30 August 2015

#1Bulan1Buku Lagu Lama Berulang Lagi, Sebuah Hobi

Terima kasih banyak untuk partisipasi teman-teman yang sudah ikut Giveaway ini.
Pemenang pada Giveaway ini adalah Tira Soekardi dengan postingannya:
Nantikan Giveaway-giveaway yang akan datang, yah. Salam!
---------------------------------------------------------------------------------------------------- 

Dibanding hiburan lainnya seperti novel, film, dan game, akhir-akhir ini saya lagi kecanduan komik di aplikasi Weebtoon. Tiap ada waktu senggang, saya pasti sibuk sama handphone—bacain satu per satu komik terupdate di sana. Orang-orang di kantor dan di rumah sudah bosan dan terbiasa melihat tabiat saya seperti itu, "komik lagi, komik lagi." kata mereka. Ya, namanya juga hobi.

Hobi baca dan koleksi komik sudah saya tekuni jauh lebih lama dari saya mengenal Webtoon sekarang ini. Saya ingat ketika Bapak membelikan buku bergambar untuk pertama kalinya, kalau tidak salah kelas empat Sekolah Dasar, beliau membelikan saya dua buah majalah komik Donal Bebek. Sejak saat itu saya jadi sering mampir ke rumah tetangga yang mengoleksi majalah Bobo. Saya juga sering mampir ke rumah tetangga lainnya—suami istri yang berjualan di kantin sekolah dasar—mereka selalu membawa pulang sepaket buku cerita lama limpahan dari perpustakaan sekolah untuk anak-anak wanita mereka. Mereka harap kedua anak mereka yang umurnya tidak terpaut jauh dari saya bakal suka dibawakan buku cerita, nyatanya saya lebih sering lancang membuka simpul tali tumpukan buku tipis itu. Dua hari sekali saya mampir ke rumah mereka untuk menukar judul baru. Begitu terus menerus sampai bukunya habis saya baca semua.


Angkatan saya pasti ingat, jaman dulu setiap pembelian satu box susu Dancow ada hadiah satu buah komik kecil berwarna kuning di dalamnya. Saya tidak terlalu suka susu tetapi ketika dapat hadiah komik rasanya senang betul. Mulai dari membaca komik, saya menjadi gemar membaca cerita pendek bergambar. Menjelang dewasa kegemaran saya upgrade lagi ke bacaan yang lebih panjang. Biasanya di dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia ada cerita pendek yang diselipkan berhalaman-halaman panjangnya, mereka pasti sudah rampung saya bacai semua sebelum Bab pada buku itu mulai dipelajari di sekolah. Ketika SMA saya kembali mengoleksi komik, komik Jepang, berlanjut sampai kuliah. Tetapi ke sininya saya jadi malas beli komik karena merasa uang yang dibayarkan lebih baik dibeli buku yang agak tebal seperti novel, biar enggak cepat habis dibaca, begitu pikir pelit saya.

Kegemaran saya membaca novel mulai dari Teenlit, Chiklit, Modernlit, sampai akhirnya saya menemukan jenis novel favorit, tidak membuat saya melupakan komik. Komik buat saya adalah gerbang pertama munculnya minat saya pada bacaan. Kalau bukan karena komik, saya pasti tidak bakal menemukan kenikmatan membaca seperti sekarang ini. Dan manfaat-manfaat lain dari membaca yang tidak perlu saya sebutkan satu persatu.

Giveaway kali ini intronya panjang sekali, ya? Sudah telat beberapa hari, panjang pula! Maklum saya sedang sibuk baca Webtoon. Hehehe.

Karena saya lagi gemar-gemarnya baca komik lagi, maka hadiah Giveaway bulan ini adalah satu buah komik terbaru karya Benny Rahmadi berjudul Lagu Lama Berulang Lagi. Saya pikir tema Giveaway kali ini (di pas-)PAS(-in) sama judul komiknya. Lagu Lama Saya Hobi Baca Komik Berulang Lagi Sejak Ada Aplikasi Webtoon di Android.

Teman-teman semua juga pasti punya hobi atau kebiasaan lama yang terlupakan, atau rutin dijalani sampai sekarang, kan? Nah! Saya mau tahu itu. Saya mau lihat postingan blog kalian mengenai hobi atau kebiasaan apapun yang seru. Syukur-syukur mendatangkan banyak manfaat buat kebidupan. Cerita yang terpilih nanti berhak saya kirimkan komik satir mengenai keadaan Indonesia saat ini. Lucu dan perlu dibaca!


Batas waktu menulisnya sampai tanggal 13 September. Kalau sudah menulis, jangan lupa bagikan link tulisanmu pada kolom komentar postingan ini dan juga lewat akun twitter saya @aprieJ. Sertakan juga alamat email aktif & akun twittermu yang bisa saya hubungi.

Mari mengingat-ingat hobi lama kembali!

12 comments:

  1. Whuaa .... ada hadiahnya nih! hihihi

    ReplyDelete
  2. harus berkaitan sama komik/webtoon apa nggak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak harus Mbaknya. Bercerita saja tentang hobi lama yang kembali digeluti, atau hobi yang dari dulu ditekuni. Bebas.

      Delete
  3. anjrit hadianya bukunya benny, ajiiiiib....
    btw mang lo angkatan brp pri?
    *kepo

    ReplyDelete
  4. Ayo dong Om Yandhi ikutan!
    Kita mah masih muda, yah seangkatan Nabilah JKT48 gitu deh. :)))

    ReplyDelete
  5. Ante Aplie, ini aku ikutan yaaa: http://ikafff.blogspot.com/2015/09/di-antara-jam-kantor-yang-mumet.html

    ReplyDelete
  6. Yeay! Akhirnya ada yang nyetor. Makasih, Ika! :*

    ReplyDelete
  7. aku ikutan ya. ini linknya http://fiksitira.blogspot.co.id/2015/09/postcard.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak Tira. Terus menulis postcard! :D

      Delete
  8. Ikutan ya Aprie, https://dewipuspasari.wordpress.com/2015/09/13/menyayangi-buku-dengan-merawatnya/
    @dewi_puspa00

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkenan membaca dan berkomentar di postingan blog saya ini. Salam. :)