Rebranding Blog Aprijanti.com

rebranding,blog
source: unsplash.com | edited by: Aprijanti

Kalau bukan karena materi Ibu Ina, salah satu pembicara di workshop The Power of Content yang saya ikuti akhir bulan Oktober lalu, mungkin saya enggak paham betapa pentingnya personal branding. Kegelisahan mengenai konten blog yang saya alami beberapa bulan belakangan ternyata hanya perlu satu jawaban, personal branding!


KENAPA MENURUT SAYA PERSONAL BRANDING ITU PENTING?

Karena saya tidak mau dikenal orang sebagai Blogger, thok! Saya membuat konten apa aja di blog, belum tentu orang-orang tau. Saya menuntut diasosiasikan oleh sesuatu yang sangat saya, maka ketika orang-orang butuh solusi atas permasalahan yang sama, mereka akan mencari blog saya.

Kedengerannya ribet, ya? Eugh... jangan salah, menyusun ulang atau rebranding blog lebih ribet dari itu. Saya jadi harus meraba-raba lagi, kira-kira konten apa yang harus saya tulis dan sebaiknya tidak saya tulis di dalam blog ini.


Lima tahun sudah saya ngeblog, empat tahun pertama kontennya berisi curhatan, cerpen, dan puisi. Saya menulis postingan sesukanya dan sesempatnya; saya tidak peduli siapa saja visitornya; saya tidak pernah berfikir dapat penghasilan dari blog. Saya anggap 4 tahun itu adalah sarana saya melatih skill menulis (maklumlah... sampai sekarang saya masih bercita-cita jadi penerusnya Seno Gumira Ajidarma 😃).

Setahun belakangan baru saya melek untuk me-monetize blog. Saya merombak habis template blog dengan belajar coding lagi; saya mengoptimasi tulisan dengan SEO dan Sosial Media. Ketika orang bertanya konten blog saya apa, saya jawab "Lifestyle". Cieeee.. kedengerannya keren kan tuh? Padahal saya menulis karena seneng aja, apalagi kalau dibayar.

Tapi... sedikit demi sedikit saya merasa kehilangan jati diri. Makanya, sekarang saya mau menata jati diri blog kembali. Saya mau me-rebranding blog ini.


APA SAJA YANG PERLU SAYA LAKUKAN UNTUK REBRANDING BLOG?


1. Menemukan konten wajib untuk ditulis
Walaupun saya memperkenalkan diri sebagai Lifestyle Blogger, lucunya, orang-orang lebih banyak kenal saya sebagai Beauty Blogger. Padahal tulisan yang berbau beauty enggak rutin-rutin amat. Tapi enggak bisa saya pungkiri, sih, konten pergincuan punya traffic lebih banyak. Dan dari tulisan review makeup, saya bisa menang ke Jepang. Hehehe. Jadilah saya niatkan untuk:
- menulis postingan berlabel BEAUTY seminggu sekali
- tetap "curhat berfaedah" di blog, postingannya akan saya beri hastag #BeforeMidnight
- mengaktifkan kembali program #1Bulan1Buku yang sudah vakum setahun. Eugh.. ternyata saya kangen bikin giveaway ini. Saya sempat di masa, isi postingan blog sebulan cuma satu dan giveaway pula. Hahaha, tapi saya hepi banget bisa menulis dan menggerakkan temen-temen untuk menulis, walaupun kompensasinya hanya sebuah buku.

2. Tulisan berjadwal
Bikin tulisan berjadwal itu sulit, Kak! Saya salut sama Blogger yang bisa bikin jadwal tulisan seminggu tiga kali, bahkan lebih. Saat ini saya cuma sanggup berkomitmen untuk menjadwalkan:
- tulisan berlabel BEAUTY seminggu sekali saat weekend
- giveaway #1Bulan1Buku setiap awal bulan
- konten selain itu, yang masih related sama kehidupan saya sehari-hari seperti event, hobi dan traveling, tidak belum saya jadwalkan.

3. Konsisten
Dari ketiga poin, inilah yang paling sulit dilakukan, konsisten! Makanya saya tulis paling bawah. Banyak sekali alasan untuk tidak menulis. Konon, seorang Cumilebay yang ngehitz paripurna pun merasa sulit untuk konsisten. Lah, apadeh saya? 😑.

4. Memberikan judul [Ad] pada setiap tulisan sponsor
Sebenarnya saya mau menerapkan ini dari awal saya menerima bayaran di blog, tetapi belum kepikir konsepnya. Saya ngeri di-blacklist google. Coding terbarunya, Penguin, mengharapkan para Blogger jujur ketika menerima produk dan kompensasi dari Brand. Sebagai Blogger yang patuh, saya mah nurut aja. Saya menambahkan judul [Ad] pada setiap postingan berbayar (postingan-postingan sebelumnya sudah saya revisi semua). Saya juga mau terbuka dan memberi contoh kepada pembaca, baik tulisan sponsor maupun tulisan pribadi di blog ini ditulis dengan informasi dan opini yang jujur. Seperti yang sudah saya jelaskan di Disclosure. Jadi tidak perlu skeptis sama Blogger berbayar, ya, hehehe.

Nah, itulah empat cara saya untuk merebranding blog Aprijanti.com. Sebetulnya, saya masih membutuhkan banyak masukan, saran, dan kritik teman-teman mengenai blog saya ini. Siapa tahu kan pendapat saya di atas kurang tepat? Atau ada masukan mengenai perubahan template? Penambahan jadwal tulisan? Dan lain sebagainya. Saya terima.

hadiah,giveaway,nyx

Saya punya beberapa hadiah kecil untuk teman-teman yang masukan, saran, dan kritiknya bisa jadi sumber inspirasi blog ini. Mohon maaf, karena hadiahnya terbatas, saya hanya bisa memberikannya untuk dua komentar terinspiratif ala saya 😉
1. Pemenang pertama akan mendapatkan:
- buku mewarnai Harry Potter (lengkap dengan pensil warnanya)
- lipstik NYX Chunky Dunk (warna merah)
- blushon NYX HDB08 shade Baby Doll (warna nude pink)
- single eyeshadow NYX HS48 shade Dare (warna biru muda shimmery)
2. Pemenang kedua akan mendapatkan:
- pulsa senilai Rp. 25,000

Caranya tinggal menuliskan masukan, saran, dan kritik di kolom komentar. Jangan lupa tuliskan juga alamat email aktif untuk saya hubungi. Pesertanya boleh siapa aja, ya... enggak harus Blogger dan orang Jakarta (asal tinggalnya masih di Indonesia). OK, Bro dan Sist? Ditunggu komennya sampai akhir bulan, ya!

Salam,

CONVERSATION

40 comments:

  1. uwaaah aku juga mau niatin lagi nih soal buku. heuehu...punya banyak buku masih plastikan, sayang. mau di GA in takut pada ga minat wwkwk.

    saran buar Aprie, ehem...kurasa semua sudah pass deh ya. about me di sebelah kiri ini agak unik, kalau ditaruh di kanan aja gimana hehe. segitu ajah. moga kita konsisten yah sama branding yang kita mulai rintis ini. amiin

    nurulinayahsukses@gmail.com

    ReplyDelete
  2. kalau untuk poin 1, yakni masalah konten, saya biasanya selalu mencari dari apa yang saya serahkan mbak. Nah, biasanya konten artikel yang berasal dari keresahan pribadi akan menjawab keserahan beberapa orang. Konten-konten seperti inilah yang nanti jadi konten yang "unique" dan akan banyak dicari orang.

    sebagai contoh saja saya punya keresahan sama laptop yang saya pakai, lalu saya tulis diblog dan berikan solusi berupa tips2. alhasil konten itu sampai saat ini termasuk yang paling banyak dicari orang yang punya masalah yang sama. hehehehe.

    selain itu, dari sisi kita sendiri tidak akan terbebani ketika membuat tulisa. hehehe

    Maaf, sekedar sharing pengalaman pribadi saja.

    ReplyDelete
  3. Huaa, kereen.....aku doakan biar bisa konsisten ya aps.

    Kalo aku mulai dari yang simple. Menulis yang aku banget. Kalo kira-kira ga pernah aku jalanin, ya ga aku tulis. Mau merapikan label juga belum sempet....hihi

    Fighting!!!

    ReplyDelete
  4. Aku doain aja Giveaway nya sukses yaa

    Pssst.. Itu ga salah ya hadiah pemenang pertama segambreng dan yang kedua..... 🐤🐤🐤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa. Biar pada berebutan jadi pemenang pertama, Mbak. :p

      Delete
  5. Masukkan sedikit buat tampilan blognya masih belum responsive ya Mbak. Jadi kalo aku baca dr hp dan pilih web version itu tampilannya masih tampilan d komputer. Mungkin bisa cari template yang responsive. Supaya dibaca layar mana aja enak :D
    Sedikit masukkan buat bikin jadwal, kalo aku ga nulis setiap hari juga. Tapi blog tetep update 2 hari skali. Caranya skali nulis aku usahakan bisa satu sampe empat artikel. Jadi pas besok"nya lagi males atau ga ada ide, blog tetep terupdate. Krn kita udah punya banyak draft :)

    adedelinap@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Menurutku branding BEAUTY udah cocok di mba Aprijanti. Secara performance dirimu sudah meyakinkan mata-mata sekeliling. Saya memang belum pernah ketemu langsung mba Apri, tapi pernah intip-intip isi blognya. Kali aja kalau blog Beautynya lancar saya bisa belajar make up kan...Semua pasti ada kelebihan & kekurangan, tinggal mba Aprijanti bisa memilahnya.Segitu dulu saran saya mba...

    Nurul.spirit@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Dear apri, sepertinya kita ada kesamaan ya.. awal ngeblog isi blognya "absurd" 😆

    By the way saya pun baru saja me-rebranding blog saya. Lebih tepatnya malah bikin blog baru gara2 lupa password blog lama. Ampun deh. Tapi kesempatan ini malah saya manfaatin sekalian untuk rebranding total. Saya pun menemui kesulitan yang sama masalah konsistensi.

    Saya dapat masukan dari seorang teman untuk membuat sebuah jurnal khusus untuk blog. Isi utamanya tentu schedule terbit tulisan di blog, konten apa saja yang mau di tulis dan review traffic dari tulisan tersebut.

    Naaah supaya semangat, saya saranin buat sistem reward & punishment. Misalnya kalau target bulan ini tercapai saya boleh beli tas yang sudah jadi wishlist saya. Atau sebaliknya kalau ngga tercapai, saya ngga boleh hangout/nonton selama 1 bulan. Hehe.. kira2 gitu deh. Semoga membantu ya.. Saya pun baru mulai menerapkan nih.

    Semangat ya..
    Anin.khrisna@gmail.com

    Oia main k blog saya juga boleh bingits di mrshermanto.blogspot.com ;)

    ReplyDelete
  8. Kalo blog ku masih berantakan banget n belum bisa buat konsisten nulis.kalo bulog mu udah ok udah rapi, pengen banget bisa konsisten nulis.
    angelpink198486@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Cuma mau komen, km itu diotakku sudah terbranding biuti bloher loh. Aku malah gtw kalau ternyata gado-gado juga kayak diriku... Jadi biuti bloher ajalah wes,trafiknya menjanjikan kok wkwkwk... Tulisan review biuti di blogku yg acak adut aja pageview nya puluhan ribu, apalagi yg biuti bloher beneran... Aku dukung km jadi biuti bloher, mari sukseskan apri jadi biuti bloher! Jangan lupa! Inga-inga ting! *komen macam apa sih ini* HAHAHA

    ReplyDelete
  10. Halo Mba Apriej

    Sebenarnya saya bingung harus mulai darimana. Karena bicara soal Blog atau Blogger ga akan pernah ada habisnya. Ibarat algoritma Google yang ga pernah bisa diketahui dengan angka pasti.
    Mba Apriej udah OK dengan branding Beauty Blogger. Tetapi itu tidak berarti Mbak harus menutup diri dari sisi selain Beauty kan? Misalnya saja Traveling. Pasti Mbak juga punya banyak kisah/tips yang bisa dibagi.

    Bagi saya pribadi, menulis itu tetap memperhatikan apa yang dicari orang banyak di search engine. Bukan melulu memuaskan keingintahuan teman-teman sesama Blogger dg konten yang ada. Sebab banyak di luar sana yang membuka dunia Maya untuk mencari sesuatu. Dan boleh jadi mereka terseret di blog Mbak.

    Beauty Blogger sudah banyak tetapi semua pasti memiliki ciri khas sendiri. Maka Mbak Apriej juga pasti punya. Saya yakin itu.

    Soal penambahan Ad pada postingan berbayar itu juga pilihan. Tetapi tanpa ditulis pun semua yang baca pasti mencari info penting di dalam nya. Soal takut sama Google, percayalah. Selama konten unik (no copas) maka Google ga bakalan nendang kok. Bahkan bisa diangkat sebagai situs bermanfaat dan bukan robot.

    So, be yourself aja

    Rahmah - chemist18rahmah@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Yup emang bener banget apriel... menjadi blogger yg sesungguhnya itu perlu proses. Apalagi utk diri kamu yg udu merasakan pahit getirnya bekerja dan menulis dan bertemu dg banyak jenus orang. Bisa dari awalnya ngobrol tiba2 bs jadi ide yg baru. Keep it up ya dear... jadi seorang blogger itu ga perlu ngoyo yg penting jalan dengan PASHION. Karena pashion itu akan menuntunmu lebih bagus dan terbaik. ��

    ReplyDelete
  12. Hemmmmm... hemmmmm... hemmmmm..

    Gini,
    aku kenal Aprie sejak blognya masih random dan sepi kayak hatiku, sejak masih ada pengakuan suka semangka (hei, semangkanya ke mana?), sejak negara api belum menyerang (terus aja ngaco, Kaf).
    Ya artinya sih, aku lumayan ngikutin perkembangan anakmu ini. Sejak kamu merombak blogmu, sejak jadi dot com, blogmu yang semula juarang banget diisi dan sekalinya diisi bikin mikir (kontemplatif) jadi lebih ramai, lebih ceria, lebih banyak terisi, sekaligus lebih...berjarak.
    Di satu sisi, aku senang betul Ante Aplie-nya akoh berjaya karena karyanya banyak dikenal (sampai ke Jepang segala, wiiiihhhh!), di lain sisi, aku sangat berharap blog ini tetap berisi Aprie yang sejak awal kukenal. Nggak minta berimbang sih, tapi ada gitu tulisan tentang hal remeh-temeh khas Aprie yang bisa dijadiin bahan pikiran (aku ingat banget tuh tulisan tentang pernikahan bukan lomba mendapatkan piala, semacam itu). Biar kami yang sejak dulu kenal kamu, tidak kehilangan dirimu. Plus, biar dirimu juga nggak lapar dan bingung mencari jati diri (karena Jati Diri ada di Semarang).

    Well,
    gimanapun kamu berkembang, aku berharap selalu ada buatmu, Ante Aplie-nya akoh.
    Tetap berkarya, ingat cek tulisan sebelum dipublikasikan, belajar ejaan bahasa Indonesia (EBI) dan KBBI, nihilkan typo.

    Love you.

    Ikaf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, surel: ikafitriana@yahoo.co.id

      Delete
  13. Hai kakak,
    Setelah diperhatikan, dan setelah di amati, dilihat2, di diskusikan, dirimu lebih cocok ke beauty, lebih pakem lihat nya, ditambah dengan penampilanmu yg benar2 mendukung akan hal itu, cucok lah.

    Btw sukses terus yah buat blog nya, dan apapun ituh...

    ReplyDelete
  14. Saran, do what you want to do apps, saat ini sudah banyak yang kenal kamu kan apps jadi kamu lebih memperkenalkan diri kamu lewat tulisanmu aja, mau itu beauty, buku, atau cerita - cerita personal yang ingin kamu bagikan ke pembaca. untuk tulisan berbayar pun kalau sudah ingin memberlakukan tag [Ad] di depan judul tulisan ya monggo tapi kenapa ko saran aku jangan ya, ditaruh di dalam tulisannya aja misal itu ads atau endorsment, misal banyak yang ads ke kamu trus kamu tulis [ad] di depannya kan pembaca mikir "ah ini [Ad] lagi [Ad] lagi " begitu.. ini menurutku loh ya... So sukses ya nge blog nya ditunggu konsistensi postingan terjadwalnya hahahaha.. aku juga susah untuk bisa gitu hehe... semangat

    ReplyDelete
  15. aku suka blog ka Aprie. simpel trus penataan widget dll nya syuda pas binggo :)
    sarannya lebih terjadwal untuk update blog. meskipun susah menepati jadwal heheh. tetep semangaaatt

    http://www.fujichan.net/
    helluvabutlr@gmail.com

    ReplyDelete
  16. jadi pengen belajar rebranding blog jadinya

    ReplyDelete
  17. Pedeh aja mba sama yg sudah dilakuin. Kalau itu nyaman dan bermanfaat buat orang yg baca lanjutkan

    *ga pengen ikutan kuis tp aku seneng ngasih masukan

    ReplyDelete
  18. Pedeh aja mba sama yg sudah dilakuin. Kalau itu nyaman dan bermanfaat buat orang yg baca lanjutkan

    *ga pengen ikutan kuis tp aku seneng ngasih masukan

    ReplyDelete
  19. Uwwaaaahhhhhh pgn bgt coloring book nyaaaa :D.

    Eh, aku juga ga menganggab blogmu cndrung ke beauty deh mba, mungkin krn aku baca kebanyakan memamg ttg lifestyle.. Yg ttg beauty malah ga begitu banyak stlh aku cek beberapa postingan ke belakang :). Dan memang advertorialnya banyak bgt yaaaa :D. Tapi gpp sih, karena so far aku bacanya enak, krn ditulis secara halus..bahasanya juga ga plek ketiplek jualan gt.. Kan ada tuh postingan sponsor tp tulisannya kaku ,bikin yg baca juga males :D. Kalo punyamu gak mba..

    Eh tapi kalo utk iklan dijadwalin aja publishnya mungkin ga mbak? Jgn sampe dr seminggu, 3 postingan sponsor semua isinya .. Cuma saran loh yaA.. :).. Jadi pembacamu juga tau kalo tulisan berbayar tiap hari kamis misalnya.. Lalu weekend ttg beauty krn kali aja ada pembaca setiamu yg lg nyari ide makeup utk sekalian malming-an :D. Itu terserah mbak nyusun jdwalnya deh..

    Cm ngerti bgt sih kalo masalahnya lagi2 di konsisten yaa. Ini sih memang mau ga mau hrs niat kenceng mbak utk bisa tratur nulis sesuai jdwal dan tema.. Dibikin draftnya dulu mungkin? Jd pas hari H udh tinggal poles sana sini sedikit.. :).

    Pokoknya, ttp semangat nulis mbak Apri ;)

    Emailku: fannyfristhika@gmail.com

    ReplyDelete
  20. Mau share aja, dr tujuh hari, lima.hari blogku ad jadwalnya hehehe tp konsisten itu pe er bgt. Namun jadwal itu sgt membantu dlm memetakan ide, apalagi orang yg mikirnya macem2 ke sana ke mari. Selain itu, jadwal jg bs encourage kita spy hunting materi, yg mendorong kita utk belajar lebih byk, and that is a good thing. Jadwal jg dpt membantu kita mengerucutkan identitas jikalau merasa tema blognya terlalu variatif, biasanya jadwal yg plg jarang terupdate akan hilang dgn sendirinya, hingga kemudian ciri khas itu akan muncul dan bersinar. Tetap semangat ngeblog yaaa ... Aku pun perlu semangat ituh ...
    Email: koekieku@gmail.com

    ReplyDelete
  21. Mau share aja, dr tujuh hari, lima.hari blogku ad jadwalnya hehehe tp konsisten itu pe er bgt. Namun jadwal itu sgt membantu dlm memetakan ide, apalagi orang yg mikirnya macem2 ke sana ke mari. Selain itu, jadwal jg bs encourage kita spy hunting materi, yg mendorong kita utk belajar lebih byk, and that is a good thing. Jadwal jg dpt membantu kita mengerucutkan identitas jikalau merasa tema blognya terlalu variatif, biasanya jadwal yg plg jarang terupdate akan hilang dgn sendirinya, hingga kemudian ciri khas itu akan muncul dan bersinar. Tetap semangat ngeblog yaaa ... Aku pun perlu semangat ituh ...
    Email: koekieku@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Setuju. Aku juga mulai rebranding blog dengan banyakin nulis konten original, biar isinya ga melulu event dan lomba. Konsisten memang jadi tantangan padahal jadwalku cuma 2x sebulan untuk nulis review buku anak.
    Kayaknya aku lebih ke nanya daripada beri saran deh. Selain pemberian judul [Ad] apa bakal diberi link disclosure di tiap artikel job review? Trus Ad ini untuk reportase event yang dapat fee juga atau gimana? Butuh masukan buat blogku nih. Thank you Aprie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kasih link disclosure juga Mbak di awal postinhgan. :)
      Tag Ad itu berlaku untuk jenis tulisan apapun yang dibayar dengan uang oleh brand/agency, maureview atau event report gitu. Heheh.

      Delete
  23. I feel you mbak apri.... :)
    Awalnya saya ngeblog cm ttg tutorial crafting dan cooking dg tagline "dont sweat small stuff" sbg branding blog nyonyamalas.com. Namun seiring berjalannya waktu, penghidupan (tsahhhh) blog ini dari trafict maupun uang kok ngalirnya malah dari tema2 keuangan.... Saya jd notice sesuatu beberapa hal: 1) ada potensi niche/ kebutuhan pembaca ttg suatu tema, 2) ada potensi terpendam dari diri kita yg ga kita sadar dan muncul melalui tulisan. Saya jadi nambahin satu category "finance" di blog.

    Sampai sekarang masih sering bertanya2, sebaik2nya blog itu yang spesialis atau generalis ya.... Saat ini saya jadinya memilih jadi generalis mbak. Bebebapa tema dalam satu blog. Tapi branding nya tetep satu benang merah "dont sweat small stuff". Mau saya nulis ttg craft, cooking, finance, kesehatan atau beauty (maybe someday), benang merahnya tetap sharing cara melakukan/ pengalaman menjalani hidup dg cara semudah, sepraktis dan seirit mungkin. Alias semalas mungkin. Namanya jg nyonyamalas. Hehehe....

    In my humble opinion sbg nubie, saya jg setuju dg mbak mirna kei untuk ga kasih tag [Ads], kecuali untuk yg hard selling bgt ky content placement. Yang isinya iklan aja tanpa ada materi lain yg kita masukin sbg nilai tambah. Kalau soft selling, saran saya cukup disclaim/ disclose di akhir atau di awal artikel.

    Ini pagi2, saya serius amat yak....
    Gara2 temanya ngena banget ni mbak....

    Salam,
    nyonya@nyonyamalas.com

    ReplyDelete
  24. Salam silaturahim.., caring for sharing, ⓢ⒠ⓜ⒜ⓝ⒢ⓐ⒯ ♡ мϐä, smg bisa terus menginspirasi ^.^

    Kl aku masih ragu utk "hijrah" ke domain tld - masih belajar dan belajar..

    Sambung do'a yaa мϐä ♥

    ReplyDelete
  25. Aprie itu pas banget jadi beauty blogger. Udah, maksimalin aja di situ, ciiinn

    Good luck.
    (Gawsa pake surel ya, cuma mau komen aja kok)

    ReplyDelete
  26. Makasih sharing nya.... yang paling susah, bagi saya "konsistensi"
    ngeblognya masih angin-anginan..Sukses yaa
    email : sitinuryanti@yahoo.com

    ReplyDelete
  27. Duh, mata gw gak bisa lepas dari buku gambar ituh. Hiks

    Well, selamat beb. Selamat buat semuanya. Buat Rebranding, buat 5tahunnya udah seliweran di dunia blog, selamat juga sudah menjadi inspirasi banyak gincu blogger hahahaha.

    Keep being you, keep inspiring others. Terimakasih juga untuk gak pernah pelit ilmu.

    Love you to the moon and beyond! #Bangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eia lupa emailnya, kikicasmita@gmail.com

      Delete
  28. Cie Aprie yang lagi mau rebranding :)

    Listnya Prie, banyak banget! Kubisa berdoa aja, semoga konsisten yang PrieJ! Gue tahu ini bakal jadi 'beban' sometime, tapi bakal kebayar lunas lah ya hehe.

    Dari gue sik selain rebranding blog yang kudu dilakukan ya berteman dengan blogger lain. Blogger yang tipenya sama, atau beda juga gak apa-apa sik. Jadi, di blog isinya bisa tek-tok kontennya gitu. Ini sik trik aja Priej! biar pas mentok ide eh dapet dari blognya temen gitu :P

    ReplyDelete
  29. Hi apri, masih inget aku tak? *sok penting
    Dulu aku pernah ikut apa si ya survey konsumen itu
    Duh aku trauma sama adsense nih, pengen konsul tp bingung siapa yg pakar dan duh konsisten suseeh bgt ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anah.. aku masih inget kamu kok :D
      Aku juga belum pakai adsense nih, pernah ngajuin 3 kali dan ditolak semua.

      Delete
  30. Hi kak Aprie, bener blog kakak emang sedang naik perlahan-lahan, dari beberapa rebranding yang akan kakak lakukan mungkin saya akan menambahkan beberapa masukan^^
    1. Kalo dari tampilan blog udah oke ya kak, homepagenya seger : ) udah ada plugin social media kakak, about, popular post (sebaiknya ini diset yang 7 hari itu atau 30 hari itu kak, kalau misal belum), udah ada label juga kalo misal pembaca mau pilih bacaan di blog kakak, ada saran juga sih kaka nyediain sendiri daftar bacaan, kan banyak postingan yang ketilep tuh jadi kan kalau misal ada daftar bacaan, pembaca bisa klik sesuai judul yang ingin dia baca, meskipun mungkin postingan tersebut nggak masuk popular post. Oh iya, kalo dari font menurut aku kurang besar sedikit aja, ya meskipun kita pasti udah ada zoom di browser. Terus warna soft pink yang kakak gunakan untuk link menurutku kurang, jadi kaya pucet. Taglinenya juga kurang tegas warnanya, jadi kaya agak samar.

    2. Blog kakak tidak berat loadingnya, aku coba download gambar sih emang udah nerapin yang dibawah 100kb ya kak? Tapi untungnya gambarnya tetap jernih, suka, jadi tetep seger.

    3. Mengenai Ad di awal judul postingan, gimana kalo ditaruh di paragraf paling akhir postingan itu kak? Misalnya .....[Ad]. Gitu, karena kalo saya sendiri baca postingan yang judulnya mengandung seperti itu biasanya saya skip T.T, padahal isinya belum tentu ngiklan banget kan, kadang ada variasi dari kita sendiri.

    4. Mengenai postingan, mungkin kakak consider buat pengin ke gincu blogger aja. Tapi kalo menurut aku meskipun trafficnya lumayan, ya jadi ngebosenin sih. Maaf heheh cuma pendapat nih kak, atau misal kakak bisa misahin blog gincu dengan yang isinya personal. Tapi kalo pendapatku tetep personal sama beauty blogger. Biar tetep ada variasinya dan juga pembaca pasti : Oh, begini ternyata Aprie, selain suka nulis tentang beauty, pendapat Aprie ke ide tertentu ternyata sudut pandangnya gini. Hmm, mangut-mangut. Oh iya, selain beauty product review, kakak juga bisa nih post make upnya kaka yang dipakai, keseluruhan gitu, misal paduan dari lipstik, bedak, kan pasti bermacam2 produk tuh, jadinya nggak cuma satu postingan 1 produk. Kakak juga bisa share bahan-bahan alami biar kita nggak kena make up mulu, tentu saja selain tampil cantik, kudu tetap sehat, kan?

    5. Then mengenai jadwal yang pastinya akan mempengaruhi kekonsistenan dalam ngeblog. Itu bagus kak, saranku tapi ada jedanya. Jangan tiap hari, jadi kan pembaca pasti akan ada masa “menunggu postingan itu”, yang paling deket menurutku kasih jarak 3 hari. Bervarisi juga kak jangan cuma misal Ad doang, beauty doang. Buku itu bagus, mungkin film juga bisa. Sebagai blogger, kakak pasti udah paham sering bgt tiba-tiba ide muncul, nah kakak catet poin2nya di note hape kakak, biar nggak ilang dan tinggal poles. Yosh!

    Jadi, itu menurutku kak, semuanya sih tergantung Kakak, maaf ya kalo panjang kek postingan,nggak jelas lagi :D

    Email: umi.marfa@gmail.com

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar spam, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup akan saya hapus. Salam. :)

INSTAGRAM