24 August 2016

Referensi Produk Makeup untuk Pemula


*Tulisan ini saya ikut sertakan pada program round up post di www.liaharahap.com

Seharusnya postingan ini sudah published sebelum tanggal 21 Agustus kemarin. Saya lupa berat! Maaf ya, Lia. Semoga masih bisa berkontribusi. :D

Awal tahun lalu, saya pernah membuat postingan dengan judul hampir mirip postingan sekarang, yaitu Basic Makeup yang Perlu Diketahui oleh Pemula. di postingan itu, saya memaparkan beberapa informasi mengenai tips sebelum membeli produk makeup dan tren makeup statement untuk temen-temen yang baru mau belajar makeup.

Nah, kalau pada postingan ini, anggap aja part 2-nya postingan kemarin, saya akan sharing produk-produk apa yang sebaiknya dimiliki oleh pemula. Lengkap sama merek dan tipe/shade-nya. Tentunya, produk-produk yang bakalan saya mention nanti sudah pernah saya coba. Dijamin Recommended, Sist!


Jujur, saya belajar makeup itu baru pas awal-awal kerja; pas punya uang sendiri. Berhubung saya anak teknik yang kalau pakai lipstik bisa dinyinyirin satu jurusan, jadilah saya enggak pernah makeupan sampai lulus kuliah. OK, ini edisi curhat, soalnya salut banget sama anak SMA jaman sekarang yang sudah bikin video tutorial makeup di youtube, pro pula! *tepok tangan*

Menurut saya ada 5 jenis produk makeup yang harus banget dimiliki oleh pemula. Minimal pas kondangan atau ada pesta dadakan, kita bisa permak wajah sendiri pakai baby-baby ini. Lain cerita kalau kamu males dan udah menyerah duluan sama makeup, enggak ada gunanya saya nulis postingan ini. Close aja window-nya, Close! *lalu drama*

1. BASE MAKEUP

Dasar makeup terdiri dari: Primer, Foundation, Concealer, dan BB/CC/DD Cream. Harus punya semua, tuh? Enggak harus kok. Sekarang ini base yang paling penting buat saya adalah Concealer. Apalagi kalau wajah kalian belum pernah kena makeup sama sekali, pemakaian base berat bakal bikin jerawatan dikemudian hari. So, mending punya concealer aja untuk menutupi daerah-daerah kurang enak dilihat seperti kantung mata, bekas jerawat, dan belang-belang lainnya. Produk-produk concealer yang saya sarankan adalah:


- Make Over Camouflage Cream Face Conceler
Saya suka produk ini karena isinya lengkap, ada 5 warna concealer yang berbeda sesuai sama kebutuhan. Ada petunjuk pemakaiannya lagi di belakang kemasan. Lebih irit, Sist, beli 1 dapat 5.
- The Face Shop Concealer Dual Veil
Concealer keluaran The Face Shop ini saya juga suka karena multifungsi. Warnanya memang enggak ada 5 kayak punya Make Over, tetapi ada dua jenis concealer di dalamnya: liquid dan bar. Bisa dipakai sesuai fungsi, Ringan diwajah, ada efek dingin, dan yang paling penting tidak bikin muka saya jerawatan.

2. BEDAK

Bedak yang saya gunakan sehari-hari juga bukan bedak berat. Bedak tabur yang sering saya gunakan dan lumayan cocok pada wajah oliy kombinasi saya adalah:

- Marcks Venus Loose Powder No. 01 Invisible
Sulamit Loose Powder Passion Series No. 02 Sincerely Pink

Sesekali saya juga pakai bedak compact powder merek:
PIXY Two Way Cake Cover Smooth No. 03 Natural Cream dan,
Caring Dual Action Cake No More Shine No. 03 Silky Beige
Kesemua bedak di atas ringan buat wajah saya. Berhubung bedak adalah produk makeup yang paling penting karena akan menutup semua pori-pori wajah, pilih yangs esuai sama jenis kulit, ya!


3. BLUSH ON

Wihh.. blush on penting ya? Penting! Dulu sih saya merasa enggak penting-penting amat pakai blush on, sekarang malah ketergantungan. Selain bisa bikin wajah kelihatan segar, blush on bisa menutupi kekurangan dark circle / mata pandaan. Jadinya penglihatan orang enggak langsung ke area mata, tapi juga kebagian wajah yang agak-agak berwarna. Hehehe. Blush on yang saya rekomendasikan:

- Wardah Blush On Seri B
- Caring Colours Luxirious Perfecting Blush Seri Rose Desire
Selain murah, kedua produk di atas punya warna pink yang natural dan cantik.

4. MAKEUP MATA

Produk makeup untuk mata paling saya punya lengkap mulai dari pensil alis, eye shadow, eyeliner, sampai maskara. Karena kalau mata sudah kece, ibaratnya sudah me-makeup setengah bagian wajah. Saya tidak selalu pakai maskara karena malas ribet bersihinnya. Makeup mata wajib saya sehari-hari adalah pencil alis dan eyeliner. Ini dia produk-produk andalan saya:

- Etude House Drawing Eyebrow No. 1
- My Beauty Story Highbrow Eyebrow Micromatic Dark Brown
Saya suka kedua pensil alis di atas karena sudah include brush, memudahkan merapikan alis sebelum dan sesudah pemakaian eyebrow.

Kalau merek eyeliner andalan saya:

- Maybelline Eyestudio Lasting Drama Gel Eyeliner No, 01 Black
- LT Pro Eye Liner Pencil Black

5. MAKEUP BIBIR

Produk terakhir yang wajib dimiliki oleh semua wanita (bahkan beberapa pria) adalah lipstik! Sejauh ini, godaan lipstik adalah godaan terberat belanja makeup. Hahaha. Untuk pemula, saya sarankan memakai lipstik yang melembabkan dengan warna-warna nude yang cantik atau liptint yang memberikan kesan natural pada bibir. Merek yang saya rekomendasikan:


- Wardah Exclusive Lipstick No. 47 Light Rose
- Revlon Matte Lipstick No. 003 Mauve It Over
- Etude House Dear Darling Tint No, 01

Semoga rekomendasi produk-produk di atas membantu ya! Pilih produk yang paling sesuai sama kebutuhan. Jangan lupa banyak baca referensi. Kalau produk-produk yang saya sebutkan di atas tidak tersedia di toko kosmetik, temen-temen bisa beli produk kecantikan online lho. Review-review dari pembelinya membantu banget, biasanya saya jadikan tolak ukur untuk membeli/tidak jadi membeli. Hehehe.

7 comments:

  1. Islam mengajarkan bersoleklah hai para wanita di depan suamimu di dalam rumah, dan janganlah engkau bersolek di depan orang lain apalagi di depan pacar kamu karena setiap wanita ibarat bunga yang bisa dihinggapi oleh semau kumbang. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersoleklah untuk kebahagian diri sendiri wahai perempuan ~~~

      Delete
  2. Alhamdulillaaah...ada semua. Tinggal cara makeknya bener apa engga wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. tutorial banyak. Ayo jangan malas! *cambuk*

      Delete
  3. Jadi ce ribet yaaa hehehe
    Eh tapi co juga sekarang sudah mulai banyak yg melakukan perawatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok.. apalagi kalau goal-nya mau awet muda. Om Cumi gak pakai sunblock sama night cream gitu? :))

      Delete

Hai, terima kasih sudah berkenan membaca dan berkomentar di postingan blog saya ini. Salam. :)