01 July 2016

[Ad] Aplikasi Sakuku, Satu lagi Inovasi Terbaru Bank BCA

*Ini adalah postingan berbayar. Informasi di dalamnya berdasarkan pemikiran dan pengalaman yang saya alami. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan membaca disclosure

ngabuburit, blogger, bca, sakuku

Minggu-minggu terakhir menjelang Idul Fitri gini, kayaknya bukan cuma saya yang merasa undangan ngabuburit datang lebih banyak. Temen-temen juga, kan? Salahin aja THR yang mencair pas banget tanggal-tanggal gajian dan mepet-mepet Lebaran. Salahin! Kalau pengacara (pegangguran kebanyakan acara) kayak saya gini mah selow, paling bisik-bisik ke Si Pengundang, "tempat makannya yang murah-murah aja ya, Sis!" atau "tagihannya nanti bagi dua pakai aplikasi Sakuku, yaaa." :))

Untungnya, Selasa kemarin saya dapat undangan ngabuburit gratis. Tempatnya di Restoran Hotel berbintang lagi. Alhamdulillah rezeki anak kost.

undangan, blogger, ngabuburit, sakuku, bca


Kira-kira pukul 04.00 sore, Restoran Ocha & Bella sudah diramaikan oleh temen-temen Blogger. Menunggu acaranya dimulai, kami bisa asyik ngobrol dan ngetwit manja seputar acara, atau foto-foto di Stan yang sudah di sediakan (kayak saya gini). Properti fotonya lengkap, Sis! Kan saya jadi betah, ya. Secekrek-dua ckrek boleh lah. :))

Eksis dulu sebelum acara dimulai. Cekrek!

Awalnya, kami semua enggak menyangka acara ngabuburit kemarin bakal diramaikan oleh Vlogger setenar Kokoh Reza Sadha yang subscribersnya berjumlah 60 ribuan itu. Wow! Kontan kami, para Blogger, jadi heboh karena kepo pengen colong ilmu Vlogging yang lagi booming banget sekarang ini. Belum kenal siapa itu Reza Sadha? Monggo Mampir aja ke channel youtube-nya: https://www.youtube.com/user/rezasadha 

Reza Sadha banyak bikin vlog sederhana dengan tema kehidupan sehari-hari, atau yang biasa disebut anak muda zaman sekarang, "Daily Vlog", dan juga konten challenge, musik, serta parodi. Sejujurnya, saya sendiri agak iri melihat banyak Vlogger / Youtubers dengan konten sederhana tapi bisa terkenal. Ibaratnya, cuma cuap-cuap tanpa beban tapi kok subscribers-nya sampai ribuan, bahkan ratusan ribu. How come?

Ternyata, hal itupun tidak disangka-sangka Kokoh Reza pada awalnya. Keisengan dia dan teman-temannya disambut baik oleh penonton. Lalu... keterusan deh sampai sekarang.

Saya sempat tanya ke Kokoh Reza, "apa Daily Vlogging bakal long lasting ke depannya?" Melihat gelagat para Vloggers ke sininya kok pada bikin video dengan tema yang sama. Takutnya penonton malah bosan. Ternyata, saat ini Si Kokoh juga sudah mulai bosan dengan tema vlog harian, makanya doi berinovasi bikin tema-tema unik seperti me-review tempat makan yang masih jarang dibicarakan orang, atau bikin parodi lucu yang menghibur. Walau kontenya masih seputar kehidupan sehari-hari, tapi dibuat dengan konsep yang matang, dan tools yang baik.

Si Kokoh ngebocorin rahasianya, kalau kamera pertama yang dia pakai untuk nge-vlog adalah hasil ngutang. Lah, sama dong, Koh? Sini juga ngutang beli Mirrorless pakai kartu kredit BCA. Hahaha. Sesungguhnya pengorbanan kami hanya demi memanjakan mata pembaca, percayalah.


Ini dia, rangkuman tips Vlogging ala Reza Sadha:

1. Minta teman dekat untuk share video kita, kalau perlu maksa. LOL.
2. Bikin judul dan Thumbnail semenarik mungkin, yang click-able gitu.
3. Konsep video dengan matang, walau itu hanya daily vlog.
4. Hadapi Haters dengan bijak.

mc, vlooger, reza-sadha


"Bukan cuma anak muda aja yang seneng berinovasi, kami juga!" Kata Bapak Iwan Isdarmanan enggak mau kalah. Oke deh, Pak! Menurut Bapak Iwan, ada kesamaan antara Blogger/Vlogger dan BCA, yaitu sama-sama melek teknologi. Saat ini BCA berinovasi membuat dompet elektronik yang bisa diakses via Smarthphone bernama Sakuku.

iwan-isdarmanan, bca, bank
Bapak Iwan Isdarmanan, perwakilan Bank BCA

"Sakuku adalah dompet elektronik yang dapat digunakan untuk bertransaksi melalui aplikasi smartphone dalam melakukan pembayaran belanja, isi pulsa dan transaksi perbankan lainnya."


"Penting enggak sih punya alikasi Sakuku?" "Emang apa aja kelebihannya?" Daripada bertanya-tanya, mending intip video tentang aplikasi Sakuku di bawah ini atau via website resminya berikut http://www.bca.co.id/sakuku. Cekidot!



Sederhananya, Sakuku adalah aplikasi yang memudahkan nasabah untuk menyimpan uang selain di Bank, yaitu di handphone. Bank BCA sadar, bahwa perilaku masyarakat saat ini yang sangat bergantung sama handphone bisa dimanfaatkan dengan membuat gebrakan baru melalui aplikasi dompet handphone. Jadi enggak ada alasan lagi deh "ketinggalan dompet" kan bisa bayar pakai aplikasi Sakuku, Beb!

Pengguna Sakuku juga tidak harus nasabah BCA, siapa saja bisa karena nomor rekening yang digunakan adalah nomor handphone kalian. Hanya saja, nasabah BCA memperoleh kemudahan untuk meng-upgrade menjadi nasabah Sakuku Plus langsung tanpa perlu daftar via aplikasi atau datang ke cabang Bank BCA terdekat.

Aplikasi Sakuku bisa di-install melalui OS Android dan iPhone. Ini dia penampakannya di Handphone Samsung S4 saya:

registrasi, aplikasi, sakuku, bca
Registrasi Aplikasi Sakuku

Apa saja sih manfaat yang didapat dari meng-install aplikasi Sakuku?

1. Aplikasi Sakuku dapat digunakan di berbagai merchant, seperti:
Food & Beverage: Häagen-Dazs, BonChon, Doner Kebab, Bakmi GM, D'Cost, Pepper Launch, Steak Hotel by Holycow, Anomali Coffee Jakarta, Chatime, Re.juve, Calais Bandung, 56 Degrees Bandung, Bakso Kta Cak Man Magelang, Bento Tei Semarang, A Dua Coffee Medan, Agappa Fast Food & More Makasar.
Hiburan: CGV Blitz, Amazing, Anime Corner, dan Gramedia.
Fashion: FO Leaf, Bursa Sandang Murah, Level Bandung, Glow Bandung, Fashion World Bandung, Cindy & Yayang, Naughty
Transportasi: Citi Trans
Apotek: Apotek K24 Yogyakarta
Spa & Wellness: Zen Family Spa & Reflexiology
E-commerce: Blibli.com dan Bhinnereka.com. kaskus.co.id, perkakasku.com, rajagame.co.id
Dan merchant lainnya yang akan terus bertambah di kemudian hari.
2. Bisa untuk mengisi pulsa sampai Rp. 1,1 juta
3. Kemudahan registrasi dan aplikasi yang gratis.
4. Kemudahan Top Up via ATM BCA, klik BCA, dan m-BCA


Kalau fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Sakuku, apa aja?

1. Informasi Saldo
Untuk saldo/uang yang ada di aplikasi Sakuku
2. Mutasi Transaksi
Untuk mengecek status transaksi kita menggunakan aplikasi Sakuku
3. Bayar Belanja
Bisa digunakan untuk berbelanja diberbagai merchant fisik/toko atau merchant online/website
4. Isi Pulsa
Isi pulsa tidak hanya ke nomor sendiri, bisa juga untuk nomor lain dan nomor permintaan dari teman yang punya aplikasi Sakuku.
5 . Kontak
Di fitur kontak ini, kamu bisa melihat siapa saja teman-teman kamu yang menggunakan Sakuku

aplikasi, sakuku, bank, bca

Fitur Sakuku Plus:

1. Transfer
Melalui fitur ini, kamu bisa transfer uang atau minta transfer ke teman yang memiliki aplikasi Sakuku. Dengan minimal transfer Rp 5.000, teman yang diminta atau meminta transfer harus lebih dulu mengaktifkan Sakuku Plus.
2. Split Bill
Fitur ini bisa berbagi tagihan ke maksimal 9 orang teman yang juga sudah mengaktifkan Sakuku Plus. Pokoknya bayar apa saja bisa dibagi rata. Misal, nih: kamu dan tiga orang temanmu makan di Restoran habis Rp. 100.000. Melalui Sakuku, kamu bisa menagih tiga orang temanmu lainnya dengan mengisi nominal tagihan dan memilih kontak Sakuku mereka.
3. Tarik Tunai
Ada cara baru ambil uang tanpa kartu di ATM BCA (yang berlogo Sakuku). Jika sudah mengaktifkan Sakuku Plus, kamu bisa menarik uang tunai kelipatan Rp 50.000 dengan maksimal penarikan Rp 1.250.000 tanpa perlu menjadi nasabah BCA / punya kartu debit BCA. Such a cool thing, rite?


Dari antusiasme Blogger atas kehebohan acara ngabuburit kemarin, hastag #NgabuburitBloggerJKT dan #InovasiBCA berhasil jadi Trending Topic lho! Semoga makin banyak anak muda yang melakukan inovasi segar sehingga makin banyak pula aplikasi ciamik lainnya bermunculan. Sukses terus untuk Sakuku dan BCA! Eits... temen-temen Blogger/Vlogger yang ada di kota-kota lainnya dapat juga hadir ke event seru seperti kami ini, loh. Tungguin aja. Karena Sakuku akan jalan-jalan ke berbagai kota seluruh Indonesia! :D

Foto kiriman Aprijanti (@apriej) pada

BCA

6 comments:

  1. Terima kasih udah sharing ilmunyaaa

    ReplyDelete
  2. Halo kak Aprie, aku kasih kakak award di blogku, cek ya http://eriaekaw.blogspot.co.id/2016/07/liebster-award.html

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Neng Eri, makasih yah udah kasih aku award segala. :)

      Delete
  3. Kakakkkkk kapan kita makan kesitu kakakkkkk

    Häagen-Dazs, BonChon, Doner Kebab, Bakmi GM, D'Cost, Pepper Launch, Steak Hotel by Holycow, Anomali Coffee Jakarta, Chatime, Re.juve, Calais Bandung, 56 Degrees Bandung, Bakso Kta Cak Man Magelang

    Ayukkkk kakakkkkk kita share bills aja hahahahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa.. ayoook! Tapi satu-satu ya makannya. :)))

      Delete

Hai, terima kasih sudah berkenan membaca dan berkomentar di postingan blog saya ini. Salam. :)