APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

#1Bulan1Buku Tantangan Death Comes as The End Agatha Christie

Siapa tokoh detektif favorit kalian? Sherlock Holmes karangan Conan Doyle, Hercule Poirot dan Miss Marple karangan Agatha Christie, Conan Edogawa karangan Gosho Aoyama atau Kindaichi karangan Seimaru Amagi dkk? Kalau saya suka semua!

Walau begitu, saya tetap punya pengarang misteri paling favorit, Mister Edgar Allan Poe. Poe berkarya lebih dulu dari pada penulis-penulis detektif yang sudah saya sebutkan di atas. Klasik dan orisinal. Cerita-cerita pendek misteri Poe banyak mengilhami karya Conan Doyle yang kemudian mengilhami cerita detektif Conan. Pun Agatha Christie dan pengarang detektif lain. Saya percaya karya yang baik selalu melahirkan karya baik-karya baik lainnya. Efek domino.

Pada 1 Bulan 1 Buku kedua ini, saya memilih buku bergenre misteri sebagai penyemangat menulis kawan-kawan. Judul yang saya pilih Death Comes as The End (Ledakan Dendam) karangan Agatha Christie. Saya memilih judul ini agar tidak ada pertentangan antara fans Poirot dan fans Marple. Seperti beberapa judul Agatha Christie lainnya, Death Comes as The End tidak menampilkan dua sosok detektif terkenal di atas sebagai pengurai kasus. Tetapi tetap mencekam ala Agatha Christie. Kalau kamu gemar cerita kerajaan mesir atau dongeng timur tengah, buku ini saya jamin akan memberikan kesenangan dua kali lipat. Komentar pembacanya bisa dilihat pada review Goodreads.


Cara untuk mendapatkan buku Agatha Christie ini hampir sama seperti 1 Bulan 1 Buku bulan lalu. Kawan-kawan hanya perlu menulis. Tulisan seperti apa dan bagaimana akan dijabarkan pada paragraf di bawah ini.

Cerita misteri, detektif, pembunuhan atau hantu-hantuan seram buat saya yang penakut adalah paradoks. Di satu sisi saya suka membaca, narasi cerita misteri adalah ajaib, di sisi lain saya benci cerita seram. Jadi, saya tantang kamu untuk membuat tulisan bertema misteri!

Sumber cerita bebas saja. Boleh dari cerita karanganmu sendiri, kisah turun menurun, kejadian nyata orang lain, ataupun pengalaman pribadi. Poin pentingnya buat saya, cerita itu harus menakutkan dan membuat ngeri pembaca. Ayo, tulis cerita misterimu! Buat pembaca enggan ke toilet sendirian karena tokoh detektif, pembunuh, atau hantu kurang ajar karanganmu.

Jangka waktunya masih sama, dua minggu, sampai tanggal 6 Februari pukul 21.00. Tanggal 7 Februari akan saya umumkan cerita siapa yang berhasil membuat saya merinding dan takut ke toilet sendirian.

Pemenangnya akan saya umumkan pada reply komentar dan mention akun twitter. Jadi, kalau sudah menulis, tolong bagikan link tulisanmu pada kolom komentar postingan ini, ya. Dan juga lewat akun twitter saya @aprieJ. Sertakan juga alamat email aktif & akun twittermu yang bisa saya hubungi nanti.

Selamat bercerita. Semoga tidurmu nyenyak!


Sekilas Info:
Bagi kawan-kawan yang kurang jelas apa itu 1 Bulan 1 Buku, akan saya jelaskan kembali. Sejak bulan lalu, saya membuat program Giveaway agar menghasilkan postingan blog rutin. Semacam komitmen untuk saya agar semangat menulis, dan berharap buku-buku yang saya Giveaway-kan tiap bulannya juga menambah semangat menulis kawan-kawan. Karena tiap bulan bukunya akan beda-beda, tantangan menulisnya pun beda-beda. Siapa saja bisa ikutan menulis, mau itu si pemenang atau peserta bulan lalu (yang belum menang) atau kamu yang baru saja membaca postingan ini. Saya menunggu tulisanmu setiap tanggal 24 sampai tanggal 6 di bulan berikutnya. Mari bersenang-senang lewat tulisan *\(^.^)/*

---------------------------------------------------------------------------------------------------------
Terima kasih banyak untuk partisipasi teman-teman yang sudah ikut Giveaway ini. Pemenang pada Giveaway ini adalah Ika Fitriana dengan postingannya: Perempuan Bermata Merah di Lorong Kaca Hita

Comments

  1. mantap, boleh ini.
    I love mystery too.
    apalagi kalau udah menyangkut thriller-misteri!

    ReplyDelete
  2. Hahaha pengen sih ikutan, tapi bukan genre blog gue nih misteri-misteri gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga cerita pengalaman pribadi tentang hantu atau kejadian-kejadian seram di sekitarmu.

      Delete
  3. waktunya gak bisa lebih lama nih kakak Aprie???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha. Kalau lama-lama nanti aku keburu lupa. 2 minggu cukup, semoga. Karena tiap bulan ada. :))

      Delete
  4. Dear Aprie, nyetor ya! http://ikafff.blogspot.com/2015/01/perempuan-bermata-merah-di-lorong-kaca.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay! Makasih tante Ika Fitriana. \(^,^)/

      Delete
    2. Hae jeung Ika, kirimin alamatmu dong. Kalau enggak novelnya kusimpen di bawah bantal aja nih ;))

      Selamat sekali lagi! *maenin pompom*

      Delete
  5. Saya lebih suka nonton film genre begitu drpd baca
    haha

    Slam kenal

    ReplyDelete
  6. Saya lebih suka nonton film genre begitu drpd baca
    haha

    Slam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nonton saya lebih gak berani, serem.

      Delete
  7. Ikh, rupanya dia suka baca novel detektif juga ...

    Aku lebih suka tokoh Sherlock tapi koleksi kasus Hercule lebih banyak di rak. He he he.
    Dan, sebel tau Agatha Christie tuh (lumayan sering) ganti cover yak. Setahu aku udah 3 kali tuh. Padahal aku lebih suka yang awal-awal ... yang serba hitam.

    Ngga bisa nawar judul lain yah? Soalnya udah punya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ulah penerbitnya tau, Va. Aku buku apapun lebih suka cover awal. Apalagi suka risih banget liat cover buku yang udah diadaptasi ke cover film.

      Hahaha. Judul lainnya nanti yah, next GA. Yang ini ikutan aja dulu. :p

      Delete
  8. Ini kak link tulisanku http://zalfaaza.blogspot.com/2015/02/horror-story-manusia-tanpa-kepala-di.html

    Twitter : @ZalfaaAza
    E-mail : azaliazalfaa@gmail.com

    Wish me luck :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yey! Makasih ya udah ikutan :D

      Delete
    2. Sama-sama kak >< smoga kali ini menang xD

      Delete
  9. Suka Kindaichi heuheu
    Menantang nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Aku juga lebih suka Kindaichi. Lebih serem dari Conan ( ~,~)9

      Delete
  10. Halo, Kak, masih boleh ikutan, kan? Mau setor juga~
    Ini link-nya http://nailakhurial.blogspot.com/2015/02/ruang-itu-menyala-api.html

    Twitter : @NailaKL
    Email : nailakhuria@yahoo.com
    Semoga beruntung, yosh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih dong!
      Makasih udah ikutan... yosh!

      Delete
  11. wah nulis ttg misteri ya, dari yang lo sebutin yang gw tau cm conan sama sherlock holms, yang lain terbaca asing dimata gw. pengen ikutan sih tapi gw belom pernah bikin tulisan ttg misteri sebeklumnya. btw blog gw ganti, ceritayandi.blogspot.com blog yang lama dicuri orang :"(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Turut berduka atas blognya, mas Yandhi. :"(
      Semoga blog barunya lebih berkah dan awet ya. Amin.

      Delete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar dari unknown, spam, pornografi, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup, akan saya hapus. Salam! :)