06 October 2012

Buku: Kisah-Kisah Tengah Malam


KISAH-KISAH TENGAH MALAM
Pengarang: Edgar Allan Poe
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Jenis: Cerpen, Horor, Misteri
Tebal: 248 halaman
Harga: Rp. 40.000

Buku ini saya lihat pertama kali di jajaran buku-buku sastra lama, dan ternyata buku yang terdiri dari kumpulan tiga belas cerpen ini memang sudah lama ditulis pada pertengahan abad ke-18. Angkatan romantisme saya pikir, seperti temannya Mark Twain atau Jane Austin? Bedanya ternyata Poe adalah bapaknya penulis cerita horor dan misteri. Dan saya setuju kalau ada yang bilang cerita Sherlock Holmes, penulis Agatha Christie atau seri komik Detektif Conan atau Kindaichi yang sering saya baca jaman SMA dulu di inspirasi oleh Edgar Allan Poe. Seperti yang sudah saya tulis diatas, buku ini berisi kumpulan cerpen lepas, jadi bukan buku yang dibuat asli oleh penulis melainkan cerita-cerita penulis yang dikumpulkan penerbit lalu dibukukan.

Pembaca dibuat menjadi tokoh pertama disetiap ceritanya, bisa jadi pembunuh berdarah dingin, saksi pembunuhan atau korban kematian. Horor dan mencekam. Gotik dan Gelap. Oke, gak seburuk itu juga sih karena masih ada aliran romantisme sedikit. Semua cerita bergaya detail dan halus yang menyamankan pembacanya. Berhubung saya penakut, tetap saja buku ini bikin merinding. Cerita yang mendunia katanya sih Black Cat (Kucing Hitam) yaitu cerita seorang pria yang tadinya bersifat sangat baik dan berubah menjadi sangat jahat lalu membunuh istrinya dan menanamkan mayatnya di dalam tembok. Judul cerita kesukaan saya "Obrolan dengan Mummy" dan "Jurang dan Pendulum". Cerita-cerita di dalam buku ini makin menguatkan saya, betapa hebatnya penulis sastra klasik.

So, yang menggemari cerita horor, misteri atau bunuh-bunuhan, dan juga sastra tentunya, buku ini sangat saya rekomendasikan. O ya, kemarin saya sempat lihat ada film box office yang akan tayang di bioskop judulnya The Raven. Hubungannya dengan buku ini adalah jargon filmnya "John Cusak is Edgar Allan Poe". Wah saya menduga-duga film ini tentang kisah hidup Poe (yang terbilang unik) atau kisah di salah satu cerita yang pernah dia tulis, atau gabungan keduanya? Entahlah, yang jelas saya mau nonton film ini untuk menjawab dugaan saya. Walaupun genre filmnya agak horor begitu. Ini Trailernya.


 

Selamat membaca dan juga menonton! :)

2 comments:

Hai, terima kasih sudah berkenan membaca dan berkomentar di postingan blog saya ini. Salam. :)