28 February 2016

Belajar Membuat Video Kreatif Bersama Blogger Perempuan

Saat saya memutuskan untuk menjadi blogger serius tahun lalu, saya tidak lagi berpikir kegiatan menulis/ngeblog hanya untuk memuaskan diri sendiri, tetapi juga harus bermanfaat untuk teman-teman pembaca. Berangkat dari pemahaman itu, saya enggak bosen upgrade ilmu blogging dari sumber internet, gabung di komunitas, sampai ikutan workshop. Terasa banget bedanya ngeblog saya dulu dan ngeblog saya sekarang.
  • Ngeblog dulu: menulis untuk kepuasan pribadi, sudah girang kalau ada komentar yang masuk dari teman-teman dekat, dan jadi malu sendiri kalau ada teman baru yang tau dan tanya, "blognya apa?"
  • Ngeblog sekarang: bahagia banget saat ada komentar-komentar yang masuk karena postingan saya bermanfaat, apalagi kalau ada yang bilang, "terima kasih ya kak infonya!" itu achivement tertinggi buat saya. Saat ini dengan bangganya saya akan menyebut diri sebagai blogger kece di www.aprijanti.com :p

Ngeblog itu seru kalau dilakukan dengan cara yang benar. Selain menulis banyak hal yang bisa saya pelajari berkat hobi ngeblog, seperti: ngulik template blog dan HTML, belajar SEO dan Google Analytics, ngecilin Alexa Rank, Klout Score, DA/PA, bikin gambar yang oke, infografis, sampai video. Banyak, ya? Iya. Saya tidak harus mempelajari itu semua sekaligus, tetapi minimal ada beberapa yang harus saya tekuni betul kalau mau jadi blogger serius. Saya belajar perlahan sambil memilah-milah mana yang sebaiknya saya dalami ilmunya sebagai support konten blog.

Sejak dulu, saya tertarik banget sama dunia fotografi. Makanya tiap kali mampir ke blog yang foto-fotonya bagus, saya pasti betah bacanya. Apalagi ada tambahan video kreatif juga. Hadeuuhh.. bikin iri. Saya? Bikin gambar dengan kualitas yang baik saja masih susah apalagi bikin video kreatif.

Kenapa blogger harus belajar membuat video?

  1. Menurut saya, sayang aja kalau punya kamera bagus tapi fitur videonya tidak dimanfaatkan. Bisa motret dan membuat video kreatif sekaligus? Kenapa enggak.
  2. Video youtube dapat menambah backlink blog. Setiap video yang di-upload ke youtube dengan memasukan link url blog kita pada captionnya, akan menambahkan backlink. Youtube itu website besar, jadi bagus banget untuk booster blog kita.
  3. Video youtube dapat meningkatkan SEO. Jika kita memasukan keyword tertentu di mesin pencari google, pada halaman pertama, pasti referensi youtube yang akan muncul. Bayangkan jika channel youtube itu kepunyaan kita? Bisa makin ngehits kan blognya? :D

Tiga dari sekian banyak manfaat video dan youtube untuk meningkatkan konten blog, membuat saya makin yakin untuk belajar fotografi dan videografi. Alhamdulillah, semesta mengamini, tepat kemarin malam saya sudah punya kamera mirrorless sendiri. Lalu, informasi event #NgobCanOPPO dari bloggerperempuan.com networking ini makin bikin saya girang. Huwaaa... event Ngobrol Cantik Blogger Perempuan ada lagi! Materinya pas banget lagi. Syarat apapun kan kulalui. Hahaha. Doakan saya terpilih jadi peserta #NgobCanOPPO ya! Siapa tau abis ikut event, saya bisa jadi artis youtube. Eh, konten blog saya tambah bagus maksudnya. :p


event, ngobcanoppo, blogger-perempuan


20 comments:

  1. Ooh baru tahu video dari youtube bisa menambahkan backlink dan meningkatkan SEO. Waaa ini, saya jarang rekam video mana nggak ngerti cara ngeeditnya buahaha.. kalau ada artikel cara mengedit video boleh dong diajarin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau aku kepilih jadi peserta #NgobCanOPPO, detail acara bakal kutulis. Doain yah! :D

      Delete
  2. Aku udah mulai bikin video di Youtube sih satu-dua. Tapi view di blog lebih banyak daripada view video Youtube, jadi yang terjadi malah sebaliknya! Video dapet banyak backlink dari blog x))
    Tapi, ya tetep aja saling berkesinambungan, sih~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanpa kita sadari backlink dari youtube itu besar banget lho... jangan lupa link postingan blognya ditaro di caption youtube ya. :)

      Delete
  3. Replies
    1. Semoga mampu. Huahahaha *tutup muka*

      Delete
  4. Replies
    1. Yeah, for the first time we will meet up. :D

      Delete
  5. Di tunggu sharingnya yaa.
    Terutama supaya kualitas gambar mumpuni ala HD, bebas buffer dan blog loading speed tetap wuzzz...wuzz...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipphh! Kusimpen nih pertanyaannya Mbak Rosa untuk event nanti. Makasih, Mbak! :D

      Delete
  6. Baru tau jg backlink dari youtube tu ngaruh, mau belajar jg :D

    ReplyDelete
  7. Yang belum punya kamera mah di tahan dulu untuk bikin video terus di uplot ke yutub hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai video dari handphone juga bisa, asal terang aja dan di outdoor shootingnya. Cailah, shooting!

      Delete
  8. ini nih yg aku masih males2an bljr nya..bikin video -__-. pdhl sayang kalo traveling ga sekalian capture video dari tempat2 yg didatangin kan.. biasanya aku cuma foto2nya aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di-shoot sedikit-sedikit dulu aja mbak objek yang keliatan menarik, pelan-pelan pasti mau belajar editing. :3

      Delete
  9. Waini juga dijelaskan teknik-teknik pengambilannya juga ga ya?

    ReplyDelete
  10. So far video2 di youtube ya cmn dari mengcollage di aplikasi video doang. Bukan yg oake editing beneran, pengen banget ikut workshop ttg editing video. Kapaaan yak BP roadshow lg ke Surabaya hihi curcol malah.

    Btw salam kenal ya Aprie ^^

    ReplyDelete
  11. Bikin video buat memperkuat blog, cita2 tahun ini yang belum kesampaian.padahal udah pernah bikin beberapa kali buat blog yg dipakai bisnis. Kayaknya kudu lebih nih tekadnya.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkenan membaca dan berkomentar di postingan blog saya ini. Salam. :)