APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

Rangkaian Skincare Bioderma Sebium untuk Kulit Oily Kombinasi

Saya sebagai pemilik jenis kulit berminyak dan kombinasi (sensitif serta mudah berjerawat pula) ngerti banget gimana perjuangannya menemukan skincare yang cocok. Nggak lebay kok kalau ada wanita yang berteriak di luar sana, "seumur-umur gue belum nemu pelembap yang cocok, deh!" Tenang, Sist! Kita sama. *berpelukan*

Saya akui kulit berminyak dan kombinasi paling susah nemu pelembap. Sudah beli pelembap mulai dari drugstore sampai yang high end brand, nih... eh nggak cocok. Tetapi nggak pakai pelembap sama sekali juga salah! Karena kulit bisa dehidrasi, tambah berminyak, dan kusam.

Jadinya sehari-hari saya terbiasa me-layer beberapa toner dan serum yang cocok digunakan sebagai pengganti pelembap agar kulitnya tetap kenyal dan tidak dehidrasi.


Belum nemu pelembap yang cocok bukan berarti saya lelah dan menyerah coba produk baru, loh. Kadang-kadang saya trial-error produk baru dengan klaim dan ingredients yang saya rasa bagus, mau nantinya cocok/enggak, yang penting udah nggak penasaran. Syukur-syukur cocok. 

Dua minggu belakangan saya ini saya lagi seneng-senengnya pakai skincare baru Bioderma Sebium Lotion dan Bioderma Sebium Mat Control yang baru aja di-launching awal bulan Juli 2019.

bioderma sebium


Alhamdulillah... akhirnya rangkaian Bioderma Sebium mengeluarkan produk baru!

Kalau kalian terbiasa menggunakan Bioderma H2O Micellar Water pasti tahu deh ada 3 rangkaian produk Bioderma, yaitu: Sensibio untuk kulit sensitif, Hydrabio untuk kulit dehidrasi, dan Sebium untuk kulit berminyak dan kombinasi.

Selama ini, yang saya tahu, rangkaian produk Sebium masih sedikit padahal Micellar Water-nya bagus banget untuk kulit berminyak dan komedo. Lalu akhirnya release juga Toner dan pelembapnya sekaligus. Kedua produk ini dinamai Bioderma Matt & Hydrate Kit.

Sebium Lotion adalah toner yang membantu mengembalikan pH kulit dan mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Sedangkan Sebium Mat Control adalah pelembap wajah yang bisa mengontrol minyak berlebih pada wajah agar bebas kilap, mengencilkan pori-pori, dan mengurangi timbulnya jerawat.

Kalau kata dokter Jo sebagai dokter kulit, "kebanyakan masyarakat Indonesia memiliki jenis kulit berminyak karena faktor genetik dan juga lingkungan seperti polusi, pola hidup dan makanan tidak sehat. Tetapi... kita harus cerdik dalam membedakan kulit berminyak tersebut akibat faktor genetik / faktor lain yang menyebabkannya dehidrasi dan mengirim sinyal untuk memproduksi minyak berlebihan."

Mba Detya, Product Training Manager Bioderma menambahkan, "kulit adalah organ tubuh yang pintar, ia mudah beradaptasi dan me-regenerasi diri sendiri, namun jika banyak faktor eksternal (seperti yang sudah disebutkan dokter Jo di atas) merusak barrier alami kulit, maka ia perlu bantuan untuk semakin kuat dengan penggunaan skincare yang tepat.

bioderma
Dokter Jo dan  Mbak Detya


BAGAIMANA BIODERMA SEBIUM LOTION & SEBIUM MAT CONTROL BERKERJA?



Kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum berlebihan. Sebenarnya sebum punya fungsi dalam melembapkan dan melindungi kulit, namun faktor internal (gaya hidup, makanan, stress, dan kurang tidur) dan eksternal (polusi dan penggunaan skincare yang kurang tepat tepat) membuat kualitas sebum menurun dan mengubahnya menjadi comedogenic sebum yang mudah bereaksi dengan bakteri dan menimbulkan jerawat yang meradang.

Produk Bioderma Sebium mengandung antioksidan aktif yang dapat mengatur kualitas sebum agar semakin sehat, tidak dehidrasi dan tidak beraksi menjadi comedogenic sebum.

Dua produk Sebium terdahulu, yaitu: Sebium H2O Micellar Water dan Sebium Gel Moussant berfungsi untuk membersihkan kulit dari kotoran, polusi, dan makeup yang menempel tanpa membuat kulit menjadi kering. Lalu...

SEBIUM LOTION sebagai toner yang di-apply setelah wajah dibersihkan berguna untuk menyeimbangkan kadar pH, air, dan sebum.

sebium lotion
Bioderma Sebium Lotion

Ingredients aktifnya berfungsi untuk:
  1. Zinc Gluconate dan Vitamin B6 ➡️ mengontrol produksi sebum
  2. Capryloyl Glacine ➡️ mengontrol pH dan mengurangi timbulnya jerawat
  3. Salicylic Acid ➡️ menghaluskan tekstur kulit
  4. Mushroom Extract ➡️ mengecilkan pori-pori
  5. Glycerin ➡️ memberikan kelembapan selama 8 jam

Teksturnya seperti air, dapat diaplikasikan dengan kapas atau dituang langsung ke tangan. Kalau saya lebih suka dituang ke kapas dulu sambil menghirup harumnya yang mirip ketimun, seger! Karena tidak mengandung alkohol, saya tidak merasakan sensasi seperti kulit menjadi kering atau kesan ketarik gitu.

Namun saya butuh waktu kurang lebih 2 menit sampai merasa produknya benar-benar menyerap, karena walaupun bertekstur seperti air ada kesan yang seperti agak licin dan melapisi kulit, gitu... setelah itu baru lanjut ke pemakaian serum dan pelembap.

SEBIUM MAT CONTROL jadi pelembap andalan saya belakangan ini. Fungsinya mengalahkan pelembap high end yang harganya bisa dua kali lipat. Kenapa sih kamu nggak keluar dari dulu? :(

sebium moisturizer
Bioderma Sebium Mat Control

Teksturnya nggak beda jauh dari pelembap kebanyakan, seperti lotion berwarna putih susu dan lagi-lagi berbau ketimun. *sniff* mudah dibaur, tidak lengket di kulit, nggak memberi kesan licin apalagi gerah. Saya nggak perlu menunggu lama untuk apply SPF setelahnya karena kesan matte-nya langsung terasa dalam satu kali oles.

Perbedaan yang paling saya rasakan setelah pakai produk ini adalah, minyak di wajah berkurang banyak tetapi kulit tetap kenyal! Biasanya setiap sore saya pakai kertas minyak bisa sampai 2 lembar, sekarang cukup selembar saja. Uh... cinta 🤟

bioderma

Hal terpenting dari kedua produk di atas adalah mereka nggak bikin kulit saya purging/break out, benar-benar merawat dan memberikan hasil seperti klaim yang mereka janjikan.

Kalau teman-teman mau coba, mereka sudah tersedia di semua drugstore dan online official store Bioderma dengan harga Rp. 297,000 untuk Sebium Lotion dan Rp. 341,000 untuk Sebium Mat Control.

Semoga informasinya beguna! Kalian yang sudah coba, boleh loh kasih masukannya di kolom komen. 

Comments

  1. Hello sista salam kenal,thanks before tulisanny menambah pngetahuan sy ttg produk bioderma...sy mau nanya utk pore refiner pemakaianny boleh di apply stl Matt C atau stl AKN sunscreen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan aku belum pernah coba pore refiner kak, kayaknya fungsinya seperti pelembab ya? Jadi kayaknya urutan pakai layaknya pelembab saja, dan semua produk Sunscreen selalu ada di urutan paling akhir dalam step skincare (siang). Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  2. Kak aku udah 3 bulan pakai produk diatas plus cuci mukanya
    Tp kok muka ku kusam Dan jerawatan parah pdhl sebelum nya ga jerawatan tp sblumnnya aku pakai produk Dari klinik kecantikan so far cocok bgt sama aku tp karena aku ga mau ketergantungan pindah lah ke bioderma secara muka aku sensitif berminyak tp malah makin kusam Dan berjerawat.. Tau ga kak kenapa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Honestly aku nggak bisa kasih tau alasannya karena gak lihat wajah kamu langsung dan nggak tau penyebab jerawatmu apa. Apa karena efek samping skincare sebelumnya? Nggak pakai sunscreen? Ingredients serum yang nggak cocok? Aku clueless nih...

      Aku cuma bisa kasih saran untuk cari tau asal jerawatnya dulu, baru deh dikasih treatment skincare yang tepat. :)

      Semoga jerawatnya lekas memudar yah!

      Delete
  3. @anne sama KK kayak aku, aku juga pakai skincare dari klinik dokter kecantikan gitu. Bersih sih emang tapi ketika aku berpindah ke Safi muka aku langsng jerawatan kusam dan menghitam, ini hilang nya susah banget.. jadi ini aku mau coba bioderma.. itu produk apa ya yg cocok sama muka sensitif dan berjerawat gini ?..

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar dari unknown, spam, pornografi, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup, akan saya hapus. Salam! :)

back to top