APRIJANTI

story, hobby, and beauty blog

4 Produk yang Saya Gunakan saat Puasa Skincare

Yuhuuu~ saya mau lanjutin postingan sebelumnya, nih. Kalau kemarin saya curhat panjang lebar tentang Puasa Skincare, kali ini saya mau cerita produk-produk apa aja yang boleh/bahkan harus saya gunakan ketika melakukan puasa skincare.

avene, vitacreme-b12, cleanser, sunblock, sunscreen

Menurut Dokter Sarah dari ZAP Clinic, ketika puasa skincare saya harus meninggalkan semua produk skincare (toner, pelembab, night cream/krim malam, serum, essense, BB/CC/DD cream, dan sejenisnya) kecuali sabun pencuci wajah dan sunblock. Kedua produk skincare itu esensial sekali, jadi enggak boleh enggak pakai, ya! Mending enggak pakai makeup deh daripada bersihin wajahnya enggak bener dan ke mana-mana tidak pakai sunblock/sunscreen. Efeknya jangka panjang, Mak! Ngeriii~

Produk-produk yang saya gunakan saat puasa skincare adalah produk drugstore pilihan dengan kandungan yang ringan dan jauh dari bahan kimia berbahaya. Biasanya ada pada produk-produk skincare untuk kulit sensitif.

skincare, avene

Pembersih wajah yang saya gunakan, selain facial foam dari ZAP Clinic, adalah produk-produk dari Eau Thermale Avène. Ketiga produk pembersih wajah di atas ini saya pakai selang-seling. Saya suka banget ketiga produk ini karena ringan, nyaman di kulit, dan bikin ketagihan.

Selain ringan, semua kandungan Eau Thermale Avène cocok untuk kulit sensitif, Hypoallergenic dan Non Comedogenic. Dan memang bener, sejauh ini saya pakai tidak ada efek purging apalagi breakout. Langsung aja yuk bahas produk pembersih wajah Eau Thermale Avène satu persatu.

1.  Eau Thermale Avène Micellar Lotion

Pembersih wajah yang lagi kekinian, Micellar Lotion, saya baru tahu ternyata Avène punya produk ini juga. Sebelumnya saya pakai Bioderma Sensibio H2O dan Bioderma Sebium H2O. Emang dasar gatel, Bioderma-nya belum habis, saya udah colek-colek Si Mungil ini.

Ingredients Eau Thermale Avène Micellar Lotion:

Avène Thermal Spring Water (Avène Aqua), Pentylene Glycol Poloxamer 188, Bisabolol Cetrimonium Bromide Disodium Edta, Fragrance (Parfum), PEG /PPG-14/4 Dimethicone Pentaerythrityl Tetra-DI-T-Butyl, Hydroxhydrocinnamate, Propylene Glycol Sodium Chloride.

Micellar lotion booming karena praktis dan mampu mengangkat kotoran wajah tanpa perlu dibilas, tinggal di tuang ke kapas - oles-oles - kelar! Hasilnya di wajah saya bagus, kotoran gampang keangkat, namun sayangnya Micellar Lotion ini mengandung parfum. Saya agak sensitif sama skincare yang punya wewangian. Walau begitu masih saya pakai sih, selang-seling sama...

2. Eau Thermale Avène Extremely Gentle Cleanser Lotion

Sesuai namanya, Extremly Gentle, Produk ini memang luar biasa ringan dan enaaa~

avene, micellar, lotion, gentle, cleanser

Fungsinya sama seperti Eau Thermale Avène Micellar Lotion, saya gunakan untuk menghapus makeup sebelum mencuci wajah. Dibanding Micellar Lotion tadi, saya lebih sering pakai ini, karena bener-bener tidak meninggalkan kesan berat di wajah dan tidak mengandung parfum. Kemasannya gendut dan kokoh. Teksturnya unik, susah saya gambarkan, tidak cair tetapi tidak terlalu kental, mirip shampo tapi tekstur kentalnya tidak rata. Gimana, tuh?

avene, micellar, lotion, gentle, cleanser

Ketika dioleskan ada sensasi dingin dan menyegarkan. Hasilnya di wajah saya enak banget, padahal cuma pembersih wajah tetapi efeknya kayak habis pakai krim malam, lembut. No purging dan breakout di kulit kombinasi saya. Bakal repurchase kalau habis. Harganya Rp. 288,000 dengan ukuran jumbo 200 ml, saya pikir cukup worth.

Sebenarnya membersihkan wajah menggunakan Eau Thermale Avène Micellar Lotion dan Extremely Gentle Cleanser Lotion saja cukup, tanpa perlu dibilas lagi pakai facial wash/facial foam. Kalau sedang makeupan full, paling hanya menghabiskan 2-3 lembar kapas, wajah sudah bersih. Tapi... berhubung saya agak OCD, bersihin wajah tanpa dibasuh pakai air itu rasanya ada yang kurang. Saya masih membasuh wajah pakai facial foam/facial wash lagi. Hihihi. Double Cleansing biar bersih tuntas!

3.  Eau Thermale Avène Clenance Gel


avene, cleansing, gel

Eau Thermale Cleansing Gel adalah salah satu produk untuk seri wajah oily/berjerawat. Saya pakai sesekali saat minyak wajah lagi lebay-lebaynya. "Wajahnya jerawatan kok enggak pakai skincare jerawat ini terus aja sih?" Jangan salah, wajah saya ini tipe kombinasi, ketika diberi produk skincare khusus untuk wajah berjerawat justru membuat produksi minyak jadi lebih banyak. Jerawat jadi makin subur. Makanya produk khusus berjerawat dipakai hanya sesekali, kalau butuh.

Ingredients Eau Thermale Avène Cleanance Gel:

Avène Thermal Spring Water (Avène Aqua), Water (Aqua), Sodium Lauroyl Methyl Isethionate, Zinc Coceth Sulfate, Polysorbate 20, Sodium cocoamphoacetate, Ceteareth-60, Myristyl Glycol Peg-40 Hydrogenated Castor Oil Citric Acid, Disodium Edta, Fragrance (Parfum), Glyceryil Laurate, Green 5 (CI61570), Sodium Benzoate, Sodium Hydroxide, Yellow 5 (CI 19140, Zinc Gluconate.

hasilnya setelah mencuci wajah menggunakan Cleanance terasa segar dan sedikit kesat (itulah mengapa saya tidak menggunakannya setiap hari). Lagi-lagi yang tidak saya suka adalah wewangian parfumnya. Padahal seri produk ini dan tonernya cukup OK lho, tapi kenapa oh kenapa ada wanginya? :(

4. Vitacreme B12 Day Cream Sun Protection SPF 30++


sunscreen, sunblock, vitacreme-b12, sociolla

NAH INI DIA! Salah satu produk favorit saya juga. Sayangnya saya pakai cuma seminggu saat puasa skincare. Karena sebelumnya saya pakai sunblock khusus dari dokter kulit terdahulu, dan sekarang pakai krim perawatan dari ZAP Clinic yang sudah mengandung Sunblock.

Waktu transisi puasa skincare kemarin, kenapa saya tidak disarankan untuk tetap memakai sunblock dari dokter terdahulu? Karena kandungan SPF-nya terlalu tinggi. SPF semakin tinggi semakin baik menangkal radiasi, namun semakin berat pula di wajah. Untuk kulit berminyak atau kombinasi sebaiknya menghindari sunblock/sunscreen harian dengan SPF tinggi, kecuali untuk traveling.

Saya sempat bingung juga cari produck sunblock baru yang murah dan cocok, untungnya Sociolla Freebies bulan lalu berisi Vitracreme B12 Day Creme Sun Protection. Alhamdulillah... cocok banget! Teksturnya ringan, tidak lengket, cepat meresap, ada sedikit kesan gerah 10 menit pertama pemakaian, setelah itu baik-baik saja, ditimpa pakai loose powder atau bedak padat juga masih OK.

sunblock, sunscreen, vitacreme-b12


Ingredients Vitacreme B12 Day Cream Sun Protection:

Water (Aqua), Ethylhexyl Salicylate, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Dibutyl Adipate, Butylene Glycol, Diethylamino Hydroxylbenzoyl Hexyl Benzonate, Glycol Distearate, Methylene BisBenzotriazolyl Tetramethylbutylphenol, Caprylic/Capric Triglyceride, PEG-100 Stearate, Ethylhexyl Triazone, Titanium Dioxide (CI 77891, Panthenol, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Benzophenone-3, Cetearyl Alcohol, PVP/Eicosene Copolymer, Allantoin, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Tocopheryl Acetate, Cyanocobalamin, Hydrated Silica, Aluminum Hydroxide, PVP, Dimethicone, Cetyl Phosphate, Xantham Gum, Magnesium Aluminum Silicte, Carbomer, Dimethoxydiphenylsilate,/Triethoxycaprylylsilane, Crosspolymer, Disodium EDTA, Triethanolamine, DMDM Hydantoin, Iodopropynyl Butylcarbonate, Fragrance (Parfum).

Yang saya suka dari Vitacreme B12 Day Creme Sun Protection:

  1. Banyak mengandung Vitamin: B5, B12, C, E
  2. Mengandung UVA UVB filter solar
  3. NO Paraben dan bahan kimia berbahaya lainnya
  4. NO parfum
  5. Waterproof

Itu tadi keempat produk yang saya gunakan ketika puasa skincare. Pertama adalah pembersih yang selalu saya kombinasi (ada saatnya double clensing, ada saatnya pakai facial wash/foam khusus kulit berminyak). Kedua, yang paling esensial, sunblock atau suncreen. Simple kan? Cuma butuh dua jenis produk. Semangat berpuasa skincare ya!

Comments

  1. Tos! Waktu puasa aku juga pake si vitacreme hihi

    ReplyDelete
  2. Kalau puasa skin care bole bedakan gak sih 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya boleh, Mba. Aku kadang masih makeupan pakai blushon, eyeluner, lipstick, sama pensil alis. :))

      Delete
  3. Wah, aq br tau produk avene ini *kemana aja neng hahaha* Bagus ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus, aku suka banget Extremely Gentle Cleansernya.

      Delete
  4. Aku tiba-tiba jadi pengen puasa skincare juga....

    ReplyDelete
  5. Aku kebayang Eau Thermale Avène Micellar Lotion itu adem dingin lembab gimana gitu hihihihi. Tapi bener Aps, kalau pake milk cleanser better bilas lagi pake sabun biar bersih tuntas tas tas tas hihiihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. tapi kalau malasnya kambuh kafang tinggal bobok juga. :(
      *untung micellar lotion-nya ajibb :p

      Delete
  6. hallo kak..btw pas lg puasa ini pake facial washnya apa yaa..trs smpe skr msih pake cream dr zap nya ga..ak lg mo nyoba ke zap ni soalnya lg purging gegara nyoba skincare br..:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, waktu itu saya pakai facial wash Clinique anti blemish solution & Eau Thermale Cleansing Gel bergantian.

      Sekarang saya pakai facial wash cetaphil dan enggak pakai cream dari zap lagi. :)

      Delete
  7. brrti cream yg dr zap ga bkin ktergantungan yaa..klo nnti kt mo berenti ga bkal kusem or purging lg..

    ReplyDelete
  8. kak puasa skincare sampai berapa lama ? itu ga pake masker dll sama sekali ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1-2 minggu aja shayy.. aku cuma pakai 4 produk yang disebutin di atas. Produk-produknya disesuaikan aja sama jenis kulitnya :)

      Delete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog Aprijanti.com

Saya membaca setiap komentar yang masuk. Jika ada pertanyaan penting, mohon untuk cek kembali balasan saya pada postingan ini, ya! Mohon maaf untuk setiap komentar dari unknown, spam, pornografi, judi, caci maki, dan komentar yang memiliki link hidup, akan saya hapus. Salam! :)