Team Contouring atau Team Strobing?

*Postingan blog ini disponsori oleh Martha Tilaar. Informasi di dalamnya berdasarkan pengalaman yang saya alami. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan membaca disclosure.

Kalau ditanya, "teknik makeup mana yang lebih kamu suka, Contouring atau Strobing?" maka akan saya jawab, STROBING! Bukan karena jago tapi karena saya enggak bisa contouring. 😂


Ada rasa iri sama kemampuan temen-temen yang jago contouring wajah, "kok bisa ya bikin contour perfect banget gitu? Makeup-nya jadi rapi, wajahnya kelihatan tirus, dan cantik. Sedangkan saya, kok malah keliahatan jorok, ya? Warna muka jadi belang-belang enggak beraturan. Entah salah produknya, kuasnya, atau orangnya, sejak saat itu saya hampir enggak pernah contour wajah selain bikin garis hidung. Hahaha.

Saya tetap pengen belajar.

Contouring bukan cuma teknik makeup asal bikin tirus wajah. Banyak ilmunya, Sist! Harus tahu dulu bentuk wajah (lonjong, oval, bulat, persegi, segitiga) sebelum mengaplikasikan produk shading dan higlighter. Iya, contour terdiri dari shading dan highlighter.

Shading adalah produk yang berwarna krem sampai coklat untuk memberi kesan wajah yang dalam/tirus. Sedangkan highlighter adalah produk yang mengandung shimer/gliter berwarna cream sampai putih untuk menonjolkan bagian-bagian wajah tertentu. 

Belum lagi kita harus ngerti teknik-teknik contour: contour dalam dan contour luar. Seiring berjalannya waktu, tercipta juga jenis teknik contour lainnya bernama Strobing yang hanya mengandalkan produk highlighter dan sejenisnya tanpa bantuan shading. Hah! Apalagi itu bedanya? Banyak kali!. :)))

Ribet, memang. But it's really challenging me!


Sejak dua minggu lalu saya lihat beberapa Beauty Influencer Indonesia bikin tutorial contour pakai contour palette merek lokal, PAC. Saya langsung tertarik. Hemmm... Produk itukah yang saya butuhkan selama ini? *mikir dalam hati*

Bak gayung bersambut, saya dan beberapa temen blogger diundang Martha Tilaar untuk datang ke acara PAC x JFFF 2017 di Mall Kelapa Gading 3. Acara di sana selain memperkenalkan produk baru PAC juga ada Makeup Demo bareng Star Irawan dan MUA Rama Jee. Aduhhh.. ada Kakak Star! Jarak Bandung-Jakarta saya bela-belain deh, karena udah kebayang acaranya pasti bakal seru banget. 😃


Sejak awal sampai lokasi, saya enggak ngeh kalau tempat duduk ternyata dibagi menjadi dua tim: Team Contouring dan Team Strobing. Syukurlah emang udah rezeki saya harus belajar Contour, saya masuk ke #TeamContouring yang dibimbing oleh Star. Yay! Sedangkan #TeamStrobing dibimbing oleh Rama Jee.

Acara dibuka oleh perkenalan, lalu penjelasan singkat dan tip-tip teknik contour dari Star Irawan dan Rama Jee. Ini sedikit Tip teknik Contour dan Strobing yang bisa saya salin selama menyimak kedua suhu kecantikan di atas:
  • Teknik Contouring dapat digunakan baik untuk acara tertentu ataupun makeup sehari-hari, hanya kadar produknya saja yang harus diperhatikan.
  • Pada dasarnya Teknik Contouring dan Strobing dibuat untuk menonjolkan bagian wajah yang paling bagus. Misal: Jika hidung kita agak mancung ada baiknya diberi sedikit shading dan highlight agar lebih menonjol, jika tulang pipi kita agak tinggi dapat diaplikasikan dengan Teknik Strobing, jika bibir kita agak besar atau ingin dibuat terlihat besar maka highlighter di atas bibir dan dibagian dagu wajib dipoles.


Setelah Star Irawan dan Rama Jee memberikan demo makeup di atas panggung, kami harus mempraktekan teknik tersebut berkelompok. Bagian ini nih yang seru. Seru banget! Bayangin kami cuma dikasih waktu sedikit untuk mendandani model sampai cantik dan nampol.

Saya dapat bagian teriak-teriak dan dokumentasi aja hahahahaa... kasihan modelnya nih, udah kayak dikeroyok MUA. 😂


Tim kami tentu saja tidak menang #BANGGA, saingan kami Beauty Guru semua yang sudah terbiasa bikin contour #CARIALESAN. Walau enggak kebagian hadiah tetap hepi warbyasaaak.

Model dari #TeamContouring

Setelah demo makeup dan competition, seluruh undangan dan masyarakat yang hadir di panggung Atrium PAC x JFFF 2017 dihibur oleh penampilan Model Catwalk, Dancer, dan penyanyi pendatang baru yang lumayan bikin jerit kaum hawa, Rendy Pandugo.

Bikin jerit, enggak?

Saya bisa ngobrol dan selfie cantik sama Star aja udah girang banget. Kakak Star luar biasa humble, acaranya keren dan menghibur, temen-temen Blogger pun ramai dan heboh selama acara. I didn't expect the event and venue were gonna be this great. Terima kasih ya, Martha Tilaar dan PAC!

Star Irawan!
first, let us selfie :)))

Soon, saya mau review produk PAC New Contouring Kit di blog, ya! Sedikit tips dan tutorial yang saya dapat selama event juga bakal saya praktekan nanti. Semoga ilmu contouring saya yang masih sedikit ini bermanfaat untuk temen-temen pembaca. 😸




Salam,

CONVERSATION

9 comments:

  1. Ditunggu video tutotialnya Aprie

    ReplyDelete
  2. Aaakk, jadi ngefans sama kak Apri nih >_< kok bisa? Entahlah, tiba2 pengen ngefans ajaaa. Suka sama blognyaaaaa. Aaaaakkkk..

    ReplyDelete
  3. Bakalan rajin mantengin blog kak aprie nih buat belajar soal make up :)

    ReplyDelete
  4. Keren banget mba acaranya, kalo saya belum bisa dua-duanya nih hehe tfs ya!

    ReplyDelete
  5. waaa keren banget diundang. aku sendiri sih belum pernah coba strobing? lebih mudah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak harusnya karena cuma pakai highlighter aja. Kalau udah fasih teknik contour, saya bakal bikin video tutorial strobingnya. :)

      Delete
  6. Serunyaaa bisa peluk-peluk Kakak Star 😍

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar spam, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup akan saya hapus. Salam. :)

INSTAGRAM