Featured: MNC Channel | Tips Merawat Rambut Diwarnai


Sesungguhnya postingan ini adalah Featured Post yang telat. Saya sudah upload featured video dengan MNC Channel ini di youtube dan media sosial sejak tiga bulan lalu. Niat banget mau published ke blog juga, tapi lupa! 😅

Nah, berhubung weekend harus ada postingan #WeekendCantik, tapi saya enggak ada waktu untuk foto-foto produk seminggu ini karena lagi ngebolang ke Madura dan Surabaya, jadilah saya bikin postingan Tips Merawat Rambut Diwarnai dari rangkuman video wawancara saya dan Mbak Vega, Host MNC Living Ideas. *siapa tahu ada yang penasaran melihat saya grogi dan awkward saat masuk TV pertama kali, boleh banget loh ditonton dan di-bully sampai habis. :)))



Kalau ditotal, dari awal kenal cat rambut sampai sekarang, saya sudah empat kali mewarnai rambut. Warna yang selalu saya pilih adalah warna-warna aman seperti coklat muda, coklat tua, dan hitam. Bukannya enggak mau warnai rambut pirang atau ombre, saya masih ngeri sama bleaching; saya punya masalah sama rambut kering dan mengembang yang bisa makin parah kalau kena obat bleaching.

Karena menghindari obat bleaching tadi, saya enggak punya masalah sama rambut rusak setelah diwarnai. Selain itu, saya menerapkan 5 tips mewarnai rambut sebagai berikut:

1. PILIH WARNA CAT RAMBUT SESUAI WARNA KULIT

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum warnai rambut adalah research secara mendalam warna rambut apa apa yang paling cocok untuk jenis kulit kita. Undertone Skin atau warna kulit dalam manusia terbagi menjadi dua: Warm Tone dan Cool Tone. Cara paling mudahnya adalah dengan melihat warna nadi.

skin tone,hair color
source: sunglasswarehouse.com

  • Jika warna nadi kebiruan berarti masuk ke kategori Cool Tone. Orang-orang dengan warna kulit ini cocok menggunakan warna rambut terang seperti ombre rainbow, pink, biru dan hijau terang, silver atau grainy hair, dan blonde. 
  • Jika warna nadi hijau berarti masuk ke kategori Warm Tone. Kebanyakan orang Indonesia memiliki underskin tone warm yang cocok menggunakan warna-warna tanah seperti coklat, merah gelap, hijau zaitun, orange, dan blonde kekuningan. 

Kenapa menentukan undertone skin begitu penting? Karena salah memilih warna rambut bisa bikin wajah kelihatan kusam. Sebaliknya, jika kita bisa memilih warna rambut yang tepat, wajah jadi kelihatan cerah kayak udah pakai makeup.

2. PERHATIKAN HAL-HAL BERIKUT KETIKA MEWARNAI RAMBUT

Please, jangan ngewarnain rambut kalau budget terbatas! Saya bukan underestimated atau mau mengatur hak orang, saya cuma kasihan dengerin curhatan temen-temen yang rambutnya rusak gara-gara dicat pakai pewarna rambut sembarangan. Jika belum sanggup ke salon, minimal belilah cat rambut berkualitas baik yang bisa dipakai sendiri di rumah. Baca petunjuk pemakaiannya dengan benar dan stop pemakaian jika kulit kepala mengalami panas dan gatal berlebihan.


3. BLEACHING, YAY OR NAY?

Setiap rambut punya daya tahan yang berbeda, ada yang tahan di-bleaching berkali-kali dan warnanya langsung keluar putih, ada juga yang enggak tahan langsung kering kayak sapu ijuk tapi warnanya enggak keluar juga—menguning bagai padi. Saya sendiri adalah penganut paham No Bleaching karena enggak mau ambil resiko, repot sering-sering hair spa dan touch up. Kalau lagi pengen warna terang, saya tinggal pilih cat rambut warna agak blonde (tanpa bleaching) nanti jatohnya di rambut jadi warna coklat terang kepirangan. 😄


4. TIPS AGAR RAMBUT TETAP SEHAT SETELAH DIWARNAI

  • Rambut yang sudah diwarnai jelas butuh perawatan ekstra dibanding rambut asli tanpa sentuhan pewarna kimiawi. Rawat minimal sebulan sekali!
  • Rambut bleaching Fardu Ain hukumnya Hair Spa minimal seminggu sekali.
  • Walaupun rambut kita diwarnai, jangan menggunakan sampo khusus rambut diwarnai jika kulit kepala bermasalah dengan ketombe dan kerontokan. Tetap gunakan sampo khusus ketombe atau rontok, tetapi jangan lupa untuk menggunakan conditioner khusus rambut diwarnai. Tips ini saya dapat dari Terapis Salon Irwan Team Hairdesign
  • Gunakan vitamin khusus rambut diwarnai pada rambut setengah kering setelah keramas
  • Pakai sunblock/sunscreen khusus untuk rambut jika sedang terpapar matahari (kadang saya nyemprotin sunblock ke rambut juga loh kalau kepepet)

5. TIPS MEMBUAT WARNA CAT RAMBUT TAHAN LAMA

Secara alami, pertumbuhan rambut akan menggeser sedikit demi sedikit warna cat rambut dan mengembalikannya ke awal warna asli. Namun lakukanlah hal-hal berikut agar warna rambut yang diwarnai tidak cepat pudar dan kusam:
  • Kurangi pemakaian alat calot dan hair dryer
  • Gunakan pelindung kepala saat matahari terik atau sedang pelesiran ke pantai
  • Jangan selalu membilas rambut dengan air hangat. Selain bisa mengikis kemilau rambut, air hangat bisa cepat melunturkan pewarna rambut.

Kurang lebihnya itulah kelima tip dan trik merawat rambut ala saya. Kalau temen-temen punya tips atau masukan lain yang sering dilakukan untuk merawat rambut diwarnai, jangan lupan komen yaaa! :D

Salam,

CONVERSATION

23 comments:

  1. Tips yang bermanfaat. Jadi nggak khawatir rambut rusak meski diwarnai.

    ReplyDelete
  2. Bisa dicoba tipsnya. Sempat takut rambut rusak. Padahal kan boleh diwarna biar kece.

    ReplyDelete
  3. Impianku dari dulu warnai rambut dengan warna pink, ungu, dan coklat. Kaya Barbie.

    ReplyDelete
  4. Oh, ternyata pakai air anget terus malah gak baik, ya? Harus dikurangi berarti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, jangan setiap hari, nanti kemilaunya berkurang.

      Delete
  5. Pakai sunblock nih yang kadang suka malas. Tapi apa juga perlu pakai kalau berhijab?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah berhijab enggak perlu Mbae :)

      Delete
  6. Seriusan aku baru tau ini : "Pakai sunblock/sunscreen", ada produk khususnya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai produk Makarizo HAir Energy, murah kok yang mini size aja cuma belasan ribu. :)

      Delete
  7. Salah satu hobi saya sebelum berhijab, nih. Ngewarnain rambut hehe

    ReplyDelete
  8. aku tuh pengen ngewarnain, trus poto2 pake topi pantai gitu kan yak. etapi kan krudungan...heu.
    basicly, di keluargaku rambut ada pirang2nya. adeku sama ibuku jelas bgt. dan aku engga, heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Nay! Yaudah fotoannya di private beach gitu. Ada sih di Bali, tapi ratenya per malam mahal banget. :))

      Delete
  9. Temen ku rambut nya ancur setelah 5 th an di warnai gonta ganti. Ternyata perawatan nya beda dan mahal yeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Om Cumi, treatmentnya agak rempong. Apalagi untuk rambut yang gonta-ganti warna terus, harus dikasih jeda itu kasihan rambutnya. :(

      Delete
  10. Ka apri rekomen pewarna rambut yg bisa di pake sendiri dong tanpa bleaching biar jatohnya coklat muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna rambutku sekarang pakai Shiseido warna yang paling terang, Ell. Lumayan keluarnya jadi coklat muda. :)

      Delete
  11. Rambutku dari awal diwarnai harus pakai bleaching mba karena kalo warnanya aja nggak akan keluar, lembaran rambutnya tebal :(
    Nadiku kebiruan jadi pas ya kalo kemarin abisan ombre blonde.. Hihi makasih tips-tipsnya, berguna banget :D

    ReplyDelete
  12. Nah ini, masalahnya akunya paling males ngerawat rambut diwarnai.hehe

    ReplyDelete
  13. Trakhir hobi mewarnai rambut itu pas aku smp :D. Kebetulan sekolahku ngizinin siswanya utk warna rambut yg aneh2 sekalipun :D. Tapi sjk kerja aku udh males warnain, dan malah jd smoothing.. Nah itu dulu perawatannya juga hampir sama kayak di atas mbak.. Kalo ga gitu ya bisa kering kerontang ni rambut :D. Tapi skr aku udh 3 thn ga nyentuh smoothing lg.. Takut rambut makin tipis. Jadi ya dibiarin ikal alami.. Palingan seminggu sekali hairmask jadinya

    ReplyDelete
  14. Aku kira rambutmu di bleaching. Krn pirang gitu. Aku jg kayaknya gak bs dibleaching, soalnya udah pernah diitemin. Jd susah utk keluar warna2 terang gitu.

    Makasih tips kecenya Awkarin. Ehh apri maksudnyaa :)))

    ReplyDelete
  15. aku belumm pernah diwarnai rambut hanya suka lihat anakku saja

    ReplyDelete
  16. Waaa lagi lagi ini manfaat binggo
    Ternyata ada beberapa keslhan yg aku lakuin,tiap kramas make air anget hslnya cat aku cpt pudar trs akirnya pk shmpoo khusus wrna pdhl rambutnya rontok daann sering bgt main kepantai ga pake sunscreen khusus rambut
    Makanya rambut kering ujung bercabang udah mirip anak layangan haha

    Makasih yaa kak
    Abis ini bakalan dipraktekin dah

    Oiy sunscreen bs didpt dimana ajakah?
    Aku br tau lho soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai yang murah meriah, "Makarizo hair energy" bentuknya spray dan sudah ada UV Protectionnya. :D

      Delete

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar spam, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup akan saya hapus. Salam. :)

INSTAGRAM