APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

Makeup Korea dengan Sulamit Kosmetik

sulamit, cosmetics, makeup


Apa saja sih faktor-faktor yang membuat wanita membeli produk kosmetik?
Kalau saya pribadi, pertama pastilah kebutuhan, lalu merek, harga, serta kemasan.

Gimana kalau ada suatu produk yang masih asing banget namanya, Merek lokal pula. Dalam hati pasti menduga, "merek abal-abal bukan, ya?" Karena banyak ragu enggak jadi beli, deh.

Tapi, tidak adil rasanya kalau saya langsung menghakimi tanpa mencari tahu kebenarannya dulu. Apalagi saya penasaran banget sama merek baru ini setelah melihat warna lipstiknya yang lucu-lucu, produknya lengkap mulai dari bedak sampai pelembab, BB cream sampai night cream. Makeup matanya juga banyak: pensil alis, eyeliner, maskara, sampai bulu mata. Ini sih namanya niat, bukan merek abal-abal.

Selain penasaran sama warna lipstiknya, saya berani coba kosmetik baru karena produknya aman dan sudah terdaftar Badan POM. Iya, Sulamit Cosmetics aman dan sudah terdaftar Badan POM. Kalau enggak percaya lihat aja sertifikat resmi di bawah ini.

bpom, sulamit, cosmetics


Bukan cuma BB cream-nya aja lho yang bersertifikat Badan POM, tapi semua produknya. Semoga ini menjawab keresahan pembaca yang penasaran pengen coba Sulamit juga

Di sini saya punya 11 produk Sulamit Passion Series yang bakalan saya review satu per satu. Sekalian saya review pakai makeup ala-lala Korea. Ide bikin makeup natural ala cewek ini karena terinspirasi dari warna-warna lipstiknya yang soft banget. Daebak!

Makeup ala korea yang saya terapkan ini adalah flawless dan bold eyes. Seperti kebanyakan artis korea yang sering kita lihat di layar kaca, mereka sangat mengusungkan kulit wajah flawless, mulus bak marmer, dengan sentuhan warna-warna lembut pada blush on / eyeshadow. Tapi kalau diperhatikan, makeup matanya pasti agak bold. Karena tipikal mata asia kecil-kecil, pemakaian eyeliner, maskara, dan false eyelash menjadi sangat wajib.

So, langsung aja saya jabarin Turorial Makeup Korea dengan Sulamit Kosmetik di atas satu per satu. Cekidot!


STEP 1: PEMBERSIH / CLEANSER


Sebelum teman-teman mengaplikasikan produk makeup dan skincare apapun, pastikan wajah sudah bersih paripurna. Jangan biarkan sisa kotoran dan makeup menyumbat pori-pori yang akan berpotensi menjadi jerawat. Bersihkan wajah dengan facial wash/facial foam.

Sulamit punya beberapa produk pembersih untuk kulit normal dan berjerawat. Saat ini saya punya Miraculous Bright Facial Wash. Mengandung Ekstarak Lemon dan Bearberry yang mampu membersihkan kulit, mencerahkan serta melembabkan. Saya suka kemasannya, terasa mantap gitu pas dipegang. Enggak besar pula, enak dibawa ke mana-mana. Wanginya juga sama sekali tidak mencolok, agak berbau manis seperti vanila.

Seperti biasa, saya selalu mengoleskan facial foam yang sudah diberi air di kedua telapak tangan sampai busanya keluar, baru dioleskan ke wajah. Miraculous Bright Facial Wash ini hampir tidak berbusa, tapi bekas pelembab dan BB cream keangkat semua. Rasanya kesat di wajah tapi tidak terlalu kering. Facial foam ini saya rekomendasikan untuk kulit kombinasi dan berminyak karena mengandung lemon. Harganya sekitar Rp. 25.000


STEP 2: PELEMBAB / MOISTURIZER

sulamit, pelembab, skincare, makeup

Setelah kulit wajah bersih paripurna. Aplikasikan pelembab favorit kalian. Pelembab penting biar kulitnya tetap kenyal macam pantat bayik yang kinyis-kinyis. Di tutorial ini saya pakai pelembab sulamit Perfect Beauty Brightening Cream. Kemasannya bagus, seperti jar kaca padahal plastik bening. Tekstur dan baunya mirip pelembab jaman dulu. Berwarna cream hampir ke beige. Makanya, saya sempat salah kira sebelumnya, kirain foundation taunya pelembab.

Dilihat dari harga, pelembab dan krim malam Sulamit adalah produk mereka yang paling mahal, sekitar Rp. 85.000 isinya 20 gr saja.

Walaupun warnanya cream, tapi setelah dioles ke kulit wajah jadi transparan. Membuat wajah lebih cerah dan agak mengilap. It well known as dewy look! :D


STEP 3: ALAS BEDAK / FOUNDATION / BB CREAM


Nah, habis pelembab baru deh masuk ke proses makeup. Makeup maha penting dari korea apalagi kalau bukan BB Cream? Saking fenomenalnya, hampir enggak ada merek makeup yang tidak punya produk BB cream sekarang ini.

Tips dari saya kalau pilih produk BB/CC/DD cream, please... jangan pilih warna yang terlalu putih sampai 2 tingkat dari warna kulit asli. Kalau saya pribadi, biasanya ngetes di kulit dahi dulu, karena dahi adalah bagian paling gelap di wajah. Kalau hasilnya malah membuat kulit wajah jadi gelap, enggak apa, bisa di-cover sama loose powder / compact powder dengan warna lebih terang.

Sulamit Miraculous Bright BB Cream ini agak putih buat saya. Untung ada Sulamit Loose Powder No.1 warna beige, agak gelap, bisa menyeimbangkan warna kulit wajah yang keputihan.

BB Cream Sulamit ini kemasannya imut-imut, tapi cukup awet sampai sebulan. Ambil sedikit aja diujung jari untuk cover semua wajah. Teksturnya cair, tidak berbau, middle cover, dan bisa tahan sampai 4-5 jam. Harga IDR 33.000 saja. Terjangkau, ya?


STEP 4: LOOSE POWDER / PRESS POWDER


Dari semua produk sulamit yang saya miliki, Sulamit Loose Powder ini favorit saya! Muka saya kelihatan matte banget, enggak oily sama sekali, tidak berbau, dan isinya banyak. Muahaha. Anak gadis irit ini hepih cekali! Sayangnya, baru ada 2 warna: beige dan pink. Harga Sulamit Loose Powder IDR 40.000

Saya pakai Loose Powder No.1 Beige dulu sebagai dasar, kemudian Loose Powder No.2 sebagai highlight di atas alis, di tulang pipi, bagian atas bibir, dan dagu. Baur merata bedaknya dengan sponge atau brush.


STEP 5: EYE MAKEUP

sulamit, eyebrow, eyeliner, makeup
Sulamit Eyebrow Brown dan Sulamit Eyeliner Liquid Pen

Bedakan kelar, baru deh lanjut makeup mata.

Pilih eyebrow a.k.a pensil alis warna cokelat muda/abu-abu. Alis-alis cewek korea itu bentuknya halus dan lurus, bukan kereng dan melengkok kayak alis ngehitz jaman sekarang. So, yang punya alis bawaan tebel dan aur-auran kayak saya gini, mau-enggak mau harus diolesi concealer dulu baru dibentuk dengan pensil alis.

Saya hanya "berusaha" ngebentuk alis supaya lurus, walau jatuhnya enggak halus banget. Because no concealer applied, here. But, mayan lah ya. :p

Pensil alisnya enak, enggak keras, tapi agak menggumpal di alis saya. Jadi perlu disisir pakai brush eyebrow lagi biar merata halusnya. Saya agak kecewa cuma sama Eyeliner Liquid Pen karena tidak bertahan lama di kelopak mata oily. Kalau di-swacth di kulit tangan yang kering tidak bleber, tapi di eyelid/kelopak mata oily jadi bleber ke mana-mana. Musti pakai primer dulu baru daya tahannya OK. Harga Sulamit Eyebrow Brown dan Sulamit Eyeliner Liquid Pen masing-masing IDR 40.000


STEP 6: LIPSTICK

sulamit, moist-lipstick, lipstick, makeup

Lalu, proses terakhir adalah lipstik!

Sulamit Moist Lipstick warnanya cantik-cantik banget, Mak! Sejujurnya saya mau bikin tutorial ala-ala korea ini karena lihat warna lipstiknya yang kalem. Namun kelemahan Sulamit Moist lipstick cepat hilang di bibir. Jadi, kita musti akalin biar bertahan agak lama dan terlihat agak matte dengan cara menepuk-nepuk bibir berlipstik moist tadi dengan Loose Powder pakai perantara tisu.

Harga Sulamit Moist Lipstick IDR 35.000. Ini contoh warna lipstik yang saya swatch di kulit tangan. Warna asli di luar ruangan tanpa filter apapun.

sulamit, moist-lipstick, lipstick, makeup

Cewek korea kalau pakai lipstik tidak full sebibir melainkan dibentuk ombre: terang dibagian dalam bibir, makin ke arah luar makin pucat. Makanya BB Cream tadi saya ikut oleskan juga di bibir, agar garis bibir kehitaman saya ini agak tersamarkan warnanya, dan membuat moist lipstick jadi lebih menempel. 

Beginilah kira-kira hasil akhirnya, masih jauh dari sempurna. Saya menerima kritik, saran, dan masukan, ya! Semoga menginspirasi nusa dan bangsa. Kamsahamnida~

sulamit, moist-lipstick, lipstick, makeup
Dengan Sulamit Moist Lipstick No.4


sulamit, moist-lipstick, lipstick, makeup
Dengan Sulamit Moist Lipstick No.7, full sebibir.

sulamit, moist-lipstick, lipstick, makeup
Dengan Sulamit Moist Lipstick No.8

sulamit, moist-lipstick, lipstick, makeup
Dengan Sulamit Moist Lipstick No.9

website Sulamit Cosmetics: www.sulamitcosmetics.com
Facebook Page: Sulamit Cosmetics
Instagram: @sulamitcosmetics

Comments

  1. Tinggal syuting drama tuh mba hehehe. Btw lipstik no. 8 bagus tuh, lembut gimana gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... jadi Song Hye-kyo yak! :D
      Favoritku juga lipstik no.8,9

      Delete
  2. Suka banget dengan warna lipstik yang nomor 8 dan 9 bagus juga hasilnya hehe

    ReplyDelete
  3. Aku malah suka nomor 7 hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lipstik No.7 cakep juga sih, Mbak. Tapi agak gelap dibanding warna lainnya, jadi rada susah buat diombre. :p

      Delete
  4. Cantik. warna lipsticknya lembut dan saya juga suka :)

    ReplyDelete
  5. Ihir ihiirr...aku kalau make up an mata dulu..

    Sudah nonton videonya... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bayak kok bahkan MUA suka mulai dengan makeup mata dulu. Thank you, Nay!

      Delete
  6. Naksir lipstik yg no 8.. btw kerennya bikin video

    ReplyDelete
    Replies
    1. No.8 favorit saya juga. Wah, makasih. Masih belajar banget nih.:D

      Delete
  7. Penasaran sm liquid pen nya dan lipen2nya Mak

    ReplyDelete
  8. mbak apri agak gemukan ya mbak? X) pipinya chubby, lucu haha
    Sekali kali selfie sama bagong mbak haha

    Dan terkadang untuk membuat yakin calon pembeli, khususnya kosmetik seperti ini, bukti surat kelayakan pemakaian dari BPOM itu memang harus dilampirkan, sebagai penguat bahwa ini layak pakai :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ishh.. nongol-nongol bilang orang chubby. Dosa! :)))

      Iyap betul, biar tidak ada keraguan diantara kita. Hahaha.

      Delete
  9. mbak aPriii makin cantik ajee nih... sdha da yg punya belum?? wkwkw... wah kayaknya saya idups ekali boleh nih cobain tutornya mbak Apri kapan" deh heheh... lama aku gak terdampar di mari mbak maafin yaxxxx... just kidd

    ReplyDelete
  10. pacar saya enggak suka make up dan enggka tau cara meke up kayak nya di sini lah harus kasih link biar supaya di bacanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo, MAs. Di-shae ke Pacarnya, Kakaknya, Ibunya, yang banyakkk :))

      Delete
  11. Aku lihat videonya, itu bedak bagus bgt jatohnya di kamu Ap niceeeee, hihihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bedaknya cocok di aku. Oil controlnya oke.

      Delete
  12. Sukaaa liat hasilnya. ^ Untuk video bakal aku tonton setelah nemu wifi ya. :v

    Btw Kak Aprie ikutan mini giveaway ku yok! Syaratnya cuma follow 2 akun lho hihi. Link nya di bit.ly/HildaIkkaMiniGiveaway ya! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hilda, Makasih udah ditonton ya. Nanti aku mampir ke GA kamu. :)

      Delete
  13. Apa beda bb cc ama dd ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda namanya Om Cumi,
      BB = Blemish Balm, campuran foundation, pelembab dan SPF
      CC = Color Correction, upgrade BB cream yang bisa meratakan dan menutupi warna kulit kemerahan.
      DD = Dynamic Do-All, gabungan BB cream & CC cream

      besok ada EE sampai ZZ kayaknya. :v

      Delete
  14. Salam kenal klo boleh tau d mna sih qt bisa bli produk sulamit!!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar dari unknown, spam, pornografi, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup, akan saya hapus. Salam! :)