7 Tips Belanja Makeup Online Selama Bulan Ramadan


Ramadan masih 2 hari ke depan, tetapi temen-temen sadar nggak sih rayuan-rayuan diskon Online Shop sudah bertebaran dari minggu kemarin?

"Aduhhh.. foundation-nya ada yang diskon lagi!"
"Kok, merek lip cream favorit ngeluarin shade baru, sih? Cucok amat buat Lebaran!"
"Kayaknya Lebaran musti punya highlighter cream deh biar lebih praktis dan cetar."

Dan seketika daftar keinginan mendadak berubah jadi daftar kebutuhan. Padahal gajian akhir bulan aja belum turun, saya yakin kalau nggak kuat-kuat iman isi ATM bisa bolong prematur. 😂

Nggak dipungkiri saya pun seneng sama Brand yang punya program diskon besar menjelang lebaran, apalagi kalau produknya sudah lama jadi incaran. Momennya kan jadi pas banget, tuh. But needs come first rather than wish list, saya tetap berusaha jadi smart buyer agar Ramadan kali ini bisa lebih bijak, minimal... Kartu Kredit terbayar tanpa banyak tunggakan.

Salah satu tips saya biar Ramadan tahun ini jadi Ramadan Extra Bijak adalah membuat wish list sebelum memutuskan membeli beberapa item makeup baru. Dari wish list tersebut saya bikin peringkat paling butuh s/d paling bisa ditunda pembeliannya. Nah, kalau udah nemu item mana aja yang wajib saya beli baru deh mulai ngebandingin beberapa online shop (walau jatuhnya beli ke Tokopedia lagi - Tokopedia lagi).

Banyak online shop kosmetik favorit saya yang sudah jadi Seller di Tokopedia, bahkan Brand besar pun punya Offical Store di sana. Belanja jadi lebih aman dan nyaman karena saya percaya platform Tokopedia yang sudah besar dan guaranteed.

Ada beberapa hacks belanja di Tokopedia yang biasa saya lakukan supaya lebih hemat. Mau tau, nggak?  😎

1. Bandingkan Harga Setiap Toko Online / Official Store di Tokopedia
Untuk satu produk incaran aja, banyak banget Toko Online yang menjual. Enaknya di Tokopedia, saya bisa langsung filter mana saja kira-kira Seller yang berkualitas. Bukan cuma dari segi harga tetapi juga kepercayaan pembelinya yang bisa kita lihat melalui kolom ulasan dan diskusi produk. Kadang saya melihat beberapa gambar yang diulas oleh pembeli lain dulu, baru saya memutuskan untuk membeli kosmetik di toko tersebut. (Yeee~ jiwa Emak-Emak gw keluar).

Kalau ada Official Store seperti ini, saya rela menunggu barangnya sampai agak lama asalkan saya puas kalau barang yang saya terima berkualitas dan original.


2. Pilih Produk dari Local Brand Berkualitas
Beberapa produk Local Brand Makeup sudah jadi jawara di pasaran kosmetik Indonesia, lho. Sebut saja merek Rollover Reaction dan BLP Beauty. Makanya saya seneng banget pas tau BLP Beauty sudah jadi Official Store di Tokopedia. Merek Foundation baru, Rose All Day, yang penjualannya official ada di Tokopedia juga jadi incaran saya saat ini. Duhh.. kalau lokal banyak yang menggiurkan gini, Adik bisa apa, Bang? :(


3. Cari Toko Online Terdekat
Belanja Online memang enak karena nggak perlu nguras biaya transportasi dan lain semacamnya dibanding kita pergi belanja ke Mall, tetapi biaya Ongkos Kirim (ongkir) juga harus diperhitungkan. Janganlah kita yang ada di Jakarta ini memilih Toko Online yang ada di Kalimantan / Sulawesi, pun sebaliknya. Bisa bengkak biaya Ongkirnya, Sist!

Salah satu Online Shop Favorit saya yang ada di Jakarta.

4. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat
Jangan mentang-mentang belanja Online jadi gampang aja main transfer dan bayar, ya. Eh... tau-tau tagihan segunung. Hindari pemakaian Kartu Kredit berlebihan. Kalau transaksi masih ratusan ribu, lebih baik pakai metode pembayaran melalui transfer bank, mobile banking atau minimarket. Sebaliknya untuk pembayaran yang lumayan besar, saya sarankan menggunakan Kartu Kredit aja karena Tokopedia sudah support cicilan 0%. Lumayan menghemat anggaran bulanan, kan?

5. Pilih Metode Pengiriman yang Paling Efisien
Saya seneng banget Tokopedia nggak hanya melayani pengiriman konvensinal dengan paket POS, JNE, J&T, TIKI, dan sejenisnya tetapi juga pakai kurir online seperti Go-Jek dan Grab. Biasanya saya membandingkan dulu ongkirnya, kalau lebih murah pakai kurir online ya saya akan pilih itu karena sampainya lebih cepat.

6. Manfaatkan Promo & Diskon 
Supaya Gaji bulan ini dan THR aman dari godaan SALE, bijaklah memanfaatkan Promo & Diskon yang ada. Alhamdulillah sepanjang bulan Ramadan, Tokopedia punya program Ramadan Ekstra. Saya jadi punya banyak pilihan ketika memutuskan untuk belanja, mau Ekstra Ongkir, Ekstra Cashback, atau Ekstra Flash Sale, bisa disesuaikan. *udah ngebayangin besok punya foundie baru* 😍


Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan tanggal 25 Mei 2018 nanti. Tokopedia akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday” kemarin. Kira-kira kejutan apa yang bakal bikin spesial, yah? Saya sih maunya Buy One Get Two Makeup di Official Store, atau Diskon 70% untuk item favorit would be so exciting, rite? Kalau kamu nungguin diskon yang kayak apa? Hehehe.. siapa tau Tokopedia mengabulkan. Aamiin. :p

CONVERSATION

2 comments:

  1. Bikin tutorial make up lebaran ala kak aprie dong kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa.. Oke, Mirna! Aku pikirin nih makeup ala-ala apa, yaa?

      Delete

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar spam, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup akan saya hapus. Salam. :)

INSTAGRAM

Instagram

Follow @apriej