20 November 2015

7 Kebiasaan Murah yang Menyehatkan

Makin ke sini tren hidup sehat semakin banyak peminatnya, khususnya masyarakat urban Ibu kota. Di mulai dari komunitas sepeda fixie pada tahun 2012 lalu, memunculkan banyak komunitas olahraga lain seperti lari dan yoga. Lalu yang paling happening sekarang, fenomena diet serta menjamurnya katering sehat. Ternyata sadar hidup sehat sudah menjadi pilihan bahkan menjadi hal lazim yang terus berlanjut.

Terlepas dari tuntunan untuk menjadi sehat atau hanya menjadikan tren hidup sehat sebagai gaya semata buat sebagian orang, buat saya pribadi tren ini mendatangkan kegembiraan. Pasalnya saya tidak lagi dianggap sebagai orang yang sok sehat sendirian. Dengan banyaknya komunitas yang bisa saya pilih dan ikuti, kegiatan lari menjadi menyenangkan dan pola makan food combining menjadi lebih semarak karena sudah banyak pengikutnya.

Sebenarnya banyak cara murah dan gratis yang bisa diterapkan untuk menyehatkan jiwa dan raga. Cara-cara murah itu saya sebut sebagai "merubah kebiasaan". Berikut kebiasaan-kebiasaan yang sudah saya terapkan dan masih saya usahakan sampai saat ini.


1. Bangun Pagi
Kalau Anda orang terdekat saya pasti akan tertawa, seorang Aprie punya cita-cita bangun pagi? Wong tidur saja hobi. Kalau enggak terpaksa harus bangun, ya, saya bisa nempel di kasur sampai besok paginya lagi. Sejak kantor saya menerapkan peraturan denda Rp. 15,000 bagi karyawan yang telat, saya mau tidak mau harus bangun lebih awal. Terbukti manfaat bangun pagi saya rasakan setelahnya, badan saya jadi segar dan jam tidur saya jadi teratur. Dengan bangun lebih pagi otomatis saya jadi sulit begadang – jam 11 malam bawaannya mata sudah berat – ngantuk – tidur – lalu bangun lebih pagi, Begitu siklusnya.


2. Tertawa
Beruntungnya kamu jika lingkungan terdekat seperti rekan kerja, teman akrab dan keluarga punya selera humor yang bagus. Dengan tertawa, banyak emosi negatif menjadi mudah lebur. Menurut situs helpguide.org ini, tertawa bermanfaat untuk meningkatkan imun, penghasil hormon endorphin alami, dan menyehatkan jantung karena memacu laju pompa darah menjadi lebih cepat. Untuk memancing tawa, saya suka baca komik dan nonton film humor, bisa bikin awet muda. :)
 


3. Menangis
Kebalikan dari tertawa tadi, ternyata kegalauan dan stres yang disalurkan dengan menangis bermanfaat sama baiknya dengan tertawa. Asal tidak berlebihan, menangis punya efek seperti dielus pasangan, menenangkan dan melegakan perasaan. Saya kadang sengaja menangis dengan membaca cerpen sedih atau nonton drama korea, tujuannya untuk membersihkan mata area dalam. Kotoran dan racun-racun yang dihasilkan dari makeup di sekitar mata bisa keluar alami dengan menangis.


4. Makan & Minum
Nah, ini kebiasaan yang paling susah saya terapkan! Memilih makanan dan minuman yang sehat. Susah banget menghalau godaan fast food atau makanan kemasan menggoda iman. Saya bukan penggemar minuman kemasan, apalagi bubble tea yang manisnya tiada tara, tapi kalau disuguhi french frieschicken wing atau pinggiran pizza, susah juga nolaknya. Sebagai penebus dosa dari makanan berkedok enak itu, tiap pagi saya rutinkan makan buah dan banyak minum air putih.




5. Puasa
Sepertinya saya tidak perlu lagi menjabarkan manfaat puasa satu persatu saking banyaknya. Ketimbang disuruh diet, saya lebih memilih puasa sebagai jalan untuk menurunkan berat badan yang sudah berlebihan. Daripada diet tidak sehat yang bisa berefek menambah gula darah, seperti diet OCD yang belakangan ditinggal penggemarnya, mending puasa.


6. Berjalan
Entah mulai kapan saya sudah senang berjalan. Kalau ada yang tanya jarak kepada saya, dan saya bilang dekat, kebanyakan si penanya bakal protes, "katanya tadi dekat, ternyata jauh begitu! Mending naik angkot sebentar." Kebiasaan berjalan kaki membuat saya tidak terlalu memusingkan jarak tempuh. Jika lokasi yang dituju hanya beberapa ratus meter saja, kenapa tidak berjalan kaki?

Fenomena Gojek yang saya manfaatkan ketika promo kemarin, membatasi kebiasaan berjalan kaki saya dari shelter busway ke kantor (kurang lebih 1 km). Badan saya rasanya malah jadi lebih capek dan enggak nyaman. Syukurnya, kebiasaan bangun pagi di awal tadi otomatis menyebabkan saya meninggalkan fasilitas Gojek. Saya kembali naik angkot dan Busway. Dengan kaos oblong, legging dan sepatu lari, saya berangkat ke kantor walau sebagian rekan saya mencibir, "abis jogging?" Saya tidak terlalu peduli yang penting badan segar berkeringat.



7. Berlari
Ini olahraga favorit saya, karena dalam berlari tidak membutuhkan skill apapun. Setiap yang punya kaki pasti bisa berlari. Yuk, manfaatkan waktu luang dan kesempatan mumpung badan masih tidak liat untuk dibawa berlari. Pelan-pelan tapi pasti. Dulu saya sering ikut event lari karena menggumpulkan piagam di rumah itu kelihatan keren. Sekarang saya pikir sungguh sayang mengeluarkan uang untuk tiket event lari, lebih baik uangnya dikumpulkan untuk dibelikan sepatu lari baru. Lumayan jadi punya beberapa.

Demikian 7 kebiasaan murah yang saya terapkan sebagai gaya hidup sehat. Siapa tahu teman-teman punya kebiasaan sama, atau ada kebiasaan lain yang rutin dilakoni? Bisa cerita di sini.

21 comments:

  1. Setuju dengan poin 4, memilih makanan sehat emang susah. SOalnya makanan sehat identik dengan rasa yang kurang enak :/

    ReplyDelete
  2. Setuju dengan semua pointnya.
    Cuma belum rajin yang puasa euy, cuma pas bulan ramadhan aja puasanya 😢

    ReplyDelete
  3. Saya setuju point 2 dan 4, yang lainnya saya setujui juga, tapi setengah-setengah. 😁😁😁😁

    ReplyDelete
  4. Aku masih nggak bisa lari doang.. Gatau kenapa dari dulu aku nggak suka lari dan lemot banget kalau lari xD
    Gantinya aku jadi senam aja. Eh kaci gak sih kalau diganti gitu olahraganya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah, yang penting badan gerak jadi tulangnya kuat. :D

      Delete
  5. semua setuju.... cuma kalo olah raga emang aku kurang..
    ga tau males aja... padahal itu buat kesehatan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Biar badannya kenceng. Jalan santai di area rumah tiap weekend mungkin bisa jadi alternatif :)

      Delete
  6. fastfood sesekali boleh lah, hehe biar ada usaha untuk olahraga karena feeling gulity abis makan fastfood :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Iya, betul juga. Saya feeling guilty melulu tapi kadang lupa makan banyak sayur dan buah banyak minum air putih setelahnya :p

      Delete
  7. saya baru tahu ternyata menangis juga bisa bermanfaat untuk kesehatan :)
    TFS mba apri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau saya memanfaatkan menangis buat ngeluarin kotoran makeup. :D

      Delete
  8. Ternyata buat sehat ngga harus repot yah... Nangis juga baik buat kesehatan ya? Makin sering patah hati, makin sehat dong ... hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kok ya pada demen nangis? Awas, nanti kebanyakan malah bengkak matanya. :))

      Delete
  9. Setuju banget sama semua point yg mba tulis, dan yg sering aku lakuin ,tertawa sekalian berlari *dari kenyataan dia yg sdh bisa move on xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Sedih, tapi kok ya saya ikut ketawa. Tabah, ya. xD

      Delete
  10. hahaha bangun pagi juga berat banget nih buat saya. Kewajibanlah yang memaksa saya untuk terus bangun pagi :D

    ReplyDelete
  11. ini bukan cuma kebiasaan murah tapi hampir gratis semuanya :D

    ReplyDelete
  12. Denda 15 ribu/hari lumayan juga yaaaa, gw inget dulu dikantor ada kebijakan, menghilangkan uang kerajinan 150ribu/minggu kalo sampai telat max 15 menit dalam sebulan. Jd lumayan hilanng 600 ribu kalo telat #Berasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum lagi kena SP kalau telat seminggu berturut-turut. Banyak amat sampe 600 ribu? Udah bisa kelayapan ke mana-mana itu. :)))

      Delete
  13. Memang hidup sehat itu sebenarnya lebih murah dan lebih sederhana ya :)

    ReplyDelete
  14. Baru tahu kalau makan buah dan minum air putih bisa menebus dosa karboholic.
    Sungguh menginspirasi, kakaaa,
    Terima kasih yaaa...
    Muuuuaaaccchhh!

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkenan membaca dan berkomentar di postingan blog saya ini. Salam. :)