APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

Indonesia

Rangkaian Skincare FAV Beauty untuk Mencerahkan Wajah dan Memudarkan Bekas Jerawat

Di akhir tahun 2022 kemarin aku mengalami breakout parah. Stress dan kelelahan sepertinya jadi faktor paling besar yang bikin jerawat dan beruntusan keluar semua. Syukurnya sekarang, di bulan kedua 2023, kondisi wajahku sudah jauh membaik. Konsentrasiku sekarang adalah menghilangkan bekas jerawat kemerahan dan juga yang menghitam. Aku sendiri masih belum terlalu paham perbedaan bekas jerawat PIE dan PIH. Tapi... aku paham banget obat paling manjur untuk mengatasi bekas jerawatku adalah skincare dengan kandungan niacinamide.

Untuk menghilangkan bekas jerawat biasanya aku intens menggunakan brightening skincare, tetapi tidak semua brightening skincare cocok di aku. Brightening skincare dengan gentle dan minimal ingredients, lalu punya kandungan utama niacinamide, biasanya cocok di aku. Kulitku bahkan nggak masalah loh dengan persentase niacinamide sampai 10%. Secocok itu~

Kalau temen-temen pembaca memiliki jenis kulit serupa dan cucok juga pakai kandungan niacinamide, maka rangkaian skincare dari FAV Beauty yang akan aku review ini boleh banget dilirik.

Semua rangkaian skincare FAV Beauty punya klaim berbahan alami, sudah bersertifikasi BPOM dan halal. Selain klaimnya yang menjanjikan, mereka juga punya hero ingredients yang fokus untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit, menenangkan kulit, dan cocok untuk kulit sensitif. Kombo banget, kan? Salah satu hero ingredients-nya, niacinamide, bahkan tertulis di nama produknya. Hohoho~

Aku suka sekali sama kemasan-kemasannya. Gemas! Sebagai penggemar pink merasa terpanggil melihat mereka. Warna packaging-nya didominasi oleh soft pink dan putih, dengan pilihan material plastik tebal mirip kaca yang sungguh niat, rapi, terkesan playful namun tetap elegan.

skincare

Urutan aku memakai rangkaian bringtening skincare dai FAV Beauty ini setelah membersihkan wajah adalah: Toner ➜ Serum ➜ Moisturizer. Aku pakai rutin di pagi dan malam hari selama kurang lebih seminggu. So far so good~ aku suka sekali finish dan hasilnya dari pemaikaian tiga skincare di bawah ini:

FAV Beauty Brightening Toner Niacinamide

Isi 100ml | Harga normal Rp109,000 | BPOM NA11220100439
Personal Rating 9/10


Dari ketika skincare yang lagi aku review ini, packaging FAV Beauty Brightening Toner tergemas! Bentuk dan ukuran botolnya pas. Enak digenggam tapi nggak bulky, masih nyaman lah dibawa traveling tanpa harus memindahkannya ke wadah yang lebih kecil. Tutupnya model flip-flop yang ringkas, tapi kuat dan rapat, sehingga mampu menahan cairan di dalamnya dengan aman.


Kemasan tonernya punya teknologi yang bisa menahan produknya untuk nggak keluar kayak keran. Jadi ketika dituangkan, cairan tonernya keluar setetes demi setetes gitu... nggak langsung currrr~ meluncur. kebayang nggak, Sist? πŸ˜‚ bikin awet dan hemat, kan? Cusss deh kalau mau check out langsung aja mampir ke πŸ‘‰ Shopee FAV Beauty Store Official. Aku pantau barusan semua produknya lagi diskon sampai 30%.

Teksturnya juga nggak kalah unik. Aku merasa teksturnya tuh nggak watery banget tapi bukan yang kental juga. Tidak ada kesan tebal dan licin, seperti mengoleskan air mineral saja rasanya, namun ada efek cooling yang bikin kulit dingin. Aromanya agak milky, klasik, mengingatkan aku sama skincare jadul. Hehehehe...

Tekstur Brightening Toner Niacinamide

Baik toner, serum dan moisturizer-nya punya aroma yang mirip-mirip, yang membedakan hanya kekuatan aromanya saja. Toner dan serumnya punya aroma yang lebih samar dibanding moisturizernya.

Brightening Toner dengan based Glycerin ini punya hero ingredients sebagai berikut:
🌸 Niacinamide. Merupakan antioksidan, bentuk vitamin B-3, yang dapat membantu kulit lebih banyak memproduksi NAD+ untuk memperbaiki kerusakan sel.
🌸 Ascorbic acid. Agent yang dapat melindungi, memperbaiki, dan mempercantik kulit.
🌸 Ergothioneine. Kandungan yang kaya akan asam amino dan antioksidan yang dapat mencegah keriput, mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, dan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari.
🌸 Rose extract. Mengurangi munculnya bekas jerawat, meratakan warna kulit dan merangsang produksi kolagen dan vitamin A dengan efek mencerahkan.
🌸 Dipotassium glycyrrhizate. Mengurangi kemerahan dan menenangkan kulit yang teriritasi atau meradang.
🌸 Centella asiatica extract. Menjaga keseimbangan kandungan pH kulit, mengurangi iritasi/kemerahan dan memberikan rasa sejuk di kulit.

Ingredients Bightening Toner Niacinamide

FAV Beauty Brightening Toner Niacinamide termasuk skincare yang punya minimal ingredients dengan klaim dapat digunakan oleh semua jenis kulit dengan keunggulan pH balance, membuat kulit tampak lebih cerah dan lebih lembab serta mencegah peradangan jerawat dan menenangkan kulit. Toner juga baik digunakan karena bermanfaat untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan membantu produk skincare lain setelahnya meresap lebih optimal ke dalam kulit.

Aku suka finish-nya di kulit ketika digunakan, adem dan bikin kulit jadi agak matte. Sangat bersahabat untuk oily skin karena mengontrol minyak banget. Pas dipakai malam, paginya kulitku nggak kelihatan berminyak becek-becek gitu, Sist! Bikin nggak sumuk juga di siang hari. Aku sih love 😘

Biasanya aku pakai toner dengan kapas, tapi kalau kalian mau langsung tuang ke telapak tangan lalu dioles langsung ke wajah dan ditepuk-tepuk ringan, boleh banget!

Lanjut ke serumya...

FAV Beauty Brightening Serum Niacinamide

Isi 30ml | Harga normal Rp149,000 | BPOM NA11220100446
Personal Rating 8.7/10


Diantara ketiga produk FAV Beauty yang aku coba, serum ini aku trial paling terakhir. Jaga-jaga kalau ada iritasi, jadi tahu penyebabnya, karena toner dan moisturizernya yang sudah aku coba lebih dulu aman sentosa di kulitku.

Alhamdulillah setelah beberapa hari coba, serumnya juga nggak bereaksi negatif. At least itu dulu, jadi nggak ragu deh pakai serumnya sampai habis πŸ₯°

Kemasannya sih standar yah dari kaca tebal dengan aplikator pipet. Tapi kalian harus tau isinya itu 30ml, dua kali lipat lebih banyak dibanding serum lokal kebanyakan. Di harga Rp100 ribuan (apalagi kalau dapat diskon) serum ini worth it banget dicoba. Apalagi kalau cocok, ya!

Aplikator Brightening Serum Niacinamide

Teksturnya bening, kental, namun watery. Ketika dioleskan ke kulit agak licin jadi gampang banget diratakan. Aku hanya perlu 3 tetes sudah meng-cover seluruh permukaan wajah dan leher.

Tekstur Brightening Serum Niacinamide

Tidak dibutuhkan waktu yang lama sampai produknya meresap ke kulit. Finish-nya bikin kulit terasa lebih halus namun tetap kering. Emang deh nih FAV Beauty bersahabat banget sama kaum kulit pertamina. Aromanya pun samar-samar saja, sopan banget masuk ke hidung.

Hero ingredients dari serum pencerah satu ini adalah:
πŸƒ Niacinamide. Disamping sebagai antioksidan juga berguna menghilangkan garis halus, menyembuhkan peradangan jerawat, dan mencerahkan kulit wajah. 
πŸƒ Hyaluronic Acid yang dapat membantu meregangkan dan mengembalikan elastisitas kulit serta mengurangi kerutan dan garis kulit.
πŸƒ Ascorbic Acid yang dapat melindungi, memperbaiki, dan mempercantik kulit.
πŸƒ Nona-peptide-1 berfungsi untuk mencerahkan kulit, anti-aging, mencerahkan kulit, melembabkan kulit, menjaga skin tone dan hiperpigmentasi.
πŸƒ Astragalus Membranaceus Root Extract mampu mengurangi peradangan, memperbarui sel-sel kulit mati, menstimulasi produksi kolagen pada kulit.
πŸƒ Saposhnikovia Divaricata Root Extract mampu mengurangi peradangan, anti aging, menenangkan kulit.
πŸƒ Calendula Officinalis Flower Extract yang dapat enutrisi kulit, menghidrasi kulit, mengurangi iritasi pada kulit,menenangkan kulit dan anti-aging.
πŸƒ Albizia Julibrissin Flower Extract bermanfaat untuk memperbaiki kulit, menenangkan kulit.
πŸƒ Gastrodia Elata Root Extract berguna untuk menenangkan kulit, mencerahkan kulit, antioxidant, mengurangi peradangan.


Serum pencerah wajah ini so far nggak mengiritasi kulitku sama sekali. Manfaat yang baru sebentar aku rasakan yaitu membantu jerawat meradangku sembuh, beruntusan berangsur menghilang, dan minyak di kulit jadi lebih terkontrol. Isi 30ml per botol sudah pas dipakai rutin 2x sehari, bisa habis sampai sebulan lebih.

Step terakhir, moisturizer!

FAV Beauty 2IN1 Brightening Day and Night Cream Niacinamide

Isi 50gr | Harga normal Rp169,000 | BPOM NA11220100440, NA11220100442
Personal Rating 8.2/10


Definisi beli satu dapat dua, makanya nama produknya 2IN1. Sebelum membuka kemasannya nih, aku pikir 2IN1 itu berarti produknya bisa dipakai pagi dan malam sekaligus, ternyata bukan yagezya~ di dalam kemasan gemes ini, ada dua produk: pelembab pagi dan pelembab malam yang dipisah oleh separator kemasannya. Wow aku terpukau! πŸ˜„

Kemasannya cukup efisien dan bikin hemat, kita sebagai pengguna nggak perlu lagi pusing mikirin skincare krim siang/krim malam secara terpisah. Sudah dilengkapi juga dengan aplikator spatula di dalamnya. Biasanya tiap selesai pakai, aku lap spatulanya dengan tisu + hands sanitizer biar tetap bersih dan higienis.

Di dalam kemasannya sudah include spatula

Yang membedakan Day Cream dan Night Cream di dalam kemasannya adalah tulisan kecil yang ada di luar body kemasannya ini. Jangan sampai salah colek, ya! Teksturnya juga beda, sih...

Keterangan bagian Day Cream VS Night Cream

Day Cream punya tekstur seperti lotion padat berwarna putih susu, sedangkan Night Cream punya tekstur gel bening berwarna putih.

Perbedaan tekstur Day Cream VS Night Cream

Day Cream punya tekstur yang lebih padat. Dilihat sekilas teksturnya seperti susu pembersih, kelihatan berat gitu, tapi ketika dioleskan ke kulit ringan, mudah diratakan, mudah mengering di kulit dan ada sensasi dinginnya juga.

Aku merasa Day Creamnya memberi sedikit efek tone up. Aromanya sedikit agak menyengat, persis seperti aroma tonernya namun lebih kuat. Itu aja sih yang aku agak kurang suka. Finish-nya justru aku suka karena matte di kulit. Masih enak banget kalau pakai pelembab Day Cream ini terus ditimpa sunscreen lagi.

Tekstur Day Cream

Di dalam Day Cream ini sudah ada kandungan Titanium Dioxide yang dapat melindungi kulit dari pancaran sinar UV matahari, tapi tidak disebutkan berapa besar SPF-nya.

Hero ingredients lainnya dari Day Cream―2IN1 Brightening Day and Night Cream Niacinamide, yaitu: Niacinamide, Hyaluronic Acid, Ascorbic acid, Sakura (Prunus speciosa flower extract) sebagai anti inflamasi, mengurangi peradangan pada kulit dan menenangkan kulit. Saussurea involucrata extract untuk menutrisi serta melindungi kulit dari radikal bebas, melembabkan kulit, dan menunda penuaan kulit. Allantoin untuk membuat kulit terjaga kelembabannya dan mencegah kulit kering serta iritasi.

Ingredients Day Cream VS Night Cream

Sedangkan Hero ingredients dari Night Cream―2IN1 Brightening Day and Night Cream Niacinamide terdiri dari: Rumput laut (Fucus vesiculosus extract) yang dapat mengurangi kerutan, memperbaiki dan memperbaiki tekstur kulit. Allantoin. Ceramide NP untuk membantu mengembalikan protective barrier pada kulit. Centella asiatica extract. Edelweis (Leontopodium alpinum extract) yang merupakan antioksidan untuk memperkuat skin barriers dan membantu mengurangi tanda-tanda sensitivitas pada kulit. Honey (Mel) yang dapat melembutkan dan menghaluskan kulit.

Tekstur dari Night Cream lebih ringan. Kalau dibandingin secara tekstur, aku lebih suka tekstur Night Cream. Aromanya pun lebih ringan.

Teksturnya agak licin ketika dioleskan kekulit, ada efek dinginnya juga dan mudah menyerap. Setelah beberapa menit dia set di kulit, baru terasa finish yang melembutkan dan melembabkan. Jadi walaupun finish-nya matte, aku tetap merasakan ada hidrasi ke kulit.

Tekstur Night Cream

o0o

Overall aku cukup puas menggunakan ketiga produk di atas selama kurang lebih 1 minggu. Cocok di kulitku yang cenderung sensitif dan mudah jerawatan. Nggak cuma cocok sih tapi rangkaian brigtening skincare dari FAV Beauty ini dapat meredakan jerawat dan menenangkan kulit seperti klaimnya. Efek mencerahkannya mungkin akan aku rasakan dalam jangka waktu beberapa bulan ke depan dengan pemakaian rutin. I wish.

Temen-temen yang mungkin masih butuh informasi lebih lanjut seputar produk dan promo-promo FAV Beauty, monggo meluncur ke akun media sosial mereka, ya!

Comments