APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

Pentingnya Merawat Kulit dengan Filosofi Ekobiologi

Untuk pertama kalinya saya merasa beruntungggg banget diundang ke event.

Tanggal 28 Maret kemarin saya dan beberapa temen Blogger lainnya datang ke event NAOS (perusahaan yang menaungi Bioderma dan produk skincare sejenis). Dari event itu saya dapat banyak wawasan yang mind blowing mengenai kesehatan kulit dan skincare. Sayang banget kalau saya simpan sendiri.

bioderma micellar water

Materi dari Aurèlie Guyoux pecah banget menurut saya! Beliau adalah seorang spesialis biokimia khusus dermatologi yang sudah bekerja lebih dari 10 tahun sebagai konseptor bahan farmasi dan kosmetik, kini Aurèlie menjabat sebagai Global Research and Innovation Director NAOS. That's why... saat mendengar presentasi beliau, saya merasa jadi anak kuliahan lagi 😄


naos
Aurèlie Guyoux, Global Research and Innovation Director NAOS

Poin penting dari presentasi Aurèlie Guyoux saya tulis dalam format bullet points aja ya supaya  dibacanya lebih enak :)
  • Masalah kulit sensitif adalah fenomena global yang terus meningkat dan dialami oleh semua orang di dunia, dengan presentase paling banyak dimiliki oleh wanita asia sebesar 62% 
  • Penyebab kulit sensitif sangat beragam, yaitu: penggunaan bahan kosmetik yang tidak berkualitas, kualitas air yang buruk, kondisi lingkungan (radiasi sinar UV, suhu, polusi, angin, dll), faktor psikologis dan hormonal (siklus menstruasi, stress, bekerja terlalu berat, kurang tidur), serta gaya hidup (jarang olahraga, konsumsi rokok dan alkohol, makanan & minuman yang tidak sehat). 
  • Kulit tidak dapat bertahan dari 3 kegagalan fungsi sekaligus yang menyebabkannya menjadi sensitif, misalnya polusi dan metal berat yang punya partikel sangat kecil dan dapat diserap kulit, sehingga kulit menjadi stress oksidatif dan dehidrasi. 
  • Kita sering lupa menganggap kulit adalah organ hidup layaknya otak, jantung atau paru-paru, yang perlu dirawat dengan sangat hati-hati. 
  • Kulit sebagai organ hanya membutuhkan maksimal 3 ingredients aktif pada kandungan skincare, kalau lebih kulit bisa ngambek dan jadi imun/kebal sama skincare. Itu makanya Aurèlie menentang banget kita pakai banyak skincare. We don't need 10 steps skincare routine, indeed! 😳 
  • 3 produk skincare yang dibutuhkan agar kulit tetap sehat: pembersih, pelembab, dan perawatan. 
  • Proses pembersihan wajah punya porsi yang paling penting karena proses tersebut yang pertama kali mencegah masuknya polutan penyebab kulit sensitif. 
bioderma naos
Dokter Adhimukti, Aurèlie Guyoux, Dokter Shannaz Nadia, dan Direktur Bioderma Indonesia

Materi Aurèlie Guyoux ditambahkan oleh Dokter Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK(K), MHA (Dokter spesialis kulit dan kelamin Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, FKUI-RSCM), FINS-DV, FAA-DV dan Dokter Adhimukti T. Sampurna, SpKK FINSDV (Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin sekaligus Direktur Medik Bamed Healthcare) yang menjawab beberapa pertanyaan dari Media dan teman-teman Blogger. Dari jawaban mereka dapat disimpulkan bahwa:
  • Pertama-tama harus tau dulu apa penyebab kulit sensitif, karena bawaan genetik atau pengaruh dari lingkungan? Penangannnya bisa berbeda cara.
  • Micellar Water Bioderma nggak hanya bisa digunakan oleh kulit sensitif, tetapi juga oleh bayi dan ibu hamil/menyusui.
  • Micellar Water Bioderma merupakan Micellar Water pertama di dunia yang memiliki PH 5,5 dan dibuat dengan air berkualitas tinggi dan teknologi yang hanya dimiliki oleh NAOS. Inilah alasan utama yang menjadikan Micellar Water Bioderma lebih unggul dibanding produk sejenis.
  • Bioderma dapat membersihkan makeup sampai kedalam pori, membersihkan polusi, dan menggangkat logam berat tanpa merusak barrier kulit (yang berfungsi menjaga lapian dan kelembaban alami kulit).
  • Kulit wajib dibersihkan malam hari sebelum tidur dan pagi hari setelah bangun tidur.

micellar water

Bioderma H2O Micellar Water didesain untuk berbagai kondisi kulit. Sensibio H2O yang berbotol merah untuk kulit sensitif, Hydrobio H2O yang berbotol biru untuk kulit yang dehidrasi, dan Sebium H2O yang berbotol hijau untuk kulit kombinasi dan berminyak. Lengkap, kan?

Saya pakai produk bioderma sejak tahun 2015, sampai saat ini Sensabio H2O Facial Foam dan Sensabio H2O Toner masih saya gunakan. Cocok banget untuk kulit sensitif dan mudah berjerawat sekaligus tidak cocok jika pakai produk skincare dengan klaim "anti jerawat" karena terlalu harsh. Cukup complicated, kan? 😥 Jadi kalau temen-temen punya permasalahan kulit yang rewel kayak saya gini, coba deh rangkaian pembersih Bioderma Sensabio H2O.

SEKILAS TENTANG NAOS DAN FILOSOFI EKOBIOLOGI

jean naos

NAOS adalah perusahaan yang menaungi Bioderma, Institut Esthederm, dan Etat Pur yang telah beroperasi di lebih dari 100 negara. Dirikan oleh Jean-Noël Thorel, seorang ahli Biologist-Pharmacist. NAOS menjadi salah satu perusahaan kecantikan terbesar di dunia dan salah satu perusahaan independen terkemuka dibidangnya yang mengembangkan produk berdasarkan ilmu pengetahuan yang sejalan dengan filosofi perawatan kulit (Filosofi Ekobiologi).

NAOS menerapkan Filosofi Ekobiologi (ekosistem dan biologi) dalam menciptakan semua produknya. Filosofi Ekobiologi adalah prinsip yang menganggap kulit sebagai sebuah ekosistem hidup yang unik sekaligus rentan dan selalu beradaptasi dengan lingkungannya. Pendekatan Ekobiologi bertujuan untuk membantu kulit memperkuat dirinya sendiri secara alami dengan cara merawatnya secara tidak berlebihan namun membantunya berfungsi dengan baik.

MICELLAR WATER BIODERMA SENSIBIO H20

bioderma micellar water

Semua yang pernah mencoba produk Micellar Water pasti setuju kalau Bioderma Sensibio H2O adalah yang terbaik. Berkat hadir di event ini, saya jadi tau kalau kualitas air dan teknologi pembuatan Micellar Water jadi faktor utama keunggulan produknya, karena nggak semua produk Micellar Water terbuat dari kualitas air dan teknologi yang sama, lho...

Di wajah saya, Micellar Water Bioderma dapat menghapus makeup tebal yang tahan air sekalipun. Klaim bebas pengharum, bebas alkohol, bebas paraben, dan hipoalergenik bikin saya nggak mikir dua kali untuk selalu re-purchase produknya.

Saking susahnya nemuin skincare yang cocok, saya selalu menganggap minimal ketemua sama skincare yang nggak bikin purging/breakout aja cukup. Ternyata lebih dari itu, ya.. saya nggak boleh banget sembarangan gonta-ganti skincare. Kasihan kulitnya. At least kalau mau coba produk baru, harus tau dulu jenis kulit dan kebutuhan saya saat ini. Lalu yang paling penting, rajin cek ingredients!

Sejujurnya saya jadi penasaran dengan dua produk NAOS lainnya, tetapi belum masuk ke Indonesia. Semoga kedepannya ada dan produknya bisa disesuaikan dengan pemasalahan kulit Wanita Asia, khususnya Indonesia. Aaamiin.

Semoga artikelnya bermanfaat ya buat temen-temen semua. Ingat, kulit wajah adalah organ hidup yang perlu dijaga baik-baik. Watch our skincare, Sist! :)

Comments

  1. Wah menarik sekali kak, saya juga penasaran ingin coba dan saya juga jadi tau nih tentang 10 step perawatan wajah lol

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar dari unknown, spam, pornografi, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup, akan saya hapus. Salam! :)