My Favorite L'OREAL Paris True Match Foundation


Dalam penggunaan complexion seperti base makeup, foundation, dan bedak, saya termasuk pengguna yang irit. Saya kurang cocok menggunakan foundation/bedak berlapis-lapis. Yah, maksimal paling hanya 2 layer foundation + concealer, ditambah sedikit bedak tabur/bedak padat yang dioles menggunakan kabuki brush agar tidak terlalu kelihatan berminyak. Makanya Foundation dan bedak saya lama banget habisnya (kecuali concealer sering dipakai buat nutupi bekas jerawat).

Saya irit begitu bukan karena hemat atau benci makeup menor, ya, tetapi karena ngeri sama kulit sendiri yang gampang jerawatan ini! Pemakaian complexion yang berlebihan bikin wajah saya gampang mutung *macam pacar yang dilupain tanggal ulang tahunnya gitu, deh. Kalau udah mutung besoknya beruntusan. Berabe, kan? :(

Saya sangat tahu kondisi kulit wajah sendiri, makanya saya paling enggak bisa pakai foundation yang memberikan kesan berat di wajah atau BB Cream ringan TETAPI ingredients-nya banyak banget. Ah, itu super NO NO! Saya lebih cocok pakai foundation sekalian buat pemakaian sehari-hari, asal... formulanya ringan seperti sedang tidak pakai foundation. So, kalau nemu yang begitu tapi coverage-nya rendah/medium ya saya maklum, konsekuensi, asal masih bisa diset sampai 2 layer mah anteng.

Saya sudah nemu foundation seperti yang disebutkan di atas sejak 3 tahun lalu, dan jadi produk kebanggaan yang saya rela racunin ke siapa aja. Hahaha. Pernah dengar atau coba L'Oreal Paris True Match Liquid Foundation? Iya, itu foundation favorit saya sampai sekarang.

Betapa beruntungnya ketika minggu lalu saya dikasih kesempatan untuk coba semua shade-nya! Aaaaa~ ini mah belum berdoa dikasih rejeki untuk beli shade baru, tapi udah dikabulin duluan. Aamiin 😅

Wajah saya mengalami perubahan selama 3 tahun belakangan, jadi bertambah putih! Apakah ini efek dari penggunaan skincare L'Oreal White Perfect Clinical setiap malam? Saya juga embuh, sih... bersyukur aja soalnya kulit badan dan wajah jadi enggak terlalu kentara bedanya sekarang. Hehehe 

L'Oreal Paris True Match Foundation punya 8 shades yang dapat disesuaikan oleh kulit wanita Indonesia

Karena kulit wajah sedikit memutih itu tadi, shade G3 yang sudah saya pakai sejak dulu jadi kurang cocok. Sebenernya masih bisa sih diakali pakai bedak yang warnanya satu tingkat lebih putih, tapi lama-lama repot juga kalau lagi diburu waktu.

Nah, setelah colak-colek kedelapan shade Loreal True Match Liquid Foundation, saya jadi dapat warna paling cocok, yaitu N3! #MATCHWITHN3

*Fyi, nih, N3 adalah shade yang biasa dipakai Dian Sastro. Hohohohoho~ #bangga #sombong #berasaDian

Mau tahu kenapa Dian, eh, Aprie bisa sayang banget sama foundation satu ini? Baca reviewnya sampai akhir.

KLAIM PRODUK:

L'Oreal True Match diformulasikan untuk menyatu sempurna dengan beragam warna dan tekstur kulit wanita Indonesia dari tingakatn fair, medium, dan tan. Serta menghasilkan natural & flawless finish. Dengan 8 satin finish shade (G1, G2, G3,G4,G5, N3, N4, N7) serta dengan formula unik (New Dry Milling Pigments Process dan 2x More Violates Oil) yang hanya dimiliki True Match, membuat foundation menyatu dengan kulit dan memberikan sensasi ringan yang supernyaman bagai kulit kedua.


KEMASAN:

Apa yang salah dari kemasan L'Oreal True Match Liquid Foundation adalah tutupnya yang bening dan gampang hilang. *Ok, emang saya yang ceroboh sih. Seringkali kalau lagi makeupan buru-buru dan produk aur-auran, tutup foundation satu ini susah dicari karena bening. Secara keseluruhan, packaging menarik dan hygine. Saya love banget botol kaca karena bikin formula foundation jadi enggak cepat panas, dan model pumping gini bikin lebih higienis karena enggak perlu di colek-colek pakai tangan.

Saya biasanya langsung menekan pumping ke kuas makeup atau langsung ke kulit wajah. Hahahaa. Lama-kelamaan pasti bakal ada produk yang menyisa di ujung lubang pumping dan tutup botolnya, but it's ok lah bisa dibersihin pakai tisu.

Kemasannya juga handy dan travel friendly, muat dalam makeup pouch kecil, dan walaupun body-nya kaca tetapi enggak licin dipegang.


Kemasannya luarnya hanya dilapisi oleh plastik pelindung. Pada plastik pelindungnya kita dapat melihat informasi ingredients dan tanggal kedaluarsanya. Cek sebelum membeli, ya! Punya saya expired tahun 2020, berarti masih bisa dipakai sampai 3 tahun ke depan? Ada baiknya, sih, foundation maksimal dipakai setahun aja.


INGREDIENTS:

Aqua/water, dimethicone, isododecane, cyclohexasiloxane, glyserin, peg-10dimethicone, methyl methacrylatecrosspolymer, butylene glycol, pentyleneglycol, synthetic fluorphlogopite, disteardimonium hectorite, hydroxyethylpiperazineethane sulfonicacid, cetylpeg / ppg-10/dimethicone, sodium chloride, polyglyceryl-4isostearate, hexyllaurate, caprylylglycol, phenoxyethanol, disodiumstearoyl glutamate, tocopherol, panthenol, aluminumhydroxide, hydroxyethyl uera, hydratedsilica, methicone
May Contain: CI77891/Titanium dioxide, CI77491, CI77492, CI77499/Iron oxide, mica, CI15985/Yellow6lake, CI42090/Blue1lake, CI45410/Red28lake, CI15850/Red7


Saya enggak melihat ada bahan Paraben di atas. Wich is good... tapi saya penasaran bahan penggantinya apa ya kira-kira? Soalnya foundation shade G3 saya terdahulu bisa dipakai lebih dari setahun tapi formulanya enggak berubah dan enggak bikin kulit saya jadi iritasi. Ajaib. *eh, yang ini jangan ditiru ya! :)))

TEKSTUR

Tekstur yang halus adalah poin paling penting dalam melilih foundation! Yoow~ agree with me, Sister?
Mau coverage-nya kayak apapun, tekstur halus itu penting, dan L'Oreal True Match Liquid Foundation lulus! Teksturnya memang agak cair dan oily dibanding foundation lain, makanya bikin kesan nyaman di kulit dan tidak lengket. Saya pribadi seneng foundation modelan gini, ringan namun tetap bisa menutup pori-pori normal dengan sempurna. Kecuali kalau wajah lagi enggak beres banget, jerawat & bekas jerawat di mana-mana, saya perlu kerja ekstra dengan tambahan concealer dan color corection untuk menutupi dosa-dosa wajah itu.


Blendable? Yes! Saya masih sering nge-blend pakai tangan kalau buru-buru; bisa juga pakai brush sih kalau lagi selow dan kepengin hasilnya agak tebal; dan saya pribadi enggak terlalu favorit menggunakan beauty blander karena teksturnya cepat menyerap di sponge.

Foundation ini enggak berbau sama sekali! Makanya Dian, eh, Aprie bisa sayang banget. 😂

FINISH LOOK

Beginilah hasilnya ketika diaplikasikan ke wajah saya dengan tipe oily kombinasi. Baik di foto maupun di kulit asli, tidak terlihat seperti pakai foundation. Saya menggunakan L'Oreal True Match Liquid Foundation shade N3, Nude Vanilla, ditambah sedikit banget bedak tabur. Penggemar satin finish & Flawless look, cocok banget kenalan sama foundation ini.


Lalu, gimana kalau foundation ini diaplikasikan pada wajah oily? Teman saya, Blogger di Kikicasmita.com, salah satu orang yang teracuni foundation ini. Padahal kulitnya oily parah. Bila dibanding dengan kulit wajah saya yang hanya menggunakan foundation + sedikit sekali bedak tabur, pada wajah kiki yang sudah diberi primer dan setting bedak tabur/padat, jatuhnya tetap lebih dewy dia.

So, kalau ada yang tanya bisa enggak sih dipakai untuk wajah super oily? Jawabannya bisa, asal pintar nge-set-nya aja.


UJI KETAHANAN

Saya tidak merasa kulit jadi tambah berminyak ketika menggunakan foundation ini selama berjam-jam; tidak pula jadi oxide seperti beberapa reviewers keluhkan. I'm one of happy customer yang cocok dan aman pakai produk ini. L'Oreal True Match Liquid Foundation dapat saya gunakan lebih dari 10 jam, tidak luntur tetapi hilang aja gitu fungsi covernya. Makin lama dipakai, ya, bekas jerawat makin tersingkap keberadaannya. Hahaha. 

HARGA

Produk seharga IDR 198,900 ini dapat dibeli di konter resmi L'Oreal yang ada di Department Store seperti Metro, Centro, Matahari, dan dapat juga dibeli melalui e-commerce LAZADA.

KESIMPULAN

Sampai saat ini L'Oreal True Match Liquid Foundation masih menjadi favorit saya karena:
  • Teksturnya yang halus, ringan, dan tidak berbau
  • Menyatu sempurna dengan kulit wajah saya yang bertipe oily kombinasi, tidak berat di kulit, dan tidak cakey
  • Punya kemasan yang menarik dan higienis
  • Harganya cukup terjangkau dan mudah dicari
  • NO Paraben
  • Paling penting nih... tidak pernah bikin purging dan tidak pernah menambah parah jerawat saya

Sekian review dari Dian, eh, Aprie. Semoga membantu, ya! 😜

CONVERSATION

14 comments:

  1. Terpesona pada 2 hal. Foundienya dan foto full face kamu. Why so cakep! Ini foundienya tempting banget 😢

    ReplyDelete
  2. Knp liat foto km aq pengen beliiiii... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli foto aku apa produknya, nih? :(

      Delete
  3. Sama kayak komen Handriati deh hahaha, aku juga jd pengen. Etapi yg whitening itu aja blm mengulik lbh dalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa.. thank you, Nay!
      Eh, kalau penasaran ama L'Oreal WP Clinical, cobain serumnya dulu deh. Itu ringan banget teksturnya. My fav for night skincare routine :p

      Delete
  4. Dian pliis jangan racunin aku terus, karna sering review l'oreal kan jadiny aku haru melipir ke counterny, liyat-liya aja dlu tapi.. Hee

    ReplyDelete
  5. Gagal fokus asliiii liat dua foto terakhir, makin cliiing. Cantik kek Reza Artamevia *eh

    ReplyDelete
  6. Aprrriiiii jangan cuma nebar racun dong, lemparin 1 ke aku hehehe... formulanya bagus ya trus pilihan shadenya banyak bisa disesuaikan kayakny kalo aku yang gold beige deh trus bentuknya pump jadi highenis... mauuuu

    ReplyDelete
  7. Duuh aku jd pengen beli deh kak stlh baca review dr kk ini :D makasih loh kak buat review yg sangat membantu ini :)

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar spam, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup akan saya hapus. Salam. :)

INSTAGRAM