APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

Indonesia

Perempuan Indonesia VS Teknologi in AWS Girls' Tech Day Event

Sejak memutuskan resign dan mengambil jeda karir/career gap dua tahun lalu, aku mulai belajar banyak hal, dari digital marketing sampai pemrograman, melalui kursus singkat sampai kursus resmi berskala internasional. Dari banyak pelatihan yang aku ikuti, ternyata keminatanku memang tidak jauh-jauh dari bidang teknologi. Tech is fun!

Apalagi untuk wanita yang ingin berkarir panjang ke depannya, menurutku dunia teknologi adalah pilihan yang tepat untuk digeluti. Sayangnya di Indonesia kesenjangan gender di bidang teknologi masih tinggi. Kita terbiasa melihat engineer atau pogrammer didominasi oleh kalangan pria, padahal aku yakin wanita juga mampu, lho! Di industri teknologi sudah banyak wanita yang memiliki posisi strategis.

wanita-dan-teknologi

Ternyata keresahanku juga jadi keresahan kita semua. Amazon Web Services Indonesia (AWS) InCommunities, perusahaan raksasa teknologi dunia, bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) menghadirkan Girls’ Tech Day untuk mengedukasi perempuan-peempuan muda Indonesia di bidang STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics).

Girls' Tech Day diinisiasi secara global oleh AWS sejak tahun 2018. Kegiatan ini sudah memberi dampak bagi lebih dari 7.000 anak perempuan muda usia 8-24 tahun di 13 negara di seluruh dunia (Indonesia adalah negara ke-13 dan negara pertama di ASEAN). Hadirnya program inovatif ini di Indonesia diharapkan dapat membantu menyediakan akses dan kesempatan yang setara terhadap edukasi STEAM. Selain itu program ini juga merupakan wujud komitmen AWS untuk mendukung lahirnya generasi pemikir kreatif dn pemimpin perempuan masa depan di bidang teknologi.

GirlsTechDay
Lokasi AWS Girls Tech Day di SMKN 2 Bandung

AWS Girls’ Tech Day di Indonesia tahun ini dilaksanakan di 2 kota, yaitu Bekasi dan Bandung. Aku berkesempatan untuk hadir di Bandung akhir November lalu. Walaupun nggak bisa dibilang muda, aku bangga banget bisa jadi bagian kegiatan ini. Bertempat di SMKN 2 Bandung, acara ini memiliki dua aktivitas seru! Yaitu bincang-bincang dengan sosok perempuan yang telah sukses di industri teknologi dan... praktik coding robotika menggunakan platform Ai.

SMK-IT

Total siswi yang terlibat di program ini adalah 250 siswi, terdiri dari 150 siswi dari 3 sekolah di Bandung dan 100 siswi dari 2 sekolah di Bekasi. Aula sekolahan penuh deh sama siswi-siswi kece ini!

Ketiga narasumber superb kita ini benar-benar memberikan banyak wawasan praktis dan pengalaman nyata di dunia kerja. Pengalaman mereka menjadi bekal siswi-siswi peserta untuk mempersiapkan diri menjadi tenaga profesional.


Dari kiri-kanan: Kakak MC, Metha Trisnawati (Co-Founder & COO Sayurbox), Meigy Ulina (Product Manager Transfez), Yashinta Bahana (Head of Business Development T&C Indonesia AWS).

Kakak-kakak role model di atas bercerita bagaimana awalnya merintis karir di bidang teknologi. Mereka sudah melalui pengalaman panjang dan juga challenging hingga sampai di posisi sekarang. Kunci dari kesuksesan mereka yang bisa aku rangkum adalah pantang menyerah, selalu memiliki rasa ingin tahu, problem solving, team work attitude, dan empati yang tinggi.

Setelah mendengarkan pengalaman berharga dari pakarnya, kami masuk ke sesi workshop praktik robotika menggunakan platform coding Ai.

robotika

Seluruh peserta dibagi menjadi tim-tim kecil untuk membuat perangkat robot Quarky, yaitu robot transportasi untuk memindahkan barang dari satu posisi ke posisi yang diinginkan, menggunakan coding platform bernama Pictoblox.

Melalui kegiatan ini, para siswi berkenalan langsung dengan beragam teknologi terkini yang banyak diadopsi oleh dunia saat ini. Seluruh rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman yang berkesan.

robotika

Jangankan siswi-siswi di atas ya, aku dan teman-teman Blogger lainnya kegirangan bisa mengoperasikan robot bergerak. Kegiatan makin seru saat Kakak MC memanggil peserta tercepat dan tersukses untuk mengikuti lomba robotik ke depan panggung. Banyak kelompok yang minta dipanggil ke panggung dan suasana jadi riuh banget pengen unjuk kemampuan dan dapat hadiah pemenang 😆


Terima kasih ya AWS Indonesia dan PJI sudah mengadakan acara seru dan inspiratif untuk pelajar-pelajar di Indonesia. Semoga acara ini sustain ke depannya. Aku yakin makin banyak pelajar dan wanita Indonsia yang melek teknologi. Tech is fun!

 Kami menantikan undangan selanjutnya loh! 😍


Comments