10 Pasta Cooking Hacks by Chef Joshua & San Remo Indonesia


I've been in love with pasta for long looooong time. Mungkin sejak pertama kali lidah saya nyobain pasta, saya udah jatuh cinta sama masakan Italia satu ini. Inget cerita saya waktu mampir ke Gastromaquia, Restoran Spanyol dengan menu andalan seafood, yang saya cari pertama kali tetaplah pasta. Hahaha. Habis gimana dong, udah kadung cintak. 😋

Jangan ditanya gimana happy-nya saya waktu diajak main, makan, dan masak-masak pasta ke Kitchen Lab San Remo Indonesia, sueneng tidak terkira. Udah kebayang-bayang rasa cream carbonara, keju mozarela, dan berbagai saus pasta lainnya. Nyammm~

Tanggal 18 Januari lalu, kami tiba di PT. Sukanda Djaya, perusahaan yang menaungi merek San Remo Indonesia (dan beberapa merek makanan besar lainnya seperti Diamond Es Krim, Elle & Vire, Kinder Joy, Nutella, Teh Enam Tiga, dan lain sebagainya) yang ada di kawasan industri MM2100 Cibitung sekitar pukul 11 siang. Kedatangan kami disambut hangat oleh Staf PT. Sukanda Djaya dan Chef Joshua. Nah, Chef Joshua inilah Koki andal yang akan mendampingi kita sampai acara selesai.

Salah satu produk Pasta San Remo

Salah satu produk Pasta San Remo

Chef Joshua bukan cuma jago masak pasta, ilmunya soal masak-memasak banyak dan berguna betul (Yaiyalah namanya juga Koki, Sist!) Saking berharganya semua ucapan yang keluar dari mulut beliau, saya catat satu persatu dan melahirkan catatan 10 Pasta Cooking Hacks dari Chef Joshua dan San Remo Indonesia. Hehehe. Apa aja sih kesepuluh Cooking Hacks yang bisa kita aplikasikan tidak hanya untuk memasak pasta tetapi juga memasak menu makanan lainnya? Simak terus ceritanya sampai habis, ya.


Dari dulu, saya sebel banget kalau ada yang bilang pasta adalah makanan junk food. Padahal kandungan karbohidrat kompleks pada pasta jauh lebih baik daripada nasi, bubur, kentang, bahkan umbi-umbian. Pasta yang dihasilkan dari tepung gandum semolina memiliki asam amino tinggi, sehingga tidak mudah berubah menjadi glukosa.

Di sela-sela kegiatannya memasak, Chef Joshua menjelaskan sejarah Pasta San Remo. Mengapa sejatinya pasta yang berasal dari Italia, San Remo justru dibuat di Autralia?

Italia adalah negara yang sangat inovatif tetapi tidak ditunjang oleh sumber daya alam yang banyak. Kebutuhan gandum untuk masyarakatnya sendiri saja kurang dan harus import dari negara lain. Karena latar belakang tersebut, Owner dari San Remo memindahkan pabriknya yang ada di Italia ke Australia. Kualitas Gandum Australia sama baiknya dengan kualitas gandum di italia. Sampai saat ini, Pasta San Remo menjadi No.1 Brand Pasta di Australia, dan premium Brand Pasta di indonesia.

PASTA COOKING HACKS 1: Kadar air yang dibutuhkan dalam memasak pasta adalah 10:1. Itu artinya, jika kita memasak 100 gram pasta berarti membutuhkan 1000 gram air rebusan.

PASTA COOKING HACKS 2: Kualitas pasta terlihat pada lengket tidaknya ketika dimasak, makin lengket maka makin bagus pastanya. Namun ada cara mengakali supaya pasta tidak lengket yaitu menaburi garam pada air rebusan pasta. Selain menambah rasa sedap, garam berfungsi untuk menaikan suhu air. Pasta yang direbus di atas 90 derajat tidak akan lengket.

Chef Joshua akan menjamu kita dengan tiga buah menu variasi pasta yang dibuat dari Pasta San Remo ditambah bahan-bahan masakan di bawah ini. Masakannya belum jadi aja, keliatannya udah sedap betul, ya? *tadahin air liur*


Menu pertama yang dibuat oleh Chef Joshua adalah: Curly Lasagna Pesto Seafood
Lasagna Seafood yang berisi udang, cumi-cumi, dan ikan dori dengan campuran jamur, saus pesto, dan saus tomat. Pecinta seafood dijamin bahagia deh makan ini.

Menu pertama: Curly Lasagna Pesto Seafood

Sambil memasak menu kedua, Chef Joshua berbagi Cooking Hacks cara memasak daging dan salad yang baik.


PASTA COOKING HACKS 3: Tips agar daging merah tidak cepat amis, jangan dicuci! Tips agar daging putih aman dikonsumsi, wajib dimasak sampai matang! Hal inilah yang menjadi dilema para Ibuk-Ibuk, bahkan Chef Joshua sendiri kepada Ibunya. Melumurkan perasan jeruk nipis di atas daging ikan atau sapi sudah menjadi tradisi di Indonesia, padahal SALAH. Daging merah tidak boleh dicuci, apalagi diberi perasan keruk nipis, karena akan merusak tekstur serta membuatnya menjadi gampang amis. Daging merah, termasuk Ikan Salmon, sudah memiliki pelindung bakteri alami. Bakteri pada daging merah hanya ada di permukaannya saja. Kebalikannya dengan daging putih, seperti daging ayam, justru harus benar-benar dimasak sebelum dikonsumsi.

PASTA COOKING HACKS 4: Tips agar sayur pada salad terlihat segar dan crunchy dengan mencuci sayur dengan air es sampai serangga dan kuman-kumannya mengambang, lalu potong-potong sayur yang dibutuhkan menggunakan tangan. Mencacah sayur dengan pisau akan membuat sayur menjadi cepat layu. 


Dari daging dan salad di atas, jadilah menu kedua kita: Thai Beef Small Shell Salad
Sayuran crunchy bercampur dengan pasta, potongan beef, dan saus segar. Di antara ketiga menu yang dimasak Chef Joshua, menu ini jadi favorit saya. Apalagi kejunyanya boleh nambah-nambah. Menang banyak. Huahaha.

Menu kedua: Thai Beef Small Shell Salad

PASTA COOKING HACKS 5: Butter lebih sehat daripada Margarin karena cepat meleleh/tidak tahan panas. Butter cepat meluruh pada suhu tubuh sehingga gampang dibuang menjadi cairan atau keringat. Beda degan Margarin yang membutuhkan suhu lebih tinggi agar bisa meluruh. Margarin dapat hilang ditubuh dengan bantuan olahraga.

PASTA COOKING HACKS 6: Virgin Oil tidak dapat dimasak kecuali sudah dicampur oleh minyak curah masak. Vurgin oil, baik itu virgin olive oil atau virgin coconut oil, menjadi zat berbahaya jika dimasak dan masuk ke tubuh.

Menu ketiga, sekaligus menu terakhir buata Chef Joshua adalah: Salmon Fettucine with Creamy Rocket Sauce


PASTA COOKING HACKS 7: Jangan sering membolak-balik daging yang sedang dimasak. Balik hanya sekali ketiga sisi bawahnya sudah kecoklatan.

Menu ketiga: Salmon Fettucine with Creamy Rocket Sauce

Toping Ikan Salmon di menu ketiga ini rasa kerupuk, garing banget. Piring ketiga bener-bener bikin perut saya kewalahan, tapi Chef Joshua enggak berenti sampai di sini. Beliau masih bikinin kita minuman hot chocolate luar biasa nikmat. NO DIET TODAY *tepok tepok perut*


DEMO MASAK PASTA SAN REMO


Setelah disiksa sama makanan enak, kami ditantang untuk bikin pasta. Seru! Saya satu tim #TeamPenne sama Winda bikin menu pasta bergaya oriental, alias pedes.

PASTA COOKING HACKS 8: Tanda pasta yang sudah matang akan tergulung sempurna di garpu. Cara simple ini dapat digunakan untuk mengecek apakah pasta yang sedang kita masak sudah matang atau belum.

PASTA COOKING HACKS 9: Pasta yang baik ditandai dengan banyaknya kuah/air yang terserap. Jika kuahnya banjir atau kita sebut sebagai "pastanya becek" maka bisa dipastikan pasta tersebut kurang baik kualitasnya.

PASTA COOKING HACKS 10: Cara menyimpan pasta agar tahan lama, rendam pasta dengan air es lalu tambahkan minyak dan simpan di lemari es. Minyak ditambahkan pada akhir proses (bukan ketika merebus pasta).
Gayanya Winda waktu masak pasta. :))

Kami berdua udah yakin banget menang. Selain penampilan pasta kami yang cantik, rasanya juga menyelekit. Hahaha. Tapi... kami enggak menang. 😿


Enggak jadi pemenang pun tetap seneng, sih. Kami dapat banyak ilmu, bisa makan tiga menu enak, dan belajar masak langsung melalui demo singkat. Pulang-pulang langsung pinter, bawaannya pengen masak pasta melulu.


Temen-temen yang pengen belajar masak pasta kayak kami gini, follow dan sering-sering mampir ke media sosial San Remo Indonesia. Di sana banyak banget variasi resep olahan pasta yang enak-enak.

Facebook: San Remo Indonesia
Instagram: sanremoindonesia


Yuk, belajar masak pasta!

CONVERSATION

9 comments:

  1. kamu tetaapp menjadi pemenang di hatikuuhh....
    pasta buatan kita pasta mahaall..cabenya gak nanggung2 :))

    ReplyDelete
  2. Tampilan, blognya baluuuu... canteeeek.... banyak banget ilmunya ya pri buat yang mau belajar masak pasta, jadi kepengen ikutan... nanti ajak-ajak ya

    ReplyDelete
  3. saya suka live cooking kayak gini mbak..we same hobby btw saya juga br aja live cooking disini https://mysukmana.net/2017/01/30/memasak-ayam-bakar-taliwang-bareng-chef-felix-ridwan/ maaf kasih link hidup... :)
    delicious pasta

    ReplyDelete
  4. Kamu main nya jauh yaaa sampai cibitung segala hahaha
    Btw aku kalo di rumah nyetok saos pasta tapi ngak pernah di buat masak, cuman di cocol aja pake sendok hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. dicocol! Dasar Om Cumi Pemalas :)))

      Delete
  5. Pasta itu emang enak sih. Aku pun ke restoran mana saja itu, selalu memesan pasta. Dan bahan-bahan itu segar banget ya Allah

    ReplyDelete
  6. mbak seru banget! aku jadi pengen ikut gini-ginian <3 pasta is one of my fav dish everrrr.

    ReplyDelete
  7. Yayyy dapet ilmu baru! Pasta emang favorit menuku sama suami, kalo ngerti gini ntar makin pinter masaknya makin enak 😍 Thanks for sharing 😘

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar spam, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup akan saya hapus. Salam. :)

INSTAGRAM