19 September 2016

[Ad] Cita-Cita Ke Malang dan Tempat Kongkow Ngehits di Surabaya

*Ini adalah postingan berbayar. Informasi di dalamnya berdasarkan pemikiran dan pengalaman yang saya alami. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan membaca disclosure


Sejak kerja di media, saya jadi banyak kenal orang gila. Not literally orang gila beneran, tapi orang-orang yang selera humornya udah dewa. Leader geng lawak ada di Divisi Reporter dan Fotografer. Mereka memang jarang di kantor karena sebagian besar waktu dihabiskan untuk tugas lapangan, tapi sekalinya ada di kantor berisiknya bukan main! Mulai dari ngelawak, gosipin artis atau berita yang lagi santer, dan ngomongin apa aja yang enggak ada habisnya.

Saya akui, wawasan mereka memang kaya karena keseringan di luar dan banyak interaksi dengan orang. Pernah suatu ketika, obrolan kami membahas tentang kota Malang. Tempat wisata, hotel, kuliner, dan budayanya dikupas sampai dalam. Saya tertarik banget dengernya. Mupeng saya pengen ke Malang sudah dari zaman kuliah dulu, tapi belum juga kesampean. :(

Dari omongan kami soal Malang itu, tekad saya makin bulat "POKOKNYA TAHUN DEPAN MUSTI KE MALANG DAN EXPLORE DAERAH JAWA TIMUR LAINNYA, TERMASUK SURABAYA!" Temen saya bilang, kalau main ke Jawa Timur harus spare budget besar karena terlalu banyak tempat wisata bagus dan transportasi yang agak mahal di banding pelesir ke dearah pulau Jawa lainnya. Oh! *langsung nabung ketat*

Dan dari informasi rekan kerja saya itu juga, kalau ke Malang dari Jakarta sebaiknya pergi naik kereta dan pulangnya naik pesawat dari Surabaya. Di Surabaya, kita bisa explore banyak tempat bagus juga.

Di manapun tempatnya, saya seneng sama destinasi budaya. Mereka menyarankan saya untuk mampir ke Monumen Kapal Selam (Monkasel), Jalan Pemuda, hingga ke Monumen Tugu Pahlawan yang fenomenal ada di buku sejarah sekolah itu ketika mampir di Surabaya. Enggak cuma destinasi budaya aja, catatan saya juga dipenuhi sama tempat-tempat kuliner yang wajib coba. Konon tempat makan dan nongkrong di bawah ini cuma ada di Surabaya.


1. Zangrandi, Sarangnya Es Krim di Surabaya

zangrandi, surabaya
Tampak depan Kedai Es Krim Zangrandi | sumber gambar: surabaya.panduanwisata.id

Zangrandi sudah ada sejak tahun 1930. Kedai es krim milik orang Italia ini sudah laris diburu oleh bangsawan-bangsawan Belanda di masa itu. Rasanya yang “Eropa banget” bikin popularitas es krim ini terus berkembang, terlebih setelah dikelola secara modern oleh manajemen toko yang baru.

Bayanginnya aja serunya makan es krim zaman kolonial ini. Saya jadi pengen bandingin rasa es krim di Zangrandi dan es krim Ragusa yang ada di Jakarta. Kira-kira enakan mana ya?

Kedai es krim yang berada di Jalan Yos Sudarso No.25 Emobong Kaliasin, Genteng, Surabaya ini mulai buka dari jam 10.00 sampai jam 22.00. 

2. Kedai Kopi Espresso Bar (KEIKO), Rajanya Kopi Indonesia

keiko,kopi,surabaya
Contoh Kopi yang ada di KEIKO | sumber gambar: halomalang.com

Kalau tadi ada Zangrandi, es krim Italia dengan tempat yang bergaya kolonial, sekarang saya bahas kedai kopi yang sangat urban dan kekinian di Surabaya, KEIKO namanya. Kedai ini menyajikan racikan-racikan kopi Indonesia yang diolah secara baik oleh barista profesional. Selain kopi, pengunjung juga bisa menikmati camilan yang nikmat dengan harga yang sangat bersahabat terutama untuk kantung anak muda dan mahasiswa. Pantesan aja ramai!

Terletak di Jalan Klampis Jaya No. 25C, bangunan KEIKO terdiri dari tiga lantai. Semuanya didesain dengan apik dan sangat nyaman, lengkap dengan TV, Wi-Fi berkecepatan tinggi, hingga jasa pijat kaki. Lengkap, kan? Emang ikin mupeng #AnaknyaMupenganBanget


3. Liberia Cafe, Tempat Nongkrong dan Baca yang nyaman

liberia,surabaya
Barista di Liberia Eatery Surabaya | sumber gambar: laurangelia.com

Berlokasi di Jalan Raya Ngagel Jaya No. 89, Libera Cafe mungkin tidak sebesar dua tempat yang disebutkan di atas. Namun, Cafe ini punya kelebihan tempat yang nyaman. Jadi siapa aja akan yang datang bakal betah berlama-lama di sini. (Kayak hati ya, kalau udah nyaman bikin betah)

Terus, satu lagi yang bikin Cafe ini menarik dan kepengen saya kunjungi, banyak bukunya! (Doh, udah bikin nyaman banyak bukunya pula. Ngeri enggak mau pulang kalau udah mampir sini).

Yaudah, wish list tempat nongkrong di Surabaya segitu aja dulu. Kalau betah bisa berabe. Hahaha. Bisa bengkak pengeluaran hotelnya nanti. Berhubung Surabaya hanya saya jadikan tempat transit nanti, jadi hotelnya musti yang budget friendly. Untungnya banyak hotel di Surabaya yang murah-murah. Bisa dicari lewat referensi online atau melalui Airy Rooms.

hotel,airy room

Setiap kamar yang ditawarkan Airy Rooms memiliki AC, TV layar datar, shower air hangat, dan Wi-Fi gratis berkecepatan tinggi. Fasilitas lengkap. Harga-harga hotelnya juga masuk budget. Yang paling membantu sih proses check-in gampang dan cepat. Selain bisa check ini melalui websitenya langsung, saya juga bisa pesan melalui aplikasi Android Airy Rooms, customer service, dan WhatsApp. Seru juga nih bisa by WhatsApp. Lumayan irit kuota internet. :D

Perhitungan budget, udah! √  Itenarary di Malang dan Surabaya, udah! √ Tinggal rezeki dan restu Ilahi aja yang belum. Doakan tahun depan rencana saya ke Malang dan Surabaya berjalan lancar, ya! <3

10 comments:

  1. Alhamdulillah udah terlaksana bulan lalu. Target 2 tahun lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga aku menyusul tahun depan. Amin! *optimis*

      Delete
  2. Alhamdulillah, aku sudah terlaksana selama berpuluh-puluh tahun :D
    Hahaha, secara aslinya emang Jawa Timur :D

    www.nyonyanyinya.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih, ngeledek banget dia mah anaknya. -_-

      Delete
  3. Tapi kan kamu bulan depan ke Jepang hihihihi.

    Aku juga pengen ke Malang Prie. Mungkin nanti abis nikah deh ngebolang hehehehe

    ReplyDelete
  4. Ayoo.. Mbak Apri dateng ke kotaku sinii..
    Nanti ak ajakin jalan and hang out sampe ke Malang deh, gratis!
    Ak seneng klo ada yg interested ama Sby as the 2nd biggest city in Ind. Krn emang masi jarang yah yg ngeliput keasikan disini.
    So i mean it, please send me your message through my FB inbox (Dilla Pratiwi) or you can contact through my IG:@dyla_whiteluv. Thanks😊

    ReplyDelete
  5. Ayoo.. Mbak Apri dateng ke kotaku sinii..
    Nanti ak ajakin jalan and hang out sampe ke Malang deh, gratis!
    Ak seneng klo ada yg interested ama Sby as the 2nd biggest city in Ind. Krn emang masi jarang yah yg ngeliput keasikan disini.
    So i mean it, please send me your message through my FB inbox (Dilla Pratiwi) or you can contact through my IG:@dyla_whiteluv. Thanks😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Dilla, terima kasih banyak tawarannya, ya! Semoga saya ada rezdki lekas ke Surabaya. Hehehe.

      Delete

Hai, terima kasih sudah berkenan membaca dan berkomentar di postingan blog saya ini. Salam. :)