kulit tidak terasa kering, begini nih...

CARA PAKAI:
Body lotion merek apapun akan maksimal manfaatnya ketika kita menggunakannya persis setelah mandi dan saat kulit masih basah / lembab banget, jadi jangan dikeringin dulu tapi langsung ditimpa sama body lotion. Dijamin nggak akan terasa kering! Dan produk yang terpakai juga lebih sedikit. Jadi lebih hemat body lotion, bebb!
scarlett whitening

Tapi ya menurutku tekstur body lotion itu personal banget. Aku suka modelan Scarlett Whitening Body Lotion ini karena memang kurang suka kesan licin dan gerah di kulit, jadi klop deh 😊

Wangi yang seperti parfum mahal itu bonus aja buatku, walau tetap amaze sih karena 2 hari wanginya masih lengket di kulitku yang belum mandi. Huahaha...

BEFORE AFTER:
Sejujurnya aku nggak mencari manfaat brightening / memutihkan pada produk ini. Teksturnya sudah juara dan wanginya nampol sudah cukup buatku.

Walau efek brighteningnya memang terasa sejak pemakaian pertama, ada warna stain putih yang berasal dari glutathione dan vitamin E menempel di kulit sehingga bikin kelihatan cerah. Kalau terbilas air bisa langsung hilang sih stain-nya, tapi kalau dibiarkan dan dipakai terus menerus setiap hari, aku yakin warna dan rona kulit bisa kelihatan lebih cerah.

Ini dia penampakan tanganku yang belum vs sudah dipakaikan Scarlett Whitening Body lotion. Kelihatan kan bedanya?

scarlett whitening
Before After Pemakaian Scarlett Whitening Body Lotion

JADI PRODUK SCARLETT WHITENING BENERAN BISA BIKIN PUTIH NGGAK, SIH?

Kita sudah sampai pada kesimpulan revew, nih... dari gambar di atas bisa dilihat kalau produk Scarlett Whitening tidak membuat kulit putih kayak kapur papan tulis beb, tapi mencerahkan. 

Di kulitku cerahnya terlihat tidak terlalu jauh beda. Aku pikir tingkat cerahnya bisa beda di tiap orang karena banyak faktor. Kulitku mungkin nggak terlalu kusam karena jarang keluar rumah dan terpapar sinar matahari. Untuk teman-teman yang punya konsen di kulit kusam karena faktor matahari dan produk perawatan tubuh yang kurang cocok, mungkin tingkat cerahnya bisa jauh lebih kelihatan.

So, jangan harap produk Scarlett Whitening bisa kasih manfaat putih instan kayak produk perawatan ilegal itu ya!

Tapi nih ya... tapi, selain manfaat mencerahkan, keunggulan utama produk Scarlett Whitening adalah wanginya. Haduhhh... nggak ada yang ngalahin! Wanginya semerbak perpaduan floral dan fruity. 

Selain itu, aku pribadi suka banget sama tekstur Body Scrub dan Body Lotion-nya. Ringan di kulit, cepat meresap, tidak licin, tidak lengket, dan tidak memberikan kesan gerah.

APAKAH PRODUK SCARLETT WHITENING AMAN?

Untuk ukuran produk lokal (dan produk artis), menurutku Scarlett Whitening kualitasnya sudah di atas produk drugstore kebanyakan. Harganya terjangkau bahkan sering diskon di official shop-nya, isinya banyak, manfaatnya dapet, dan harumnya tiada tanding!

Seluruh produk Scarlett Whitening tidak dicoba ke hewan (not tested on animal) dan sudah ber BPOM. Ini penting banget ya Sist karena akan percuma manfaat di atas kalau produknya ternyata belum lulus BPOM. Bahkan tanggal kedaluarsanya pun tertulis jelas.

Ada followersku di DM Instagram curhat setelah aku review rangkaian produk ini di IG Stories. Dia bilang temannya dapat produk Scarlett Whitening palsu, sehingga kulit kakinya jadi banyak stretch mark dan nggak berani lagi pakai rok / celana pendek lagi. Aku baca itu langsung sedih 😭

Ada juga beberapa temenku juga yang DM bertanya apakah produk Scarlett aman? Ya, mungkin mereka juga baca berita tentang produk palsu itu jadi parno.

Please... temen-temen, kalau mau mencoba produk tolong dipastikan banget beli yang asli, yah! Jangan tergiur harga lebih murah dari seller mencurigakan. Cek langsung keamanan produknya di website BPOM. Nih aku sampai ngecek juga.

scarlett whitening
BPOM Produk Scarlett Whitening

Selain itu, penting juga membeli produknya di-official store. Aku jarang beli produk kecantikan di online shop, pasti di official store, karena aku jadi nggak was-was dan curigaan terus. Semua produk Scarlett Whitening bisa dibeli di link-link di bawah ini.

Aku langsung taro link hidupnya di bawah ini ya biar kalian bisa langsung pencet aja kalau mau beli. Pilih salah satu aja biar nggak dobel order:
1. Chat WhatsApp Admin Scarlett Whitening: 087700163000
2. Chat Official LINE: @scarlett_whitening
3. Chat DM Instagram: @scarlett_whitening
4. Order di Shopee Official Shop: Scarlett_Whitening

Fakta menarik lainnya, semua produk Scarlett Whitening berharga sama, yaitu Rp 75.000. Kadang suka ada paket diskon menarik. Pantengin aja link Shopee di atas!

Walaupun pembelian melalui online, packaging produknya aman! Boxnya rapi dan re-useable, dibalut bubble warp yang tebal. Cocok juga untuk dikirim sebagai hadiah atau hampers Lebaran. Aku nggak nolak loh kalau ada yang mau ngirimin. Hehehe...

Semoga reviewnya berguna, ya!

Comments

back to top