APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

Indonesia

BASE, Skincare Lokal untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

Aku sudah punya good feeling sama brand ini dari awal tahun, tapi baru kesampaian coba di akhir tahun, dan... agak menyesal, ya.

Menyesal kenapa nggak dari dulu aja aku coba, sih? 😭

base-skincare

Feelingku sama skincare lumayan bagus, loh! Tapi di awal tahun aku breakout parah, jadi nggak bisa impulsif cobain banyak skincare. Nah, sekarang kulitku sudah lumayan normal, happy banget akhirnya bisa coba skincare lokal satu ini.

BASE, personalized skincare yang dibuat berdasarkan jenis kulit, hasil yang mau dicapai, dan gaya hidup pemakainya. Semua kandungannya plant based, jadi bisa dipastikan 100% vegan dan clean ingredients, tidak dites pada hewan, sudah tersertifikasi organic and natural cosmetic oleh ECOCERT COSMOS, halal dan lulus BPOM. Ramah untuk kulit remaja, ibu hamil dan menyusui.
Gileee.... semua klaim yang bagus-bagus diambil. Cucok nggak tuh?

"TAPI KAN VEGAN SKINCARE MAHAL, KAK!?"

Dari sedikit yang aku pelajari tentang vegan skincare, nih... sebuah brand skincare harus mengeluarkan budget lebih untuk riset bahan baku ke pihak ketiga dan memperoleh sertifikat resmi "vegan" atau "organic". Jadi nggak bisa asal klaim kalau tidak ada buktinya. Makanya vegan/organic skincare terasa lebih mahal karena bahan dan garansinya tidak murah.

Produk BASE sendiri menggunakan bahan-bahan yang sudah teruji efikasi(keberhasilan)nya di laboratorium dan kebanyakan bahannya sudah menang beberapa penghargaan sebagai bahan inovatif πŸ‘

Selain klaim vegan/organic skincare yang relatif aman untuk kulit berjerawat dan sensitif, beberapa poin di bawah ini bikin aku yakin BASE bakal jadi skincare lokal favoritku: 
  • Tidak mengadung alkohol & pewangi buatan. Hidungku lebih tahan sama bau apek/bau alami skincare daripada yang sudah ditambahi parfume/fragrance. LOL nggak hidung-nggak kulit sama aja sensitifnya πŸ˜„
  • Amat sangat personal karena diformulasikan sesuai usia, jenis kulit, permasalahan kulit, lifestyle, termasuk kebiasaan tidur kita. Detail banget, kan? Kalau beli produk BASE di website resmi www.base.co.id, kalian wajib mengikuti skin test sebelum check out. Dari skin test tersebut, kita akan direkomendasikan ingredients dan produk yang sesuai. Hasil dari skin test aku kayak gini, nih
vegan-skincare
  • Kemasan dan kandungannya premium. Mulai dari unboxing sampai nge-olesin produknya, aku selalu dikejutkan sama experience baru yang menyenangkan. Review lengkapnya aku bahas di bawah.
  • Sesuai dengan namanya, BASE, yang berarti basic. Sampai saat ini BASE hanya mengeluarkan basic skincare seperti: cleanser, toner, moisturizer dan sunscreen. Skin minimalism ini sejalan sama prinsipku mengenai skincare yaitu, nggak mau ribet! Semakin sederhana justru semakin baik untuk kulitku.
Dari pengalaman yang sudah-sudah, 10 steps skincare routine nggak bikin kulitku glowing justru purging. Setelah kenal sama kulit sendiri dan sadar aku memiliki isu kulit sensitif, pelan-pelan aku mengganti rangkaian skicare yang lebih gentle dan sederhana. Sekarang rasanya skincare-an jadi lebih mindful dan anti ribet.

Menurut penelitian, kulit pun sebenarnya tidak sanggup menerima banyak active ingredients sekaligus, loh... jadi 4 jenis basic skincare ini:
  1. Pembersih (cleanser dan toner),
  2. Pelembab (moisturizer/sleeping mask/sejenisnya)
  3. Pelindung (sunscreen/SPF > 30), dan
  4. Treatment (serum/masker/spot treatment/lainnya sesuai kebutuhan kulit), 
yang memang dikembangkan oleh BASE, adalah sebaik-baiknya skincare yang bisa kalian gunakan sehari-hari.

Setelah mengikuti skin test di website BASE ini https://bit.ly/FindYourBASEMate, aku dapat rekomendasi beberapa produk skincare yang match sama kondisi kulitku, yaitu bundle produk yang terdiri dari: facial wash, toner, dan moisturizer. Bisa juga memilih produk A la carte:

base-skincare
Rekomendasi Skincare dari #MatchMaker Skin Test di website BASE
  1. Nine to Ten Purifying Cleanser
  2. Lightly Dew Toner
  3. Ultra Soothe Moisture Cream
  4. Ultra Soothe Natural Sunscreen
base

Awalnya aku coba BASE Lightly Dew Toner dan BASE Ultra Soothe Moisture Cream dulu selama 2 mingguan, lalu aku lanjut coba BASE Nine to Ten Purifying Cleanser dan BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen. Keempatnya masih aku gunakan sampai sekarang. Aku review satu per satu sesuai urutan pakainya, ya...

 BASE Nine to Ten Purifying Cleanser 

BPOM NA18191234975 | 100ml | IDR 98.000

Look at the packaging!

Kayaknya kalau ada packaging award tahun ini aku bakal menangin BASE. Hahahaha... bukan cuma kelihatan cantik dan elegan, tapi bahan botolnya ini dari keramik. Temen-temen bisa bayangin ketika menggenggam ini betapa dingin dan beratnya. Aku makin yakin produk yang ada di dalamnya terformulasi dengan baik karena dikemas dengan baik juga.

Bagian kepala botolnya terbuat dari bahan plastik berkualitas dengan model pumping. Aku suka nih, model pumping bikin lebih higienis. Model tutupnya juga double protection ya, bisa digeser kanan-kiri untuk mengunci dan ada penutup tambahannya juga.

Kalau skincareku habis, fix botol-botolnya BASE aku jadikan vas bunga aja! Hahaha...

base-skincare

Waktu pertama kali coba, aku agak kagok karena pembersih wajah ini nggak mengeluarkan busa sama sekali. Teksturnya seperti lotion yang encer, jadi pas aku oleskan ke kulit rasanya kayak lagi mengoleskan pelembab aja gitu, bedanya ini harus dibilas hehehe...

Daily use aku juga pakai facial wash untuk kulit sensitif yang gentle banget, kok... tapi biasanya masih ada busa walau sedikit, nah ini... bener-bener nggak ada kandungan sabunnya sama sekali! SLS an SLES FREE. Pemilik kulit kering dan super sensitif pasti suka, deh. Ditambah lagi aromanya yang super menenangkan. Aroma dedaunan dan rerumputan yang ditumbuk mirip-mirip aroma jamu gitu.

skincare-organic
Tekstur BASE Nine to Ten Purifying Cleanser

base-face-wash
Tidak berbusa sama sekali walau sudah diucek-ucek

Walau nggak ada busa, aku yakin kulitku tetap bersih karena setelah dibilas ada rasa kesatnya namun terasa lembab dan lembut. Hati-hati ya, walaupun gentle produk ini adalah pembersih kulit, jadi tetap bikin perih kalau kemasukan mata.

Full Ingredients BASE Nine To Ten Purifying Cleanser
Aqua, Glycerin, Decyl Glucoside, Glyceryl Caprylate/​Caprate, Squalane, Sodium Laurylglucosides Hydroxypropylsulfonate, Tocopherol, Lysolecithin, Sclerotium Gum, Xanthan Gum, Pullulan, Citrus Aurantium Dulcis Oil, Lavandula Angustifolia Oil, Sodium Levulinate, Sodium Anisate, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Calendula Officinalis Flower Extract, Potassium Sorbate, Sorbic Acid, Citric Acid.
Hero Ingredients dari BASE Nine to Ten Purifying Cleanser yang aku pakai ini adalah:
πŸƒ Jojoba Seed Oil atau minyak jojoba punya sifat non-acnegenic (tidak memicu timbulnya jerawat atau sebum) yang kaya akan antioksidan. Berfungsi untuk melembabkan kulit dari lapisan epidermis, memberikan efek melembabkan yang tahan lama dan berperan sebagai antioksidan untuk menangkal kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh tekanan lingkungan seperti sinar UV dan polusi.
πŸƒ Olive Squalane berfungsi untuk mengurangi inflamasi pada kulit, serta mencegah hilangnya kadar kelembaban alami & mengembalikan kekenyalan kulit.
πŸƒ Calendula Extract berperan sebagai booster untuk hidrasi kulit serta membantu untuk mencerahkan kulit & meratakan warna kulit.
πŸƒ Lavender Oil dapat menenenangkan kulit dari kemerahan, gatal atau perih akibat iritasi. Selain itu, lavender juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menyeimbangkan skin-barrier, sehingga kulit menjadi tidak terlalu berminyak atau terlalu kering.

Selain itu pembersih wajah ini juga pH balanced / ber-pH rendah. Aman banget bahkan untuk Ibu hamil dan menyusui. My kind of facial wash! Mau dipakai 3x sehari pun ngak bikin kulit kering, gatal atau ketarik. Saat kullit lagi bermasalah, pembersih wajah yang kayak gini nih yang aku butuhkan karena nggak macem-macem dan bersifat menenangkan.

Untuk aku, pemakaian 2 pump sudah cukup membilas wajah dan leher. Habis itu langsung dilanjut pakai Hydrating Tonernya...

 BASE Lightly Dew Toner 

BPOM NA18191235219 | 100ml | IDR 159.000
skincare-vegan

toner-base

Tekstur BASE Lightly Dew Toner ini air banget, ya. Warnanya agak keruh, kadang keluar coklat-coklat seperti ekstrak tanaman. Aku lebih suka oles pakai kapas karena teksturnya yang runny akan tumpah-tumpah kalau dituang langsung ke tangan/ke kulit wajah. Warnanya agak keruh dan baunya nggak pleasing, mirip bau teh basi, agak apek gitu... aku nggak masalah sama aromanya, sih. Apalagi aku tahu ini aroma kandungan alaminya.

Tekstur BASE Lightly Dew Toner

toner-base
Tekstur BASE Lightly Dew Toner di kapas sebelum dan sesudah pemakaian

Ketika dioleskan ke kulit terasa nyaman dan adem, tidak terasa lengket, dan efek lembab serta menenangkan kulitnya dapet banget. Hydrating toner dengan efek soothing dan calming ini cocok banget untuk kulit sensitif / kulit yang lagi bermasalah kemerahan sampai jerawatan.

Kalau kalian suka pakai teknik CSM (Chizu Saeki Method), nah toner ini bakal cocok banget dikompres ke kulit lama-lama. Coba, deh! Nyessss banget rasanya.

Full Ingredients BASE Lightly Dew Toner
Aqua, Anthemis Nobilis Flower Water (Chamomile), Polyglyceryl 4 Caprate, Betaine (Beets), Inositol, Propanediol, Glycerin, Sodium Levulinate, Sodium Anisate, Butylene Glycol, Portulaca Oleracea Extract, Aloe Barbadensis Leaf Extract (Aloe Vera), Myrothamnus Flabellifolia Leaf Extract, Citric Acid, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate.


Dari list ingredients di atas, ada 4 Hero Ingredients BASE Lightly Dew Toner yang masing-masing punya tugas untuk merawat kulit sesuai fungsinya:
πŸƒGreen Purslane Extract/Ekstrak Daun Krokot, disebut sebagai bahan "Fountain of Youth" karena mempromosikan enzim anti-penuaan telomerase yang dapat mengurangi peradangan pada kulit dan merangsang perbaikan sel yang mengurangi munculnya bekas luka dan fine lines (garis halus).
πŸƒBeets (Betaine) sebagai hidrator lembut yang membantu kulit untuk mendapatkan dan mempertahankan kelembapan, mencerahkan wajah, serta mengandung antioksidan yang tinggi untuk melawan radikal bebas
πŸƒEktrak Daun Aloe Vera/Ekstrak Daun Lidah Buaya sebagai booster untuk menghidrasi kulit & meningkatkan reproduksi sel kulit. Aloe Vera juga mengurangi kemerahan & menenangkan peradangan kulit akibat iritasi bakteri ataupun perubahan cuaca
πŸƒMyrothamnus Leaf Extract yang bertugas menghaluskan dan melembapkan kulit dengan cepat. Ekstrak ini kaya akan antioksidan, membuatnya efektif untuk mencegah tanda-tanda penuaan.

 BASE Ultra Soothe Moisture Cream 

BPOM NA18190124860 | 30g | IDR 189.000
skincare-organik

pelembab-base

Sama seperti kemasan toner di atas, botol si pelembab mungil ini juga terbuat dari keramik dan bagian kepala botolnya terbuat dari plastik dengan model pumping + penutup tambahan. Rapet banget!

skincare-base-vegan
Tekstur BASE Ultra Soothe Moisture Cream

Tekstur BASE Ultra Soothe Moisture Cream ketika dioles di kulit

Teksturnya aku suka banget, padahal biasanya aku lebih suka moisturizer dengan tekstur gel. Maklum kulitku kombinasi cenderung berminyak, jadi kalau pakai cream moisturizer suka terasa berat, gerah dan lengket. Tapi ini tuh enggak! Cream-nya berwarna kuning agak orange. Ketika dioles tidak terasa lengket, cenderung berair dan gampang disebar.

Sekali pakai biasanya aku butuh 2 pump untuk wajah dan leher. Efek melembutkan kulitnya langsung terasa di pemakaian pertama. I guarantee! Aromanya aja yang agak menyengat, persis kayak jamu. Kalau aku sih betah ya sama aroma begini, menenangkan juga di hidung.

Full Ingredients BASE Ultra Soothe Moisture Cream
Aqua, Anthemis Nobilis Flower Water, Glycerin, Squalane, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Disodium Phosphate, Allantoin, Butylene Glycol, Polyglyceryl 6 Caprylate, Polyglyceryl 4 Caprate, Viola Mandshurica Flower Extract, Glycyrrhiza Uralensis Root Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Centella Asiatica Extract, Polygonum Cuspidatum Root Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Ceramide NP, Calendula Officinalis Flower Extract, Tocopherol, Opuntia Ficus Indica Stem Extract, Retinyl Palmitate, Vaccinium Myrtillus Leaf Extract, Avena Sativa Kernel Extract, Helianthus Annuus Seed Oil, Rosmarinus Officinalis Leaf Extract, Lavandula Angustifolia Oil, Pelargonium Graveolens Oil, Lysolecithin, Sclerotium Gum, Xanthan Gum, Pullulan, Phytosphingosine, Cetyl Alcohol, Sorbic Acid, Sodium Hydroxide, Benzyl Alcohol, Benzoic Acid, Dehydroacetic Acid, Citric Acid, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Cetearyl Olivate, Sorbitan Olivate.


πŸƒCentella Asiatica atau orang Indonesia menyebutnya daun pegagan memiliki manfaat menenangkan kulit. Membantu penyembuhan kulit iritasi dengan membantu pembentukan pembuluh darah, juga memiliki kandungan antibakteri dgn antioksidan yg tinggi
πŸƒCeramides yang dapat memperkuat skin barrier, melembabkan dan mampu melindungi kerusakan kulit akibat polusi dengan membentuk seperti lapisan pelindung
πŸƒMexican Cactus Extract/Prickly Pear dapat mengembalikan hidrasi kulit, kaya akan linoleic acid yang dapat menyeimbangkan produksi minyak, mencegah terjadinya garis halus dan photo-aging.

Selain keunggulan ingredients di atas, yang bikin aku jatuh cinta sama pelembab ini tuh... tiap aku pakai malam hari, paginya kulitku kelihatan rapih banget. Gimana ya aku gambarinnya? Kulitku yang biasanya kelihatan minyakan dan lecek, kalau pakai pelembab ini tuh nggak. Padahal mah belum mandi dan masih ileran. Hehehe...

Nih penampakan kulit ketika aku oles pelembabnya di wajah sebelah kanan. Tidak terlalu kelihatan beda di wajah bare face, kan? Kelihatan lebih mengkilap tetapi tidak terlalu berminyak.

Tekstur BASE Ultra Soothe Moisture Cream ketika dioles di kulit wajah

Setelah 3 minggu lebih rutin pakai BASE Lightly Dew Toner & Ultra Shoote Moisture Cream, manfaat yang paling terasa adalah tekstur kulitku jadi lebih lembut dan lembab, mengurangi rasa iritasi ketika jerawatan, dan jerawat yang baru numbuh jadi gampang kempesnya.

Produk terakhir yang akan aku review adalah Sunscreen terbaru BASE khusus untuk kulit sensitif. Sunscreen terdahulunya aja, Ultra Matte Natural, di-rave banak orang karena teksturnya juara (ringan, nggak white cast dan bisa menahan minyak seharian). Penasaran sama Ultra Soothe ini?

 BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen 

BPOM NA18211701302 | 45g | IDR 169.000
sunscreen-base

sunscreen-vegan

Jujur... harapanku ke sunscreen ini lumayan tinggi lho!

Tapi setelah baca full ingredients di bawah ini, aku agak maklum kenapa sunscreen Ultra Soothe ini teksturnya nggak seringan Ultra Matte. Karena komposisinya dibuat khusus untuk kulit kering dan sensitif, jadi ketika di-apply teksturnya lebih ke lembab dan agak basah (tidak matte).

Tetap mampu menahan minyak di muka, kok... tapi kalau dipakai untuk si kulit berminyak saat aktivitas outdoor kayaknya agak kurang cocok ya. Saat musim dingin ketika kulit lagi kering-keringnya atau seharian di ruangan ber-AC, nah... sunscreen ini bakal cocok banget! Nggak menciptakan white cast dan finishnya bikin kulit dewy glowing healthy skin gitu.

base-skincare
Tekstur BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen

Tekstur BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen ketika dioleskan di kulit

Teksturnya lotion berwarna kekuninganseperti butter yang mencair, sangat smooth ketika dioleskan ke kulit. Aromanya khas tipikal Hybrid Sunscreen (campuran Chemical dan Physical Sunscreen) dan ada sedikit aroma manis seperti kue.

SPF 50 PA+++ (plusnya ada 3) jadi sudah pasti bisa melindungi dari UVA dan UVB setta Bluelight effects.

Lihat deh ketika sunscreen di apply ke wajah tidak nampak white cast dan tidak terlalu berminyak, kan?

Tekstur BASE Ultra Shoote Natural Sunscreen ketika dioleskan di wajah

Full Ingredients BASE Ultra Soothe Natural Sunscreen
Aqua, Dicaprylyl Carbonate, Octocrylene, Glycerin, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Propanediol, Zinc Oxide, Cetearyl Alcohol, Triethanolamine, Bis-Ethylhexyloyphenol Methoxyphenyl Triazine, Acrylates/C12-22 Alkyl Methacrylate Copolymer, Annona Cherimola Fruit Extract, C15-19 Alkane, Ethylhexyl Triazone, Glyceryl Stearate, Nylon 6/12, PEG-100 Stearate, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyidimethyl Taurate Copolymer, Cateth-10 Phosphate, Dicetyl Phosphate, Phenoxyethanol, Ectoin, Hydroxyace tophenone, Canola Oil, Argania Spinosa Kernel Oil, Arginine, Tocopheryl Acetate, Coco-Glucoside, BHT, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin, Polysorbate 60, Sorbitan isostearate, Disodium Lauryl Sulfosuccinate, Sodium Dilauramidoglutamide Lysine, Daucus Carota Sativa Seed Oil, Sodium Citrate, Bisabobol, Magnesium Chloride Beta-Carotene, Daucus Carota Sativa Root Extract, Helianthus Annuus Seed Oil, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Citric Acid.

Hero Ingredients dari sunscreen ini adalah:
πŸƒ Ekstrak Bunga Chamomile yang mengandung bisabolol sebagai anti iritasi dan melindungi kulit dari paparan sinar UV.
πŸƒ Carotolino yang siekstrak dari akar & biji wortel yang kaya akan karotenoid, efektif melindungi kulit dari cahaya biru atau High-Energy Visible (HEV).
πŸƒ Ectoin / sejenis asam amino yang diekstrak dari mikroorganisme yang hidup di lingkungan yang ekstrim. Bahan serbaguna ini efektif untuk pencegahan penuaan kulit & menghentikan kerusakan sel kulit akibat polusi.
πŸƒ Cherimoya adalah buah adaptogen berasal dari Amerika Selatan ini ampuh melindungi kulit dari agresor, selain itu juga efektif menjaga kulit tetap seimbang dan terjauh dari iritasi.

Dari keempat produk BASE yang aku review ini, aku perhatikan produknya hanya bertahan selama 6 bulan setelah kemasannya dibuka. Tipikalnya produk organik ya, tidak bisa bertahan terlalu lama. Tapi aku yakin sebelum 6 bulan pasti sudah habis.

base-skincare-organic
Perbandingan Tekstur BASE Skincare

Aku sebagai pemilik kulit sensitif dan acne prone merekomendasikan skincare ini untuk dicoba oleh: adik-adik di usia remaja yang kulitnya gampang kemerahan, temen-temen yang kulitnya berminyak tapi dehidrasi dan sensitif, serta ibu hamil dan menyusui yang bingung cari produk skincare aman.

Skincare vegan dan organic memang nggak memberikan hasil yang signifikan dalam jangka waktu dekat, pelan-pelan tapi pasti ada perubahan baik di kulit.

Aku rasakan sebulan lebih mencoba rangaian skincare BASE, kulitku terlihat dan terasa lebih halus dan cerah, kemerahan hilang, dan yang paling aku suka efek melembabkannya. Seolah-olah kulitku nggak pernah kelihatan kering gitu. Kalau mau coba satu per satu dulu aja , ya! Biar kalau ada masalah purging/gatal akan ketahuan kulitmu alergi dengan kandungan pada produk yang mana. Kalau di aku so far so good sih, aman semua. hehehe...

skincare-base

Temen-temen yang masih bingung milih produk BASE yang mana? Langsung aja ikut skin test di website https://bit.ly/FindYourBASEMate hanya perlu waktu sekitar 5-10 menit untuk menjawab pertanyaan seputar permasalahan kulit dan lifestyle.

Yuk, belanja barengan! Check out produknya di website bisa dapat potongan 35% dengan minimum pembelanjaan Rp100 ribu saja kalau pakai kode voucher APRI35.

Comments

back to top