APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

Review Skincare Erha Apothecary Brightening Series

Saya tahu Erha Clinic itu sekitar awal tahun 2000an, saat masih SMA dulu, teman-teman seangkatan saya yang punya masalah jerawat serius rata-rata berobatnya ke sana. Kebetulan Sekolah saya dekat dengan klinik pertamanya yang berlokasi di  daerah Kemanggisan, Jakarta Barat.

... sampai saya kuliah, lalu berkerja, lalu menghadapi masalah kulit yang sama, orang-orang di sekitar saya pasti menyarankan untuk berobat ke Erha Clinic aja. Saking fenomenalnya kali, ya? 😁

Kalau kalian kapan pertama kalinya tahu tentang Erha?

erha

Di awal tahun berdirinya, semua pasien harus melakukan konsultasi dengan dokter dulu baru bisa mendapatkan produk skincare yang sesuai dengan permasalahan kulitnya. Kemudian Erhaclinic berkembang menjadi Erha Derma Center, Erhaskin, dan yang terakhir Erha Apothecary adalah tempat di mana Erha menjual rangkaian skincare yang dijual bebas tanpa resep dokter.

Jadi kalau sekarang teman-teman pembaca pikir semua produk Erha harus dibeli dengan datang ke klinik dan konsultasi Dokter, it's a NO! Banyak produk OTC (Over The Counter) Erha yang bisa dibeli di Erha Apothecary tanpa harus datang ke klinik dan konsultasi dengan dokter.

Erhaclinic, Erha Derma Center, dan Erhaskin saat ini menangani pasien yang lebih personilized, seperti: perawatan laser, rejuvenation, hair growth & scalp, body counturing and lightening, masalah kujlit bayi sensitif, dan perawatan-perawatan kulit lainnya yang membutuhkan dermatologist berpengalaman.

erha kemang
Erha Clinic Kemang

Nah, kalau Erha Apothecary bisa juga disebut sebagai drugstore skincare versi Erha. Cabangnya sudah ada di beberapa Mall besar Jakarta. Salah satu cabang yang pernah saya datangi di Gandaria City dan Central Park Mall, bentuk tokonya seperti gambar di bawah ini. Cantik, ya? 

erha
Erha Apothecary

Walaupun produknya bisa dibeli bebas, namun pengunjung juga bisa konsultasi dengan dokter jaga yang ada di setiap cabang Erha Apotheracary. Nanti dikasih deh saran produk apa yang cocok untuk kita coba.

Seminggu kemarin saya sudah coba 3 produk dari Erha Apothecary, yaitu: Erhalogy Skin Barrier Facial Wash untuk kulit kering dan sensitif, Erha21 TruWhite Activator C Serum dan Erha21 TruWhite Day Cream SPF25 PA++ yang dapat mencerahkan kulit wajah menggunakan teknologi targeted whitening system.

Ketiga klaim produknya menggoda, makanya saya penasaran pengen coba. Semoga review perkenalan produk di bawah ini membantu teman-teman yang butuh referensi, ya!

1. ERHALOGY SKIN BARRIER FACIAL WASH

Produk pembersih wajah punya konsen yang paling tinggi buat saya karena sedikit banget produk yang cocok sama kulit wajah sensitif dan acne prone gini, hiks! Tapi saya nggak pernah berhenti coba (apalagi kalau ingredients bagus dan harganya affordable). Berhubung sabun pembersih wajah saya habis, saya mau coba produk ini dulu, nih...

erha facial wash

Kemasannya sih standar aja menurut saya, tipikal kemasan facial wash bertekstur lotion, tetapi ada segel kedap udara yang bikin aman dan steril. Saya suka desain, tulisan, dan pemilihan warna pada body kemasannya, elegan. Informasi produknya juga lengkap! Expired date dan ingredients terpampang jelas. Ukuran produknya hanya 60 g, super travel friendly sekaligus agak cepat habis. 😁

Harganya Rp. 79,000 bukan harga yang drug store banget sih untuk ukuran facial wash, tetapi cukup terjangkau untuk produk premium. Why I called it premium? Because of the Ingredients, of course!

Erhalogy Skin Barrier Facial Wash adalah pembersih wajah yang tidak mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulphate) dan paraben. Mengandung aquaxyl, PHA (Gluconolactone), zinc PCA dan D-Panthenol sebaga moisturizing agent, serta aloe vera extract dan dipotassium glycyrrhizinate sebagai anti inflamasi. Diformulasikan khusus dengan busa lembut dan bahan non-iritant sehingga tidak hanya membersihkan, tetapi juga menjaga kelembapan dan mempertahankan fungsi barrier kulit. Cocok untuk kulit kering, sensitif dan atopi.

Klaim di atas yang bikin saya mau coba produk ini untuk pertama kalinya. Saya jarang mendengar istilah "Skin Barrier" pada produyk skincare, terlebih lagi facial wash. 

Dari informasi yang saya dapat, Skin Barrier merupakan lapisan terluar kulit yang terdiri dari sel-sel kulit yang saling terikat oleh lapisan lipid. Lapisan ini bersifat impermeable sehingga mencegah hilangnya air/kelembapan dari dalam kulit dan mecegah masuknya mikroorganisme atau iritan yang merusak kulit. Rusaknya barrier kulit menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, gatal, teriritasi atau sensitif.

Singkatnya produk ini berfungsi menjaga Skin Barrier agar berfungsi optimal.

Nggak cuma fungsinya aja yang bikin saya mupeng, tapi teksturnya lembut dan tidak mengandung parfum. Wanginya lempeng aja, Sist! That's why I love. Walaupun mengandung busa yang cukup banyak, kulit wajah saya nggak merasa kering ketarik gitu setelahnya.

erha skincare

Kesan saya selama seminggu pemakaian cukup positif. Saya masih berharap ada efek yang signifikan setelah menggunakannya sampai habis atau minimal sebulan ke depan. We'll see ya ;)

2. ERHA21 TRUWHITE ACTIVATOR C SERUM

Truwhite Activator C Serum mengandung 10% Vitamin C dan targeted whitening system yang bekerja langsung pada melanosit (penghasil pigmen kulit) untuk menghambat pembentukan melanin (pigmen kulit), merangsang produksi kolagen, menghambat efek buruk radikal bebas, melembapkan dan mencerahkan kulit.

Dari ketiga produk yang sudah saya pakai, produk inilah yang paling bikin penasaran dan semangat. Karena ini pertama kalinya saya mencoba serum Vitamin C! Dari dulu saya terlalu skeptis sama skincare Vitamin C takut nggak cocok sama acne prone dan bikin break out gitu...

serum vitamin c

Hal yang bikin saya yakin pada produk ini karena teksturnya encer, ringan di kulit, cepat meresap, dan tidak mengandung parfum sama sekali! Saya jadi mikir, "oh, ada ya serum vitamin c yang kayak gini?"

Ketika dioleskan ke wajah juga tidak ada rasa yang menyelekit, bahkan di jerawat yang meradang. Efek yang paling bikin bahagia adalah bekas jerawat meradang saya jadi samar banget. Saya pribadi akan tetap pakai serum pencerah wajah ini saat jerawatan parah biar bekasnya nggak terlalu hitam. Jodohnya saya saat PMS deh, nih!

serum vitamin c
Tekstur erha21 Truwhite Activator C Serum
serum pencerah wajah
Tekstur erha21 Truwhite Activator C Serum setelah dioleskan merata

Harganya Rp. 180,000 untuk ukuran 20 ml dan bisa tahan dipakai rutin selama 1 bulan. Menurut saya harganya cukup terjangkau untuk sebuah serum, apalagi kemasannya bagus gini! Produknya dikemas dalam botol plastik kokoh model pumping. Bagian bawah kemasannya juga bisa diputar-putar, tapi saya masih belum yakin apa ada pengaruhnya karena nggak ada penjelasannya.

Produknya bisa dipakai pagi dan malam hari, travel firendly, so you shouldn't skip this product even when traveling.

3. ERHA21 TRUWHITE ACTIVATOR DAY CREAM SPF 25 PA++

Pelembap yang diperkaya dengan 4 Whitening Agents salah satunya Arbutin (pencerah alami dari buah Bearberry) yang berfungsi efektif mencerahkan dan melembapkan kulit, mengurangi bintik-bintik (hiperpigmentasi) serta menghambat pembentukan melanin pada kulit. Truwhite Activator Day Cream juga mengandung tabir surya untuk menangkal sinar UVA dan UVB, sekaligus exfoliating agent yang mengangkat sel-sel kulit mati serta menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru.

erha day cream

Selain klaim produk di atas, tahu nggak apa lagi good news dari produk ini? erha 21 Truwhite Activator Day Cream aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Hore! Siapa yang seneng? 😀

Kemasannya hampir mirip dengan erha21 Truwhite Activator C Serum, botol plastik kokoh berwarna putih susu dengan model pumping, namun bagian bawahnya nggak bisa diputar-putar. Harganya lebih mahal sedikit, yaitu Rp. 198,500 dengan ukuran 30 g dan bisa dipakai lebih dari sebulan.

Teksturnya rich lotion berwarna putih, tapi ketika dioleskan ke kulit warnanya akan jadi transparan ... dan mengkilat. 

erha day cream
Tektur erha21 Truwhite Activator Day Cream
erha day cream
Tekstur erha21 Truwhite Activator Day Cream setelah dioleskan merata

Saya pribadi kurang favorit sama tekstur pelembab yang kayak gini, karena terasa berat di kulit dan menimbulkan kesan lengket & gerah. Nggak cocok banget dipakai pas siang hari saat panas terik. Makanya petunjuk penggunaannya tertulis "gunakan secara teratur pada pagi hari setelah membersihkan wajah." Karena pagi masih fresh, Sist! Nggak terlalu berkeringat banget.

Walaupun teksturnya terlalu rich buat kulit wajah saya, fungsi Broadspectrum Sunscreen yang ada di dalamnya jadi bikin sepadan. No Pain No Gain! Kalau mau dapat fungsi perlindungannya ya harus tahan sama rasanya, kan?

Untungnya tidak ada reaksi negatif purging atau break out. Ketiga produk di atas aman untuk kulit wajah kering, sensitif, cocok untuk mengatasi kulit kusam dan menghempas noda jerawat pelan-pelan. Klaim 1 minggu pemakaian dapat mencerahkan kulit wajah benar adanya!

Saya mau bikin penampakan before-after setelah penggunaan produk selama sebulan, tunggu ya! Saya update di postingan ini juga.

produk erha

Semua produk di atas bisa kalian beli di Erha Apothecary atau online di website www.erhastore.co.id banyak diskon tuh kalau beli produknya by online! Cuuus~ dicek

Informasi mengenai kinik dan produk bisa di cek di sini yah:
Website: www.erha.co.id
Instagram: @erha.dermatology

See you next month!

Comments

  1. I love your post dear! I want to congrats you on this beautiful blog, it's so inspiring, so powerful, so unique. My blog is about fashion, beauty, and lifestyle. If you want you can follow me so we could be great blogger friends!

    http://herecomesaajla.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. What a good artikel misae

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar dari unknown, spam, pornografi, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup, akan saya hapus. Salam! :)

back to top