27 June 2016

[Ad] One Day Tour ke Pabrik Pocari Sweat

*Ini adalah postingan berbayar. Informasi di dalamnya berdasarkan pemikiran dan pengalaman yang saya alami. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan membaca disclosure

Saya tidak menyangka petualangan kami ke Pabrik Pocari Sweat Sukabumi menjadi pengalaman yang begitu berkesan di bulan Ramadan 2016.

tour, pabrik, pocari

Tepatnya Senin lalu, 20 Juni 2016, saya dan delapan orang teman Blogger lainnya berangkat dari FX Senayan menuju Pabrik Pocari Sweat Cicurug, Sukabumi, dengan Bus jemputan yang begitu nyaman. Saking nyamannya, sepanjang perjalanan saya gunakan untuk tidur (ini sih emang hobi kayaknya). Bangun-bangun udah siang aja. Kami berhenti sejenak di salah satu Masjid daerah Puncak untuk istirahat dan Salat. Ternyata lokasi Pabrik tidak jauh dari sana. Jalanan puncak yang tidak begitu macet juga mendukung perjalanan lancar kami menuju Pabrik Pocari Sweat yang fenomenal itu.

Jauh hari sebelumnya, kami sudah diberitahu mengenai undangan "One Day Tour ke Pabrik Pocari Sweat Sukabumi". Namun saya menanggapinya dengan biasa saja, tidak begitu excited. Kok?

Disamping tanggalnya yang belum pasti, kunjungan ke Pabrik bukanlah suatu hal baru buat saya. Saya kuliah jurusan Teknik Industri, di mana banyak kawan saya yang berprofesi sebagai staf Pabrik. Selama saya kuliah, hampir tidak ada teman saya yang bercerita mengenai keasyikan mereka bekerja di Pabrik. Pun tidak ada hal istimewa ketika saya mengunjungi beberapa Pabrik Garmen di Bekasi dulu.

Ternyata, eh.. ternyata. jeroannya Pabrik Pocari Sweat jauh dari bayangan saya yang kusut itu. Pabrik Pocari Sweat Sukabumi begitu luas, bersih, dan asri!

Melalui one day tour ini, saya jadi tau bahwa perusahaan yang menaungi produk Pocari Sweat bernama PT. Amerta Indah Otsuka (disingkat dengan AIO). *Maklum, saya jarang ngecek kemasan produk. taunya cuma beli sama minum. Hehehe :p

Waktu sampai di Pabrik, pertama kali yang saya lihat adalah halaman yang luas dan hijau, serta kolam hias dengan nuansa biru yang segar ini. Ternyata kolam ini ada filosofinya. Bentuk kolam hias dibuat menyerupai logo perusahaan Otsuka dengan dua bulatan berwarna biru dan merah yang berarti...

logo, otsuka

logo, otsuka, kolam
Kolam hias di depan pintu masuk pabrik Pocari Sweat

"Logo Perusahaan merupakan sebuah gambaran simbolis dari falsafah perusahaan Otsuka Pharmaceutical mengadopsi huruf 'O' dari inisial nama perusahaan sebagai motifnya. Mewakili langit, motif 'O' besar bagian atas berwarna biru menandakan "keterbukaan", "kebebasan", "kecerdasan", dan "masa depan". Motif 'O' kecil berwarna merah mewakili pusat energi. Logo ini menyampaikan komitmen penuh semangat dari Otsuka Pharmaceutical pada kebahagiaan umat manusia melalui kesehatan yang baik."

Kedatangan kami disambut hangat oleh semua staf. Seneng deh kayak lagi tamasya ke mana gitu, Mbak dan Masnya baik semua. Sepertinya, pabrik ini memang sudah biasa menerima kunjungan masyarakat.

resepsionis, AIO, pocari-sweat
Lobby / Ruangan Resepsionis PT. Amerta Indah Otsuka

And.. here we go! Di sinilah kami memulai petualangan. Iya, di sini, sebelum kami melangkahkan kaki ke lantai atas. Sudah siap ikutan? 

"PT. Amerta Indah Otsuka membuka program kunjungan pabrik bagi masyarakat umum yang merupakan perwujudan komitmen kami dalam prinsip open space factory. Fasilitas ini juga merupakan salah satu bentuk transparansi dan edukasi kepada masyarakat."

Apa aja sih yang kami lakukan saat berkunjung ke pabrik pocari sweat? Secara garis besar, kunjungan di bagi menjadi tiga kegiatan, yaitu: Tablet Factory Tour, DIY Personal Badge, dan ExplorION adventure. Kami menikmati ketiga kegiatan tersebut. Serius deh! Meng-edukasi dan menghibur banget. Sini saya jelasin satu per satu. :D



pocari, tour, pabrik



1. TABLET FACTORY TOUR

Pertama-tama kami semua dikumpulkan di ruangan yang seperti Teater ini. Tiap meja ada tabnya, lho! Gunanya untuk mengisi data diri kita. Karena Tab ini akan terus kita bawa dan gunakan sepanjang tour.

teater, room, otsuka

tablet, aplikasi, otsuka
Isi data diri di Tab

Setelah mengisi data diri, Mbak Elsa, Staf AIO yang khusus menangani presentasi pengenalan perusahaan menjelaskan kepada kami mengenai sejarah terciptanya produk Pocari Sweat, perkembangan produk, manfaat produk, apa itu Ion? Sampai kepada dampak kesehatan ketika tubuh kekurangan cairan.

Di Akhir presentasi ada Games kecil-kecilan yang harus diikuti oleh seluruh peserta melalui Tab. Pertanyaannya menguji ingatan kita akan presentasi yang sudah disampaikan oleh Mbak Elsa dan Staf lainnya tadi. Seru! Karena games-nya berpacu dengan waktu. Skor tertinggi dapat hadiah tiga botol produk terbaru Pocari Sweat, Ionessence. Hore!

Dari video-video presentasinya yang atraktif, saya jadi tahu kalau awalnya Otsuka Pharmaceutical di Jepang, perusahaan ibu dari PT. Amerta Indah Otsuka di Indonesia, hanya memproduksi obat-obtan dan cairan infus. Kemudian berinovasi deh dengan mengembangkan minuman dan camilan sehat.

Ini dia produk-produk yang diproduksi oleh PT. Amerta Indah Otsuka. Kecuali Soy Joy yang bahan bakunya masih di bawah lisensi Jepang, produk Pocari Sweat dan Ionessence yang di produksi di Indonesia disebarkan ke 12 negara Asia lainnya seperti Thailand, Vietnam, Singapore, sampai ke Arab. Keren, kan? Itu semua made in Indonesia. :D

pocari, soyjoy, ionessence
Ragam produk yang diproduksi oleh PT. Amerta Indah Otsuka

Sejarah AIO

PT. Amerta Indah Otsuka berdiri sejak tahun 1999, sepuluh tahun sejak pertama kali Pocari Sweat masuk ke Indonesia (melalui PT. Otsuka Indonesia yang memproduksi produk obat-obatan dan cairan infus). Tahun 2014, menjadi awal produksi produk Pocari Sweat di pabrik sendiri dalam kemasan kaleng, sachet plastik 15 gram, dan botol beraneka ukuran dan betuk. Lalu muncul camilan sehat Soy Joy di tahun 2007. Sampai terciptanya produk terbaru, Ionessence, di tahun 2015. Hal tersebut bukanlah proses yang singkat melainkan bukti keseriusan AIO berinovasi menciptakan produk minuman  dan camilan sehat.

Selain keseriusannya dalam menciptakan produk kesehatan, AIO juga memiliki Program CSR sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian terhadap masyarakat dan alam. Program CSR OIO diberi nama Yayasan Satu Hati. Yayasan Satu Hati terbagi menjadi tiga konsentrasi, yaitu:

csr, AIO

  1. Yayasan Satu Hati Cerdaskan Bangsa melakukan kontribusi dengan mendirikan 28 perpustakaan dengan lebih dari 124.000 buku yang tersebar mulai dari Sumatra hingga Papua.
  2. Satu Hati Peduli Lingkungan berkontribusi dalam mengadopsi 25.000 pohon di Kawasan konservasi Taman Nasional Halimun Gunung Salak, dan mendonasi 250 tempat sampah dari hasil recycle drum material Pocari Sweat yang sudah tidak terpakai di Pantai Citepus dan Pantai Karang Hawu Sukabumi
  3. Satu Hati Sehatkan Bangsa melakukan Bina Posyandu Mandiri dengan memberikan pembinaan bagi kader-kader Posyandudi di kawasan sekitar pabrik, serta memberikan edukasi pada masyarakat mengenai demam berdarah secara lengkap

kalau semua informasi yang wah-wah saya tuliskan semua di sini, kayaknya bisa jadi beberapa postingan nih. Saya doain aja, temen-temen pembaca bisa ikutan tour juga besok ya! Hehehe.

Puas dicekoki ilmu sepanjang presentasi dan tanya jawab, kami dikejutkan oleh... dibukanya tirai ruangan teater ini. Terang banget! Ternyata pemandangan hijau Gunung Salak di balik jendela kaca ini. Seger ya, bayangin bisa kerja di deket Gunung gini. Pengen. :(

Ternyata enggak jauh dari sini juga menjadi lokasi pabrik minuman lainnya. Seperti pabrik Sosro, Indomilk, Frisian Flag, dan lain sebagainya. Pabrik AIO yang memiliki lapangan Sepak Bola, sering membuat event pertandingan dengan karyawan pabrik lainnya *walau beda perusahaan tetap kompak*

Blogger dan Staf AIO foto dulu sebelum melanjutkan ke petualangan berikutnya.


2. DIY (DO IT YOURSELF) PERSONAL BADGE

Petualangan kami berikutnya berlokasi di Merchandise Shop, sebelahan dengan ruang Teater tadi. Ruang Merchandise selain digunakan sebagai display produk, pengunjung dipersilakan untuk membeli produk juga. Siapa tahu ada yang mau bawa oleh-oleh. Tersedia juga beberapa asesoris yang dibagikan kepada kami secara cuma-cuma. yay!

"Udah, gitu doang?"

"Enggak, dong!"

Di sini kami semua diberikan seperangkat pin yang belum jadi. Pin-pin dengan lembaran stiker berisi nama kami tersebut berasal dari data diri yang sudah kita isi melalui Tab di awal tadi. Makanya ngisi data dirinya enggak boleh salah! Kalau nama di pin typo, ya salah sendiri. :p

mer handise, pocari-sweat

Kami hanya diberi arahan sekali membuat pin, selanjutnya kami kerjakan sendiri. Kalau pin sudah jadi, masing-masing dari kami di foto. Saya pikir foto kami tersebut digunakan untuk sertifikat. Ternyata dugaan saya salah...

badge, diy, pocari-sweat
Blogger sedang diberi pengarahan membuat DIY Personal Badge

Narsis dulu dengan pin yang sudah jadi

Setelah semua pin jadi, kami digiring ke ruangan berikutnya. Ruangan kerja dan ruangan proses produksi berada di gedung yang sama di sebelah ruang merchandise. Kami masih membawa tablet untuk menonton beberapa video proses produksi yang sama seperti yang dapat kita lihat langsung di dalam ruangan produksi. Sayangnya, di ruangan produksi tidak diperkenankan untuk mengambil gambar / foto apalagi merekam video.

Menuju ruang kantor dan ruang produksi

Banyak lukisan tergantung di sepanjang dinding ruang kerja AIO (termasuk foto + tandatangannya JKT48) *bae-bae direbut Wota :)))

Ruang pimpinan dan staf dengan konsep open space, tanpa sekat tanpa ruangan khusus atasan

Bapak Djaka Widyantara, Head of Business Development AIO yang tidak bosan memberikan informasi dan jawaban atas kekepoan kami

Nah, ini nih.. petualangan terakhir. Kegiatan yang paling seru dan ngakak banget!


3. EXPLORION ADVENTURE

Jadi, foto kita di ruangan Merchandise tadi dibuat bukan dengan maksud yang kurang jelas apalagi bikin sertifikat hihihi, melainkan sebagai avatar/karakter kami di permainan seru dan menantang ini.

Tiba-tiba kami diantarkan ke ruangan empat dimensi serba biru yang bisa menampung sampai 30 orang. 4D choyyy~ Dufan aja kalah!


Kami wajib mendengarkan instruksi permainan agar memperoleh skor tinggi, dan tidak game over tentunya. Instruksinya macam-macam, sesuai sama arena yang sedang ditempuh si avatar cebol-cebol itu. Ada yang disuruh lari, teriak, jalan di tempat, loncat, sampai tiarap. HIYAHAHAHAHA. Saya sampai pegel ketawa main game ini sambil ngeliatin avatar sendiri yang lucunya ampun-ampunan. Padahal lagi puasa, tapi tiba-tiba lupa! :)))

Cebol-cebol melewati tantangan larva panas
Cebol-cebol berenang
Cebol-cebol  kedinginan dan membutuhkan cairan tubuh
Cebol-cebol berhasil menemukan pengganti cairan tubuh yang hilang

Misi dari games ini adalah, kami semua harus berhasil melewati petualangan tanpa kekurangan cairan tubuh dan ion. Selain bikin girang, games ini mengedukasi sekali.

Tim Cebol Blogger berhasil mengembalikan kembali ion tubuh yang hilang. Yeah!

Kepengen diajak touring keliling pabrik Pocari dan merasakan games 4D ini juga? Daftar dan baca syarat & ketentuannya di sini ya! http://aio.co.id/id/factory-tour Good luck and have fun!



Buka puasa bersama Blogger dan Staf PT. Amerta Indah Otsuka



Untungnya petualangan kami berakhir sore hari. Kami, para Blogger dan Staf AIO, melanjutkan kegiatan dengan buka puasa bersama di Restoran De'Leuit. Maem enyakkk~ Terima kasih banyak ya AIO atas jamuan dan kesempatannya. Sampai jumpa lagi dilain waktu. Sukses terus! <3

22 comments:

  1. Hiii lucu banget permainan 4 Dimensinya... jadi cebol gitu wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lucu banget kan? Mana mulutku lebar banget di situ. *padahal aslinya juga :)))

      Delete
  2. Pecah! Lengkap banget. Pasti nulisnya dalam keadaan gembira yes :)

    ReplyDelete
  3. Wuah asik itu bisa meliput secara ekslusif mbak, anehnya ya saya sebagai blogger yang masih tinggal di Sukabumi. Enggak ke undang hehe.

    Itu gimana caranya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAkanya kenalan dulu sama CS-nya. Hehehe. Bisa daftar bareng komunitasnya melalui link yang sudah saya tulis di atas. :)

      Delete
  4. Kalian lucu-lucu sekali jadi avatar itu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami real-nya juga lucuk-lucuk sekali lho. Wahaha~ :D

      Delete
  5. Cebol - cebol aus kakak. AUSS AUSS AUUSSSSSS, bagi ION ION ION hahahhahahahhaha.

    Btw, gw suka sama bersihnya tempat ini ya, jadi makin adem minum Pocari hahahahhaha, pabriknya bersihhhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bersih bingit. Jadi pengen bantuin mamangnya nyusul botol ke kardus ya? Hahahaha.

      Delete
  6. Cebol2 yg dehidrasi hahaha

    ReplyDelete
  7. Baru tau nih kalau Aprijanti jurusan teknik Industri,. Mudah2an di lain waktu bisa berkunjung ke pabrik AIO lagi dan bertemu dengan mbak elsa yang itu tuh #ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. #eaa yang diinget Mbak Elsa terus nih kayaknya.

      Delete
  8. Aih, cebol-cebolnya unyu. Hahaha. Jadi difoto itu buat ganti wajah karakter si cebol ya, Mbak? Jadi pengen maen itu juga deh, sama ngeliat gimana minuman ini dibuat. Saya dulu suka anyang-anyangen, jadi sering konsumsi Pocari buat jaga-jaga kalau-kalau kelupaan minum banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak, betul, tepat sekali Mas!
      Muka saya yang difoto tadi dijadikan avatar unyu. Hahaha. Besok kalau ke sana posenya gantengan dikit ya. :))

      Delete
  9. Baru ngeh, kalo soyjoy juga satu perusahaan sama pocary sweat :D

    ReplyDelete
  10. saya fokus ke office nya, nyaman banget kayanya. dulu nyesel company visit enggak ke sini hiikssss

    ReplyDelete
  11. Pabriknya asyik sekali. Diajak ke sini tapi akunya ndak bisa.


    ....Kemudian menyesal

    ReplyDelete
  12. Waaa pabriknya keceee. Jadi pengen ikutan jalan-jalan hahahaha :D

    ReplyDelete
  13. Itu cebol-cebol mirip upin ipin haha..

    ReplyDelete
  14. seru banget ya bisa jalan-jalan ke Pabrik Pocari Sweat apalagi bisa bukber bersama staffnya. ehh btw foto makannya bikin ngilerrr..hehehe

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkenan membaca dan berkomentar di postingan blog saya ini. Salam. :)