22 May 2016

[Ad] The Legacy Giordano, When Fashion Meet Heritage

*Ini adalah postingan berbayar. Informasi di dalamnya berdasarkan pemikiran dan pengalaman yang saya alami. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan membaca disclosure

Urban fashion disandingkan dengan pernak-pernik kemewahan, tentu sudah biasa. Tapi bagaimana kalau urban fashion disandingkan dengan kebudayaan lokal yang kental? Hmm.. rasa-rasanya jarang, kalau ada paling hanya satu dua.

giordano, the-legacy

Rabu sore, 18 Mei lalu, saya jadi salah satu orang yang beruntung dapat hadir dan menyaksikan kampanye sekaligus grand launching produk terbaru Giordano Indonesia, The Legacy. The Legacy begitu istimewa buat saya karena pada setiap desain dan ilustrasi bajunya mengangkat filosofi dari enam daerah Indonesia yang kental dengan budayanya masing-masing. Keenam daerah tersebut yaitu: Jakarta, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Papua.

Rangkaian acara yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam itupun bukan hanya menyajikan peragaan busana yang membosankan tetapi juga perkenalan dari Abang None Jakarta dan Komunitas Backpacker yang selalu gencar memperkenalkan kebudayaan dan keindahan alam Indonesia dengan caranya masing-masing.

giordano, the-legacy
Penampilan Abang None Jakarta

Abang None Jakarta dengan visi misi sebagai duta pariwisata menyambut antusias kampanye The Legacy by Giordano. Menurut mereka, pendekatan melalui seni dan fashion akan lebih menyentuh generasi muda untuk melek dengan budaya khususnya budaya lokal yang masih jarang kita ketahui.

giordano, the-legacy
Komunitas Backpacker Indonesia

Sedangkan melalui sudut pandang Komunitas Backpacker, kita bisa melihat keindahan-keindahan alam dan budaya lokal Indonesia melalui catatan perjalanan yang mereka tulis. Pembaca, khususnya anak muda, setidaknya kepo untuk turut merasakan pengalaman blusukan ke tempat-tempat baru, mencicipi masakan lokal, menghadiri festival daerah, dan lain sebagainya.

the-legacy, giordano, indonesia
Runni Kurniasari, Product Development Giordano Indonesia

Mbak Runni Kurniasari, Product Development Giordano Indonesia, menambahkan bahwa kampanye yang menggunakan unsur seni di setiap koleksinya mudah sekali diapresiasi anak muda. Oleh karena itu program Local Campaign The Legacy ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya anak muda, akan keberagaman budaya Indonesia yang dituangkan melalui produk pakaian seperti t-shirt, pullover, dress, dan scarf.

giordano, the-legacy, ilustrator, desain
Tiga Ilustrator The Legacy by Giordano. Dari kanan ke kiri: MC, Lala Bohang, Bykai, Resatio

Ilustrasi-ilustrasi pada koleksi The Legasy yang sangat artsy tidak akan terwujud tanpa tangan-tangan kreatif ilustratornya. Ketiga ilustrator tersebut adalah:

Lala Bohang membuat ilustrasi dengan tema The Bubble of Bunakane yang menggambarkan keindahan bawah laut Bunaken, Sulawesi Utara dan Melody Between Chaos yang menggambarkan kota Jakarta dengan kebisingan dan kepadatannya.

Bykai, Si Pembuat ilustrasi Jogja Heritage yang sangat kental dengan warna Batik pada kain selendang dan Papua dengan ilustrasi bergambar wajah asli penduduk papua.

Resatio mendesain ilustrasi Jalak Bali yang menyentil spesies terancam punah di Indonesia dan Hudog yang adalah gambaran festival tari dari sub-etnis Dayak, Kalimantan Timur.

Dari ilustrasi-ilustrasi yang dibuat oleh ketiga ilustrator diatas, saya pun berharap banyak anak muda akan makin melek budaya dan mempunyai keinginan lebih jauh untuk meng-explore bagian Indonesia lainnya.

giordano, the-legacy, dress, pullover
Salah satu koleksi The Legacy, desain dari Lala Bohang (dress) dan Resatio (pullover)

giordano, the-legacy, dress, pullover
Salah satu koleksi The Legacy, desain dari Lala Bohang (dress) dan Resatio (pullover)

giordano, the-legacy, t-shirt, scarf
Salah satu koleksi The Legacy, desain dari Lala Bohang (t-shirt putih dan scraf) dan Bykai (t-shirt abu-abu)

giordano, the-legacy, model, catwalk
Peragaan Koleksi Terbaru Giordano, The Legacy

Saya sebagai pengunjung terhibur sekali sama peragaan busana yang dibawakan oleh model-model di atas. Karena catwalk dan penonton berdiri sejajar, jadi kami bisa melihat dengan sangat dekat ketika koleksi-koleksi The Legacy by Giordano dikenakan oleh mereka. Cakep!

Di acara tersebut tidak hanya penampilan model-modelnya yang menghibur, tetapi juga pertunjukan Doodling dari Doodlear Community Jakarta. Ada pula DJ Performance di akhir acara. Sambil mendengar musik yang dilantunkan Abang DJ, kami bisa icip-icip snack dan selfie bareng pengunjung lainnya.

Sungguh rangkaian acara yang seru. Semoga makin banyak koleksi pakaian Giordano yang mengusung budaya lokal lainnya.

giordano, the-legacy, doodling, doodlear
Doodling di Event The Legacy

giordano, the-legacy, dj, performance
DJ Performance After Party

14 comments:

  1. Ternyata model bajunya bagus ya. Gak kalah sama brand luar. Soalnya selama ini aku kurang suka sama model bajunya Giordano. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Giordano sebenarnya brand luar Li, tapi punya lokal campaign rutin. Jadi lebih menarik ya? :D

      Delete
  2. luchu-luchu banget bajunya. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, apalagi ilustrasinya Lala Bohang. Cute bingit. :3

      Delete
  3. ih gambarnya unik, kreatif dan indonesia banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hu'uh, Mir... beliin aku napa. :(

      Delete
  4. Perpaduan yang unik nih Aprie, fashion dan kekayaan Budaya. Mantappp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh, memang tema The Legacy ini unik. Semoga nanti akan banyak daerah lainnya yang di explore. :D

      Delete
  5. Nah kan...nah kan...modelnya kecee itu...yg rambut pirang..cewe wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang mana? Yang mana? Yang foto pertama kannn? :p

      Delete
  6. Bagus-bagus desainnya.
    Cocok buat oleh-oleh klo ada temen dr luar negeri :).

    http://kireinoclouds2.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boelh tuh mbak, soalnya desainnya cuma ada di Indonesia. :)

      Delete
  7. Itu dress desainnya Lala Bohan kenapa cubanget yaaaakk. Dan mas mas modelnya gak kalah lucu aku salah fokus hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilustrasi anak ceweknya cute ya :D
      Btw, kaaak pung.. itu bukan mas mas, tapi mister mister *ngakak*

      Delete

Hai, terima kasih sudah berkenan membaca dan berkomentar di postingan blog saya ini. Salam. :)