APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

Pakaian yang Sebaiknya Dikenakan Saat Musim Hujan

Saat musim hujan gini, selain pengguna jalan yang kena macet panjang, siapa lagi yang paling sering ngeluh? Yak, benar, Emak-Emak! Emak saya di rumah begitu soalnya. Beliau ngeluh cuciannya enggak kering-kering. Kalau perlu tiap sudut rumah yang nganggur dan bisa dipasangi tali, diubah jadi jemuran dadakan. Kasihan, kan, liat orang tua ribet sama jemuran? Apalagi orang tua beranak durhaka macam saya yang bajunya masih dicuciin. Hahaha. #eh :(


pakaian, fashion, musim, hujan

Saya memang jarang banget bantu cuci pakaian, tapi setidaknya saya bantu mengurangi beban beliau. Saat musim hujan, saya memilih untuk tidak memakai baju-baju yang menyusahkan; saya memilih untuk mengenakan pakaian yang mudah dicuci dan cepat kering. Kebiasaan ini sedikit membantu, saya hampir tidak pernah kehabisan kostum. No more words, "Cucian belom kering, Broh!"

Solusi apa yang sebaiknya kita terapkan agar jemuran terhindar dari banyak cucian berbau tidak sedap karena lembab? Kalau saya memilih pakaian-pakaian berikut untuk dikenakan saat musim hujan.


  • Pakaian Berbahan Ringan
Coba perhatikan kemeja dan blus di lemari, jika isinya kebanyakan bahan katun melulu, enggak ada salahnya nambahi koleksi kemeja dan blus berbahan sifon, nilon, atau semi polister. Bahan-bahan ringan yang penampakannya mirip sutra itu enak banget dicuci, ringan, dan cepat kering. Habis dicuci, tinggal diangin-angini beberapa jam, bisa langsung kering. Dibanding bahan katun yang agak lama dan gampang kusut, baju berbahan ringan-ringan itu bahkan tidak perlu disetrika tetap kelihatan rapi.

  • NO JEANS, PLEASE!
Tolonglah, kalau hujan denimnya disimpan dulu di dalam lemari. Anak angkot macam saya sudah nyerah duluan, enggak bakal keluar pakai jeans saat musim hujan. Cipratan air tanahnya susah hilang, belum lagi effort tenaga untuk nyikat dan meresnya. Keringnya? Entah kapan.

  • Choose Skirt or Loose Dress rather than Trousers
Rok dan Dress adalah senjata utama saya supaya tetap gaya menghadapi becek dan banjir di Jakarta. Selama musim hujan, saya jarang banget pakai celana. Ribet, musti gulung-gulung. Dan rasanya sayang aja kalau baru dipakai sehari, celananya udah kotor. Minimal, kan, ganti bawahan itu dua hari sekali. Yee, gak?

Tips memilih rok dan dress yang cocok untuk musim hujan:
Pilihlah rok dan dress dengan model yang agak longgar. Rok sepan atau bodycon dress akan membatasi gerak kita di outdoor, apalagi saat musim hujan. Sebaiknya, gunakan rok-rok cantik bermodel mengembang seperti huruf A atau dress-dress longgar nan aduhai seperti shift dress. Nah, Rok model mengembang dan shift dress tadi cantik banget ditimpa blazer. Bisa juga ditambahi celana legging sebagai pengganti celana bahan yang agak tebal. Model seperti ini cocok juga untuk hijabers, kan?

fashion, shift-dress, blazer, ootd
Shift Dress yang dimix dengan Blazer

  • Sweater or Jacket?
Switer untuk menahan hawa dingin di indoor, sedangkan jaket untuk pelindung badan di outdoor. Jangan dibalik, ya! Switer kena air hujan akan susah banget keringnya, apalagi yang berbahan tebal dan semi wool. Sedangkan jaket kulit atau jaket parka yang anti air cocok untuk lapisan baju saat ke luar.

  • Sepatu yang washable atau lap-able
Habis ngomongin baju sekarang kita ngomongin sepatu. Ini penting buat saya yang agak-agak freak sama alas kaki, biarin deh kaki basah daripada sepatu lepek. Hahaha. Jadinya kalau hujan saya bakal pakai alas kaki berbahan karet, mau ngeluarin sendal jepit atau sepatu crocs? Bolehhh... sneaker dan run shoes yang ringan dan gampang dilap juga laku ketika hujan. Hindari sepatu dan sandal dengan bahan kain, suede, dan jeans / canvas. Terakhir, cek telapaknya, ya! Pilih yang anti slip.

sneakers
Ini sepatu yang sebaiknya tidak digunakan saat musim hujan

Semoga tipsnya membantu. Salam gaya! :))

Comments

  1. Aku pakenya leging hahahhaha, kemana - mana bawa leging. Atasan dress. Naik ojek aman, sampe mal tinggal lepas hahahahhaha. Gampang cucinya, cepat kering juga. Sayangnya ngga anti masuk angin mba hahahahhaha.

    lap-able hahahahahh *gagalpokus hahahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, aku juga kalau main seneng pake legging.
      ahahaha.. ini kok jadi postingan komedi, ya? :))

      Delete
  2. Leh uga nih.
    apalagi yang sepatu. asli bener banget, mending nyeker dari pada sepatu kotorr. kutakrela.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kujuga ikutan tak rela kalau sneakers harus keujanan haha :"(

      Delete
  3. Karena saltum senin kemaren pas Jakarta dingin banget saya sampai sakit ke tulang-tulang semingguan Mbak Apri. Hihihi. *malah curhat. Tapi bener deh jangan sampe salah kostum kalo pas musim hujan. Kalo basah dan lama keringnya bakalan repot sendiri. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhh.. ditambah lagi pancaroba kemarin itu ya, jadi banyak yang sakit. GWS, Mas Dani. Semoga enggak saltum lagi. :)

      Delete
  4. Nahh seragam kerjaku Jim's lho hahahha,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal jangan dipakai ke luar ujan-ujanan aja cyinnn. :))

      Delete
  5. Waaaahaha andalanku celana bahan model midi kulot. tetap gaya dipakai tapi ga ribet kalo lagi ujan. bawahannya tetap sneakers yang washable dan lap-able. kalo soal cucian, saya serahkan ke ahlinya alias tukang laundry hihihihi :D

    Hello!
    Titaz
    www.titaztitaz.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Mbak Titaz! :D

      Iya, celana kulot lagi ngehitz juga sekarang, anti digulung-gulung dan bahannya ringan ya.

      Delete
  6. paling cocok jas hujan aja mbak

    ReplyDelete
  7. Harus hemat hemat pakaian nih pas lagi musim hujan hahaha :D
    Btw, setuju kak kalo jeans keujanan itu gak enak juga sih kadang. Rasanya berat.
    Bawa beban masa lalu aja udah keberatan ditambah jeans yang basah lagi makin makin berta deh
    Loh ini komen macam apa ya :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak.. gpp, Blog ini menampung segala kritik, saran, dan juga curhatan kok. :)))

      Delete
  8. saya juga paling anti kalo sepatu kena hujan :)
    musim hujan gini kemana-mana saya pakai sandal jepit, nanti tiba di tempat tujuan baru sepatunya dipakai lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nice tips, Mbak! Sendal jepitnya jangan yang licin yah.

      Delete
  9. Walah, soal sepatu ... iya banget deh, sepatuku kebanyakan berbahan kain yang kalo habis kehujanan bikin nyesss. Walah, kayake harus beli sepatu baru yang lap-able nih. Makasih tips-nya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Selamat belanja sepatu! :D

      Delete
  10. Hujan hujan gini eksis nya hot pants mba, hehehe.. Yang pasti pakai sandal atau sepatu yang telapaknya gak licin, setuju.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak tahan dingin, Mbak Asti. Kalau pakai hot pants musim hujan bisa gemeteran kedinginan. Hahaha.

      Delete
  11. Kalo saya pas pergi-pergi selalu pake warna hitam, biar kalo kena gerimis cipratan ai di baju jadi gak kelihatan, hehehe :D juga selalu sedia sandal jepit di jok motor :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. O,iya! Betul juga. Kebetulan baju saya banyak hitam. Terima kasih sudah nambahi tipsnya, Mbak! :D

      Delete
  12. What ??? Serius masih di cuciin??? Gilaaaaaa








    Gw nitip boleh ngak ??? Lagi banyak setrikaan nich hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha. Gaboleh! Ajak halan-halan iye dolo. :p

      Delete
  13. Berarti outfitku selalu cocok untuk musim hujan, ya, hahaha :D

    ReplyDelete
  14. aku nambahin, pake pelindung sepatu mba ;p... kdg kalo kepaksa naik ojek, wuaahhh, ada aja tuh motor lain yg nyiprat2 kna sepatu.. makanya pelindung sepatu penting bangett :D

    ReplyDelete
  15. Kalau hujan, urusan pakaian mmg bikin pusing mbak. capek nyuci & susah keringnya. Mau hemat pakaian jg bingung, apalagi kalau basah kena hujan ya gak bisa dipake dua kali. hehe

    ReplyDelete
  16. Orang bogor wajib baca ini nic wkwkwkwkw

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar dari unknown, spam, pornografi, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup, akan saya hapus. Salam! :)