APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

Review NYX Total Control Mesh Cushion Foundation No.6 (True Beige)

Beberapa tahun lalu complexion model cushion didominasi oleh brand-brand Korea. Saya jadi bagian yang ikut-ikutan mengoleksi complexion Cushion Korea tersebut, loh! Karena... siapa sih yang nggak kepincut sama inovasi complexion yang bentuknya macam bedak padat dan pakainya tinggak di-tap? Kehadiran cushion menolong banyak wanita yang nggak punya waktu berlama-lama makeup tapi pengen muka tetep mulus paripurna.


Sayangnya... saya enggak cocok sama Cushion Korea. Sedih, deh. Beberapa kali pakai langsung beruntusan. 😞

Saya nggak cocok sama Cushion Korea karena formula di dalamnya adalah BB Cream. Iya, Sist. Akutuuu nggak pernah cocok pakai BB Cream, walau klaimnya lebih ringan dari foundation tetapi BB Cream punya ingredients yang lebih kaya. Mungkin ada kandungan vitamin, atau serum, atau sunscreen-nya yang bikin kulit saya beraksi, so... tiap makeup-an saya selalu pakai foundation atau nggak makeup sama sekali. Hehehe.

Nah, sejak bermunculan Cushion Foundation sekarang ini, saya jadi semangat lagi deh. Semangat pengen cobain, dong! Akhirnya, ada juga Cushion BB Cream Foundation. Salah satunya si hitam cantik satu ini, NYX Total Control Mesh Cushion Foundation. Thank you berat NYX Indonesia dan Clozette Indonesia sudah mengirimi saya beberapa produk complexion NYX! Saya semangat mau review NYX Total Control Mesh Cushion Foundation dulu, ya. Kelar yang satu ini baru saya review NYX Total Control Drop Foundation yang konon ngehitz juga itu.

KLAIM PRODUK:

This light-as-air formula is filtered through a unique mesh netting that seamlessly delivers medium-to-full coverage and matte finish.
  • Long-Lasting Wear
  • Natural Finish
  • Non-Cakey
  • Comfortable
  • Lightweight

Berhubung NYX adalah brand makeup Los Angeles, Amerika, jadi harap maklum kalau klaim produk yang saya copy dari kemasan kartonnya berbahasa inggris. Intinya mereka mau bilang kalau produk ini ringan, nyaman, tahan lama, matte finish namun tetap terlihat natural dan tidak cakey. Apa benar begitu? Simak reviewnya sampai habis. 😉

KEMASAN:

Teman-teman penggemar produk NYX pasti sudah paham sama kemasannya NYX yang elegan dan chic. Saya nggak masalah banget sama kemasan cushion yang totally black gini, justru jadi manglingi; beda sendiri di antara kemasan produk cushion lainnya yang unyu-unyu.

Kemasan kartonnya (yang tidak saya foto) memuat informasi lengkap tentang produk, ingredients, nomor BPOM, tanggal expired, warning info, sampai lokasi manufaktur. Dari kemasan kartonnya saya jadi tahu kalau NYX Total Control Mesh Cushion Foundation dibuat di Korea. Mungkin biar lebih hemat ya proses produksinya, secara di Korea kandangnya Cushion.

Lalu saya iseng main ke global website NYX untuk cari informasi produk, tetapi saya nggak menemukan produk ini. Wow! Apakah NYX Total Control Mesh Cushion Foundation diproduksi hanya untuk pasar Asia?


Kemasan Cushion-nya rapat sekali. Saya agak bingung tadinya sama fungsi penutup putih itu? Karena enggak merekat seperti ada lemnya gitu, malah cairan foundation-nya yang agak meluber-nempel-nempel di permukaan bawah kertas putihnya. Saya gunakan beberapa kali sampai foundation-nya nggak meluber, lalu kertas putihnya saya buang, dan AMAN. 👌


Aplikator Cushion Puff-nya juga berwarna hitam, seru sih jadi nggak kelihatan kotor-kotor amat. Huahahaa... (ketauan males banget bersihin tools makeup). Jangan ikutin saya please... cushion puff itu harus sering dicuci yah, Sist! Di dalam kemasan cushion yang kedap udara dan lembab, bisa jadi kuman banyak nempel di sana. 🙊
 

Yang unik adalah bentuk mesh / jaring tempat keluarnya cairan foundation. Kebanyakan cushion kan bentuknya sponge, ya? Bukan mesh. Karena bentuknya mesh gini, jadi saya nggak perlu effort untuk mencet-mencet; tinggal dioles manja aja cushion puff-nya di mesh, foundation-nya udah nempel.


INGREDIENTS NYX TOTAL CONTROL MESH CUSHION FOUNDATION NO.6:

Water/Aqua/Eau, Cyclohexasiloxane, Isododecane, Titanium Dioxide (Nano), Silica, Nylon-12, Trimethylsiloxysilicate, Isononyl Isononanoate, Butylene Glycol, PEG-10 Dimethicone, Pentylene Glycol, Synthetic Fluorphlogopite, Disteardimonium Hectorite, Bis-PEG/PPG-14/14 Dimethicone, Stearic Acid, Triethoxycaprylylsilane, Dimethicone, Cyclopentasiloxane, Alumina, Aluminum Hydroxide, Magnesium Sulfate, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin, Acrylates/Ethylhexyl Acrylate/Dimethicone Methacrylate Copolymer, Phenoxyethanol.
May Contain: Titanium Dioxide (CI 77891), Iron Oxides (CI 77491, CI 77492, CI 77499)


TEKSTUR:

Teksturnya ringan, watery, ada sensasi dingin ketika menempel di kulit wajah, cepat meresap, jadi nge-tap jangan terlalu dijeda lama, ya. NYX Total Control Mesh Cushion Foundation tidak mengandung wewangian sama sekali. Aduhh... saya super love deh sama teksturnya.

Saya tap di punggung tangan supaya pembaca yang budiman bisa lihat perbedaan kulit saya setelah di-cover NYX Total Control Mesh Cushion Foundation. Beda banget, ya? Makin di-tap, makin cover. Makin lembut cara kamu nge-tap, makin kelihatan halus hasilnya. So, aplikasikanlah NYX Total Control Mesh Cushion Foundation dengan penuh kelembutan agar kulit wajahmu selembut Lalisa Manoban. 👌


Tersedia 10 shades yang cocok sama tone kulit Asia. Dari yang putih banget, putih kekuningan, kuning, sawo matang, sampai cokelat. Ada! Saya pilih nomor 06, True Beige. Alhamduilillah cocok banget sama kulit saya yang fair tetapi punya undertone olive / kekuningan. Shade True Biege ini yang paling kuning diantara shade fair lainnya. Kalau boleh saya kasih saran, sebelum kalian memutuskan untuk beli online, ada baiknya coba dulu di store NYX biar dapat shade yang tepat. Soalnya shade-nya lumayan banyak, kalau nggak dapat shade yang sesuai kan sayang uangnya...

FINISH LOOK:

LOOKAT MY FACE! OMG... halus banget, kan? Saya nggak pakai bedak lagi loh. Cuma pakai NYX Total Control Mesh Cushion Foundation, sedikit blush on, dan sedikit highlighter powder. Hasilnya beneran  full coverage (klaimnya bisa menutup tattoo juga), matte, tetapi nggak yang dead-matte-finish gitu. Kalau ditimpa bedak tabur lagi mungkin hasilnya bisa lebih halus dan licin dari ini. Tapi begini aja saya udah puas banget. :D

Fokus ke tekstur jerawat saya, deh. Aslinya tekstur jerawat itu warnanya kehitaman, tapi ketutup sempurna. Dark Circle di bawah mata saya juga jadi samar banget. Anehnya, saya nggak berasa lagi pakai foundation sama sekali. Setelah berjam-jam pemakaian wajah saya nggak minyakan parah, masih normal. Lama-kelamaan foundation-nya memang hilang, tetapi nggak oxi dan nggak berubah warna keabuan gitu.

Saya sampai lupa touch-up! 😅 Seriusan deh sampai malam muka saya stay cerahnya tanpa kesan meleleh (akibat produksi minyak)


HARGA:

Rp. 300,000 untuk produk cushion sangat reasonable buat saya. Apalagi hasilnya sememuaskan itu... Cushion Korea yang saya punya dulu harganya jauh lebih tinggi.

NYX Total Control Mesh Cushion Foundation bisa kamu dapatkan di semua store NYX, atau beli online di online shop partner official-nya macam Lazada (saya baru tahu Lazada doang yang official).

KESIMPULAN:

Sesuai klaimnya, NYX Total Control Mesh Cushion Foundation adalah produk complexion dengan hasil matte natural, tetapi punya tekstur yang super ringan. Saya merasa bener-bener nyaman saat pakai ini. Punya kontrol minyak yang OK, tidak mengandung wewangian, dan pilihan shade-nya banyak. Cocok banget untuk kulit wanita Indonesia yang sangat beragam.

I so insist! Se-nggaknya wanita harus punya 1 cushion di dalam makeup pouch-nya. Punya dulu deh, baru bisa ngerasain manfaat tertolongnya hidup berkat kehadiran Cushion Foundation.

Informasi lebih lanjut bisa didapat melalui website & media sosial resmi NYX Indonesia dan Clozette Indonesia berikut:
  • Website Clozette Indonesia: www.clozette.co.id
  • Instagram Clozette Indonesia: www.instagram.com/clozetteid
  • Website NYX Indonesia: http://nyxcosmetics.co.id
  • Instagram NYX Indonesia: www.instagram.com/nyxcosmetics_indonesia


OK. Keep Calm and stay pretty, Sist!

Comments

  1. Woaa saya belum pernah coba cushion kak sekarang ada cushion foundie duh mupeng pengen coba, untuk kulit sawo matang bagus ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kulit sawo matang ada 3 shades, Mbak. Colek2 aja dulu di konternya siapa tau cucokkk 😁

      Delete
  2. Wah gila sih, aku suka banget sama hasilnya. Enggak tau deh karena embaknya yang emang udah cantik atau produknya yang benar-benar bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... kalau kata aku sih emang produknya yang bagus, cover banget Mbae! Boleh dibandingin sama reviewer lainnya Mba biar banyak referensi 😊

      Delete
  3. Produk ini untuk semua jenis kulit ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulitku normal cenderung berminyak, masih OK pakai ini Mba. :)

      Delete
  4. Jatuh cinta pada pandangan pertama deh sama produknya, kemasannya juga aku suka banget.

    ReplyDelete
  5. Mungkin uga tergantung dengan jenis masing-masing kulit ya mbak.

    ReplyDelete
  6. Aku uga pakai loh, dan benar saja produknya gak mengecewakan.

    ReplyDelete
  7. belum pernah nyobain cushion gegara harganya yg lumayan, gegara kulit cenderung sensitif. Kuatir breakout parah, alhasil twc itu pun make'nya jarang2 eaaa malah tjurhaaat akunya :)))

    ReplyDelete
  8. Wahhh alhamdulillah ada shade yang cocok ya, kan nyarinya sesusah jodoh hahaha :p

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar spam, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup akan saya hapus. Salam. :)

back to top