Review & Tutorial Contour dengan PAC New Contouring Kit

Disclamer foto produk: karena keterbatasan waktu, saya foto produk saat malam hari. Hal ini membuat warna produk jadi agak temaram / kurang keluar apalagi blush on warna pink BO 01. Sebagai gambaran, warna produk yang sangat mendekati asli ada di foto swatch dengan media tangan saya.

Menyambung postingan dua minggu lalu, saya janji bikin review dan tutorial contouring pakai PAC NEW CONTOURING KIT. So, here we go!

PAC New Contouring Kit

Pepatah bilang, "tak kenal maka tak sayang." Nah, ada baiknya, sebelum saya bikin tutorial contouring, saya review dulu produknya, ya! Supaya temen-temen dapat gambaran juga, dan siapa tau jodoh sama palette ini. 💘


KLAIM PRODUK:

Contouring Kit berisi 8 warna yang terdiri dari  creamy foundation dan blush on, diciptakan untuk contour, highlight dan blush. Creamy foundation cocok untuk contour dan hightlight berat, sedangkan blush on untuk contour dan highlight ringan. Dapat digunakan untuk segala warna kulit.

KEMASAN:

penggemar warna-warna monokrom pasti setuju kalau kemasan produk-produk PAC kece berat! Termasuk Contouring Kit ini. Kemasan karton dan wadah palette berwarna hitam semua. Dove, jadi tidak licin ketika dipegang, pun membuat warna hitamnya semakin elegan.

Namun warna hitamnya bikin kesan dekil karena sisa-sisa produk yang kita pakai bisa nempel ke mana-mana. Ya, bayangin aja warna cream foundation dan powder blush on yang terang-terang itu bisa nempel ke body kemasannya. Tapi dengan begitu Si Pemalas ini jadi rajin bersihin packaging yang belepotan setelah digunakan. Hehehe. *elap-elap*

Saya mendapatkan produk ini saat event PAC x JFFF 2017 di Mall Kelapa Gading 3. Temen-temen yang beli produk ini saat event kemarin dapat potongan diskon sebanyak 20% sekaligus bonus Beauty Blender seperti ini. Lucu, ya? Saya dapat yang warna biru.

Unboxing PAC New Contouring Kit
Unboxing PAC New Contouring Kit

Tekstur Beauty Blender-nya lumayan, usable untuk pengguna contour newbie kayak saya. Saya sudah membandingkan pakai cream contour menggunakan brush VS beauty blender, dan hasilnya lebih mudah pakai cream contour menggunakan beauty blender. Kalau kalian gimana?

Bagian Muka Packaging PAC New Contouring Kit
Penampakan bagian muka packaging PAC New Contoring Kit
Bagian Belakang PAC New Contouring Kit
Penampakan bagian belakang pacakging PAC New Contoring Kit
Pada bagian belakang kemasan kita bisa melihat informasi petunjuk penggunaan masing-masing contour, blush, dan highlight, serta kode produk powder blush on dan creamy foundation.

Powder blush on yang digunakan untuk contour luar bernomor BO 01, BO 02, BO 03, BO 04, urutan nomornya dari warna terang ke warna gelap dengan berat isi masing-masing 3.5 gram. Sedangkan creamy foundation yang digunakan untuk contour dalam bernomor CF 01, CF 02, CF 03, CF 04, urutan nomornya sama seperti powder blush on, dari warna terang ke warna gelap, berat isi masing-masing 3 gram.

Di belakang kemasan karton kita juga bisa melihat informasi produk klaim serta ingredients masing-masing jenis contour.

INGREDIENTS BLUSH ON:
Talc, Methicone, Mica, Titanium Dioxide, Squalane, Ethylhexyl Stearate, Dimethicone, Phenoxyethanol, Polymethyl Methacrylatr, C12-15 Alkyl Benzoate, Chlorphenesin, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Tocopheryl Acetate, Decylene Glycol, Benzophenone-3 (Oxybenzone), Pentaerythrityl Tetra-di-t-butyl Hydroxyhydrocinnamate, Bisabolol, Farnesol, Hydrogen Dimethicone.
May Contain: CI 77491, CI 77492, CI 77499, CI 77019, CI 77891, CI 12490, CI 77742
Mengandung Oxybenzon

INGREDIENTS CREAMY FOUNDATION:
Triisononanoin, Titanium Dioxide, Methicone, Isononyl Isononanoate, Plymethyl Methacrylate, Boron Nitride, Mica, C9-15 Fluoroalcohol Phosphate, Phenyl Trimethicone, Cyclopentasiloxane, Dimethicone Crosspolymer, C30-45 Alkyl Methicone, C30-45 Olefin, Shorea Stenoptera Seed Butter, PTFE, Candelilla Cera, Polypropylene, Tocopheryl Acetate, C20-22 Alkyl Phosphate, C20-22 Alcohols, Phenoxyethanol, Ozokerite, Chlorphenesin, Bisabolol, Farnesol, Pentaerythrityl Tetra-di-t-butyl, Hydroxyhydrocinnamate, Fragrance, Hydrogen Dimethicone, Triethoxycaprylylsilane.
May Contain: CI 77492, CI 77491, CI77499.

Hampir di setiap review produk kecantikan saya selalu kasih pernyataan bahwa saya enggak begitu rewel masalah packaging, lain cerita dengan ingredients a.k.a kandungan produk. Dari ingredients di atas saya cukup lega bahwa produk ini bebas paraben (mungkin mengandung pengawet lain yang tidak terlalu keras), tetapi pada BLUSH ON diberikan statement "Mengandung Oxybenzon" itu mengapa di kemasan karton tertulis peringatan  "hindarkan dari paparan sinar matahari langsung." karena bahan ini reaktif terhadap sinar matahari.

Oxybenzon biasanya ditemui dibeberapa produk sunblock sebagai menangkal sinar UVB, namun ada sangat sedikit kasus menimbulkan reaksi alergi pada kulit yang super sensitif. Logika saya, wanita yang pakai contour makeup pasti bukan wanita pekerja lapangan, selama kerjanya tidak terlalu mobile dan banyak di dalam ruangan, buat saya seharusnya tidak jadi masalah.

TEKSTUR:


  • Wangi: walaupun ingredients tertulis kandungan fragrance, saya tidak mencium adanya wewangian mengganggu. 4 produk blush on tidak ada wangi sama sekali, sedangkan 4 produk creamy foundation punya wangi khas foundation yang lembut.
  • Pigmentasi: keempat powder blush on di PAC New Contouring ini memang diciptakan untuk contour dan highlight ringan yang pemakaiannya cukup diulas sekali-dua kali saja. Ketika saya coba dan merasa warnanya kurang intens, saya pulas sampai berkali-kali, ini menyebabkan serbuk blush on jadi agak fall out di pipi saya. Untungnya bisa disapu pakai kuas makeup. Hehehe... Creamy foundation sekali ulas warnanya sudah keluar dan mudah dibaur dengan beauty blender. Dari percobaan pertama, saya menyimpulkan kalau saya lebih cocok pakai creamy foundation sebagai contour dalam daripada blush on sebagai contour luar / shading karena bikin kesan wajah saya agak dekil. 😄
  • Daya Tahan: daya tahan produk blush on sedang, bisa dipakai 4-5 jam, sedangkan daya tahan creamy foundation bisa agak lama dari itu.

Review PAC New Contouring Kit

Swatch PAC Contouring Kit
Swacth kedelapan warna PAC New Contouring Kit

CARA PAKAI:

Sebenarnya petunjuk pemakaian sudah tersedia di lembar pamflet yang diselipkan dalam produk, cukup lengkap disesuaikan dengan 4 bentuk wajah umum wanita.


Kalau petunjuknya masih kurang jangan ragu untuk nonton tutorial video Youtube. Saya juga coba buat video tutorial yang terlalu sederhana ini. 😆


HARGA:

Harga PAC New Contour Kit sekitar IDR 390,000 bisa dibeli di konter resmi Martha Tilaar dan PAC, Modern Supermarket seperti Matahari Department Store, Sogo, Metro, Centro, dll.

REVIEW:

Adanya produk palette seperti PAC New Contouring Kit ini membantu newbie seperti saya untuk belajar teknik contouring dan strobing. Saya tidak perlu lagi pusing-pusing cari produk blush on, shading, dan highlighter, secara terpisah yang akan membuat pengeluaran lebih mahal. Keempat teksture creamy foundation yang blendable kayaknya bakal lebih mudah habis di banding empat produk blush on-nya. Wanginya juga bersahabat buat saya, ditambah lagi saya suka dengan kemasan produknya yang terkesan "pro" banget. :)))


KESIMPULAN:


  • Saya terkesan sama kemasannya yang sederhana tetapi terlihat pro walau kadang bikin kesan jorok karena produknya bisa belepotan ke mana-mana.
  • Tekstur keempat creamy foundation cukup pigmented, sedangkan tekstur blush on agak fall out ketika diusap berulang-ulang. Wanginya tidak mengganggu, dan daya tahan produk cukup baik 4-5 jam.
  • Free Paraben!
  • Harga yang hampir IDR. 400,000 oke untuk 8 produk yang berbeda
  • Support local brand!

CONVERSATION

12 comments:

  1. Cantik pun Sis foto-fotonya. Btw, link videonya mana, ya? Belum ketemu. *madam rabun*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, Madam... videonya tadi lupa di-embed, sekarang udah ada. :D

      Delete
  2. Wah ada panduannya, berdasrkan bentuk wajah yg beda2. Informasi bagus

    ReplyDelete
  3. Iya bener juga ya. Hampir 400rb tapi dapet delapan biji. Murah jugaaaaa 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itung persatuan produk enggak sampai 50.000, kan? :D

      Delete
  4. Kalau dipikir2 emang lbh terjangkau yg satu paket gini ya mbak.
    Kemarin saya belajar shading masih awut2an hasilnya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga belajar contouring luar awut2an, mbak. Makanya jadi belajar teknik contouring dalam, lumayan dah hasilnya. :D

      Delete
  5. Aihh aku masih belajar contouring, masih pake produk ala-ala wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa.. enggak apa, semangat terus belajarnya! Kalau udah ada rejeki baru beli palet yes. :D

      Delete
  6. Blushnya yang BO-03 pigmented banget aku kaget pas pertama kali coba ke pipi xD

    www.magellanictivity.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wogh.. aku belum coba blush on yang nomor itu. Besok kalau lagi bikin tutorial make up menor pasti coba. :)))

      Delete

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar spam, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup akan saya hapus. Salam. :)

INSTAGRAM