APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

Produk Skin Care yang Wajib Digunakan Wanita Usia 20an

Mulai tahun 2016 nanti, saya niat banget mau bikin postingan rutin bergenre kecantikan. Awalnya sih kepalang basah karena ada beberapa artikel seputar kesehatan dan kecantikan di blog ini, akhirnya saya nekat nyebur sekalian jadi Beauty Blogger musiman. Maksudnya musiman? Nulis yang cantik-cantiknya tidak setiap saat, tapi saya jadwalkan setiap weekend minimal satu postingan. Isinya pun bukan cuma review produk, ada juga beauty battle (perbandingan dua/lebih produk sejenis), dan tips-tips cantik sesuai kemampuan dan kapasitas saya (ngeles aja ini mah, padahal enggak jago-jago amat)

Sebelum jauh-jauh ngomongin kecantikan. Saya mau sharing soal skin care harian yang biasa saya gunakan. Kenapa ngomonginnya skin care duluan? Karena selain percaya diri, kunci agar terlihat cantik adalah tekun merawat. Apalagi wajah. Produk makeup semahal apapun tidak akan berhasil menutupi kekurangan wajah karena kealpaan kita dalam merawatnya. Buat saya pribadi, lebih baik mengeluarkan biaya lebih mahal untuk membeli skin care dari pada makeup.

Skin Care, Makeup, Cleanser, Maker, Moizturaizer, SK-II

Membeli produk skin care pun ada aturannya, jangan sampai termakan godaan iklan atau ikut-ikutan teman. Sesuaikanlah dengan budget, kondisi, dan jenis kulit. Contohnya saya, kulit muka saya ini agak aneh, kelihatannya kering padahal kalau ditempeli kertas minyak bisa habis dua lembar. Jadilah saya menyimpulkan kulit muka saya ini termasuk jenis kombinasi, minyaknya numpuk di bagian pipi tapi kering di bagian dahi. Setelah tahu dan paham jenis kulit masing-masing, baru deh sesuaikan dengan jenis produk skin care yang akan dibeli.

So, produk skin care apa aja sih yang wajib digunakan wanita usia 20 tahunan secara rutin?


  • Pembersih / Cleanser
Dua tahun lalu saya pernah jerawatan parah, sekarang ini kondisi wajah sudah berangsur membaik berkat pemilihan sabun cuci muka yang tepat. Saya enggak bosan gonta-ganti sabun cuci muka sampai ketemu yang cocok. Pernah, saking bingungnya cari produk pembersih yang tepat tapi belum nemu-nemu juga, saya coba sabun cuci muka adik lelaki saya. Awalnya sih enak karena cepat bikin muka cerah, namun ke sininya bikin muka kering. Maklum sabun cuci muka lelaki kan agak keras dibanding sabun cuci muka perempuan.

Cleanser, Makeup, Viva, Hilmalaya, The Bosy Shop

Sekarang saya sudah nemu sabun cuci muka yang cocok, Hilmalaya Herbals Oil Control Lemon Foaming Face Wash. Pas untuk kulit wajah kombinasi, enggak bikin kering dan keset. Harganya pun murah, sekitar IDR 30 ribuan bisa dipakai sampai sebulan lebih. Sayangnya produk ini masih jarang ada di drugstore, harus cari ke supermarket besar.

Bersihin wajah enggak cukup pakai sabun doang, percayalah, apalagi kalau rutin pakai make up. Sisa-sisa makeup yang masih nempel bisa bikin komedo dan produksi minyak di wajah jadi lebih banyak. Ujung-ujungnya, jerawatan. Saya sendiri sedikitnya perlu rangkaian pembersih ini: eye and lip makeup remover, susu pembersih, facial foam, facial scrub, dan toner. Kalau dijabarkan, berikut step by step kegiatan pembersihan rutin wajah saya:
  1. Bersihkan semua makeup mata dan bibir seperti eyeliner, eye shadow, maskara dan lipstick matte dengan The Body Shop Camomile Waterproof Eye & Lip Make-Up Remover
  2. Bersihkan makeup wajah dari pemakaian sunblock, pelembab, foundation, dan polusi yang nempel dengan Viva Milk Cleanser Green Tea
  3. Kadang kalau makeup lagi menor banget, saya double cleansing pakai Bioderma Sebium H2O. Produk ini andalan banget kalau lagi malas cuci muka. Harganya paling mahal di antara list pembersih lainnya, satu botol kecilnya sekitar IDR 120 ribu, untuk pemakaian sampai dua bulan.
  4. Lanjut cuci muka pakai Hilmalaya Herbals Oil Control Lemon Foaming Face Wash
  5. Scrubing dua kali seminggu pakai Hilmalaya Herbals Gentle Exfoliating Daily Face Wash
  6. Habis cuci muka jangan lupa pakai toner untuk penyegaran dan pelembapan, saya pakai Viva Face Tonic Green Tea. Murah meriah!
Panjang kan prosesnya? Kalau rutin lama-lama terbiasa, kok. Demi wajah cetar memesona! #eaaak

  • Pelindung / Protection
Lanjut ke produk berikutnya, yaitu sunblock dan sunscreen. Pilih mana sunblock atau sunscreen? Bebas, yang penting cocok dan ber-SPF tinggi. Untuk penggunaan rutin setiap pagi, saya pakai Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++. Walau tulisannya "milk" tapi sunblock ini teksturnya cair banget dan cepat meresap ke kulit. Di kulit saya tidak terasa gerah dan tidak menimbulkan jerawat atau purging. Bebas Alkohol pula. Harganya pun murah IDR 50 ribu untuk pemakaian sampai dua bulan. Emang apa pentingnya sih pakai sunblock? Bersyukurlah kita hidup di negara tropis, jadi mataharinya enggak terlalu dekat dibanding negara yang lebih ke utara/selatan. Nah, kasus kanker kulit akibat efek paparan sinar matahari banyak terjadi di negara agak ke utara/selatan itu. Makanya sunblock laku banget di sana. Tapi kan ozon sekarang sudah bolong-bolong, kamu enggak sayang apa sama kulit wajahnya? :(


Sunblock, Skin Aqua

  • Pelembab / Moisturizer
Pelembab ini banyak macamnya, mulai dari yang paling ringan yaitu Serum, lalu Essense, terus daily use Pelembab Siang dan Pelembab Malam, sampai Anti Aging. Fungsinya sesuai sama namanya, melembabkan. Kalau jenis kulitnya kering dan tidak rutin pakai pelembab, pasti bakal cepat keriput. Dan jangan salah paham, kulit berminyak pun butuh pelembab. Hanya perlu effort untuk dapat produk yang sesuai. Jangan malas nyari, ya! Pelembab ini yang menentukan kenyal/enggaknya kulit wajah kita. Saat ini saya hanya menggunakan SK-II Facial Treatment Essense sebagai penetralisir kulit dan SK-II Stempower sebagai krim malam. Untuk siangnya sudah saya amanatkan pada sunblock tadi. Biar gak double fungsi dan irit pun! Hihihi...

Skin Care, SK-II, FTE, Stemporer
  • Pengobatan / Treatment
Sebenarnya saya paling malas pakai obat jerawat atau obat komedo. Kalau lagi muncul jerawat bulanan, malamnya saya cocolin FTE SK-II, paginya agak membaik. Tapi kalau jerawat yang muncul dewa banget, baru saya kasih Nourish Beauty Care Agne Gel. Sayangnya enggak semua orang cocok pakai produk ini. Teman saya yang biasa pakai produk dokter, tidak mempan ketika saya sarankan untuk pakai Nourish Beauty Care Agne Gel. Memang kalau jerawatannya parah jangan sembarangan pakai produk drugstore atau obat dokter, ya. Banyak-banyak searching dan tanya ke yang lebih berpengalaman sebelum menentukan obat jerawat yang tepat.

  • Masker
Nah, dari pada disuruh pakai obat jerawat, saya lebih senang pakai masker! Masker-masker yang bagus ketika digunakan hasilnya langsung berasa. Saya pribadi paling suka pakai masker jerawat. Walau ketika dipakai terasa pedih-pedih di kulit tapi efeknya bukan cuma untuk mengobati jerawat, bisa bikin kulit lembut, kencang dan juga cerah. Masker yang rutin saya gunakan Hilmalaya Herbals Purifying Mud Mask. Lainnya ada juga beberapa masker bungkusan yang saya beli random.

Masker, Hilmalaya, Mustika Ratu, Sari Ayu

Begitulah kurang lebihnya 5 tahap rutinitas pemakaian skin care harian. Mulai dari step by step cleanser – lanjut ke sunblock  lalu pemakaian essense dan night cream setiap malam – jangan lupa pakai obat jerawat  terakhir bungkus pakai masker. Perawatan rutin tidak akan memberikan hasil cantik instan dalam semalam, tapi yakinlah buahnya kan kaupetik ketika tua nanti (ini Beauty Blogger apa Mario Teguh?)

Produk skin care-nya banyak, ngerawatnya sering, jangan kira kulit saya bagus bak pualam lho. Kulit saya masih jauh dari sempurna, pori-porinya besar, jerawat muncul setiap bulan, dan bekasnya ada di mana-mana. Karena jauh dari sempurna itu, saya merasa punya kewajiban untuk merawat kulit dengan lebih baik lagi. Yuk! Kalau ada skin care andalan kalian, boleh dong share di sini? Biar saya dapat banyak masukan.

Salam dari gadis muka bantal di kamar remang-remang, NO Makeup NO Filter NO 360, dijepret pakai kamera depan Galaxy S4. :))

Aprijanti

Salam,

Comments

  1. Hihihi asiiikk asik foto terakhirnya no makeup no 360..low light. kulit kita agak sama dih kombinasi. Cuma aku di jidat berminyak. Dan sensi banget sama jerawat deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jerawat mah ilang satu tumbuh tiga yang baru. Susah banget mau punya kulit muka kayak marmer ya. :(

      Delete
  2. Aku masih 18 dan sampai sekarang belum ketemu produk yang cocok selain alas bedas sariayu.. Dan milk cleanser viva. Susah cari skincare yang bagus dan cocok ya. Butuh effort dan modal yg cukup. Ini nyari skincare apa nyari pasangan hidup sih... X'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owalah.. ternyata kamu masih 18 tahun dan sudah kuliah? :O
      Aku 18 tahun masih gegoleran nyari kampus. Hahaha. Dinikmati aja pencarian pasangan hidup, eh, skin care yang cocoknya. Soalnya aku pun baru concern sama perawatan pas udah kerja dan punya uang sendiri. :))

      Delete
    2. saat sy masih abg, saya selalu cari yg ad kata hypo allergenic nya. jd kl masih 18th coba cari produk yg sgt soft & g banyak mengandung bahan aktif. misal bedak marcks, toner nivea, ristra, dll. jgn pakai produk keras saat maaih muda. sayangi kulitmu

      Delete
  3. Setujuuuu. Skin care lebih penting daripada make up. Enakan punya kulit yang bagus daripada harus ditutupin pake make up. Aku juga lagi rajin nih telatenin Skin Care. Hasilnya memuaskan.

    Asyiiik bakalan ada posting tentang beauty. Postingan beauty ku udah jarang. Huhuhuhu.

    ReplyDelete
  4. Wah ada masker beras putih sariayu,,, mupeng.. Beras putih biasanya efektif utk mencerahkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hu'um, Mbak... masker beras putih bagus tapi baunya saya kurang suka. Hahaha.

      Delete
  5. Eh bener banget deh. Yg utama itu perawatan kulit drpd make up

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah, ada temennya! kita #TeamSkinCare

      Delete
  6. milk cleanser + face tonic viva itu sesuatu banget yah Mbak :)
    saya juga pake keduanya,tapi warna yang berbeda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sudah jadi kebanggaan wanita Indonesia sejak lama. Hehehe. Saya paling suka wanginya yang green tea ini Mbak. :)

      Delete
  7. gak tau komen apaan haha,.. mungkin; barang barang itu bisa buat cowok gak ? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah bisa dong.. mau mukanya kinclong gak? :))

      Delete
  8. Mungkin sekarang saya kayak gini, karena pas muda dulu kurang perawatan ya? hihihi

    ReplyDelete
  9. wah... pakenya sk 2, kelas berat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah, masih bulu sini mah. Masih sering beli sample kalau lagi enggak mampu. :))

      Delete
  10. Beuh pantesan kamu cantik banget, rajin perawatan rupanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah, Teh, mujinya jangan pakai hati gitu. Aku gak enak sama Titi Kamal :(

      Delete
  11. Ngileeer, dan nyesek karena baru aja masuk ke usia kepala 3, huaaa.. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaaa.. tapi mulai perawatan dari sekarang gak ada salahnya kok mbak. Ayo, semangat! :(

      Delete
  12. Wah tos mba sesama pemakai Bioderma Sensibio H2O dan Skin Aqua ^_^

    Salam kenal ya mba Aprie :D

    ReplyDelete
  13. Masker bekicot ini lagi kekinian banget yaaa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, awal mulanya dari Thailand tuh. Mau coba? :))

      Delete
  14. Aku baru tau kalau toner dipake setelah cuci muka.. biasanya aku pakai setelah pakai Milk Clenaser... Oh ya beli Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ dimana ya pri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di supermarket besar biasanya lengkap Mbak. Aku beli di carefour atau watson. :)

      Delete
  15. Kak.. mau tny dong.. kalo d liat skilas kulit aq tu berminyak.. tapi kalo aq pake makeup daerah samping hidung sma antara alis pasti ada kulit yg flaky.. itu brati aq jenis kulit apa ya? Mohon bntuannya.. thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Flaky itu penyebabnya bisa kulitmu kerimg atau lagi butuh exfoliasi/scrubbing. Coba scrubbing dulu aja. Saya bingung jawab jenis kulitmu karena harus dilihat betul. :)

      Delete
  16. ka aku mau nanya, kl lagi beraktivitas dari pagi sampe siang trs muka tuh udah kumel duluan hahaha, mendingan dibersiin aja sm kertas minyak atau cuci muka? atau ada tips lain? hehe masih anak sekolah & kulit wajah jg sama berkombinasi :( bekas jerawat ilangny minta ampuun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu sekolah malah gak tau kertas minyak xD

      Kucelnya karena apa dulu? Kalau karena aktivitas berat kayak olahraga yang bikin keringetan banget gitu, mending cuci muka. Kalau lepek karena produksi minyaknya yang berlebihan, pakai kertas minyak aja enggak apa.

      Delete
  17. Halo sist aprijanti salam kenal...
    Tulisannya bagus sis.. seneng bacanya.
    Pada dasarnya skincare Itu harus di sesuain sama jenis kulit karena formulanya beda. Ada yg untuk kulit berminyak, kulit normal atau jerawat. Beda kulit beda penanganan yah

    ReplyDelete
  18. Lagi demen banget baca baca blog ini
    Jangan bosen sama komen dan pertanyaanku yaahh
    Hahaha

    Jadi pertanyaanya adalah
    Beli sk II sampel yg terpercaya dimana ya? Soalnya pengen bgt coba dl

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku waktu itu selalu beli di olshop instagram, nama akunnya "verovica"

      Delete
  19. Oalah ternyata penggunaaan face tonicnya setelah cuci muka ya ? Aku malah pakenya setelah milk cleanser. Thanks infonya kak

    ReplyDelete
  20. Huhu udah kangen banget sama skin care ,sekarang lagi hamil puasa pake skin care cz bingung milih skin care takut mepengaruhi janin aq

    ReplyDelete
  21. Huhu udah kangen banget sama skin care ,sekarang lagi hamil puasa pake skin care cz bingung milih skin care takut mepengaruhi janin aq

    ReplyDelete
  22. Baca ini udah kemarin2, sekarang ulang baca sekalian isi dikolom komentar aja deh untuk meninggalkan jejak..hehehe. Jangan2 aku wajahku juga kombinasi ya ky kak aprie..tp berminyak gak bnyak banget dan juga gak kering. Cuma katanya kalo wajah berminyak itu awet muda loh kak..wah ky kak Aprie ni awet muda...aseekkk..😍

    ReplyDelete
  23. ka, pelembab apa yg cocok buat wajah oily, tp harga mahasiswa? hehe :D aku suka bingung klo cari pelembab..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari yang sesuai jenis kulit, Sist. Aku enggak bisa nyaranin karena sampai sekarang juga masih trial-error banyak produk pelembab (bahkan hampir enggak pernah pakai pelembab-langsung sunblock aja). Kalau dikasih saran takutnya enggak cocok di kulitmu. :)

      Delete
  24. Aku dulu juga sering ikutan temen tiap beli produk skin care.
    Jika mereka merasa cocok dengan sebuah produk baru,aku pun ikut mencoba.
    Namun ternyata aku yang menyesal juga karena tidak sesuai kebutuhan ya.

    ReplyDelete
  25. Mau nanya dong kak cara hilangin jerawat yg ampuh gimana kakk apri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo.. saya kurang tau gimana cara ngilangin jerawat yang ampuh. Saya sendiri masih jerawatan dan gak pakai obat jerawat juga, palingan maskeran rutin aja :)

      Delete
  26. Hallo ka aprie,, mau nanya donk
    Baiknya pke pelembab ato sunblock yaa aq sih IrT kerjaaanya dirumah ajh tp kok masih merasa kulit wajah kurang mulus gtu masih kyk jalan yg blm diaspal hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di rumah enggak kena sinar matahari, pelembab aja boleh. :)
      Tapi kalau wajahnya mulus kayak jalan tol, banyak faktor yang bisa menyebabkan itu. Wajahku belum mulus loh, masih banyak aja nih kadang aspalnya. Hahahaha.

      Delete
  27. Kak, mau nanya nii. SK-II Stemporer dan SK-II Stempower itu sama atau beda ya?Soalnya aku search keluarnya SK-II Stempower kak.
    Maklumlah kak, pemula wkwkkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang benar penulisannya "SK-II Stempower" di artikel aku salah tulis. Makasih ya jadi dikoreksi. :)

      Delete
  28. Hai kak..
    Kalau semisal warna kulit yang tidak merata gitu cara nanganinnya gimana? Apakah harus pakai night cream atau gmna?
    Aku bingung :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalau warna kulit nggak merata pakai skincare yang ada klaim brightening-nya kak :)

      Delete
  29. Aku umur 27 thn tapi belum nemuin skincare yg cocok coba skicare kemarin malah jerawatan g pake skincare jadi kusamm mnta solusix dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba terus sampai nemu skincare yang cocok :)

      Delete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar dari unknown, spam, pornografi, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup, akan saya hapus. Salam! :)