15 November 2015

Piknik di Taman Suropati


Sabtu kemarin saya dan geng piknik santai di Taman Suropati. Sebenar-benarnya piknik, kami duduk-duduk di Taman sambil mengobrol apa saja dari petang sampai tengah malam. Mulai dari Taman riuh dengan suara tawa anak kecil dan ragam komunitas sampai dengan kegaduhan sirene polisi yang menertipkan parkir liar dan pedagang kaki lima di sisi Taman. Kami juga tidak lupa membawa alas bercorak vintage, bekal makan dan kudapan yang berlimpah serta mengenakan pakaian yang cerah agar menambah keceriaan piknik.

Piknik itu asyik tetapi tidak instan. Apalah arti piknik jika kita berpikir akan mudah mendapatkan semua hal yang patut dipersiapkan sebelumnya di lokasi piknik. Untungnya saya punya teman-teman yang tahu peran masing-masing untuk menghidupi piknik santai kita ini. Berikut hal-hal yang kami persiapkan sebelum tikar digelar.




● Bekal Makan
Bekal makan kami begitu berlimpah. Saking berlimpahnya, masih ada beberapa sisa makanan yang kami bawa pulang kembali. Kami sama sekali tidak jajan di tempat. Kami bersyukur punya teman yang jago masak dan rela bangun pagi untuk mempersiapkan bekal makan seperti Mie goreng instan, Pizza mie, Roti bakar coklat keju, dan Buah-buahan. 


● Camilan
Makanan besar saja tidak lengkap. Percayalah. Makanan ringan seperti Ciki-cikian, Jus kemasan, Kopi dingin dan Buah akan menambah semarak piknik di Taman.

Piknik, Taman, Suropati, Bekal, Makanan, Bento
Bekal makan piknik kami

● Properti
Perlengkapan yang kami bawa ke Taman adalah sebagai berikut:
  1. Alas. Alas kami sudah begitu bagus, hanya saja kurang lebar untuk diduduki 6 orang. Jika peserta pikniknya banyak, saya sarankan untuk membawa alas yang lebar. Duduk-duduk di alas saja bisa menyebabkan keram. Alas yang lebar memungkinkan kita untuk selonjoran bahkan tidur-tiduran.
  2. Pisau untuk memotong makanan
  3. Gelas Plastik
  4. Tisu kering atau tisu basah
  5. Topi atau kipas tangan jika tidak kuat dengan hawa panas
  6. Tempat sampah
Selembar kantong plastik besar sudah cukup untuk menampung sampah dan membuat kita menjadi manusia bermartabat dengan tidak membuang sampah sembarangan.


● Kostum
Kenakanlah pakaian yang cerah dan ceria ketika piknik. Baju-baju warna pastel dengan alas yang berwarna-warni akan kelihatan cantik ketika di foto nanti.

Selain digunakan untuk piknik, Taman Suropati ramai sekali dikunjungi orang untuk olahraga, dikunjungi pasangan yang sekedar nongkrong, dan keluarga yang mengajak anaknya main balon busa. Kalau malam minggu begini, banyak sekali komunitas yang datang dan berkumpul. Seperti Komunitas Anjing, perkumpulan Musik dan Seni Lukis, sampai fans JKT48.

Piknik, Taman Suropati, Menteng
Pasangan yang sedang santai di Taman Suropati

Piknik, Taman, Suropati, Menteng
Komunitas Anjing

Piknik, Taman, Suropati, Menteng
Kamunitas Musik dan Seni Lukis

Jika sinyal datamu buruk, Taman Suropati menyediakan Wifi berbayar. Menurut teman saya, biayanya lima ribu rupiah per register. Tetapi tidak ada dari kami yang menggunakan fasilitas Wifi berbayar tadi, jadi kami tidak tahu kualitas sinyalnya seperti apa.

Piknik, Taman Suropati, Menteng
Tempat sampah di Taman Suropati

Piknik, Taman, Suropati, Menteng
Sayangilah Tanaman :)

Piknik, Taman, Suropati, Burung, MerpatiPiknik, Taman, Suropati, Menteng

Kami bersiap-siap pulang sekitar pukul 10 malam, sampai waktu itu Taman Suropati tidak juga menunjukan sepi ditinggal pengunjungnya. Bahkan kendaraan yang parkir dan pedagang kaki lima kembali memenuhi sisi Taman. Ini malam minggu, semua orang perlu piknik. Jangan sampai ada yang bilang. "sepertinya kamu kurang piknik," hari senin nanti. Hehehe.

Piknik, Taman, Suropati, Mentreng, Malam
Piknik anti bosan dari petang sampai tengah malam

30 comments:

  1. Ya ampun, beneran piknik-piknik cantiik kaya di katalog Tupperware. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha.. ngakak saya baca komennya. Katalog Tupperware, really? *tersanjung bingit*

      Delete
  2. Wah keren ini pikniknya pri!!! Pengen banget bisa piknik di taman kayak gini. Andai deket sama rumah...
    Pikniknya di rumah dulu aja deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari taman yang deket sama rumah aja, Ndine..

      Delete
  3. Dari petang sampai tengah malam mbak -_- tapi seru juga sih ya :' aku udah lama nggak piknik gitu mbak :'

    ReplyDelete
  4. Wah, aku suka piknik Apalagi sambil main ukulele, hihihi :)

    ReplyDelete
  5. piknik bawa buku, pasti bukunnya gak sempat dibaca deh itu

    ReplyDelete
  6. Waaaa sru banget. Keren bisa kepikiran piknik gitu di Jakarta.

    ReplyDelete
  7. Piknik tidak harus jauh berkendara.
    Tulisan ini membuktikan bhw piknik di taman (Suropati) dalam kota, tak kalah mengasyikkan.
    Lihat sajaaa gelaran tiker cantiknya yg dipenuhi "bekel piknik" ... seruuunyaa ..!

    Salam kenal mba, boleh niy ajak2 yah next picnic nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget! Hahaha. Boleh nih kita open picnic. :))

      Delete
  8. ihh kayaknya seru bangettt,, aduh aku jadi nyidam piknik, suropai tamannya bagus yaa,, kyaknya bersih banget sampe ada yg tidur dibatu refleksi hehe..
    abis ini ngajakin suami piknik ahh,, tapi mikir dulu dimana hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, Suropati Tamannya bersih. Maklum lokasinya berdampingan sama banyak tempat penting. Hehe. Selamat piknik, ya!

      Delete
  9. Gak kepikiran buat piknik ditaman
    sepertinya seru juga piknik ditaman :D

    ReplyDelete
  10. wah boleh juga nih piknik di taman suropati. Tempatnya keren2 n banyak komunitas seruuu. boleh nihh :D

    ReplyDelete
  11. tuh hewan2 dikasih makan sampah, kasiannya, *.*
    ajak2 dong

    ReplyDelete
  12. Asik banget memang taman yg satu ini sejak ditata rapih bnyak yg jualan juga kalau lapar tinggal beli deh ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup betul, mbak! :) saya paling suka tahu gejrot di sana.

      Delete
  13. wahh tamannya buka sampai malam keren... bandung im comiingg......

    ReplyDelete
  14. Seru juga ya piknik di ibu kota..apalagi kalau ditemani komunitas musik..hehe jadi hiburan gratis.. Komunitasnya yg dateng ada jadwalnya gak ya mbak? Biar bisa di pas in..hihi. Salam kenal ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Mbak Ayu. Biasanya komunitas musik dan lainnya sudah pada kumpul sejak Sabtu siang di Taman Suropati. Ramai sampai malam. :)

      Delete
  15. Hai Aprie, ini Lia. Makasi ya udah ditunjukin jalan naik busway di blok m hihihi.

    Kmrn aku ke taman suropati juga. Aku bru tau kalo bisa piknik. Seru jugaaa. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Lia. Hati-hati di jalan ya. Sampai ketemu di acara blogger lainnya. :))

      Delete
  16. waaa jadi pengen ngajak anak2 piknik di sini..

    Aprieee.., makasih tipsnya yaaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Zata.
      Banyak kok anak-anak yang main balon air di dekat patung air mancurnya. :D

      Delete
  17. kyanya makanan dan alas banyakan makanan nya yaa .. atau kekecilan alas ? hahaha mau juga piknik bareng gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua-duanya, Mbak. Makanan kami berlimpah tapi alasnya kekecilan. :)

      Delete
  18. wah, aku gak pernah sampai jam 10 malam di sana... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam 10 malam di sana masih seramai jam 8 malam, Mba. :)

      Delete
  19. ehh memang boleh ya mba piknik di taman gitu hehehe.. aku gak tau nih.. tapi kalau boleh, asik juga tuh piknik di taman bareng bareng temen asmbil gelar tiker hihihii.. *malu gak yaaa* ^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dong.. Jangankan piknik, Bobo-boboan di batu refleksinya aja boleh. :D

      Delete

Hai, terima kasih sudah berkenan membaca dan berkomentar di postingan blog saya ini. Salam. :)