APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

Central Java, Indonesia

Berburu Oleh-oleh Khas Solo, Mulai dari Makanan sampai Kerajinan Tangan

Solo atau yang disebut juga dengan Surakarta merupakan salah satu wilayah di Jawa Tengah. Dalam hal pariwisata, Kota Solo terkenal menyimpan berbagai kuliner menggoyang lidah dan banyak menjadi langganan para Pejabat. Contohnya aja Sate Buntel Mbok Galak, Warung Selat Mbak Lis, Soto Gading, Tengkleng Bu Edy, sampai Nasi Liwet Wongso Lemu. Aduhhhh~ nyebutinnya aja udah bikin ngiler nggak, sih? 😋
 

Selain kuliner, Kota Solo juga kondang sebagai kota kelahiran Presiden Joko Widodo atau Jokowi, jadi sekarang ini ya tambah populer aja deh nih kota! Ditambah lagi, Solo terkenal dengan keramah tamahan masyarakatnya. Bikin nyaman wisatawan lokal dan internasional yang lagi healing tipis-tipis ke sana. Mau staycation nyaman, kulineran banyak, atau nonton pertunjukkan budaya juga lengkap! Dan biaya di sana juga terjangkau. Pilihan transportasi pun cukup banyak, favoritku sih KAI yah soalnya jadwal kereta KAI Jakarta ke Solo banyak.

Setelah selesai jelajah ke berbagai destinasi wisata di Solo, jangan lupa untuk membawa buah tangan. Ini nih deretan rekomendasi oleh-oleh khas Solo yang bisa kalian pertimbangkan. Ada beberapa jenis makanan dan juga kerajinan tangan yang pastinya bikin orang rumah hepi.

Serabi Notosuman
umur serabi satu ini sudah hampir 1 abad dan sampai saat ini masih jadi idola banyak orang 👏


Salah satu oleh-oleh yang cukup terkenal dari Solo adalah Serabi Notosuman. Cabangnya sudah banyak di Tanah Air, tapi kalau beli di tempat pertamanya pasti akan kasih kita cita rasa dan memorial yang beda deh! Sebenarnya, serabi ini paling enak dinikmati saat hangat sesaat setelah matang. Namun jika jadi oleh-oleh pun juga tak masalah, bisa dipanaskan.

Di Solo, ada dua tempat yang kondang untuk pembuatan serabi ini, yakni miliki Lidia dan Handayani. Sama-sama enak dan cita rasanya ngangenin. Jika jadi oleh-oleh, usahakan beli pas hari terakhir ya biar makin awet.

Serbat Jahe Solo
Jahe memang terkenal menjadi salah satu umbi-umbian yang terkenal dengan segudang khasiat. Salah satunya bisa mengobati mabuk kendaraan dan masuk angin. Nah, di Solo ada namanya serbat jahe yang merupakan produk minuman dari jahe. Bentuknya adalah tablet. Tinggal diseduh saja akan menjadi minuman hangat dan menyehatkan.

 
Roti Kecik Ganep
Roti Kecik Ganep juga termasuk oleh-oleh legendaris yang sudah diproduksi mulai tahun 1881. Bahkan, Raja Keraton Surakarta Sri Susuhunan Pakubuwana X juga sangat menggemari camilan ini semasa hidupnya. Roti kecik ini sendiri adalah kue kering yang terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan. Saat dimakan akan memberikan cita rasa manis dengan tekstur garing dan renyah.

Selain rasanya yang enak, roti kecik ini sangat direkomendasikan untuk jadi oleh-oleh karena bisa tahan sampai 1 tahun. Kalian bisa mendapatkan buah tangan ini di Toko Roti Ganep yang sudah lima generasi menemani para pecinta kuliner Tanah Air. Alamatnya berada di Jl. Sutan Syahrir No. 176, Setabelan, Banjarsari, Surakarta.

Kue Mandarijn Orion
Solo memang memiliki banyak oleh-oleh yang legendaris, termasuk juga Kue Mandarijn Orion. Ini adalah roti lapis atau spiku yang terkenal dengan rasanya yang enak, lembut, dan terbuat dari bahan-bahan berkualitas. Ada tiga jenis kue yang bisa dibeli, yakni Mandarijn Orion Basah, Mandarijn Orion Kismis, dan Mandarijn Orion Spesial.
 

Selain kue, kita juga bisa beli berbagai snack lain dan kue-kue kering lainnya di sini. Kalau tertarik mampir, kalian bisa datang ke tokonya yang berada di Jl. Urip Sumoharjo No. 80, Solo.

Produk Batik
Selain makanan, Solo juga sangat terkenal dengan berbagai produk batiknya. Mulai dari baju, celana, rok, tas, sampai dengan alas kaki. Harganya juga beragam, mulai dari puluhan ribu sampai dengan jutaan. Tempat membelinya juga banyak, bisa di Pasar Klewer, Kampung Laweyan, Kampung Batik Kauman, Batik Danar Hadi, dan juga Lumbung Batik.


Kalau pengen cari batik Solo denganharga yang lebih miring, kalian bisa hunting ke Pasar Klewer dan keluarkan jurus tawar-menawar. Bisa lebih murah lagi kalau belinya secara grosiran. Pilihan batik di Pasar Klewer banyak sekali, namun kita harus pandai-pandai memilih supaya bisa dapatkan barang kualitas unggul.

Wayang Kulit
Untuk kalian penggemar kesenian tradisional seperti wayang, bisa juga membawanya sebagai oleh-oleh. Bisa jadi koleksi atau mempercantik interior rumah. Tempat membeli wayang di Solo juga banyak. Contohnya saja Sanggar Wayang Haryanto yang berada di Sukoharjo. Di sini terkenal memiliki wayang berkualitas bagus, kulitnya halus dan rapi.

Tidak hanya bisa membawa pulang wayang sebagai oleh-oleh, kita juga bisa melihat proses pembuatannya secara langsung. Jadi sembari berburu oleh-oleh juga bisa belajar cara membuatnya.

Blangkon Serengan
Rekomendasi oleh-oleh terakhir adalah kerajinan berupa Blangkon Serengan. Di Solo terdapat pusat pembuatan blangkon yang berasal dari Potrojayan, Serengan. Bagi kalian yang belum familiar, blangkon ini merupakan tutup kepala yang terbuat dari kain batik yang diperuntukkan bagi pria. Biasanya melengkapi baju lurik dan bawahan jarik.


Ada berbagai jenis blangkon yang diproduksi, mulai dari model Solo, Jogjakarta, Bali, Betawi, Madura, dan lainnya. Tapi yang selalu ada adalah model Solo dan Jogja. Untuk jenis lainnya, dibuat berdasarkan pesanan.

Solo memang menarik untuk dijelajahi, mulai dari alamnya, kuliner, budaya, sampai dengan keramahan orangnya. Kalau kalian punya rencana liburan ke Solo, pastikan beli tiketnya di Traveloka, ya! Tiket kereta api, bus, travel, atau pesawat terbang lengkap banget di sana. Mau tiket harga murah? Manfaatin aja program promo rutinnya. Dan pakai hacks dari aku nih, pesen tiketnya di awal minggu! 👌

Comments

  1. Eh bedanya bentukan serabinya dengan di sini, namanya juga unik notosuman jadi penasaran. Makanan yang lainnya juga menarik jadi pengin tahu rasanya. Solo itu kota yang masih kental dengan adat dan unik, kerajinan tangannya bagus kalau dijadikan oleh-oleh. Jadi, pengin ke Solo, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar dari unknown, spam, pornografi, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup, akan saya hapus. Salam! :)