APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

Indonesia

Review Nusaroma Essential Oils, Natural Aromatherapy Asli Indonesia

Meskipun eksistensi Essential Oils sudah cukup populer di Indonesia, namun baru akhir tahun lalu aku jadi pengguna setianya. Harga jadi faktor utama buatku untuk nggak ikut-ikutan beli Essential Oils (EO) dulu, apalagi manfaat/fungsinya bisa aku ganti dengan produk pengharum ruangan. Terus... apa dong yang bikin aku jadi suka banget sama EO sekarang?

Aku pada dasarnya kurang suka sama sesuatu yang sudah banyak dibicarakan orang, overrated ya istilahnya. Waktu itu Brand EO masih dimonopoli sama merek dari Amerika. Kalian tahu lah ya apa Brand-nya? 😁 
nusaroma


Beberapa tahun belakangan baru deh aku liat banyak Local Brand yang sudah memproduksi Essential Oils dengan harga terjangkau. Salah satunya Nusaroma.

Aku biasanya beli EO botolan untuk dioles ke kulit dan bahan bantal, biar bisa dicium-ciumin terus harumnya gitu... aku belum berencana beli diffuser sampai akhirnya teman angkatan kuliahku yang ternyata Co-Founder Brand Nusaroma berbaik hati mengirimkan beberapa botol EO dan diffuser untuk aku review. Sungguh sebuah kebetulan yang aku sambut baik! 

Walaupun akunya yang rada bebal ini, masa sudah setahun lebih aku pakai, baru direview sekarang. Maaf yah 🙈

Nusaroma sebagai Brand berdiri tahun 2015, tapi dari tahun 2004 ternyata mereka sudah jadi supplier minyak atsiri di Indonesia dan sampai sekarang mereka sudah punya lebih dari 60 varian Pure Essensitial Oil, dengan Aromatherapist yang bersertifikat International, melalui proses R&D, dan sudah GC/MS Tested⁣.

Aku lihat Brand ini ber-progress, ya. Inovasinya pun nggak kalah sama Brand EO luar negeri, kualitasnya improve terus, dan variannya makin beragam.

Fungsi EO yang sering aku manfaatkan di kamar maupun ruang kerja adalah sebagai pengharum ruangan dan mood booster. Maklum aku sama suami sering banget makan di kasur sambil nonton TV, jadi bau makanan suka nempel. Nah, EO ini jadi penyelamat hidung kami karena harumnya tenang, bikin relax, dan nggak mengintimidasi layaknya pengharum ruangan semprot yang biasa aku pakai dulu hehehee...

Selain sebagai pengharum ruangan, fungsi Essential Oils yang wajib kalian ketahui yaitu bisa digunakan sebagai: penghilang stress, meningkatkan fokus, memperbaiki pola tidur, obat pilek dan flu, pembasmi serangga, dan lainnya disesuaikan dengan variannya.

nusaroma eo

Aku punya enam buah Nusaroma Essential Oils, 3 buah dari Immune Booster Kit dan 3 buah dari Sleep Well Kit. Nggak harus beli Kit-nya kok, kalau mau coba dulu bisa dibeli single / satu botol aja. Aku pun akan review satu per satu botol di sini...

Nusaroma Immune Booster Kit


1. Rosemary Organic
10ml Rp114,000
Klaim manfaat produknya adalah dapat mengurangi resiko kanker, antioksidan dan anti-inflamasi, menyeimbangkan androgen dan estrogen dalam tubuh, membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan kesehatan prostat.
Harum Rosemary ini khas herbal, fresh, seperti ada mint-nya. Menurutku harumnya nggak terlalu pekat ya, mirip minyak kayu putih aja gitu, dan ketika di-diffuse pun harum uapnya nggak terlalu mencolok, tapi aku yakin Si Rosemary yang bikin plong hidungku banget.


2. Flu & Cough Blend
10ml Rp195,500
Flu & Cough adalah campuran dari Eucalyptus Organic, Peppermint, Tea Tree Organic, dan Lemon Organic, yang bermanfaat sebagai aromatherapy, melawan virus dan bakteri, membantu sistem imun tubuh, dan meredakan gejala flu dan batuk.
Harumnya mirip OBH gaess~ tapi lebih lembut, jadi jangan auto telen ya 😁 


3. Ginger
10ml Rp99,900
Ginger a.k.a Jahe, bumbu dapur yang banyak manfaatnya ini ketika dijadikan EO dapat mengurangi rasa mual, membuat rileks, dan membantu sistem pencernaan. Harum jahenya lembut dan fresh. Ada sedikit aroma rerumputannya.


Nusaroma Sleep Well Kit


1. Organic French Lavender 10ml Rp131,500
Lavender adalah varian essential oil yang paling populer karena harumnya membuat rileks dan tenang, dapat juga digunakan sebagai pengusir nyamuk alami.
Kalau kalian suka aroma lavender yang kuat, mungkin varian nusaroma ini kurang cocok karena wanginya soft banget dan dalam, sedikit ada wangi manis dan mint. Kalau aku sih suka ya, karena kalau terlalu mencolok bau lavender jadi kayak pengharum ruangan sintetis.


2. Cedarwood
10ml Rp71,500
Dari ke-enam varian yang aku punya, cedarwood adalah favoritku! Fungsinya sebagai antiseptik, anti-anxiety, penambah konsentrasi, obat batuk dan bronkitis, sampai pengusir serangga. Cedarwood juga dapat digunakan sebagai perawatan rambut dan kulit berminyak.
Aku suka karena harumnya paling enak; paling aku banget gitu... wangi kayu pohon yang segar, kalau lagi nge-diffuse aroma ini aku berasa lagi leyeh-leyeh di tengah hutan berumput yang banyak pohon rindangnya. Hehehehe....

3. Roman Chamomile
10ml Rp199,000
Chamomile sudah umum digunakan pada campuran parfum dan produk kosmetik, harumnya menenangkan dan memiliki efek relaksasi, selain itu chamomile juga dapat masalah pencernaan dan menurunkan panas loh!
Kalau menurut penciuman pribadiku, harum chamomile ini mirip rosemary dicampur sama cedarwood. Ada wangi kayu yang khas namun lebih segar dan manis. 
Di Nusaroma varian chamomile ada dua, Roman Chamomile dan German Chamomile yang harganya lebih mahal karena proses ekstraksinya lebih ribet. Aku belum coba sih, tapi yang roman ini aja udah cukup buatku ✌

Kalian nggak harus men-diffuse EO di atas berdasarkan kategori kit-nya ya, karena aku pun seringnya random aja. Kalau lagi pengen yang segar aku campurkan masing-masing 3 tetes Rosemary, Cedarwood dan Chamomile sekaligus dalam 200ml air. Tapi kalau lagi agak meriang aku diffuse 3 tetes Flu & Cough Blend dan Ginger aja dalam 100ml air biar lebih pekat. Kadang nggak aku diffuse tapi cuma aku oles diujung hidung aja. Ya, disesuaikan sama kebutuhan dan suasana hati gitu.

essential-oils

Tips dariku kalau lagi nge-diffuse EO, air yang dipakai jangan air mentah, ya! Aku biasanya pakai Aqua, atau merek air mineral lain juga boleh. Kalau kalian Sultan, pakai Fiji juga boleh wkwkwkw...

Diffuser-nya pun nggak wajib beli di Nusaroma. Punyaku ini pun sudah sold out di websitenya, adanya varian lain yang lebih gemez. So far aku udah pakai ini lebih dari setahun masih awet; nggak ada keluhan rusak sama sekali.

diffuser
Wooden Water Filter Diffuser dari Nusaroma.com

Bahannya plastik ringan namun cukup kokoh, desain woody-nya imut, bisa menampung air sampai 300ml, listriknya kecil banget cuma 16 watt, dan fiturnya cukup bagus. Diffuser akan mati otomatis setelah beberapa jam dan ketika air di dalamnya sudah mau habis. Untuk aku yang sering pakai diffuser dari malam sampai pagi, fitur ini cukup membantu. Oiya, lampu warna-warninya juga gemes apalagi dipakai pas ruangan gelap, jadi menambah nuansa romantis. Ciyeileeee~

Wishlist aku mau coba varian dari Room Freshener, tapi ngabisin yang ini dulu. Walaupun aku nggak rutin pakai EO ini tapi sudah setahun lebih masih ada setengahnya, tuh awet banget nggak sih? Mau beli yang baru ngeri mubazir 😂

Kesimpulan dariku selama lebih dari setahun jadi pengguna Nusaroma Essential Oils, puas dong! Harganya jauh lebih terjangkau dibanding merek EO internasional. Harumnya kalem dan menenangkan; sudah bikin semerbak di ruangan berukuran 6x4 meter. Cocok untuk kalian yang baru mau coba pakai Essential Oils.

Informasi seputar Essential Oils bisa kalian kepoin di website dan instagramnya Nusaroma. Banyak pengetahuan seputar EO yang aku dapet dari konten mereka. Cek aja kalau nggak percaya! Aku aja jadi tau ternyata nggak semua EO itu organik.

Website: nusaroma.com
Instagram: @nusaroma

Oiya, aku mau tau dong varian essential oil favorit kalian apa? Dan kenapa? Siapa tau bisa jadi referensi baru buatku :)

Comments

back to top