13 September 2016

[Ad] 3 Restoran yang Wajib Kamu Kunjungi di Bogor

*Ini adalah postingan berbayar. Informasi di dalamnya berdasarkan pemikiran atau pengalaman yang saya alami. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan membaca disclosure

Source: pexels.com | Edited by: Aprijanti

Apa yang pertama kali terlintas di kepala kamu saat ada teman teriak, "duh, gue butuh piknik nih!"

Pasti tempat-tempat jauh seperti Pantai, Gunung, Pedesaan, dan tempat wisata lainnya yang jauh dari Ibukota. Padahal kita, termasuk saya sendiri, kadang enggak kepikiran kalau berwisata atau sekedar piknik tidak harus dilakukan di tempat yang jauh. Yah, minimal sebelahan kota, deh! Contohnya kayak tempat Wisata Hutan Mangrove PIK yang pernah saya datangi tahun lalu. Atau pelesir ke kota Bogor yang punya banyak taman dan wisata kuliner? Hmm... kenapa enggak.

Ngomong-ngomong kuliner Bogor, saya punya tiga referensi tempat makan yang wajib kamu cobain, nih. Wajib. Pakai. Banget. Dicobain kalau lagi mampir ke Bogor. Sebelum menyesal, yok! intip tiga tempat makan ngehits ini.

1. De’ Leuit

Restoran yang enggak boleh kamu lewatkan saat berwisata kuliner di kota Bogor adalah De’Leuit. Restoran ini terletak di Jalan Pakuan, Kota Bogor. Untuk kamu para pecinta masakan khas Sunda, restoran ini recommended banget menunya! Ada berbagai macam menu nasi, diantaranya ada nasi jambal, nasi timbel, dan nasi rames kahoyong. Untuk lauknya sendiri ada aneka olahan ayam dan sapi. 

Salah satu lauk yang cukup menjadi andalan di restoran ini adalah ikan guram kering menari. Tampilan ikan gurame goreng crispy-nya beda dari yang lain karena seperti pose ikan yang sedang menari. Kadang enggak tega mau makannya, tapi kalo laper sih disikap aja! Hahaha :D

Untuk minumannya, cobain deh salah satu minuman khas es pala mangga. Perpaduan segarnya buah pala bercampur dengan manis mangga akan menciptakan sensasi rasa segar yang unik di mulut. Gimana ya jelasnnya? Pedes-pedes manis tapi seger gitu.

Jika dari segi bangunan, restoran De’ Leuit dibuat dengan konsep pedesaan. Furniturnya terbuat dari kayu dan sekelingnya ditanami tumbuhan. Kolam ikan pun menjadi hiasan di restoran ini. Dibayangin aja udah adem banget, kan? Kalau main ke Bogor, jangan lupa icip-icip di restoran ini ya!

restoran-bogor
Menu makanan yang ada di De' Luit | Sumber gambar: zomato.com

2. Soto Bogor Pak Salam

Berkunjung ke kota Bogor tetapi tidak mencicipi Soto Bogor? Haduh! Dosa besar, sodara-sodara~
Saya suka banget makanan kuah-kuahan. Di Jakarta pun saya sering pesan menu Soto Bogor sebagai santapan makan siang. Nah, Soto Bogor Pak Salam ini adalah salah satu warung soto terenak di kota asalnya. Bayangin aja, pengunjung harus order by phone dulu biar enggak kehabisan. Soalnya warung cuma buka kurang-lebih selama 2 jam aja saking ramai diserbu orang.

Soto Bogor Pak Salam menyediakan aneka menu daging seperti empal, paru, limpa, babat, usus, kikil, dan lain-lain. Alamatnya ada di Jalan Suryakencana nomor 299, kota Bogor. Sebelum nyesel dan kehabisan, tiap main ke Bogor harap ingat Soto Bogor satu ini, ya!

soto-bogor
Soto Bogor Pak Salam | Sumber gambar: ksmtour.com

3. Asinan Sedap Gunung Dalam

Satu lagi menu makanan khas Bogor yang haram kalau temen-temen lewatkan, Asinan Bogor! Ada satu tempat khusus di mana kita bisa menikmati segarnya asinan Bogor yang endeusss pisan. Asinan Sedap Gunung Dalam nama tempatnya. Lokasinya berada di Jalan Siliwangi nomor 27C, Kota Bogor. 

Menu yang disajikan di tempat makan ini tentunya hanya ada asinan bogor, tetapi buah dan sayurannya dijamin masih segar semua. Saat buah dan sayur ditaburi kacang dan disiram dengan kuah pedas, rasa segar, asin dan pedasnya itu jadi satu dimulut. Mantep, deh! Asinan Bogor ini cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh kalau lagi jalan-jalan PP (pulang-pergi) ke kota Bogor.

asinan-bogor
Asinan Sedap Gunung Dalam | Sumber gambar: qraved.com

Tapi.. Kalau temen-temen datang dari di luar Jakarta atau dari daerah yang cukup jauh dengan Bogor, saya sarankan bermalam aja. Ada satu hotel yang dekat dengan ketiga restoran di atas namanya D’Anaya Hotel Bogor. Sebelum berubah nama, hotel ini dikenal dengan nama Hotel Horison Bogor. Bertempat di alamat Jalan Pakuan nomor 7, Baranangsiang, Kota Bogor. Kalau cek di map, pasti kelihatan deh dekatnya hotel D’Anaya sama ketiga tempat makan tadi. Untuk booking hotel, detail harga, dan informasi seputar hotel, bisa dicek di website traveloka.com

Lokasi hotel ini strategis karena dekat dengan beberapa tempat ikonik Bogor seperti Botani Square dan Kebun Raya Bogor. Enak kan? Selain wisata kuliner, kita juga bisa nge-Mall dan piknik gelar tiker di Kebun Raya.

Banyak kendaraan umum yang melewati D’Anaya Hotel Bogor. Rute transportsinya juga cukup mudah. Karena saya dari Jakarta, transportasi yang biasa saya gunakan KRL Commmuterline. Enggak jauh dari Stasiun bisa ketemu Hotel D’Anaya ini.

Gimana, udah bikin rencana mau piknik ke Bogor weekend ini? Hihihi. Jangan lupa mampir ke ketiga tempat kuliner tadi dan bobok-bobok cantik di D’Anaya Hotel, ya! :D

See You and have a nice trip!

16 comments:

  1. Kalo aku ke Bogor, ajakin jelajah kuliner ke sini ya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. boleh Mbak. Sama-sama pelesir ke Bogor kita. :D

      Delete
  2. Aku belum mengunjungi ketiganya. Rugi banget secara sering lewatin Bogor ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, iya. Kenapa gak sesekali mampir, Mbak?

      Delete
  3. Kadang masih suka bertanya, apakah soto bogor rasanya berbeda dengan rasa soto sokaraja? :l

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah coba Soto Sokaraja. Di mana itu? :(

      Delete
  4. Aku malah belom pergi ke tempat-tempat ini. Biasanya cuma ke pizza kayu bakar hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali ke tempat yang gak fancy tapi nikmat, Li. Nikmat bener. :D

      Delete
  5. Sebagai orang Bogor...tempat itu udah pernah kucoba...kecuali hotelnya hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya kamu orang Bogor atau orang Pekalongan sih, Nay? :|

      Delete
  6. Pizza bakar jangan lupa yaaa, itu endesss bangetd an murah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pernah Om Cum, endess ba get emang. Tapi bukan makanan khasnya Bogor makanya gak ketulis. Ihihihi. :p

      Delete
  7. Ck ck ck minta ampun itu asinannya ya Allah!

    ReplyDelete
  8. wah boleh juga nih mbak , kapan kapan deh kalau main ke bogor tak kunjungi tempat tempat diatas..
    yang penting sudah diagendakan haha

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkenan membaca dan berkomentar di postingan blog saya ini. Salam. :)