Hati-Hati! Wanita Rentan Terkena Penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK)


Wanita lebih rentan terkena penyakit saluran kemih karena ukuran saluran kemihnya (uretra) lebih pendek daripada lelaki.

Begitu kata dr. Boy Abidin, SpOG(K) di acara Blogger Gathering & Talkshow bareng Prive Uricran dan Blogger Perempuan Network Sabtu lalu. Sebagai anak jurusan IPA saat SMA dulu, saya merasa gagal nggak inget sama sekali pelajaran anatomi tubuh yang membahas tentang perbedaan uretra pria dan wanita tersebut. Oooh.. jadi gini toh kenapa wanita lebih sering kena penyakit anyang-anyangan dibandig pria. Selain itu perubahan hormon yang terjadi pada wanita ketika menopause juga jadi penyebab utamanya.

sumber: https://haedarrauf.wordpress.com

Bukan berarti pria tidak bisa terkena penyakit anyang-anyangan/penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK), ada juga kasus penyakit ISK pada pria yang bahkan bisa lebih parah jika sudah kena kelenjar prostatnya.


Apa sih Penyakit Infeksi Saluran (ISK)?
Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih (ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra). Infeksi saluran kemih dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Infeksi saluran kemih bawah dan atas.

Infeksi saluran kemih bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejala dari kondisi ini meliputi rasa selalu ingin buang air kecil (anyang-anyangan), nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh, dan bau urin yang menyengat. Sedangkan Infeksi saluran kemih atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala dari kondisi ini meliputi nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam. (sumber: http://uricran.co.id)

Kurang lebih 80% penyakit ISK disebabkan oleh bakteri E.Coli yang masuk ke saluran kemih, sisanya adalah gaya hidup seperti kurang minum, tidak menjaga kebersihan organ intim dan toilet, dan penyakit seperti alergi, dehidrasi, diabetes, batu ginjal, dan gangguan prostat.

dr. Boy Abidin, SpOG(K) dan peserta Blogger Gathering yang aktif bertanya 

Banyak dari kita mengira, termasuk saya, penyakit anyang-anyangan adalah penyakit kurang serius yang tidak perlu ditangani secepat mungkin. Padahal kalau diabaikan bisa merembet menjadi penyakit ginjal kronis, atau pada ibu hamil bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Serem, kan?

Tetapi penyakit ISK bukannya tidak bisa diobati. Berdasarkan informasi yang saya dapat dari penjelasan Dokter Boy Abidin, Penyakit ISK sangat bisa dicegah melalui kebiasaan-kebiasaan sehat berikut:

  • Konsumsi air putih minimal 2 liter perhari.
  • Jangan menunda keinginan berkemih (Buang Air Kecil).
  • Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang organ intim.
  • Bersihkan organ intim dari arah depan (lubang kemih) ke arah belakang (lubang anus).
  • Gunakan pakaian dalam yang berbahan katun.
  • Jangan rutin menggunakan Pantyliner. Karena Pantyliner hanya memberikan kesan kering di permukaan organ kelamin saja, tetapi salurannya menjadi tertutup dan menyebabkan organ intim sulit bernafas sehingga menimbulkan keputihan.
  • Rajin mengkonsumsi buah yang mengandung Proantocyanidin (PAC) seperti Cranberry. Karena Proantocyanidin (PAC) dapat mencegah bakteri E.Coli menempel pada saluran kemih

Sayangnya buah Cranberry tidak seperti buah lokal pada umumnya yang mudah kita ditemui di pasar atau di Supermarket besar. Konon di luar negeri pun sulit mendapatkan buah Cranberry. Itu sebabnya, sejak Desember 2004 badan otoritas keamanan makanan Perancis (AFSSA) memberikan persetujuan klaim kesehatan Cranberry untuk membantu mengurangi perlekatan (adhesi) bakteri E.Coli pada dinding saluran kemih.

Perusahaan farmasi Combiphar turut andil menciptakan Prive Uricran yang terbuat dari ekstrak buah Cranberry untuk mengobati penyakit anyang-anyangan yang sering diderita oleh wanita Indonesia.

Di acara Blogger Gatering ini saya kebetulan juga membawa pasangan dan dia penasaran apakah pria boleh mencoba Uricran? Dari penjelasan salah satu staff Combiphar, Prive Uricran aman dikonsumsi siapapun baik itu wanita, ibu hamil & menyusui, maupun pria. Prive Uricran tanpa efek samping, bila dikonsumsi oleh Pria justru akan meningkatkan metabolisme dan dapat mencegah penyakit Prostat.

Setelah dapat penjelasan tersebut, pasangan saya nggak ragu coba Prive Uricran yang rasanya manis dan sedikit asam ini. Rasanya mirip buah anggur. Saya sih suka!


Teman-teman yang butuh Prive Uricran bisa ditemui di drugstore dan apotek-apotek terdekat. Ingat, ya! Lebih baik mencegah penyakit ISK dengan menjaga pola hidup sehat dan mengkonsumsi ekstrak buah Cranberry daripada mengobati penyakit ginjal karena kurang was sama masalah saluran kemih.


Semoga artikelnya membantu! ;)

CONVERSATION

2 comments:

  1. Semoga jangan sampe kena anyang-anyangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga nggak kena, nggak enak ke toilet terus. :(

      Delete

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar spam, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup akan saya hapus. Salam. :)

INSTAGRAM

Instagram

Follow @apriej